Blogger Jateng

Mengenal Jenis Lensa Kamera Tambahan untuk Smartphone

Mengenal Jenis Lensa Tambahan untuk Smartphone - Di zaman serba modern ini segala sesuatu dapat dipermudah, khususnya dibidang fotografi. Dulu fotografi smartphone hanya digunakan untuk sekedar mengabadikan momen yang biasa-biasa saja. Kini seiring perkembangan teknologi yang makin pesat, fotografi telah menjadi salah satu hobi baru bagi sebagian pengguna smartphone. Hanya dengan smartphone anda bisa mahir fotografi. Asalkan anda mau terus berlatih dan menggunakan trik fotografi yang tepat, maka hasil jepretan smartphone anda mampu menghasilkan foto yang membuat orang lain berdecak kagum. 

Ditambah lagi sekarang ini produsen gadget terus berinovasi untuk mengembangkan smartphone yang diusungnya. Sehingga banyak kita jumpai di toko-toko gadget yang menawarkan beraneka ragam spesifikasi smartphone dengan kelengkapan fitur serta kamera beresolusi tinggi dapat menghasilkan foto yang apik dan ciamik. 


Jika pelaku fotografi smartphone masih merasa kurang puas dengan yang ditawarkan oleh kamera bawaan dari produsen, sekarang ini banyak sekali alat atau gadget pendukung untuk sekedar “memuaskan” atau memenuhi kebutuhan para pelaku fotografi smartphone. Maka tak heran jika saat ini banyak pengguna smartphone mulai memburu lensa kamera tambahan untuk smartphone mereka. Lalu apa saja kira-kira lensa kamera tambahan ini dan apa kegunaanya?

lensa kamera smartphone, lensa tambahan smartphone, jenis lensa kamera
Jenis lensa kamera smartphone [image by lazada.co.id]

Secara garis besar ada 4 jenis lensa kamera tambahan untuk smartphone yang diadopsi dari teknologi kamera digital, yaitu Lensa Fisheye, Lensa Tele/Telephoto, Lensa Wide Angle, dan Lensa Makro. Untuk itu, kali ini admin akan memberikan informasi singkat mengenai ke empat lensa tersebut.

1. Lensa Fisheye
Mungkin ada diantara anda yang bertanya-tanya apa itu lensa Fisheye? Bukankah jika kita artikan ke dalam bahasa Indonesia itu berarti “mata ikan”? Memang tidak salah mengartikan secara mentah bahwa lensa Fisheye adalah lensa mata ikan karena memang lensa jenis ini berbentuk cembung seperti layaknya mata ikan. Banyak juga orang yang menyamakan lensa Fisheye dengan lensa Wide Angle karena kedua lensa ini berbentuk cembung yang dapat menangkap gambar dengan sudut 180 derajat.

Lensa Fisheye memiliki titik fokus pendek dan kedalaman hampir tak terbatas. Distorsi yang diciptakan oleh tepi luar lensa terlihat signifikan, menciptakan hasil fotografi yang melingkar. Dengan begitu, lensa smartphone anda akan menangkap gambar bulat bukan yang persegi. Ini akan membuat seolah-olah orang ataupun objek terlihat seperti hidup dalam gelembung.

2. Lensa Tele / Telephoto
Menurut Wikipedia, Lensa Telephoto didefinisikan sebagai lensa yang memiliki konstruksi panjang yang lebih pendek daripada panjang fokusnya sehingga mengakibatkan pusat optis yang berada di luar bodi lensa itu sendiri. Jika anda merasa tidak puas dengan digital zoom bawaan smartphone yang kualitasnya tidak terlalu prima, anda bisa menggunakan lensa Telephoto ini. Dengan lensa jenis ini anda dapat mengambil objek yang jaraknya jauh tanpa harus mengandalkan digital zoom.  

3. Lensa Wide Angle
Lensa Wide Angle atau disebut lensa sudut lebar adalah lensa dengan panjang fokus lebih pendek daripada lensa normal. Fungsi dari lensa Wide Angle sendiri adalah untuk menangkap objek yang luas dalam jarak dekat atau ruang yang kecil. Ciri khas dari lensa ini mampu menangkap keluasan pemandangan dalam gambar dengan tampilan wide-angle-nya. Selain itu, lensa ini juga mampu menciptakan efek kelainan bentuk yang menarik apabila anda memotret subjek dari jarak dekat. 

4. Lensa Makro
Lensa Makro mempunyai fungsi untuk mengambil gambar secara detail, tajam, dan mampu memperbesar foto dari objek yang kecil seperti bunga, tanaman, dan serangga. Lensa Makro didesain khusus untuk memotret objek berukuran kecil dan mampu melakukan fokus dalam jarak yang sangat dekat. Lensa jenis ini dapat melakukan fokus lebih dekat daripada lensa normal lain, mampu mengisi seluruh frame dengan objek dan dengan tetap menonjolkan detail dan warna.

Demikian artikel tentang Mengenal Jenis Lensa Kamera Tambahan untuk Smartphone, semoga bermanfaat dan dapat membantu memberikan informasi buat anda semua.

