Hanya Dengan Smartphone Bisa Mahir Fotografi? Ini Triknya!

Tips Mahir Fotografi dengan Smartphone - Belakangan ini, fotografi menjadi fenomena yang digandrungi oleh generasi muda. Mulai dari foto makanan, pemandangan saat berlibur, hingga foto selfie menjadi hal yang wajib anda upload di sosial media. Namun, ada juga sebagian orang yang masih merasa minder dengan kemampuan fotografinya. Sehingga dia tidak pede mengupload hasil jeperetan fotonya ke sosial media. Alasannya, karena foto yang diunggah hanya berasal dari smartphone.

tips mahir fotografi, kamera smartphone, fotografi smartphone
Fotografi menggunakan smartphone [image by handphone.me]

Padahal dengan trik yang tepat, hasil foto di smartphone juga bisa membuat orang berdecak kagum. So, jangan merasa minder dan berkecil hati karena hanya dengan menggunakan smartphone pun anda bisa mahir fotografi? Berikut ulasannya!

1. Pilih Kamera Smartphone yang Tepat
Pemilihan kamera smartphone tidak boleh disepelekan, karena setiap smartphone memiliki spesifikasi kamera yang berbeda. Agar hasil foto yang anda dapatkan terlihat sempurna, pastikan smartphone yang anda pakai sudah memiliki teknologi mutakhir dan fitur yang mumpuni. Jika anda sudah membeli smartphone dengan kamera yang tepat, langkah selanjutnya adalah mengenali seluk beluk kamera yang terpasang di smartphone anda. Silahkan anda eksplore sendiri, mulai dari otak-atik resolusi, brightness, shooting mode, contrast, dan macam-macamnya lagi. Anda tahu kan peribahasa "ala bisa karena biasa"? Yups! Terus latihan akan membuat anda makin mahir tentunya.

2. Pilih Angle yang Tepat
Pemilihan angle yang tepat itu penting. Cobalah untuk bereksplorasi dan gunakan angle serta background foto unik. Misalnya diambil dari angle atas dengan background di tengah kerumunan orang. Jangan selalu memakai angle yang monoton dan terlihat membosankan, karena ini akan membuat hasil foto anda terlihat biasa saja. 

3. Perhatikan Pencahayaan
Selain memilih angle yang tepat, pencahayaan juga sangat penting untuk objek foto, sehingga anda harus bisa mematiskan kondisi cahaya pada objek yang anda ingin foto. Apalagi, kondisi cahaya siang dan malam hari akan sangat berpengaruh pada hasil foto. Jika objek yang difoto berada pada keadaan yang minim cahaya, anda bisa gunakan lampu flash. Hal ini untuk membantu objek menjadi terlihat jelas dan lebih fokus sedangkan pada bagian sekelilingnya menjadi sedikit gelap.

4. Jangan Gunakan Zoom, Mendekatlah ke Objek Foto 
Saat anda berada jauh dari objek foto, anda hanya akan mendapatkan figure kecil yang kalah dari background sekitar. Nah untuk mendapatkan hasil foto yang bagus sebaiknya hindari fitur zoom karena akan mengurangi kualitas gambar. Yang harus anda lakukan adalah mendekat dan penuhi viewfinder atau layar smartphone dengan objek foto anda. Kamera smartphone cenderung memperkecil objek foto, jadi selalu usahakan agar anda memotret dari jarak yang cukup sehingga keseluruhan objek bisa memenuhi frame tanpa harus menggunakan zoom. Menggunakan zoom akan menurunkan resolusi foto anda secara keseluruhan dan membuat foto tidak tajam.

5. Jaga Kestabilan Saat Memegang Smartphone
Semakin stabil kamera semakin bagus foto kita. Jadi usahakan agar tangan kita tenang saat mengambil foto. Jika perlu, manfaatkan benda yang lebih stabil sebagai sandaran, misalnya pohon atau tembok sehingga membantu kestabilan tangan. Jika anda punya uang, belilah mini tripod atau shuter cable untuk smartphone. Tripod berguna untuk menahan kestabilan kamera smartphone tanpa menimbulkan pergerakan. Dengan begitu, kamera akan lebih stabil dan hasil foto juga lebih bagus.

6. Pastikan Lensa Kamera Selalu Bersih dan Jernih
Kalau anda merasa hasil foto anda berbayang atau berembun, bisa jadi ada kotoran dan debu yang menempel di lensa kamera smartphonenya. Selalu pastikan keadaan lensa kamera anda bersih jadi setiap momen yang terpotret selalu jernih. Anda bisa gunakan casing smartphone untuk menjaga lensa tetap bersih.

7. Kenali Waktu Jeda Shutter
Kamera smartphone memiliki apa yang disebut shutter lag, yaitu waktu jeda antara saat kita memencet dan saat kamera mulai mengambil foto. Tidak seperti kamera DSLR yang secepat kilat mengambil foto setelah kita memencet eksposur. Untuk itu, kenali waktu jeda ini dengan baik supaya tangan kita tetap tenang sesaat setelah kita menekan shutter.

