Profil dan Perjalanan Karir Funky Kopral

Profil dan Perjalanan Karir Funky Kopral
Marneskliker.com - Funky Kopral merupakan grup musik Indonesia yang dibentuk pada tanggal 1 Desember 1998. Dimana formasi awal terdiri dari Anggara Mulia (vokalis), Bondan Prakoso (Bassist, backing vokal), Arlonsy Miraldi (gitaris), Kristo Perwira (gitaris), dan Robby (drummer). Namun ditengah karirnya, band ini sering mengalami pergantian personil setiap 1 album. Hingga sekarang formasi terbaru dari grup musik ini adalah Hendry (vokalis), Robby (drummer), dan Audio Asyofa (gitaris). Nama fans pada band ini adalah FUNKOP.

>> Fomasi Awal Funky Kopral
  • Anggara Mulia (vokal): Lahir di Jakarta 5 Mei 1983. Bersama Funky Kopral, pernah memenangkan penghargaan Juara I Kompetisi Band ABA Pertiwi 1998 dan Juara I dan Favorit Tawuran Musik Levi's 1998 (bersama Band SMU Islam Harapan Ibu ). Angga adalah murid SMU Islam Harapan Ibu.
  • Bondan Prakoso (bas/backing vokal): Lahir di Jakarta 8 Mei 1982. Pelajar SMU Islam Harapan Ibu, pemakai bas Ibanez 4 strings dan 5 strings. Pernah jadi penyanyi anak-anak, bahkan sejak usia 5 tahun dan menghasilkan 8 album solo. Bondan pernah terpilih sebagai 'best bassist' pada Kompetisi Musik ABA Pertiwi 1998 dan Tawuran Musik Levi's 1998. Kecuali menggemari 'aliran' hardcore, Bondan juga jadi 'session man' untuk sejumlah rekaman Blackboard.
  • Arlonsy Miraldi (gitar/backing vokal): Biasa dipanggil dengan nama Oncy (sekarang gitaris Ungu), lahir di Palu, 2 Oktober 1982. Pelajar SMU 86 ini memakai gitar Ibanez dan aksesori Boss.
  • Kristo Perwira (gitar): Lahir di Jakarta 5 Agustus 1981, pelajar SMU 3 Setiabudi, pemakai gitar elektrik Jackson 6 strings dengan aksesoris Boss dan Jim Dunlop.
  • Robby Wibowo (drummer): Lahir di Teluk Betung 7 September 1978, mahasiswa Universitas Lampung, jurusan Ekonomi Manajemen. Robby adalah instruktur drum di Yayasan Musik Cressendo Lampung.
>> 1998  - 1999 : Awal Perjalanan Karir Funky Kopral
Funky Kopral didirikan pada 1 Desember 1998. Pada saat itu masih dengan formasi Anggara Mulia (vokalis), Bondan Prakoso (bassist, backing vokal), Arlonsy Miraldi (gitaris), Kristo Perwira (gitaris), Robby Wibowo (drummer). Band ini juga dianggap sebagai Band Gado-Gado dalam arti Gado-Gado Tapi Jago. Dimana para personilnya yang menyukai beragam jenis musik, tapi mereka tetap akur-akur saja. Angga, sang vokalis mengatakan, kesukaan pada musik boleh berbeda, tapi pada saat berkarya visi musik kami sudah satu. Sang vokalis ini nge-rap pada beberapa lagu, sebut saja pada lagu Depresi, Suntuk, dan Burn The Liar. Lagu yang disebut terakhir, malah nyaris full rap. Padahal Angga sendiri tidak begitu gemar dengan musik rap, waktu masih jaman SMP Angga justru lebih sering membawakan lagu-lagu Nirvana atau Oasis. Baca juga: 5 Fakta Menarik Tentang Nirvana yang Tidak Banyak Diketahui Publik
Profil dan Perjalanan Karir Funky Kopral
Formasi awal Funky Kopral: Bondan Prakoso, Robby Wibowo, Arlonsy Miraldi, Kristo Perwira, Anggara Mulia
Sementara kedua gitaris Funky Kopral, yakni Kristo dan Arlonsy mengaku, tak pernah mau tabrakan waktu main gitar secara berbarengan. Double lead guitar dalam formasi Funky Kopral bisa diakali, dengan membuat format aransemen yang memungkinkan masing-masing personil tetap berperan dominan sambil menjaga ego. Hal itu tampak pada permainan duet gitar Kristo-Arlonsy pada lagu 'Birokrasi' dan 'Masa Depan'. Pada lagu tersebut dapat kita dengarkan permainan gitar keduanya terdengar saut-sautan, tapi tetap pada takaran harmoni musik yang terjaga. Itulah yang saya sukai dari Funky Kopral

