5 Perubahan Perilaku Manusia Sejak Adanya Facebook

Tags

Siapa yang tidak kenal dengan jejaring sosial bernama facebook? Mulai dari anak usia SD, remaja, dewasa, sampai ibu rumah tangga pasti tahu dengan jejaring sosial yang satu ini.

Sebagai jejaring sosial terbesar di dunia dengan 1,2 miliar pengguna memiliki dampak yang besar dalam kehidupan kita sehari-hari. Tanpa disadari,  facebook mempunyai peranan besar menggeser beberapa nilai kehidupan para penggunanya. Di sadari atau tidak, ada beberapa perilaku yang sudah biasa kita lakukan sekarang ini berkat terlalu lama terekspos dengan jejaring sosial satu ini. Padahal kalau saja kita tidak berkenalan dengan si Facebook ini, mungkin saja kita tidak akan bisa melakukan hal itu.
5 Perubahan Perilaku Manusia Sejak Adanya Facebook
5 Perubahan Perilaku Manusia Sejak Adanya Facebook
Lantas, apa saja yang telah facebook ubah terhadap diri kita?
Berikut ini 5 perubahan perilaku manusia sejak adanya facebook, seperti dilansir merdeka :

1. Kita jadi suka berbagi (share)
Semua hal baik undangan pernikahan hingga apa yang kita pikirkan pasti dapat ditemukan dengan mudah di Facebook. Hal ini dikarenakan kita jadi lebih terbuka sehingga tak malu membagi berbagai cerita apapun itu. Sehingga, cerita besar seperti rencana pernikahan, dapat pacar baru, membeli rumah, hingga yang remeh seperti sedang galau atau berada di suatu tempat pun dengan mudahnya kita share di sini. Hal ini tentunya berbeda di saat kita belum memiliki Facebook.

2. Masa lalu bukanlah masa lalu
Dulu, jika kita ingin mengetahui riwayat hidup seseorang, maka kita harus bertanya sana sini. Namun, hal itu tak harus dilakukan sekarang. Cukup buka saja laman Facebooknya dan scroll ke bawah untuk menguak lebih dalam mengenai kehidupan orang yang ingin kita ketahui. Jika privasi orang tersebut tidak terlalu ketat, maka segala hal akan bisa kita ketahui dari Facebooknya.

3. Buat penggunanya jadi bahagia
Menurut survei yang dilakukan University of Texas pada tahun 2009 terhadap 2.600 siswa disebutkan bahwa kebanyakan pengguna bahagia dengan hidupnya. Bahkan, berkat Facebook mereka jadi lebih peka terhadap isu sosial maupun politik. Hal yang sama juga ditunjukkan pada penelitian University of Wisconsin. Disebutkan, para pengguna Facebook akan terlihat lebih bersinar wajahnya setelah lima menit menatap laman Facebook sendiri. Ah…masa sih? Kalau saya pribadi paling yang membuat saya berseri-seri ketika melihat beberapa teman yang mengunggah gambar-gambar gokil atau membuat status lucu yang bisa membuat saya tertawa terbahak-bahak. Terkadang rada risih juga sih lawong tengok kiri-kanan gak ada orang cuma ketawa-ketiwi sendiri hehehe…Bagaimana dengan kalian?

4. Mudahnya ketemu siapa saja
Reuni dengan teman sekelas di kuliah hingga SD bisa dilakukan dengan mudah lewat Facebook. Batas wilayah dan waktu pun seakan sirna berkat layanan jejaring sosial satu ini. Kita pun tak perlu lagi menerka-nerka bagaimana kondisi kerabat yang posisinya sedang jauh dari kita. Cukup buka Facebooknya dan lihat foto-foto ataupun status mereka.

5. Kesadaran akan pentingnya privasi
Berkat Facebook juga kita jadi menghargai privasi baik diri sendiri maupun seseorang. Sering kali kita membatasi apa saja yang akan kita bagikan pada orang lain karena ingin privasi. Terlebih setelah munculnya berita bahwa NSA menyadap apa yang kita lakukan di Facebook, kesadaran kita makin besar. Dibandingkan dulu, orang sekarang akan khawatir jika banyak hal pribadi mereka diketahui orang lain yang tidak dikenal di Facebook. [sumber]

Demikian postingan mengenai 5 Perubahan Perilaku Manusia Sejak Adanya Facebook, jika sobat merasa postingan ini bermanfaat jangan lupa share juga ke sobat lainnya. 

50 komentar

Atu lgi min
Tempat ibadah tak lgi penuh
Dengan adanya facebook berdoa pada difacebook:-D:-D

Dengan akun media sosial FB kita juga bisa tahu ya Mas, Namun, dengan niatan yang baik pastinya teman-teman di FB pun bisa saling menjaga privasi untuk saling mengontrol penyalah gunaan privasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Salam

buat ku facebook telah mempertemukan aku dengan teman teman lama yan telah hilang kontaknya

Kalau menurut penelitian di USA "katanya" Facebook ini situs usang. Hehehe
Tapi juga sebagai ajang narsis juga kaya blognya mas marnes #ups hahaha

Bisa jadi...bisa jadi...
yang penting Mas Dion gak ikut-ikutan ngeluh di facebook kan :)

selalu ada dampak positif dan negatifnya ya mas, tergantung dari kitanya sendiri

sama seperti saya mas, salah satu sisi positif dengan adanya facebook saya bisa ketemu temen-temen satu daerah yang dah lama banget jarang ketemu bahkan temen sewaktu smp akhirnya ketemu juga :)

ya narsis dikit mah gak apa-apalah selama tidak merugikan orang lain
bisa aja ngelesnya, marnes gitu loh hahaha....

