Tips dan Triks Mempercepat Koneksi Internet di Mozilla Firefox


Salam blogger...
Pada kesempatan kali ini saya ingin share informasi tentang Tips dan Triks Mempercepat Koneksi Internet di MozillaFirefox.
Mozilla Firefox merupakan salah satu browser yang cukup familiar, paling banyak digunakan dan paling populer di Indonesia, disamping itu firefox memiliki banyak plugin yang mudah untuk dimodifikasi. Inilah yang menjadikan firfox paling banyak digunakan di Indonesia karna kita bisa sedikit memodifikasi firefox agar bisa berlari kencang dan bisa diajak ngebut, kayak mo balapan aja ya! hehehe….Tentunya default bawaan dari firefox sudah standart sedimikian rupa untuk menghindari kesalahan dan kerusakan yang bisa berakibat terhadap masalah-masalah yang timbul tentu saja ini secara general bukan per individu.

Firefox merupakan salah satu aplikasi browser open source yang terbaik saat ini dibandingkan dengan browser-browser yang lain. Walaupun mungkin browser lain pun tidak kalah kencengnya seperti chrome, Safari dan Opera. Hanya saja karena yang paling populer adalah firefox maka tentu tidak heran kalo banyak bertebaran artikel yang berhubungan dengan firefox dibanding dengan artikel yang berkaitan dengan Safari, Opera dan Chrome, apalagi IE yang benar-benar sudah ditinggalkan kususnya di Indonesia.

Tips dan Triks untuk Mempercepat Koneksi Internet di Mozilla Firefox, antara lain sebagi berikut :

1. Beberapa Add-ons Mozilla Firefox yang bisa anda gunakan untuk mempercepat koneksi internet antara lain :

Adblock berfungsi untuk Menghilangkan iklan di halaman web. Ekstensi ini dapat dikonfigurasi dan memblokir iklan tertentu di situs Web yang Anda kunjungi. Sehingga bagi anda yang selalu merasa ribet dengan banyaknya iklan yang bertebaran akan terbantu dengan ekstensi ini. Dengan adblock plus website jadi lebih bersih dan bisa diload cepat.

Fasterfox fungsinya melakukan tweaking terhadap firefox untuk mendapatkan kemampuan yang maksimal. Addons ini akan malakukan tweaking terhadap setting rendering, cache, pipelining, delay, dns dan setting default lainnya yang dianggap perlu.

Flashgot berfungsi untuk memudahkan anda untuk memilih software yang akan anda gunakan untuk mendownload dan mengkostumisasi.

Noscript berfungsi untuk melakukan pengaturan terhadap javascript, java, dan flash yang ada dalam sebuah website, dengan NoScript kita bisa melakukan block atau sebaliknya

Toomanytabs meningkatkan dan memperluas tab manajemen Chrome antarmuka dengan fitur seperti pencarian tab instan yang sangat membantu bila Anda memiliki 20 atau lebih tab terbuka, tab pemilahan ini berdasarkan tanggal, domain, judul halaman dan banyak lagi.

Wot untuk mengukur tingkat bahaya situs atau web yang Anda akses, dengan mudah dibaca peringatan, selain itu wot / Web Of Trust ini akan memeringankan situs-situs yang akan mencoba “men-scam” anda, situs-situs yang akan mencoba meninfeksi computer anda dengan malware, spyware atau semacamnya.

Memory Fox untuk membatasi penggunana memory kompie saat kita berselancar dengan mozilla (Mozilla kan dikenal sebagai browser Handal tetapi sangat banyak menggunakan memory saat aplikasi dijalankan!!), bisa di download disini 

2. Berikut ini setting internet cepat pada firefox

1. Mengaktifkan Pipelining
Biasanya browser bekerja dengan mengirimkan permintaan kepada server dan menunggu respon sebelum melanjutkan proses. Pipelining adalah sebuah teknik lebih agresif yang memungkinkan browser untuk mengirimkan beberapa permintaan sekaligus sebelum menerima respon apapun untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh isi halaman. Untuk mengaktifkan fungsi ini ketik “about:config” pada kotak alamat, klik-ganda pada “network.http.pipelining” dan “network.http.proxy.pipelining” agar nilainya berubah menjadi “true” kemudian klik-ganda pada “network.http.pipelining.maxrequest” dan jadikan nilainya “8″.
Perlu diingat bahwa beberapa server tidak melayani pipelining. Jadi, ada kemungkinan kalau pengaturan ini justru memperburuk kinerja. Atur kembali semuanya seperti pengaturan awal jika memang terjadi masalah.