40 komentar untuk "Mengenal Jenis Lensa Kamera Tambahan untuk Smartphone "

  1. Hehe aku nggk update nih, baru tahu ada tambahan lensa kamera tambahan untuk smartphone
    tentu sangat bermanfaat
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti mbak beruntung udah mampir ditempat yg tepat, sekarang jadi tau kan kalo ada lensa tambahan buat smartphone 😁

      Hapus
  2. saya baru ngeh kalau lensa tambahan kamera punya ibue jenis Lensa Wide Angle...iya...iya...iya...iya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa liat yang lebar-lebar dong ih...

      Hapus
    2. Wah itu pasti kang, selain pake wide angle mang Lembu mah pake yg tele zoom juga biar keliatan lebih lebar, kan sukanya yg semok-semok ci mamang mah 😁

      Hapus
    3. Mas Marnes gitu...suka bener kalo baca pikiran orang...hhihihi...pasti muantap ituh....

      Hapus
  3. Secara garis besar lensa kamera memang banyak macamnya, namun yang paling utama adalah lensa yang mampu mengadopsi semua keperluan, dan lensa tele bisa jadi solusinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini kalo tukang editing foto mah pinter dan nyambung komennya oge, tapi kapan saya mau diajarin editing foto coba?

      Hapus
  4. Awalnya saya kira fish eye itu wide angle juga. Soalnya hasil fotona lebar sih. Kalau lensa makro ini yang biasa anak lab pakai ya mas. Sejenis mikroskop gitu yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mas memang banyak yg menyamakan fisheye itu sama halnya dengan wide angle

      Hapus
    2. kalau saya biasanya nyamain fish dengan ikan dong

      Hapus
  5. Sayamah ga ngerti kang.. tp kalau urusan popotoanmah saya hobi banget atuh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga awalnya mah gak ngerti teh, tapi sekarang mah sedikit-sedikit mah rada ngerti, baru sedikit sih

      Hapus
  6. mungkin dengan penambahan itu memang hanya untuk kepuasan pengguna smartphone saja ya mas.

    tp kalau memperhitungkan dari segi harga,bakalan pilih beli kamera digital dibanding dengan membeli accesoris smartphone ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi seperti itu mas, mengingat uang yang dibutuhkan juga pasti lebih banyak mungkin.

      Hapus
    2. iya betul mas camera digital juga udah banyak yang murah.

      Hapus
  7. Saya kok baru tahu ya, tentang lensa kamera smartphone ini, atau mungkin karena saya baru dari pertapaan. :)

    BalasHapus
  8. Kelengkapan kamera ini tentunya akan semakin menambah kontras hasil gambar ya mas... Wah ini bagus untuk dimiliki bagi potografer kaya saya ini, potografer amatir mas tapi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trus harganya gimana itu mas... Apa masih bisa di jangkau bagi potografer amatir seperti saya mas...

      Hapus
    2. kalo untuk lensa tambahan smartphone sih harganya relatif terjangkau mas, berbeda dengan lensa kamera dslr yang jauh lebih mahal

      Hapus
  9. seneng berburu objek dg lensa makro

    BalasHapus
  10. saya sempat tertarik sama lensa tele tuh mang, meskipun kamera hp saya sudah luar biasa banget tapi saya selalu merasa kurang bagus hasilnya, tar saya coba nyari ah lensa kamera buat smartphone saya.

    dengan catatan : kalo inget yah mang

    BalasHapus
  11. Itu mirip fise eye bukan ya ? Buat hasil kamera makin kece

    BalasHapus
  12. Sebetulnya saya kepengin gonta ganti lensa camera mas, cuman masalahnya kamera nya belum ada,,haaasem. Info yang keren mas marnes, makasih.

    BalasHapus
  13. ternyata lensa tambahan buat kamera juga jenis dan fungsinya macem macem ya mas,tentunya hal ini sangat membantu para penggiat fotografi dalam memilih lensa tambahan buat kamera agar jepretannya lebih maknyus .

    tapi dari keempat jenis lensa tadi tidak ada satu pun yang menarik buat saya,,karena saya juga belum punya kamera seperti mas dwi siswanto...he..he..

    BalasHapus
  14. Memiliki handpone dengan didukung kamera beresolusi tinggi di tambah lagi perlengkapan kamera diatas akan menambah semangat para potografer kian gencar membidik obyek mas..

    BalasHapus
  15. Wah ini nih, jadi tahu aku tentang lensa untuk smartphone :)
    Ada update hargaya sekalian gak Mas ?hee

    BalasHapus
  16. Keren ya mas,saya malah baru tahu kalau smartphone bisa dipasang lensa.Ini mungkin suatu inovasi yang sangat bagus untuk dunia fotografi dengan memanfaatkan smartphone.

    BalasHapus
  17. What are the signs of worldwide recognition of individuals during this modern world? Of course, numbers of followers to the Twitter account is truly a firm sign in these days. permanent twitter followers

    BalasHapus
  18. Info yang menarik. Sambil baca artikel ini, coba yuk kunjungi http://www.arionproperti.com/ untuk info mengenai gedung serbaguna sewa gedung pernikahan gedung pernikahan di jakarta

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. terima kasih kakak atas info lensanya.

    https://unsplash.com/@modularbuilding/likes

    BalasHapus