Yang kerennya lagi bro, waktu pertama kali datang ke perusahaan rekaman 'Universal Music Indonesia', Funky Kopral hanya menyodorkan 2 demo lagu yaitu lagu 'Funchopat' dan 'Pesta Funky'. Beberapa hari kemudian mereka diterima masuk 'keluarga' Universal tanpa audisi live lagi, padahal waktu itu Funky Kopral belum siap menggarap rekaman satu album.

Namun pada akhirnya Funky Kopral sukses merilis album perdana yang berudul Funchopat yang dirilis pada tahun 1999 dibawah naungan Universal Music Indonesia. Dan album ini berhasil terjual sekitar 100.000 kopi. 

>> 2000 - 2011 : Funkadelic Rhythm And Distortion, Oncy Keluar
Album kedua band ini diberi nama Funkadelic Rhythm And Distortion yang dirilis pada bulan November 2000 dan dan titik pergantian formasi dimulai. Pada album kedua hanya menyisakan 4 anggota yaitu Anggara Mulia (vokalis), Bondan Prakoso (bassist, backing vokal), Oncy (gitaris), Robby (drummer). Kedewasaan secara musik dari grup ini mulai terlihat dengan aransemen yang lebih fokus daripada album pertama.

Pada album tersebut hits single andalannya adalah 'Bagian Yang Hilang' dan 'Drop Dead Down'. Album studio kedua band ini kembali berada di bawah naungan Universal music Indonesia. Meski menimbulkan kontroversi pada video klip Bagian Yang Hilang, namun grup musik ini tetap sukses dengan angka penjualan 200.000 kopi. Satu tahun kemudian, Oncy memutuskan untuk keluar dari band ini dikarenakan 2 tahun berikutnya dia menjadi gitaris band Ungu.

>> 2001 - 2004 : Masuknya Iman, Misteri Cinta dan Pembubaran Sementara
Setelah Oncy keluar, kemudian Iman Taufik Rachman (sekarang vokalis J-Rock) bergabung yang mengisi gitar yang kososng. Satu tahun berikutnya, band ini masuk rekaman studio, namun kali ini mereka memilih untuk masuk di Airo Records dimana penggarapan pada album ini berkolaborasi dengan Setiawan Djody yang juga mengisi sebagai vokal dan gitar pembantu.

Album kolaborasi band ini telah dirilis dengan judul Misteri Cinta pada tahun 2003 dibawah naungan Airo RecordsNamun pada tahun 2004, band ini memutuskan untuk rehat sejenak dari dunia musik dikarenakan keempat anggota tersebut fokus dengan side-projectnya masing-masing.

>> 2006 - 2007 : Pembentukan kembali, Lembaran Baru, Angga dan Echank keluar
Pada tahun 2006, band ini secara tiba-tiba melakukan pembentukan kembali setelah band ini rehat selama 2 tahun. Namun pergantian formasi dimulai lagi dikarenakan Bondan Prakoso (bassist, backing vokal) dan Iman Taufik Rachman (gitaris) harus keluar meninggalkan band ini dikarenakan mereka berdua telah memiliki band barunya. Dimana Bondan Prakoso membentuk band baru bernama Bondan Prakoso & Fade 2 Black, sedangkan Iman Taufik Rachman mendirikan band baru bernama J-Rocks. Namun dengan keluarnya 2 anggota tersebut, juga ada 2 anggota yang bersiap menggantikan posisi tersebut. Yaitu Echank (gitaris) mengganti posisi Iman dan Ilham (bassist) mengganti posisi Bondan Prakoso. Dan saya baru tahu kalo ternyata Ilham ini merupakan adik kandung dari Iman J-Rocks.
Profil dan Perjalanan Karir Funky Kopral
Formasi Funky Kopral Album Lembaran Baru: Angga (vokalis), Robby (drummer), Echank (gitaris), Ilham (bassist)
Album ketiga Funky Kopral diberi nama Lembaran Baru dirilis tahun 2006 dibawah naungan Aquarius Musikindo. Namun saat band ini akan meluncurkan album keempat ini, Angga dan Echank resmi mengundurkan diri dari band ini.

