5 Bahaya Belanja Online dan Cara Menghindarinya

5 Bahaya Belanja Online dan Cara Menghindarinya
MarnesKliker.com - Keberadaan internet telah banyak membantu dan memudahkan kita dalam melakukan segala hal dengan cara mudah dan serba instan. Misalnya memudahkan kita dalam hal berbelanja. Dengan internet inilah kita bisa lebih mudah mendapatkan informasi mengenai produk yang kita cari tanpa harus pergi ke luar rumah. Caranya adalah dengan belanja online. Selain praktis dan mudah, belanja online ternyata memiliki keunggulan dan keuntungan tersendiri bagi pembeli. Baca: Inilah 5 Keuntungan Belanja Online

Namun yang harus diperhatikan dalam belanja online adalah disatu sisi belanja online memang menguntungkan namun di sisi lain, belanja online juga memiliki kelemahan dan kekurangan. Celah inilah yang dapat menimbulkan bahaya bagi pembeli yang tentunya harus diwaspadai ketika Anda akan melakukan belanja online.

Sebelum Anda menghabiskan uang untuk belanja online, alangkah baiknya jika Anda menumbuhkan rasa waspada dalam diri dengan membaca dan memikirkan bahaya belanja online. Sebab, sudah begitu banyak orang yang melakukan belanja online yang sering kali rentan terhadap kerugian dan kejahatan bisnis online.

Untuk itu Anda perlu membaca dan memikirkan 5 bahaya dan bagaimana cara untuk menghindari bahaya belanja online tersebut seperti yang dilansir dari Liputan6.com :

1. Ulasan Palsu
Pemilik bisnis online melakukan berbagai hal-hal luar biasa agar semakin banyak orang tergoda untuk melakukan pembelian, termasuk membayar pelanggan untuk menulis komentar baik tentang bisnis online mereka.

Cara menghindari bahaya adalah bersikap skeptis. Situs media sosial seperti Facebook atau Twitter dapat memberitahu mengenai detail profil dari orang berkomentar. Dina Rezvanipour, CEO “3d Public Relations and Marketing” mengatakan bahwa para pebisnis online sebaiknya membangun interaksi yang baik dengan pelanggan melalui media sosial. Karena dari media sosial inilah pembeli bisa membedakan bisnis online yang memberikan ulasan jujur atau palsu.

2. Biaya Terselubung
Kita tidak tahu bagaimana proses yang dilakukan selama produk berjalan dari penjual ke pembeli. Tulisan pengiriman gratis tidak boleh menutup keinginan Anda untuk membaca kebijakan bisnis online selanjutnya. Sebab, bisa saja terjadi pembengkakkan harga hingga 20 persen dari pembelian Anda.

Cara menghindari bahaya ini adalah Anda harus selalu ingat dengan slogan “Di dunia ini tidak ada yang gratis”. Segala hal yang gratis pastinya mempunyai syarat dan kebijakan, pastikan Anda membaca syarat dan kebijakan tersebut.

3. Barang Palsu
Mungkin tidak benar-benar barang palsu yang disediakan para pebisnis online nakal tersebut. Namun, bisa saja harga murah memang hanya untuk barang berkualitas rendah, bukan kualitas yang kita bayangkan.

Cara menghindari bahayanya adalah periksa dan perbanyaklah bertanya jika Anda menemukan barang berkualitas bagus dengan harga yang murah. Teliti sampai Anda mendapat kepercayaan.

4. Pengiriman yang Tidak Pernah Sampai
Mungkin Anda belum pernah mengalaminya, tetapi beberapa orang pernah mengalami hal buruk seperti ini. Bahkan saya sering membaca beberapa orang yang mengeluhkan barang yang dibelinya tak juga sampai di rumah. Hal ini bisa saja terjadi karena Paketnya tersesat atau memang tidak dikirim.

Cara menghindari bahaya ini adalah berbelanjalah dari bisnis online yang memang sudah recommended, ternama dan terpercaya.

5. Mencuri Identitas
Pencurian identitas mengacu pada seseorang salah memperoleh atau menggunakan identas pribadi orang demi keuntungan ekonomi. Seperti contoh, ketika seseorang mencuri nomor kartu kredit atau debit Anda maka seluruh uang di rekening sedang dalam bahaya.

Cara menghindari bahayanya adalah ingatlah singkatan “SCAM”. S = Stingy atau berikan identitas Anda hanya pada orang terpercaya, C = Check atau rutin mengecek keuangan Anda, A = Ask atau bertanya mengenai kartu Anda secara berkala, dan M = Maintain atau mengontrol keseluruhan pengeluaran dan pemasukan keuangan dari kartu tersebut.

Itulah 5 Bahaya Belanja Online dan Cara Menghindarinya, semoga postingan ini dapat bermanfaat buat Anda semua. 

