Blogger Jateng

Batas Akhir Verifikasi Guru untuk Uji Kompetensi

Marneskliker.com - Uji Kompetensi Guru (UKG) yang diikuti oleh seluruh guru ini akan diselenggarakan pada tanggal 9-27 November 2015. Saat ini masih berlangsung proses verifikasi data guru hingga batas akhir 23 Oktober 2015.
Batas Akhir Verifikasi Guru untuk Uji Kompetensi
Alur pendataan UKG 2015
Sebenarnya data calon peserta Uji Kompetensi Guru  ini sudah tersedia pada aplikasi UKG. Namun guru tetap harus melakukan verifikasi data ke dinas pendidikan kabupaten/kota di daerahnya masing-masing paling lambat tanggal 23 Oktober 2015. Apabila ada data yang perlu diperbarui, para guru bisa memberikan data terbarunya ke operator di dinas pendidikan. Selanjutnya operator memasukkan data untuk dikirim ke Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang bisa diakses juga oleh pusat (Kemendikbud).


Dikutip dari situs Kemdikbud.go.id, Kepala Subdirektorat Perencanaan Kebutuhan Guru Kemendikbud, Santi Ambarukmi mengatakan, data yang harus diverifikasi atau di update antara lain sekolah tempat mengajar, mata pelajaran yang diajar, dan jenjang pendidikan.

Beliau juga menuturkan, bahwa dari total 3.015.315 guru, ada sekitar 2,9 juta guru yang akan menjadi peserta uji kompetensi. “2,9 juta itu di luar guru agama karena guru agama berada di bawah naungan Kementerian Agama,” ujarnya saat gelar wawancara dengan RRI Pro 3 FM di Kantor Kemendikbud, Jakarta, (20/10/2015). Sampai dengan tanggal 19 Oktober 2015, peserta Uji Kompetensi Guru yang sudah melakukan verifikasi dan validasi seluruhnya 2.440.689 orang. Verifikasi juga dilakukan untuk penentuan tempat uji kompetensi dan penetapan waktu ujian.

Uji Kompetensi Guru akan dilakukan secara online dan offline. Kemendikbud telah menyiapkan 200 paket soal untuk 200 mata pelajaran program keahlian. Waktu pelaksanaan tiap guru hanya berlangsung dalam satu hari, tepatnya selama 120 menit, untuk menyelesaikan soal berupa pilihan ganda. Jumlah soal diperkirakan sekitar 60-100 soal. Maka dari itu pemerintah melalui Kemendikbud meminta para guru serius dan tidak asal-asalan dalam mengikuti UKG 2015 ini karena Hasil Nilai UKG 2015 Akan Dikirim ke Sekolah dan Orang Tua Siswa.

Sebelum mengikuti UKG 2015 yang akan dilaksanakan secara online maupun offline, tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk berlatih mengerjakan soal-soal UKG melalui Aplikasi Latihan Soal Try Out UKG. Aplikasi ini dapat anda gunakan sebagai bahan belajar untuk menghadapi UKG 2015. 

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya bahwa tahun ini nilai kompetensi rata-rata dalam UKG dari guru minimal mencapai angka 55. Pemerintah menargetkan peningkatan kompetensi guru yang diharapkan akan berdampak pada kualitas hasil belajar peserta didik.

43 komentar untuk "Batas Akhir Verifikasi Guru untuk Uji Kompetensi"

  1. berarti lebih dari 90% ya kang guru yang akan menjadi peserta kompetensi, mencapai 2,9 jt. belum termasuk guru agama.. ternyata gurupun harus verifikasi lagi ya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Takut data gurunya salah teh... nanti malah gurunya ngga bisa ikut ujian... ^_^

      Hapus
    2. kalau ujian boleh ngopi nggak ya?

      Hapus
    3. kalo saya yang jadi pengawas ujiannya boleh mas, sembari ngudud sekalian heheee...

      Hapus
    4. ngopi nambah rokok aja berapa mas :) wkwkwk

      Hapus
    5. terus saya mesti bilang apa lagi

      Hapus
    6. sakarepmu sing penting mbayar :D

      Hapus
  2. Pak guru dan bu guru harus update informasinya. soalnya tinggal hari ini batas akhir verifikasi guru ya... mudah mudahan ujiannya bisa berjalan dengan lancar... ngga ada guru yang beli cheat jawaban ujian kopetensi 2015 ini. sehingga kualitas belajar bisa ditingkatkan...Kok nilai UKG di kirim ke orang tua siswa? bukannya ini ujian untuk guru mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas ada wacana seperti itu tujuannya agar para orang tua siswa tau kompetensi guru disekoah anaknya tapi itu juga baru wacana soalnya pihak PGRI keberatan kalo hasil UKG 2015 ini dipublikaskan

      Hapus
    2. harus dikurangin bobotnya biar nggak berat lagi

      Hapus
    3. bobot badan saya terus bertambah, gimana ini coba? kasian sama ayang beb takut keberatan :D

      Hapus
    4. biar kurus silahkan nggak makan seminggu
      coba deh

      Hapus
    5. caranya gimana ?

      Hapus
    6. sakti ! sakti darimana ?

      Hapus
    7. moyang mu dimana, kok ndak ikut, ada pin BB nya ?

      Hapus
  3. Wah, rupanya hari ini batas akhirnya verifikasi UKG guru... Saya sampai sekarang belum melakukan verifikasi mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas informasi dari kemdikbud katanya tanggal 23 oktober ini

      Hapus
    2. katanya kan lagu iwan fals dalam album raya toh

      Hapus
    3. saya gak tau, beneran lho mas

      Hapus
    4. makanya jangan mikirin gowa mulu

      Hapus
    5. laka jawara laka kiyai mas ora nganu mah mumet ndase :D

      Hapus
    6. wah wah wah, lagi rapat umum ne ya :ng

      Hapus
  4. Dengan adanya verifikasi seperti ini mudah-mudahan kualitas guru lebih menjamin lagi ya mas...

    BalasHapus
  5. tampa disangka sangka ternyata sudah tiba batas akhir juga dari pendaftaran verivikasinya, semoga yang belum memverivikasi silahkan terus, jangan smpaai terlambat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kudu pake kentongan nih biar denger mereka mah

      Hapus
    2. jangan lupa palunya juga yang gede y mas, biar kedengaran semua :) wkwkwk

      Hapus
  6. berarti hari ini merupakan batas akhir dari verifikasi guru yamas.
    saya berdoa moga temen2 yg daftar dapat berhasil.
    amiin

    BalasHapus
  7. moga target minimal angka 55 bisa tercapai dari ujian bukan dari duit yamas

    BalasHapus
    Balasan
    1. lanjut ke misi selanjutnya :) joss

      Hapus
  8. Gaji guru sekarang ini menggiurkan, tapi biasanya pada gak mau d tempatkan di luar kota

    BalasHapus
  9. hadir dibawah lagiah, sambilan nunggu azan :)

    BalasHapus