2. Render dengan Cepat
Situs yang besar dan rumit bisa memakan waktu untuk diunduh. Firefox tidak ingin membuat Anda menunggu, jadi dengan pengaturan standar Firefox akan langsung menampilkan apa yang ia terima setiap 0,12 ******* Walaupun hal ini membuat browser terkesan lebih cepat, rendering ulang yang dilakukan terus menerus meningkatkan waktu total yang dibutuhkan untuk menampilkan halaman, kita dapat mengurangi jumlah rendering ulang untuk meningkatkan kinerja.

Ketik “about:config” dan tekan [ENTER], kemudian klik kanan pada tampilan utama dan kemudian pilih “New > Integer”. Ketik “content.notify.interval” sebagai nama preferensi Anda, klik “ok”, masukkan “500000″ (500 ribu) dan klik “ok” kembali.
Klik kanan lagi pada tampilandan pilih “New > Boolean”. Kali ini buat nilai disebut “content.notify.ontimer” dan atur menjadi “True” untuk menyelesaikan tugas Anda.

3. Loading Lebih Cepat 
Jika Anda tidak menggerakkan tetikus atau menyentuh keyboard selama 0,75 detik, Firefox akan masuk ke dalam mode “low frequency interrupt” yang artinya interface-nya menjadi kurang responsif tetapi bisa me-load halaman lebih cepat.
Ketik “about:config” dan tekan [ENTER], klik kanan pada tampilan dan pilih “New > Integer”. Ketik “content.switch.threshold”, klik “ok”, masukkan “250000″ (seperempat detik) dan klik “ok” untuk menyelesaikan.

4. Tidak Ada Interupsi 
Anda bisa melakukan langkah lebih jauh dengan memberitahu Firefox untuk sama sekali mengabaikan user interface events sampai halaman selesai diunduh. Memang cara ini agak ekstrim karena Firefox bisa menjadi tidak responsif selama beberapa waktu, tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba apakah efeknya positif untuk Anda.
Ketik “about:config”, tekan [ENTER] dan klik kanan, pilih “New > Boolean”. Ketik “content.interrupt.parsing”, klik “ok”, atur nilainya menjadi “False” dan klik “ok”.

5. Tingkatkan Ukuran Cache 
Ketika berselancar Firefox akan menyimpan gambar dan skrip pada memory cache lokal di mana Anda bisa mempercepat pengambilan data jika mengunjungi situs yang sama kembali. Jika Anda memiliki RAM yang besar (2GB atau lebih), biarkan Firefox berjalan lebih lama sehingga mengunjungi kembali halaman-halaman situs akan lebih cepat, terutama dengan cache yang besar.
Ketik “about:config” dan tekan [ENTER], kemudian klik kanan dan pilih “New > Integer”. Ketik “browser.cache.memory.capacity”, klik “ok”, masukkan “65536″ dan klik “ok”, kemudian “restart” browser untuk mendapatkan cache yang baru dan lebih besar.

6. Aktifkan TraceMonkey
TraceMonkey adalah engine Javascript baru dari Mozilla yang super cepat, dalam beberapa benchmark bahkan mencetak nilai 40x lebih besar dibandingkan versi saat ini. Tracemonkey mungkin saat ini memang dalam tahap pengembangan dan masih sedikit buggy, tetapi jika Anda berkeberatan menggunakan perangkat lunak dalam tahap pengembangan, dapatkan nightly build terbaru dari (ftp://ftp.mozilla.org/pub/firefox/nightly/latest-trunk/).
Ketik “about:config” pada kotak alamat dan tekan [ENTER]. Ketik “JIT” pada kotak filter, lalu klik ganda “javascript.options.jit.chrome” dan “javascript.options.jit.content” untuk mengubah nilainya menjadi “true”. Selamat!, kini Anda telah menggunakan engine Javascript mutakhir Firefox.

