Bacaan Niat Shalat Idul Adha

Tags

Bacaan Niat Shalat Idul Adha - Idul Adha adalah salah satu hari raya umat Islam yang biasa diperingati setiap tanggal 10 bulan Dzulhijjah. Umat Islam di Indonesia menyebut Hari Raya Idul Adha sebagai Hari Raya Haji. Selain disebut sebagai hari raya haji, idul adha juga sering disebut sebagai Hari Raya Qurban.
Bacaan Niat Shalat Idul Adha
Pelaksanaan ibadah shalat sunnah Idul Adha
Setelah menjalani rangkaian ibadah puasa sunah Tarwiyah dan Arafah, yang kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan takbiran pada malam harinya, umat Islam di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha pada tanggal 10 Dzulhijjah 1436 Hijriyah atau bertepatan dengan tanggal 24 September 2015 dalam kalendar masehi. 


Begitu juga dengan Arab Saudi yang merayakan hari raya idul adha jatuh pada tanggal 24 September 2015 dan wukuf dilaksanakan pada tanggal 23 September 2015. Namun, di Indonesia khususnya Muhammadiyah akan melaksanakan shalat ied pada hari Rabu, 23 September 2015. Hal ini sesuai dengan ketentuan yang telah dikeluarkan oleh PP Muhammadiyah.

Sama halnya dengan idul fitri, pada saat hari raya idul adha tiba umat Islam berkumpul di pagi hari untuk melaksanakan shalat ied secara berjamaah di tanah lapang atau pun di masjid. Adapun hukum shalat idul adha adalah sunnah muakad, karena Rasulullah tidak pernah meninggalkan shalat idul adha. Hukum sunnah muakad sendiri adalah ‘barang siapa yang mengerjakannya maka akan mendapatkan pahala sedangkan bagi yang tidak mengerjakannya maka tidak ada dosa atasnya'. Baca juga: Jangan Remehkan Amalan Ringan!

Meskipun hukumnya tidak wajib namun mengerjakan shalat ied adha sangat dianjurkan oleh agama Islam, hal ini disebabkan karena shalat idul adha hanya dilakukan setiap setahun sekali. Jadi sangat disayangkan kalo kita sebagai umat Islam tidak mengerjakannya, belum tentu ditahun yang akan datang kita masih diberi kesempatan untuk bertemu dengan hari raya idul adha. 

Cara mengerjakan shalat idul adha hampir sama dengan shalat idul fitri yaitu dikerjakan 2 rakaat dan berjamaah. Perbedaanya terletak pada bacaan niatnya saja. Nah, untuk itu bagi sobat yang belum tahu atau mungkin lupa dengan bacaan niat shalat idul adha, berikut ini bacacan niat sholat idul adha yang dilengkapi dengan bahasa arab, latin dan juga artinya.

- Bacaan Niat Sholat Idul Adha Sebagai Imam

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِالْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى 

Usholli sunnatan 'iidhil adhaa rok'ataini mustaqbilal qiblati imaaman lillaahi ta'aala
Artinya: Aku niat sholat sunnah Idul Adha dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala

- Bacaan Niat Sholat Idul Adha Sebagai Ma’mum

اُصَلِّى سُنُّةً  عِيْدِالْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى 

Usholli sunnatan 'iidhil adhaa rok'ataini mustaqbilal qiblati ma'muuman lillaahi ta'aala
Artinya: Aku niat sholat sunnah Idul Adha dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala 

Demikian postingan tentang Bacaan Niat Shalat Idul Adha yang dapat saya share pada kesempatan kali ini semoga dapat bermanfaat buat kita semua, amiin.

27 komentar

Besok lebaraaaaaan yeeee, waktu memang nggak terasa cepat berlalu ^_^

kebetulan besok lebaran mas saya izin mengafal dahh :) dan mohon maaf lahir batin yak mas marnes

Sayangnya sholat idul adha tidak serentak seperti idul fitri kemarin ya mas, jamaah muhamadiyah melaksanakan idul adha hari ini... padahal sekarang kan masih puasa arafah...
Kalau abis shalat ied boleh langsung balik ngga mas, tanpa mendengar ceramah...

usia bertambah umur berkurang ya mba... =D

Sebenarnya sudah hafal ya, cuma mengingatkan kembali niat untuk shalat iedul adha... ^_^

Boleh aja mas kan hukumnya sunnah, dalam hal mendengarkan ceramah Rasulullah memberikan keringanan kepada kita umatnya untuk dapat tidak menghadiri khutbah shalat ied jika kita mempunyai hajat/keperluan. Akan tetapi jika kita tidak memiliki suatu hajat/keperluan akan lebih baik kita mendengarkan khutbah shalat ied.

nah, kalau yg ini aku sudah hafal mas., hehehe

itu poinnya mas, manusia sifatnya pelupa apalagi sholat idul adha ini hanya dilakukan setiap setahun sekali

Mantap mas,,,,postingnya..penting sekali untuk mengingatkan kita jika sedikit lupa...

nice inpoh mas. hahahaha
harus bayar nih

betul banget mas apalagi mau di pake besok

kalo mau solat idul adha jgn lupa mampir sini. buat hapalin niatnya. hehehe
mudahan kita semua mendapatkan pahala yang berlimpah

makanya harus hafal, kalo kagak siap-siap besok disetrap malaikat :D

kirain mau disetrap sama pak guru eka :)

Alhamdulillah, informasinya tentang Bacaan Niat Shalat Idul Adha sangat bermanfaat sekali kang, khususnya bagi yg belum bisa dan belum hafal niat atau mungkin sudah lupa Niat Sholat Idul Adha ... :)

saya gratis atuh kang xixixii...
Selamat Merayakan Hari Raya Idul Adha ya Kang .. :)

nah itu poin utamanya kang, selamat merayakan hari raya idul adha ya kang

selamat merayakan hari raya idul adha juga kang, saya lagi dikampung ini :D

tadi pagi saya ngga baca bacaan niat shalat idul adha mang...kenapa, coba?

makasih kang, bacaan dan tatacaranya, jadi lebih paham untuk mengamalkan


EmoticonEmoticon