8. Tambahkan Sentuhan Aplikasi Olah Foto 
Banyak smartphone yang dibekali dengan editing tools yang mumpuni untuk memaksimalkan hasil foto. Secara umum lebih baik meng-crop foto ketimbang zoom. Anda bisa tambahkan filter, enhance colors, brightness and contrast, serta banyak lagi. Selain itu, anda juga bisa mengolah hasil foto anda di PC menggunakan Photoshop.

Demikian artikel tentang Tips Mahir Fotografi Hanya dengan Smartphone, semoga bermanfaat buat anda semua. Jika anda mempunyai tambahan tips dan trik fotografi smartphone yang lainnya, silahkan share dengan cara berkomentar pada kolom komentar yang sudah disediakan, agar temen-temen kita yang lain jadi tahu dan Insya Allah tips dan trik yang anda bagikan bermanfaat buat kita semua.

59 komentar

Wiih keren nih..berarti tanpa kamera DLSR udah bisa ndapetin gambar maksimal ya bos..boleh dicoba nih triknya...

Ya jika sudah memahami teknik fotografi dengan smartphone lumayanlah bisa menghasilkan foto yg bagus kayaknya foto hasil kamera DSLR

untuk tips fotografi ini poin yang paling menentukan kayaknya poin nomor satu ya mang..

hp jadul saya kayaknya g masuk kriteria deh..

tapi makasih mang tipsnya,sapa tahu nnti bisa di terapin kalau sudah pynya smartphone yang bagus..

Biasanya angel sama pencahayaan yg bikin pemotretan kurang bagus mang, tapi jaman sekarang kan yg pada punya smartphone biasanya sih cewe fotonya pasti selfi deh, kalau selfi sebenernya ga ada unsur seninya menurut saya mah, saya juga kadang-kadang suka motret tapi motret produk. buat jualan lah biar makin kece hehehe

nomor 5 lumayan susah mas (buat saya) gegara suka tremor tiba-tiba kalo pas mau njepret objek buat di foto.

boleh juga sih dicoba buat beli mini tripod, biar gambarnya jadi kece. ngga ngeblur hehe

Mantap mas.. Bisa untuk pembelajaran bagi yang msih pemula dalam madalah foto dengan smartphone.. Nice post mas..

kalo mau ngatur yang bisa cekrek 1 bisa banyak itu gmna yaa

Saya sering kesulitan pencahayaan mas terutama kalau sore hari apalagi malam hari fotonya ancur padahal pakai blitz

Ada alternatif berarti ne buat penggiat fotografi...gak harus pake kamera mahal

skrg sih ga terlalu pusing ya mau jd fotografer tuh...
gak musti beli kodaknya, gak musti beli filmnya, ga musti cuci cetak filmnya... ckp punya smartphone doank udh bs jd fotografer, semua org bisa jd fotografer, jepret sana, jepret sini... teknologi makin dipermudah.

Pencahayaan sering kali tidak di pedulikan mereka para potografer amatiran mas...asal obyeknya tepat tinggal jepret...

walhasil poto menjadi gelap karna waktu pengambilan gambar melawan cahaya...

Kestabilan Saat Memegang Smartphone juga perlu, pergerakan sedikditpun bisa membuat lensa kamera tidak focus,

nah satu lagi pada saat tekan tombol ambil gambar tahan 1 detik karna pada saat itu tombol mengirim perintah ke kamera untuk menangkap obyek....jika tidak hasil gambar kabur.

karna ada perbedaan kamera Hp dengan kamera digital walaupun kamera hp MPX nya tinggi

Untuk yang nomer 6 boleh ditambah tipsnya mas, jadi kalo meletakkan kamera, usahakan yang layarnya berada di posisi bawah. Sebab layar sudah dipasang anti gores, tapi pelindung kamera nggak. Ya syukur kalo sudah dipasang pelindung tambahan.

Kalau malam pake modus auto flas mas.. bisa membantu pencahayaan lhoo

Di jilat dulu lalu dilap pake tisu mas.

kemaren saya teh udah kesini, cuman karena di rejeng ibue..jadi nggak komentar.
nah mamang admin udah praktekin sendiri belom trik hanya dengan smartphone bisa jadi fotografer teh?
kalau belum berarti mang admin....GEBO (baca: Gede Bohong)

Semua yang komentar disini tak BW in...kecuali blogger mang andri yang komentarnya paling pendek

Ini justru saya lagi praktekin, kan mamang tau sekarang saya punya hp baru hahahaha...

Maksude opo kuwi? Ora mudeng saya

Iya bener tuh mas, di atas juga udah saya singgung sedikit, ini terkait dengan Shutter lag. Yups, perbedaan pasti ada cuma minimal kalo kita sudah memahami teknik fotografi dengan smartphone ya hasilnya gak jelek-jelek amat bahkan ada juga hasil jepretan kamera smartphone sedikit mirip dengan kamera DSLR dengan dibantu oleh editing foto

Iya mas bisalah buat belajar fotografi sebagai pemula mah😀

Kalo nggak coba dibantu pake petromaks biar terang benderang 😁

Malahan kalau saya pas lagi foto itu tangan saya yang gak bisa tenang mas, suka bergetar. Oh ya kalo kamera hp yang 13 mp apa udah cukup ya buat jadi fotografer?

