Ini Dia Lafadz Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah

Tags

Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah - Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang paling bersejarah bagi umat muslim di seluruh dunia. Karena di bulan haji ini kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk menjalankan ibadah Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah.

Adapun pelaksanaan puasa Tarwiyah dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah, sedangkan Puasa Arafah dapat dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah. Nah pada tahun 2015 ini tanggal 8 Dzulhijjah bertepatan pada hari Selasa tanggal 22 September 2015, sedangkan 9 Dzulhijjah jatuh pada hari Rabu tanggal 23 September 2015.
Lafadz Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah, Bacaan niat puasa tarwiyah dan arafah
Setelah melaksanakan ibadah sunnah di bulan Dzulhijjah berupa puasa, kita sebagai muslim dianjurkan untuk melaksanakan sholat Idul Adha pada tanggal 10 Dzulhijjah atau bertepatan dengan para jamaah haji yang sedang melakukan Wukuf di Padang Arafah.

Puasa Sunnah Tarwiyah dan Arafah ini sangat dianjurkan bagi kita yang tidak menjalankan ibadah haji di tanah suci. Adapun teknis pelaksanaannya tidak jauh berbeda dengan puasa yang lainnya seperti Puasa Ramadhan, Puasa Sya'ban maupun Puasa Rajab.

Bagi sobat yang ingin menjalankan ibadah Puasa Tarwiyah dan Arafah, namun sobat blom tahu atau mungkin lupa lagi dengan lafadz niatnya. Berikut ini lafadz niat Puasa Tarwiyah dan Arafah yang dilengkapi dengan bahasa Arab, latin dan juga artinya.

~ Lafadz Niat Puasa Tarwiyah ~

نويت صوم ترويه سنة لله تعالى
Bahasa Latin: Nawaitu shauma tarwiyah, sunnatal lillahi ta'ala
Artinya: Saya niat puasa tarwiyah, sunnah karena Allah ta'ala

~ Lafadz Niat Puasa Arafah ~

نويت صوم عرفة سنة لله تعالى
Bahasa Latin: Nawaitu shauma arafah, sunnatal lillahi ta'ala
Artinya: Saya niat puasa Arafah, sunnah karena Allah ta'ala

Puasa Sunnah Tarwiyah dilaksanakan pada hari Tarwiyah yaitu pada pada tanggal 8 Dzulhijjah. Hal ini berdasarkan hadits yang artinya bahwa Puasa pada hari Tarwiyah menghapuskan dosa satu tahun, dan puasa pada hari Arafah menghapuskan (dosa) dua tahun. 

Dikatakan hadits ini dhoif (kurang kuat riwayatnya) namun para ulama memperbolehkan mengamalkan hadits yang dhoif sekalipun sebatas hadits itu diamalkan dalam kerangka fadla'ilul a’mal (untuk memperoleh keutamaan), dan hadits yang dimaksud tidak berkaitan dengan masalah aqidah dan hukum. Baca juga: Inilah Keutamaan Puasa Arafah

Sumber: http://www.nu.or.id

54 komentar

baru inget nih kalau nanti waktunya berpuasa yamas.
makasih banget loh telah ngingetin tentang puasa qurban ini

Selamat menjalan ibdah puasa sunah Kang, semoga amal ibdahnya diterima disisi Alloh. Amiiiin...

iya mas saya juga baru engeh, berarti mulai besok yah

puasa pada bulan ini merupakan salah satu puasa yg sangat dianjurkan oleh setiap muslim yamas

Manfaatnya besar sekali ya gan, menghapus dosa kita sebelum dan sesudahnya. Insya Allah

nggak bakalan inget, lha baru ngomong juga langsung lupa

pas banget, jadi bisa langsung dibaca

nah ini aku malah jarang puasa arafah mas hehehe.. #jujurlebihbaik

wkwkwk sama -___-
makasih buat ilmunya mas..semoga berkah :)

wah saya jarang puasa ni mas, ini juga baru tau, hahaha

saya juga mau atuh kang puasanya biar dihilangkan dosa 1-2tahun, tanggal 8 dzulhijah itu tepatnya hari apa kang?saya kurang tau nih bulan-bulan islamnya.hehe

Postingan Kang Marnes ini Insya Allah tak kalah pahalanya dengan pahala yang berpuasa. Memberikan energi positif :-D

lha itu di atas udah saya sebutkan kang, hayooo ketahuan gak baca nie :D

Puasa sunah selama dua hari
Tepatnya sebelum idul adha
Semoga yang puasa diberkahi bisa haji
Dengan pahala berlimpah ganda...

saya baru merasa tersentuh dan terenyuh kang, tadi siang pas tak telepon ibue di kampung jangan lupa untuk menjaga kesehatan dengan makan, jawabannya...AKU SEDANG PUASA YAH....amboi-nya...saya malah ngga puasa euy

lha pean kan meleknya malam, jadi puasanya dipindah aja :)

Amiin, sejuk banget bacanya mbak :D

nah itu kang, saya juga istri yang selalu ngingetin kadang sayanya masih suka lalai

Hayooo Bang Marnes puasa nggak hari ini?

:D
ketahuan bacanya ngaclog :D
udah kelewat 3 hari lalu yah..


EmoticonEmoticon