Pedoman Pelaksanaan UKG 2015

Pedoman Pelaksanaan UKG 2015

Pedoman UKG 2015 - Guru memiliki posisi strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Pencanangan guru sebagai profesi oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 4 Desember 2004, memperkuat peran guru dalam pelaksanaan pendidikan. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen secara eksplisit mengamanatkan adanya pembinaan dan pengembangan profesi guru secara berkelanjutan sebagai aktualisasi dari sebuah profesi pendidik. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dilaksanakan bagi semua guru, baik yang sudah bersertifikat maupun belum bersertifikat.

Berkaitan dengan program tersebut, pemetaan kompetensi yang secara detail menggambarkan kondisi objektif guru dan merupakan informasi penting bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan terkait dengan materi dan strategi pembinaan yang dibutuhkan oleh guru. Peta guru tersebut dapat diperoleh melalui Uji Kompetensi Guru (UKG).

Sasaran program strategi pencapaian target RPJMN tahun 2015-2019 antara lain adalah meningkatnya kompetensi guru dan tenaga kependidikan dilihat dari Subject Knowledge dan Pedagogical Knowledge yang diharapkan akan berdampak pada kualitas hasil belajar siswa. Oleh karena itu untuk mengukur capaian RPJMN, maka pada tahun 2015 UKG akan dilaksanakan bagi seluruh guru di Indonesia.

Pedoman ini disusun sebagai acuan bagi penyelenggara UKG baik di Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota dan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanan UKG. Pedoman UKG 2015 ini berisi informasi tentang penyelenggaraan UKG yang meliputi landasan perlunya pelaksanaan UKG, prinsip, instrumen, peserta, waktu, tempat, sistem dan mekanisme pelaksanaan serta sistem pengendalian UKG, baik untuk UKG yang dilaksanakan secara online maupun offline.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Pedoman Pelaksanaan UKG 2015, silahkan anda download pada tautan berikut ini.

17 komentar

ini pada kemana guru-guru nya nih ,,, ada info bgus kok blm pada datang ,,, hehe

hehehe tunggu aja kang fiu ntr juga bakalan nonggol hehe

guru" se indonesia harus pada siap"

siapa juragan kopi kang hahaha:D

mas ham dan itu juragan kopi ,,,, bnr gk mas marnes ? hehe

Pelaksanaa UKG 2015 yang membuat hati berdenyut-denyut menghadapinya kini tak lagi merasakan denyutannya lagi sebab sudah tersedia disini PEDOMAN PELAKSANAAN UKG 2015 yang oleh pak Admin di sajikan, semoga pelaksanaan UKG 2015 ini jadi jalan dan langkah semua yang terkait pada UKG 2015 berkah dan membahagiakan...aaamiiiin

siap siap para guru, saatnya pelaksanaan UKG 2015

tentunya informasi tentang Pedoman Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru 2015 ini bakal banyak di cari orang nih mas

apalagi tulisan lengkapnya juga telah disediakan untuk diunduh

Ini menjadi panduan alternatif terbaik bagi guru yang mengikuti UKG 2015, mas...

sepertinya beliau udah sembuh mas, dah minum obat kali :D

kayaknya sih udah pada tau mas lha wong udah lama juga ko diluncurkannya

iya mas biar guru-guru yang ikut UKG mengetahui secara gamblang tentang UKG 2015


EmoticonEmoticon