>> 2008 - 2010 : Pergantian personil, album Self-titled
Pada tahun 2008, band ini melakukan pencarian pengganti Angga dan Echank yang telah keluar pada tahun 2007. Namun setelah melakukan proses audisi yang lama dan panjang, akhirnya mereka mendapatkan 2 anggota baru yang bersiap menggantikan posisi kedua mantan anggota tersebut. Yaitu Hendry (vokalis) menggantikan posisi Angga dan Iqbal (gitaris) menggantikan posisi Echank.

Album keempat band ini diberi nama yang sama dengan nama band ini yakni Funky Kopral (Self-Title) pada awal tahun 2010 di bawah naungan NagaswaraSalah satu singlenya berjudul Soul Brother Number One memang didedikasikan untuk penyanyi funk Amerika Serikat, James Brown dimana setiap liriknya memberikan rasa duka cita atas meninggalnya James Brown.

>> 2011 : Iqbal keluar, Funky Kopral merilis hits single
Kali ini giliran Iqbal harus keluar dari band ini, karena dia mementingkan aktivitas di luar band ini. Namun pada tahun yang sama band ini meluncurkan single lagu berjudul To All People diakhir tahun 2011. Pada lagu tersebut, memiliki aliran yang sangat berbeda karena lagu ini bertemakan kemanusiaan. Menurut sang drummer, Robby berkata bahwa lagu tersebut dibawakan untuk orang-orang yang terkena gempa merapi di Jogjakarta.

>> 2012 - 2013 : Masuknya Audio, album Street Funk dan meninggalnya sang basisst
Funky Kopral kembali mengalami pergantian formasi, kini Audio Asyofa masuk sebagai gitaris baru mereka. Menepis isu bubar, mereka merilis album kelima berjudul Street Funk yang kali ini berada di bawah naungan Greenland Indonesia. Namun 3 bulan setelah album tersebut diluncurkan, sang bassist, Ilham yang tak lain adalah adik kandung Iman J-Rocks, meninggal dunia akibat penyakit tifus yang dideritanya.

Demikianlah ulasan mengenai Profil dan Perjalanan Karir Funky Kopral, sampai sekarang saya masih sering memutar dan mendengarkan lagu-lagu karya Funky Kopral.

Sumber referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Funky_Kopral

60 komentar

wahh ternyata perjuangan karir Funky Kopral ini panjang juga yah dan ngomong ngomong saya baru denger nih grup Funky Kopral ini wkwkwk apa karena saya gak gaul kali yay

Masa sih kang? padahal dah lumayan lama lho, bahkan salah satu lagu yang dulu cukup ngehits 'Bagian yang Hilang" sering dibawain anak-anak band pada saat manggung.

lengkap sekali mas profil funky kopral ini, dari mulai pendirian sama proses merintis karir mereka lengkap sekali, saya malah baru tahu soal funky kopral ini mas

sama seperti saya mas marner, kalau urusan dangdut saya tahu tapi untuk genre yang satu ini saya kurang infonya, mungkin karena jarang mengamati

saya juga suka sama lagu dangdut mas, malah sedari kecil seringnya dengerin lagu dangdut :D

kayaknya mas marnes dapat membaca isi hatiku nih.
soalnya kemarin mau tanya koq mas marnes punya banyak lagu funky kopral apa juga tahu sejarah karir band ini.
eh belum sempet terlontar udah diposting profil funky kopral.kalau dah gini yg keren saya apa admin blog ini sih?

