Tujuan Uji Kompetensi Guru 2015

Tujuan Uji Kompetensi Guru 2015 - Sebagaimana yang telah saya bahas pada artikel sebelumnya bahwa pelaksanaan UKG 2015 ini bertujuan untuk memetakan kompetensi guru disetiap mata pelajaran yang mereka ajarkan dan sebagai alat kontrol terhadap pelaksanaan kinerja guru seta untuk menentukan pola pelatihan dan pembinaan guru yang tepat.
Tujuan Uji Kompetensi Guru 2015
Jadi terkait akan diselenggarakannya UKG pada bulan November 2015 mendatang guru tidak perlu galau hadapi UKG 2015. Karena UKG ini tidak ada kaitannya dengan tunjangan profesi guru, yang sebelumnya sempat beredar kabar bahwa hasil nilai UKG 2015 buruk dapat berpengaruh pada pemberian dan penghapusan tunjangan guru.

UKG secara rutin telah dilakukan sejak tahun 2012 bagi guru yang akan mengikuti sertifikasi guru. Mulai tahun 2015 ini UKG secara rutin akan dilakukan untuk mengukur profesionalisme guru. Tujuannya untuk mengetahui level kompetensi individu guru dan peta penguasaan guru pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Pelaksanaan UKG difokuskan pada identifikasi kelemahan guru dalam penguasaan kompetensi pedagogik dan profesional.

Adapun tujuan pelaksanaan UKG sebagaimana tertuang dalam buku Pedoman UKG 2015, secara umum bertujuan sebagai berikut :
  1. Memperoleh informasi tentang gambaran kompetensi guru, khususnya kompetensi pedagogik dan profesional sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
  2. Mendapatkan peta kompetensi guru yang akan menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan jenis pendidikan dan pelatihan yang harus diikuti oleh guru dalam program pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam bentuk kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
  3. Memperoleh hasil UKG yang merupakan bagian dari penilaian kinerja guru dan akan menjadi bahan pertimbangan penyusunan kebijakan dalam memberikan penghargaan dan apresiasi kepada guru.
Demikian artikel tentang Tujuan Uji Komptensi Guru, semoga bermanfaat bagi anda semua khususnya bagi yang berprofesi sebagai guru semoga menambah wawasan anda mengenai tujuan dilaksanakannya Uji Kompetensi Guru.

64 komentar

UKG emang penting di zaman sekarang ya..soale emang beda ama kompetensi guru pd zaman dulu...

seberapa penting mbk dwi ? hehe

PENTING SEKALI NIH, DENGAN ADANYA UJI KOMPETENSI GURU / UKG INI, GURU AKAN LEBIH MAKSIMAL DAN TENTUNYA PROFESIONALISME SEORANG GURU BISA BENAR-BENAR TERCAPAI

MAAF DEH MAS MARNES, BARU BISA BERKUNJUNG KEMARI, MASIH SIBUK NGURUS SEKOLAHAN, SALAM SUKSES

Tiga tujuan yang tentunya akan memberikan dampak positif pada perkembangan prrofesionalisme guru, semoga saja menjadi angin segar bagi dunia pendidikan Indonesia yang siap menciptakan SDM yang berkualitas

memang uji kopentesi guru sangat penting mas ya, slah satunya juga bertujuan mendapatkan peta kompetensi, menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan jenis pendidikan. :)

semogadengan diadakan uji kopetensi guru yang memiliki bnayak tujuan nseperti yang diatas akan bermanfaat bagi guru semua dan juga semoga menambah wawasan mengenai tujuan dilaksanakannya Uji Kompetensi Guru.

Sudah lama gak main ke sini, tapi sekali singgah, disodorin artikel yang serius, hihihi....tapi saya setuju, setiap guru hrs berkompeten, agar yg dididiknya jadi oke dan pinter... BUkan begitu..?

mudah-mudahan aja ya mas, semoga kedepannya kualitas pendidikan di Indonesia semakin baik lagi

mudah-mudahan seperti itu dan itu juga yang menjadi harapan kita toh, bukan begitu pak guru?

rapopo mas, saya juga sebenernya mah lagi banyak tugas ini... makanya blogwalking juga blom bisa aktif secara maksimal

penting untuk mengukur kemampuan sendiri kalau di tes yah xixixii...

saya juga mohon maaf kang baru bisa mampir,,,, lagi ngedit blog sekolah xixixi

biar tau dimana kekurangannya dan mana yg harus diperbaiki ya kang biar tambah profesional...

kalo saya mah blom kelar-kelar input data kang, mana kadang suka lemot jadi lama gitu deh ujung-ujungnya jadi suka males ngerjainnya

nah itu kang salah satu poin utamanya :D

saya dong lagi maem sekarang hehehehe

ciee...cieee.. Mas Muhammad yah hehehee...

saya juga baru abis makan ini ampe perutnya begah banget :D

Tujuan dari UKG tersebut tentunya sangat positif ya kang untuk kemajuan profesionalisme Guru, sehingga untuk di kemudian hari siap dan mampu menyesuaikan perkembangan jaman yg semakin kompleks... semoga sukses buat semua rekan-rekan Guru di seluruh Indonesia. Semangat .... !!! :D

semoga gambaran kompetensi guru indonesia mencukupi semua yamas.
dengan begitu akan berdampak juga pada perkembangan siswa didik

kira2 pada UKG kali ini apa ada acara sogok menyogok agar bisa mendapatkan nilai minimal mas?

eh ada mbak eka dan mas eka
pake acara pelukan nggak nih?

point nya sekarang adalah:
masih adakah kopi?

saya kalau ngeliatin mbak liya jadi semangat loh
beneran

maaf saya juga lagi sibuk bikin anak :D

Kalau nilai UKG di bawah rata rata masih mending hanya penghapusan tunjangan guru, coba di turunin jabatannya mas... jadi guru semakin semangat untuk terus belajar :D

kalo untuk hal itu saya gak tau deh mas :)

sekarang saya lagi ngopi lho (gak nanya week) :D

waduh kalo jabatannya harus diturunin mah pasti pada ketakutan duluan tuh mas :D

sepertinya perlu diklarifikasi nie sama Mbak Eka dan Mas Eka :D

Min, mau tanya dong, pas guru-guru mengikuti uji kompetensi guru, apakah soal-soal yang diujikan disesuaikan dengan usia para pengajar atau disamaratakan?

Agung Kharisma
Daily Blogger Pro

kayaknya gak diliat dari segi usia mas tapi diliat dari jenjang pendidikan, kalo guru paud/TK ya tentu soal-soalnya tentang keguruan paud, begitu juga dengan guru SD dan yang laennya tapi ada juga soal-soal umum

mas eka dan mbak eka mesti diamankan dulu

saya sudah tahu, tanmyakan saja sama saya mas, wkwkwkw

jika demikian adanya UKG diharapkan tujuan dari diadakannya UKG ini kinerja dan kemahiran seorang guru dalam membangun pondasi bangsa semakin mantap dong yeuh


EmoticonEmoticon