Inilah Keutamaan Puasa Arafah

Tags

MarnesKliker.com - Pada kesempatan yang baik ini, saya akan share mengenai Keutamaan Puasa Arafah. Namun sebelum kita lebih jauh membahas keutamaan puasa Arafah, alangkah baiknya jika sobat mengetahui terlebih dulu apa itu puasa Arafah? Baca juga: Jangan Remehkan Amalan Ringan
Keutamaan puasa Arafah
Keutamaan puasa sunah Arafah 
Puasa Arafah adalah puasa yang dilakukan pada hari Arafah, yaitu hari ke-9 dari bulan Dzulhijjah. Dimana pada hari itu, para jama’ah haji melakukan wukuf di Arafah yang merupakan rukun inti dari haji. Sedangkan bagi kaum muslim yang tidak sedang menjalankan ibadah haji, disunnahkan untuk melakukan puasa Arafah. Puasa Arafah ini sangat dianjurkan, karena memiliki keutamaan yang begitu luar biasa. Sebagaimana terdapat dalam riwayat dari Rasulullah SAW tentang puasa Arafah:

سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ

Dari Abu Qatadah Al Anshariy, ia berkata : “Sesungguhnya Rasulullah SAW pernah ditanya tentang keutamaan puasa pada hari Arafah. Maka beliau menjawab, menghapuskan (kesalahan) tahun yang lalu dan yang sesudahnya.” (HR. Muslim No. 1162)

Diantara keutamaan hari Arafah adalah pembebasan dari api neraka. Sebagian ulama menjelaskan bahwa pembebasan dari neraka pada hari Arafah diberikan Allah bukan hanya kepada jamaah haji yang sedang wukuf saja, melainkan juga untuk kaum muslimin yang tidak sedang menjalankan haji. Terlimpahkannya ampunan Allah terhadap dosa selama dua tahun melalui puasa Arafah sangat terkait dengan keutamaan kedua ini.

مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ

“Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arafah. Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka pada para malaikat. Kemudian Allah berfirman: Apa yang diinginkan oleh mereka?” (HR. Muslim)

Keutamaan lain puasa Arafah adalah ke-mustajab-an doa. Secara umum doa orang yang berpuasa akan dikabulkan oleh Allah. Ditambah lagi dengan keutamaan waktu hari Arafah yang merupakan sebaik-baik doa pada waktu itu, maka semakin kuatlah keutamaan terkabulnya doa orang yang berpuasa Arafah pada hari itu.

خَيْرُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ وَخَيْرُ مَا قُلْتُ أَنَا وَالنَّبِيُّونَ مِنْ قَبْلِى لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

“Sebaik-baik do’a adalah do’a pada hari Arafah. Dan sebaik-baik yang ku ucapkan, begitu pula diucapkan oleh para Nabi sebelumku adalah ucapan “Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qadiir (Tidak ada Ilah kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. MilikNya lah segala kerajaan dan segala pujian, Allah Maha Menguasai segala sesuatu).” (HR. Tirmidzi, Hasan)

Demikian postingan mengenai Keutamaan Puasa Arafah, semoga dapat bermanfaat dan memotivasi kita untuk melakukan puasa Arafah tersebut.

Sumber: bersamadakwah.com

35 komentar

mari kita ambil, ini kesempataaan.

Jujur soal religi ane paling oon..makasih dah share soal puasa arafah..


mampir balik ke " manfaat bersama "

Manfaat Puasa Arafah ternyata banyak juga ya Kang, makasih kang atas Motivasi dan pengethuannya, sangat bermanfaat

informasi yang sangat berharga nih mas untuk saya yang masih awam...trimakasih nggeh :)

Bisa kerasa sih sebenernya kalau amalan kita itu berkah bagi diri kita atau orang lain juga

Thanks sharingnya ya :)

wahhh sayang bangett nihh saya kagak puasa hari ini karena tidak tau :3

saya juga pernah baca, keutamaan puasa arafah salah satunya adalah doanya akan dikabulkan oleh Allah SWT, semoga saja doa saya dikabulkan, Amiin...

Semoga amal ibadah puasa arafah bisa di terima Allah ya Mas Marnes
Selamat menjalankan ibadah puasa arafah Mas Marnes :)

Selagi masih diberikan kesempatan nikmat
Jangan disiakan puasa arafah tahun ini :)

semoga kita termasuk orang-orang yg terbebas dari api neraka yamas

lengkap sekali penjelasannya mas.. makasih..

emang biasanya nglantur ya kang yanto komentarnya kang zach haha...

semoga amal ibadah dan puasa arafahnya mendapatkan pahala dari Allah SWT. Amin

semoga puasa arafah kita dan para jema'ah haji di tanah suci dapat diterima oleh Allah SWT ya Mas

Waah Ternyata Manfaat Puasa Arafah banyak juga ya Kang...

Sangat besar ya keutamaannya, aku baru tahu.
Selamat hari raya Idul Adha..

keren, puasa Arafah menghapus dosa setahun yang lalu :)

hari arafah tempat yang sangat pas tuk menghilangkan dosa setahun yang lalu. tapi ingat puasa arafah di niatkan karena Allah bukan karena agar dosa bisa hilang nanti yang ada niatnya salah kaprah... bener gak bang...

Selamat buat yang udah menunaikan puasa arafah

sungguh sangat banyak nikmat Allah, malah kita yang banyak tidak perduli. semoga dengan puasa hari arafah dosa kita diampunkan, amin. makasih atas info yang mencerahkan ini. salam sahabat blogger dan ditunggu kunjungan baliknya. mahesa (makin hebat saja) buat blog ini.

Thanks to All My Best friends :
Terimakasih buat semua sobat blogger yang udah berkenan dan meninggalkan jejak di blog saya ini, dan saya minta maaf karena belum sempet membalas komentar dan belum sempet juga berkunjung balik ke blog sobat semuanya...

Maklum saya baru abis pulkam nie, jadi aktivitas ngeblognya saya off dulu deh, tapi Alhamdulillah mulai hari ini saya dah bisa blogwalking kembali. Sekali lagi mohon maaf dan terimakasih atas kunjungan sobat semuanya :)

iyaaa mas tidak apa apa tenang ajaaa dimaklum koq karena saya juga sama abis pulkam :v

Semoga kita semua bisa mengambil kebaikan ini semua
Mulai tahun ini dan tahun berikutnya yah Mas semua? :)

Salam siang Mas Marnes yang Ganteng sekali.. tapi gak dua kalai lho? hhhh
Kembali saya baca dengan hati hati artikel Mas ini, agar pahala dan Ilmunya
Masuk pada saya walau sedikit demi sedit. sambil ngopi yu Mas Marnes..? :)
Salam sukses dan ceria selalu Mas Marnes :-d

dapet pencerahan nih disini,,,,,,,,selamat Idul Adha Kang Marnes.....

kalau ngopimah saya juga mau atuh Kang Karryst hehehe

sebuah kesempatan terbuka sangat luas untuk kita mempertebal ke Imanan kita pada ALlah Subahannahuwataalla, dengan melaksanakan Puasa Arafah yang keutamaan dan faedah bagi kesehatan kita sangat di jamin oleh-NYA

Semoga bisa datang kesana dan mendapatkan ampunanNYa amin

mudah dan mari kita centang dikalender agar kita inget dan mari berpuasan di hari arafah tahun ini.

masya Allah, emang bener ya, orang tua dulu menyuruh kita untuk puasa dihari arafah karna pahalanya sangat besar sekali. sukron kang

gpp mas, asal mas marnes seneng pas pulkam, hehehe oleh2 mana


EmoticonEmoticon