7. Kompres Data
Jika Anda memiliki koneksi internet lambat, mungkin Anda merasa bahwa Firefox tidak berkinerja baik. Itu tidak sepenuhnya benar! Instalasikan toonel.net dan aplikasi Java ini akan mengambil alih trafik internet Anda melalui server-nya sendiri. Semua data yang melalui server Toonel lalu dikompres sehingga data yang perlu diunduh browser lebih sedikit.

Tweaking Firefox :
Ketik “about:config” di firefox anda kemudian enter
Maka akan keluar sebuah settingan untuk tweaking firefox
Untuk merubahnya, klik 2 kali dan masukkan data perubahannya
Jika data dibawah tidak terdapat dalam settingan default firefox, klik kanan pilih New. Untuk data berupa angka, pilih Integer, untuk true/false pilih Boolean.

- Untuk pengguna DSL :
Set “network.http.pipelining : true”
Set “network.http.proxy.pipelining : true”
Set “network.http.pipelining.maxrequests : 64″
Set “nglayout.initialpaint.delay : 0″

- Untuk pengguna ADSL :
Set “network.http.max-connections : 64″
Set “network.http.max-connections-per-server : 21″
Set “network.http.max-persistent-connections-per-server : 8″
Set “network.http.pipelining : true”
Set “network.http.pipelining.maxrequests : 100″
Set “network.http.proxy.pipelining : true”
Set “nglayout.initialpaint.delay : 0″

- Untuk pengguna Dial Up
Set “browser.cache.disk_cache_ssl : true”
Set “browser.xul.error_pages.enabled : true”
Set “network.http.max-connections : 32″
Set “network.http.max-connections-per-server : 8″
Set “network.http.max-persistent-connections-per-proxy : 8″
Set “network.http.max-persistent-connections-per-server : 4″
Set “network.http.pipelining : true”
Set “network.http.pipelining.maxrequests : 8″
Set “network.http.proxy.pipelining : true”
Set “plugin.expose_full_path : true”
Set “signed.applets.codebase_principal_support : true”
Set “content.interrupt.parsing : true”
Set “content.max.tokenizing.time : 3000000″
Set “content.maxtextrun : 8191″
Set “content.notify.backoffcount : 5″
Set “content.notify.interval : 750000″
Set “content.notify.ontimer : true”
Set “content.switch.threshold : 750000″

Demikianlah share informasi tentang Tips dan Triks Mempercepat Koneksi Internet di Mozilla Firefox semoga bermanfaat...

16 komentar

nah ini post nya baru bisa dibuka ...
Yg kemarin ga bisa sobb ...

Thanks infonya sobb :D

mampir :)

@mvahlepi.net: sama-sama sob,thanks atas kunjungan dan komennya :)

Tips yang sangat menarik sekali dan berguna buat saya sobat
Terima kasih sobat sudah berbagi

@Penyuluh Perikanan: Sama2 sobat, syukur Alhamdulillah klo postingan tersebut bisa bermanfaat buat sobat toh ane cuma sekedar sharing info aja dan postingan tersebut juga bukan hasil karya ane melainkan dari hasil pencarian ane di mbah google...

Makasih telah berbagi mas tutirnya sangat membantu ..
nice artikel

@Destar Taroky: sama2 mas bro, makasi juga dah berkenan mampir ke blog butut ane ini...

Tipsnya mantap dan berguna sekali nih sohib...
Terima kasih sudah berbagi ya..

@Anak Mas: Sama2 sohib, Alhamdulillah kalo postingan nie bisa bermanfaat buat sohib, makasi ya atas partisipasinya unutk meramaikan blog nie

@lelesurabayamadura: bisa jadi begitu boss ane sendiri lebih nyaman menggunakan Mozila Firefox ketimbang browser yg lainnya.

Ini mesti dicoba.
Tips n triknya sangat membantu sobat. Trims uda berbagi...

@LUSTY SAE: sama2 sobat, silahkan dicoba aja buat ngebukktiin bener apa kagak tuh hehehe....

Kunjungan dari PawankCrew Version's mas bro

mantab sob tutornya, kebetulan ane suka pakai mozilla. :D

mantap nih gan trik nya, saya coba dulu, semoga berhasil nih :)


EmoticonEmoticon