selama ini Mas Lano kelamaan pingsan sih hehehe...
jadi baru nyadar deh :)

kalo bener berarti gak salah kan :)

Tapi facebook banyak Juga dampak buruk nya .. iya gak mas :D

Dan dengan adanya media sosial, peluang menyebar dan mengaplikasikan niat jahat juga jadi semakin canggih hehehe :)

yups betul mas, terlebih lagi buat anak yang masih dibawah umur pasti lebih banyak dampak buruknya ketimbang baiknya...ketika kita baru login aja langsung terpampang iklan dewasa di sidebar fb, ini yang gak cocok untuk diliat anak dibawah umur :)

betul mbak, sekarang dah bertebaran oknum-oknum untuk melakukan kejahatan dengan modus penipuan terutama

google sudah menyaring konten dewasa giliran facebook nih...sebab justru fb ini yang lebih menyeluruh daripada web..jadi ditunggu aja
narsis di fb masing2 nggak ada yang larang kok..hehe

Dengan media facebook kita bisa pilih yang terbaik
Untuk saling berinteraktif, pokonya facebok
Banyak positifnya, namun tergantung si pemakai sih?

Yang jelas kita harus pandai menempatkan mana untuk Beribadah
Dan mana untuk saling berinteraktif dengan teman di FB,
Nice artikelnya Mas Marnes. Mas Dion salam Kenal juga, sip masukanya :)

poin pertama Berbagi (share)
untuk berbagi foto gaya selfie yang sekarang lagi ngetren
hehehe

facebook di zaman sekarang ini ada postif dan negatif nya yaa mas
:)

Hehee aku temanin kamu itu yang nomor 3 ketawa" sendiri tapi tanpa tengok kanan kiri

Ternyat nama sebeneenya marnes... Nggak pernah lihat teliti selama ini kupanggil manres

Betul sekali mas, intinya harus bisa menempatkan diri...
jangan sampe terlalu keasyikan facebookan malah jadi mengabaikan hal-hal positif yang harus kita laksanakan :)

iya selama ini mbak muya nyebutnya manres terus padahal saya dah komplain loh hehehe...

yang saya kurang suka sekarang facebook terlalu banyak iklannya, udah gitu iklannya kadang rada-rada hot lagi...

betul mas ada manfaat dan ada juga sisi negatifnya tergantung si pemakainya aja :)

kalo saya sih emang hampir tiap hari mas share ke facebook, kan tiap saya bikin postingan blog udah secara otomatis terupdate di wall fb saya :)

iya mas selalu begitu ada postif dan ada juga negatifnya :)

iya bener mbak kadang saya suka ketawa sendiri kalo lagi asyik facebookan bareng temen-temen apalagi anggotanya komunitas blogger KPK, selalu ada status atau unggahan gambar yang membuat saya pengen ketawa :)

sepertinya itu adalah dampak positif nya mas. Kalau dampak negatif nya juga tidak sedikit lho hehehe misalnya orang sekarang lebih suka undang pernikahan lewat facebook :D

selamat pagi maz marnez , , ,

ngomongin FB memng nggak ada habsnya ya , , selalu penuh tanda tanya , , hehehe

awalnya tempat sharing , tapi ke sini malah jadi bahan lapak wkwkwk ya begitulah :D

Karena fb juga banyak yg tertipu
Kehilangan uang
Untung saya ga kena rayu
Walau inboknya selalu hai sayang

:D

Saya sepakat mas, yang nomor 4 sudah saya rasakan sendiri, bisa ketemu lagi teman-teman lama sehingga silaturahmi gak putus ..

Betul banget mbak selain ada dampak postif dampak negatifnya juga ada tergantung si penggunanya itu sendiri :)

selamat pagi juga mas ibnu....
iya mas ngomongin masalah fb sepertinya gak ada habisnya untuk dibahas :)

ya gak apa-apa mas apalagi lapaknya bisa menghasilkan sesuatu seperti lapaknya mas intan hehehe...saya juga mo bikin lapak ah... :)

Bener banget mbak keberadaan jejaring sosial ini justru malah banyak digunakan untuk tindakan kejahatan, maka dari itu selalu waspada dan jangan mudah percaya sama orang yang menawarkan apapun terlebih lagi kita gak kenal sama sekali sama itu orang :)

Betul tuh mas sama seperti saya bisa ketemu temen-temen lama walaupun cuma di dunia maya :)

tanpa disadari ane juga jadi berubah mas, sejak kenal sama FB..hehe

selamat Sore Mas, iya betul sekali Mas, dengan Facebook orang saat ini sangat mudah untuk share atau berbagi, saya juga sendiri banyak berbagi di jejaring sosial Facebook, twitter dan google Plus...

Karena Fb orang bisa lupa waktu. Fb ada efek positif dan negatifnya juga ya mas. memang banyak orang yang kecanduan sama fb

yang jauh jadi dekat, dan yang dekat jadi jauh ya mas dengan adanya facebook ini, meski tidak semuanya begitu :)
alangkah baiknya apabila kita bisa memanfaatkan social media ini dengan bijak agar nilai-nilai kemanusiaanya dan nilai sosial di masyarakat tetap ada dan tidak luntur :)

Yang untung pedagang pulsa mas. Dari anak sd sampai smp tiap hari laris manis pedagang pulsa. Hehehe

mungkin bisa membuat orang menjadi sombong mas :D (follow done)

kalo berubahnya ke arah yang lebih baik gak apa-apa mas :)

selamat sore juga mas, saya juga hampir tiap hari share di fb...
makasi ya atas kunjungannya :)

anak-anak jaman sekarang banyak yang lebih suka ngobrol via fb dan social media lainnya mas daripada ngobrol secara langsung, kata nya sih lebih asyik via social media getu hmmm :)


EmoticonEmoticon