Blogger Jateng

Prinsip-prinsip yang Harus Diperhatikan dalam Pelaksanaan UKG

Prinsip-prinsip yang Harus Diperhatikan dalam Pelaksanaan UKG

Prinsip Uji Kompetensi Guru 2015 - Pada postingan sebelumnya telah saya bagikan artikel mengenai Tujuan Uji Kompetensi Guru, pada kesempatan ini saya akan membahas tentang prinsip-prinsip pelaksanaan UKG. Dalam pelaksanaan Uji Kompetensi Guru sebaiknya memperhatikan prinsip-prinsip UKG, diantaranya pelaksanaan UKG harus Objektif, adil, transparan dan akuntabel.

UKG mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi (subject matter) dan pedagogik dalam domain content. Kompetensi bidang studi yang diujikan sesuai dengan bidang studi sertifikasi (bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik) dan sesuai dengan kualifikasi akademik guru (bagi guru yang belum bersertifikat pendidik). Kompetensi pedagogik yang diujikan adalah integrasi konsep pedagogik ke dalam proses pembelajaran bidang studi tersebut dalam kelas.

Pendekatan yang digunakan adalah tes penguasaan substansi bidang studi (subject matter) berdasarkan latar belakang pendidikan, sertifikat pendidik dan jenjang pendidikan tempat guru bertugas. Oleh karena itu instrumen tes untuk guru PAUD/TK, SD, SMP, SMA dan SMK dibedakan sesuai dengan jenjang pendidikan tempat guru tersebut bertugas. Uji kompetensi pedagogik mengunakan pendekatan inti sel dari varian kompetensi pedagogik dimaksud.

Adapun prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan UKG antara lain :

1.  Objektif 
Pelaksanaan uji kompetensi guru dilakukan secara benar, jelas, dan menilai kompetensi sesuai dengan apa adanya.

2.  Adil 
Dalam pelaksanaan uji kompetensi guru, peserta uji kompetensi guru harus diperlakukan sama dan tidak membeda-bedakan kultur, keyakinan, sosial budaya, senioritas, dan harus dilayani sesuai dengan kriteria dan mekanisme kerja secara adil dan tidak diskriminatif.

3.  Transparan 
Data dan informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan uji kompetensi seperti mekanisme kerja, sistem penilaian harus disampaikan secara terbuka dan dapat diakses oleh yang memerlukan.

4.  Akuntabel 
Pelaksaan uji kompetensi guru harus dapat dipertanggung-jawabkan baik dari sisi pelaksanaan maupun keputusan sesuai dengan aturan dan prosedur yang berlaku.

Itulah beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam UKG. Pelaksanaan UKG harus meliputi objektifitas, keadilan, transparan dan juga akuntabilitas.

50 komentar untuk "Prinsip-prinsip yang Harus Diperhatikan dalam Pelaksanaan UKG"

  1. saya sangat setuju sekali jika dalam UKG mengemban dan memperhatikan prinsip-prinsip diatas mas, biar lebih adil saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus adil banget dong ya mas pur :)

      Hapus
    2. saya juga demikian, tapi bukan kopasan lho

      Hapus
    3. prinsip dasar pada setiap kegiatan apalagi mengenai UKG yang notabene harus seksama dan hati-hati dalam pelaksanaannya memang harus dikuasai secara sungguh-sungguh oleh para pelaku pendidikan bangsa Indonesia ini agar hasilnya kelak dapat berdaya guna bagi kepentingan penerus negeri yang maha besar bernama Republik Indonesia Jaya Raya ini...dong

      Hapus
    4. sejuk tenan baca komentarnya Mang Lembu, kalo udah gini mah saya gak bisa jawab apa-apa

      Hapus
    5. aje gile saya teh ya kalau lagi bener mah?

      Hapus
    6. saya juga setuju2 aja sih... ngikut yang atas...

      Hapus
  2. Prinsip dasar adanya UKG semoga bisa di terapkan, sehingga kualitas pengajar dapat terlihat.. kalau sudah bersertifikat bisa mudah untuk pinda pindah ngajarnya ya mas?

    BalasHapus
  3. saya kagak ngarti-ngarti kang kalo masalah ginian soalnya saya belum pernah ikutan UKG sih.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga blom, saya mah pura-pura ngerti ajah hahahaa...

      Hapus
    2. wahahahaha, parah nih kang marnes nanti distrap lo kang

      Hapus
    3. tukang nyetrapnya kan saya kang :D

      Hapus
    4. biar saya loporin saja mas marnesnya ke pak pos

      Hapus
  4. ketemu lagi kang, tapi ngomong saya g ada dari 4 prinsip di atas kang kira2 daftar UKG bisa lolos g ya,,,, mohon pencerahannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngomong apa yah? hihihii... ora paham maksude sampean :D
      ke 4 prinsip diatas bukan sebagai syarat buat peserta UKG mas tapi dalam pelaksanaan UKG sbaiknya memperhatikan prinsip2 tersebut

      Hapus
  5. kira2 seorang blogger kaya saya bisa g kedepanya berharap ingin jadi seorang guru yang hanya mengandalkan ilmu seo tok sama ilmu blogger ...mohon pencerahanya...kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, semoga bisa terwujud ya mas

      Hapus
    2. Amiin, ya berarti mas Trik Pos jadi seorang guru blogger aja, toh namanya guru juga kan, guru blogger :D

      Hapus
    3. haha, sya jadi apanya

      Hapus
    4. pastinya komentator

      Hapus
  6. maaf ya kang komentar saya mungkin sedikit usil . abis mau komentar apa ..kalau saya terlalu lama mikir bisa2 ndasku mumet kang....yang penting kang marnes sudah memberikan info terbaik bagi masyarakat umum....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo mumet obatnya gampang mas, pantogin ajah :D

      Hapus
  7. pokonya jangan ada kecurangan selama menjalankan UKG

    BalasHapus
  8. ternyata dalam Pelaksanaan UKG ada prinsip tersendiri ya mas ? semoga bisa diterapkan denga mestinya ya mas :)

    BalasHapus
  9. dari 4 poin prinsi dalam Pelaksanaan UKG, saya sangat sangat setuju mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang harus setuju, gak ada pilihan lain kecuali kalo mau saya setrap :D

      Hapus
    2. ampun cek gu, bukan saya tapih dia tuh, melotot dah dari tadi

      Hapus
  10. saya setuju dengan 4 prinsipnya mas objektip, transparan. akunteble,adil

    BalasHapus
  11. waah btul sekali itu sob.. sya jga pnya saudara akan mngikut UKG jga... mohon doanya ya sob ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip lah, ta' doain semoga sodarang mas fahed sukses ujian UKGnya dan mendapatkan hasil nilai yang memuaskan

      Hapus
  12. saya curiga kang marnes mau daftar guru, soalnya pembahasannya ini terus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak.. nggak.. nggak.. itu tidak mungkin :D

      Hapus
    2. pantesan rupanya ketahuan juga ya mas, ayo ngaku ngaku

      Hapus
    3. :D
      saya mah nanti aja deh jadi gurunya, soalnya belum bisa menggurui diri sendiri :D

      Hapus
  13. Monggo para calon guru diperhatikan tuh point - point diatas...

    BalasHapus
  14. Keempat prinsip dasar yang ketika diterapkan secara maksimal akan menghasilkan guru yang punya kompetensi dan prefesionalitas tinggi tentunya yah mas, bagi yang lulus mungkin hehehehhee

    BalasHapus