Jangan Remehkan Amalan Ringan!

Tags

Sebagai manusia terkadang kita selalu meremehkan segala sesuatu yang kita anggap kecil, baik itu perbuatan yang baik atau pun perbuatan buruk. padahal bisa jadi sesuatu yang kita anggap kecil itu dapat memberi manfaat yang besar bagi kita. Bahkan bisa menyelamatkan kita dari jilatan api neraka.
"Siapa yang mengucapkan: Subhanallah wa Bihamdihi (Maha suci Allah dan segala puji bagi-Nya) sebanyak seratus kali, maka dihapuskan segala kesalahan (dosa)-Nya walaupun sebanyak buih di laut." (Muttafaq 'alaih)

Seperti pepatah yang mengatakan, "Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit". Begitu banyak amalan yang ringan sering kali kita abaikan dan kita sepelekan. Padahal di mata Allah menjadi besar nilainya. Bahkan Al Hasan Al Bashri berkata, “Wahai anak adam, sesungguhnya kamu akan melihat amalmu, dan kebaikan-keburukanmu akan ditimbang. Maka janganlah kamu meremehkan satu kebaikan sekalipun kecil, karena kamu akan melihat yang kecil itu akan membuatmu bahagia. Dan jangan pula meremehkan satu kejelekan, karena jika kamu melihatnya, ia akan membuatmu sengsara".

jangan meremehkan amalan-amalan ringan

Salah satu contoh misanya, senyuman kecil yang kita berikan kepada orang lain dengan ikhlas ternyata bernilai sedekah. Menyingkirkan duri di jalan menjadi cermin wujud keimanan kita. Hal-hal seperti itu, seringkali terlupakan bahkan dianggap sesuatu yang remeh. Padahal sudah banyak kisah orang-orang yang mendapatkan kemudahan dan pertolongan dari Allah dikarenakan amalan-amalan yang justru tidak bernilai menurut anggapannya tapi di sisi Allah memiliki nilai yang luar biasa. Salah satunya kisah tentang seorang pelacur yang tersebut dalam shahih Bukhari dan Muslim.

Dikisahkan seorang pelacur dari bangsa Israil sedang berjalan dalam keadaan sangat kehausan. Ia melihat sebuah sumur lalu turun untuk mengambil air dan meminumnya. Tatkala keluar dari sumur, dia melihat seekor anjing yang mengelilingi sumur sambil menjulurkan lidahnya karena kehausan. Pelacur itu pun berkata, "sungguh anjing itu kehausan seperti yang kurasakan". Ia pun turun kembali ke dalam sumur kemudian dia menciduk air dengan kedua sepatunya lalu ia berikan minum anjing tersebut. Karena hal itu Allah SWT mengampuni dosa-dosanya.

Maka dari itu alangkah baiknya jika kita tidak lagi menganggap remeh amalan yang mungkin selama ini kita anggap ringan sehingga seringkali amalan-amalan tersebut terabaikan. karena bisa jadi amalan ringan tersebut mempunyai nilai yang besar di mata Allah SWT. Wallahu A’lam Bishawab…

13 komentar

bener banget mas, apapun amalan ibadah kita, meskipun ringan, tetap harus dianggap yah, karena nanti kalau di akhirat, semua amalan bakalan dihisab semuanya ;)

iya mbak sekecil apapun ibadah yang kita lakukan tersebut pasti ada hitungannya :)

sekecil apapun amalan yang di perbuat akan memberikan manfaat yang besar, dan sekecil apapun keburukan yang dilakukan akan memberikan dampak yang besar juga.. contohnya yang disebutkan diatas, Senyum :)

walaupun cuma dengan senyuman itu juga udah masuk kedalam amalan.
islam itu memang indah. makanya kita sekarang harus berlomba-lomba bersedekah.

setuju deh mas... memang kalau masalah amalan, tidak bisa di lihat ringan dan berat. intinya semuanya sama kok mas.. sama sama harus di amalkan...

merinding deh, ternyata kita mampu berbuat baik dan dpt pahala dengan pekerjaan yang tidak memberatkan kita..

Setuju apapun bentuk amalan entah yg ringan atau yg berat semuanya
Perbuatan yang baik dan terpuji. pokonya selama dalam bentuk kebiak
Dan Ibadah janganlah di sepelekan ya Mas Marnes.. salam sukses :)

setuju mbak meskipun hanya secuilpun tidak akan terabaikan oleh yang namanya penimbangan amal di akhir jaman. jadi meskipun hanya senyum itu adalah ibadah yang sangat besar nilainya... jadi jangan lupakan amalan yang ringan tapi pahalanya besar dihadapan Allah SWT.

Astagfirullah semoga kita senantiasa ditunjukkan kepada kebaikan sehingga keburukan kita di ampuni oleh Allah amin

contoh amalahn kecil, Assalamualaikum warahmatullah wabarokatuh, ini adalah sunnah diucapkan tpi menjadi wajib bagi anda yang mendengar untuk menjawabnya.

bener banget tu mas marnes, sekecil apapun yang kita lakukan ( kebaikan) maka akan mendapatkan pahala bgitu juga sebailiknya. sukron mas

dengan lomba senyum ya mas Hehee


EmoticonEmoticon