47 komentar

nah ini yang kutunggu-tunggu mas.
setelah semalam diulas keuntungannya sekarang diulas kerugian dan bahaya belanja online.jadi saya bisa lebih berhati-hati didalam memilih dan memilah toko online bila nanti mau belanja online.harus yang benar2 terpercaya agar tidak sampai terkena dampak dari bahaya yang diulas diatas yamas

hemm...haus juga nih nulis komentar.mana nih kopinya coba?

Yo'i Mas Yanto...
Tumben nie sendirian aja, Mas Saud kemana coba?

Airnya juga baru mau masak mas, gak ada termos disini mah...
ditunggu aja ya :)

ini komengnya kok di sikat abis ama mas yan yah ,,,,

Intinya jangan belanja di warung remang-remang gan hahahahh

Kebetulan neh lagi marak cyber criminal, wah triksnya boleh dicoba neh...

Yang jelas lihat reputasi tempat penjualan barang tersebut menurut pandangan konsumen, sehingga kita bakal menemukan titik mana yang terasa janggal dan mana pula yang pelayanannya bisa terbaik.

Semakin kita tahu reputasi dari orang lain, maka itu udah teruji kalau persentasenya lebih banyak ke hal positifnya. Sebaliknya, reputasi buruk sebaiknya jangan pernah mencoba beli di tempat tersebut.

Itu tambahan dari saya.

Sukses 2 komentar, ditunggu juga ya ?

suruh pake petromaks makanya biar warungnya jadi terang benderang gan :D

iya Mas Abu sekarang ini marak banget yang namanya penipuan lewat dunia maya terutama di bisnis online

Belanja online memang mudah, namun memang resiko juga besar, bahkan toko online ternama sekalipun (laza*a) pernah mengalami komplain,.

yg mencuri identitas itu yg bahaya mas,,jadi takut kalo seperti itu...

kalau saya satu yaitu gambar dan bentuknya tidak sama, sakitnya tuh disini

Sebagai karyawan yang lebih tertuju kepada online saya membela diri sendiri hehe
Tapi tidak semua toko online seperti itu kitanya aja yang harus teliti dalam berbelanja dan tidak sembarangan aja :)

iya nih mas fiu
adminnya nggak pengertian banget deh
tau lapar tp nggak ngasih apa2.:D

Harus lebih hati hati ya Mas Marnes kalau mau belanja online jaman sekarang.
Makasih Mas sudah mengingatkan, saya kapan 2 coba belanja online

Saya ngambil yang pakai Tank Top nya aja deh hkhkhk :D

Saya datang maaf tadi habis bersimpuh Mas Marnes :)

Saya bawa kopi senndiri aja akh kasihan Mas Marnes Ibune gak ikut ke Jakarta ya Mas ..? eeh apa ikut ya?

Lalu saya dapat coba kalau semua isi blog ini di makan Mas Yan?

Warung saya juga remang remang jika lagi mati listrik .kalau dah nyala terang lagi

Siap siap pasang kunci gembok kapal ya Mas biar aman belanja online nya hhh

Ngena banget Pak Ustadz nih komen nya. seratus deh buat Pak Ustad

Saya setuju dengan pendapat Mbak Ai deh

Tenang aja Mbak Dwiex ada saya. nanti tak saya takutin juga bakal gak berani hkhk :D

Saya malahan terfokus dengan gambar postingan yang pakai Tank top doang, kenalin dong Mas hheheh :D

iya Mbak Dwiex gak usah takut kan udah ada Mas Karryst nie :)

Ia bener Mbai Ai dan Mas Karryst, tidak semua toko online seperti itu tapi yang pasti ada aja lah, yang terpenting kitanya yang lebih selektif dan waspada selalu

iya mas, saya juga pernah baca ada beberapa pembeli yang mengeluhkan terhadap pelayanan Laza*a

Iya Mas Karryst uraian dari Mas Ustadz memang makjleb bange deh, makasi ustafz atas tambahannya :)

Ya harap dimaklumin aja ya bapak-bapak, adminnya kan hidup serba sendiri padahal bujang bukan duda juga bukan...hehehee... cuma bisa nyiapin kopi panas aja nie, ada yang mau? masih ngebul banget lho :)

masih mending remang-remang agak keliatan, daripada gelap gulita coba...

biar lebih aman coba deh jangan belanja online dijamin aman :D

silahkan Mas Karryst tapi ambil tank topnya aja ya, orangnya biarin disini aja buat bantu-bantu saya nyuciin pakaian saya :D

Rapopo mas, santau aja kayak dipantai kalo kata Kang Lembu mah :D

Mas Karrys emang paling ngertiin hehee...
ibune gak ikut mas, lah wong anak saya sekolah dikampung mas, ibune juga ngajar dikampung pula :)

iya mas harus hati-hati banget biar gak jadi korban penipuan...

sebenernya lebih enak belanja online,, dan kaalau saya pribadi biasanya belanja di beberpa tokoonline yang memang terpercaya...

Kalau saya sukanya teh anget saja. Di toko online ada jual teh anget gak yah.

maka dari itu, sampai saat ini saya belum pernah coba belanja online :D


EmoticonEmoticon