ternyata formasi anggota funky kopral udah beberapa kali ganti yamas

jadi mulai tahun 2013 band ini sampai sekarang udah nggak/belum ganti formasi lagi yamas?

kalau ganti formasi lagi kabarin saya ya

saya sarankan mendingan buru-buru minum obat dulu gih sono hihihihiii....

kalo diperhatiin sih memang setiap per 1 album berubah formasinya kayaknya mas

ngopi lagi aja dulu, saya lagi ngopi lho, beneran saya mah :D

memang yang namanya anak band itu sudah menjadi tradisi pindah-pindah,bisa karena pekerjaan lain,bisa karena beda pendapat dan tujuan,saya dulu juga ngeband,tapi sekarang ngebandnya pake kopiah :D

Musik yang saya dengarkan kala smp...

Panjang sekali ya kang perjalanan karier dari group band funky kopral ini, Sayangnya sekarang personilnya dah pada pecah dan membentuk group band baru. . .

Obat apa tuh yang cocok buat kang Yanto :D

Kaya group band saya donk gax pindah2 personilnya. Paling kalau pindah cuma pindah kontrakan kang :D

eksis sekali ya lama meskipun gonta ganti dengan berbagai alasan

Komplit kang perihal Funky Kopral, salut dah.

Kang Marnes kayaknya penggemar berat nih sama grup musik Funky Kopral

funky kopral dulu sempet hits juga ya band nya,
sekarang udah jarang kaya band2 gitu, kebanyakan pada pecah terus beralih ke dunia sinetron

tapi sekarang fungkop melempem ya kang bagai obor yang jatuh ke susukan.padahal mah lagu-lagunya teh bagus da,heuheu

sekarang lagi musim musik-musik boyband :D

biasanya itu mah pake jurus aji mumpung mbak, selagi tenar terus nyambi ke dunia sinetron tapi tidak bagi musisi yang punya prinsip dan idealis.

nggak juga mas, pokonya musik yang enak didengar aja pasti saya suka, kecuali lagu-lagu boyband semacam lagu-lagu korea gitu, hadeuh maaf-maaf kata mendingan saya dengerin dangdut atau jaipongan sekalian :D

yang panjang emank makjleb kang, tapi saya salut kang jebolan dari Funky Kopral seperti Bondan, Oncy, dan Iman sukses dengan grup barunya masing-masing, meskipun sekarang Bondan lebih memilih bersolo karir.

saya kan punya ilmu telepati mas yan :D
ya kerenan saya dong secara kerennya dah bawaan dari lahir lho :D

ya anggap aja lagi bernostalgia masa-masa smp samepan mas :D

dengan perjalanan panjang sebagai group band indonseia seperti itu, tidak heran kalau FP memiliki lagu-lagu yang enak didengar, meski tidak semuanya.. namun sayang sekarang sudah redup

Oncy salah satu personil FK yang memiliki musicalitas yang tinggi..

Saya baru dengar ada grup band funky kopral

yo'i bro, makanya banyak yang menyayangkan ketika Oncy keluar dari Funkop dan bergabung bersama Ungu

saya suka ngebayangin coba kalo Funkop ngadain reunian, pengen banget liat aksi mereka dengan formasi band yang lama.

jadi curiga..jangan-jangan salah satu personil Fungky, keponakannya kang marnes deh ih..hiyah ngga sih?

Tumben mang baru keliatan lagi, emang dah beres urusannya gituh? kata mas yanto mang lembu lagi sibuk yah

gampang obatnya mas yanto mah, kasih aja yang bening-bening :D

yuk sekarang kang lembu kita setrap

kalau adiknya icha dah lahir saya baru percaya kalau kerenan pean deh :D

saya dong masih abegeh
sukanya ceribel

jebolan band KaPeKaer juga hebat hebat loh

sayangnya belum pernah bikin album mencari alasan

suka dong, yang lagunya pemuda idaman sama keloas :D

bentar lagi ko mas, Insya Allah di bulan ini kayaknya... doain aja yah


EmoticonEmoticon