Iya yah, smartphone sekarang kan kameranya sudah joss banget ditambah fiturnya yg ok seperti auto fokus dll, pokoknya ngga mau kalah sama dslr. Tapi saya kok malah kurang memanfaatkan.

ukuran kamera smartphone yg ideal untuk fotografi itu berapa sih mas?

soalnya saya jg sering lihat hasil foto temen2 jg bagus banget padahal cuman pake kamera hp

wah bisa jadi saingannya kang indra wisata nih bila dah mahir

Android atau smartfhone nya juga termasuk bagus, jadi bisa berpengaruh juga terhadap hasil

Lensa kamera selalu bersi mungkin ini saya akan perhatikan, sebab selama ini lensa kamera tak saya perhatikan sehingga hasil jepretan saya terkadang menghasilkan gambar yang kurang memuaskan.

Langsung tak coba bersihkan kamera hp saya, setelah itu buat jepret. :)

tau banget, ini baru cicilan bulan pertama kan?
ngambil yang 10 atau yang 20 bulan mang?

Nah ini nih pelajaran banget buatku, pengen bisa belajar dari smartphone, maksudnya dari alat yang aku punya dulu..he

Oh ya, Mas. Ada foto yang lainnya gak ya, pengen liat :)

Mas biasanya kalau aku jarak dekat tepatnya foto barang itu bisa blur backgroundnya, tapi kalau jauh ko agak susah ya, itu kira2 kenapa ya mas ? Atau tiap smartphone berbeda-beda ?

Betul kang.. kalau kita kreatif dengan kamera smartphone-pun kita bisa menghasilkan hasil jepretan yang gak kalah dengan fotografer profesional, apalagi fitur-fitur dalam smartphone sangat banyak, tinggal kita berkreasi aja sekreatif mungkin.

mas admin dong sekarang lagi gaya tengkurep,telentang maupun nungging

jepret pake karet aja lebih asyik

Kalau bersihin lensa itu pakai apa ya Mas, ?
bureum uae hasilnya :)

sekate-kate, kontan dong gak pake kasbon

pake sabun colek plus detergent mang :D

@awen fals : untuk membersihkan lensa bisa menggunakan minyak pencucui motor dengan cara teteskan aja minyak tersebut pada kain yang lembut dan bersih kemudian gosokkan pada lensa kamera yang buram. Selain minyak pencuci motor, bisa juga menggunakan odol

tuh kan mas yanto tau persis tentang profesionalisme saya, saking profesionalnya ampe bisa berbagai macam gaya kan tuh :D

iya mas kalo menggunakan kamera smartphone memang seperti itu mas, kalo terlalu deket banget yang ada gambarnya jadi ngeblur, yah sesuaikan aja jaraknya mas jangan terlalu jauh tapi jangan terlalu deket juga :)

jiaah....apa susahnya sih nulis pake udel, supaya artikelnya segera ganti....males lu ah

Pemilihan kamera pada smart phone yang tepat dapat menghasilkan gambar panorama landscape yang bagus, dan sepertinya tinggal masalah pencahayaan pada waktunya saja di pagi hari dan sore hari biar hasilnya makjeb ya kang. He.... he.... he....

Postingan mah udah ada di draft mang cuma paket data 3Gnya lagi abis sementara yg 4G susah sinyalnya disini mah, ini saya lagi otw jakarta, insya Allah besok bisa update artikel

jigana mah ka saya eta mah maksudna t Kang :D

Makasih Kang, bener eum di odolan mah jadi bersih deui sugan teh cuma bcanda :D

ya sebenernya untuk ukuran kamera smartphone yang 13/16 megapixel juga udah lumayan bagus kok kang

Iya benar. Dekati objek dan perhatikan cahayanya. Ini trik saya juga..hehehe.. tapi sayangnya untuk hasil belum pernah bagus! 😁

no 5 kadng gak stabil meganginnya hihihi goyang dikit.
no 6 seringkali kudu ngelap dulu saat motret obyek di atas nyala kompor .. lha iyaa itu asepnya nembus lensa ..jadi burem.

terimakasih tipsnya ... siyaaap dipraktekkan !

saya masih pake nokia 3310 kira kira bisa bagus gak ya hasilnya hmmm

http://sellytann.blogspot.com/2017/06/bola-pelangi-real-madrid-siap-tawar.html

http://pelangigoal4455.blogspot.com/2017/06/bola-pelangi-harry-kane-klaim-dirinya.html

http://pelangipunyacerita819.blogspot.com/2017/06/bola-pelangi-agen-bantah-turan-akan.html


EmoticonEmoticon