Ini Dia Sebab Guru Tidak Bisa Mengikuti UKG 2015

Marneskliker.com - Dibeberapa daerah sudah mulai melaksanakan verifikasi dan validasi (verval) calon peserta Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015. Dalam penyaringan ini, guru-guru yang terindikasi tidak memenuhi syarat akan dicoret dari daftar calon peserta UKG.
Ini Dia Sebab Guru Tidak Bisa Mengikuti UKG 2015
Sumber foto: Okezone.com
Lalu apa sebabnya guru tersebut tidak dapat mengikuti UKG 2015? Adapun guru-guru yang tidak bisa mengikuti Uji Kompetensi Guru karena berbagai alasan, diantaranya adalah bukan berstatus sebagai guru, sudah mutasi atau pensiun, maupun latar belakang pendidikan yang tidak sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. 
Salah satu contoh misalnya, guru TK yang belum bersertifikat pendidik mata pelajaran yang diikuti harus sesuai ijazahnya. Padahal guru tersebut berijazah S1 Pendidikan Agama Islam. Jadi, guru yang bersangkutan tidak bisa mengikuti UKG sebagai Guru TK.

UKG 2015 ini wajib diikuti seluruh guru di seluruh Indonesia. Tujuan dilaksanakannya UKG ini adalah untuk memetakan kompetensi guru yang akan menjadi dasar bagi Kemendikbud untuk menentukan sistem pembinaan dalam rangka meningkatkan kompetensi guru di seluruh Indonesia.

Pemerintah dalam hal ini Kemendikbud telah menargetkan bahwa nilai kompetensi rata-rata dari guru pada tahun ini mencapai angka 55 dan diharapkan pada tahun 2019 nanti rata-rata nasional nilainya bisa mencapai angka 80. Pencapaian nilai tersebut akan dilakukan secara bertahap.

Jadwal pelaksanaan UKG 2015 secara nasional akan digelar pada 9 - 27 November mendatang. UKG dilakukan secara online dengan sistem Computer Based Test (CBT) meskipun ada juga sebagian kecil daerah yang masih menjalankan UKG berbasis ujian tulis kertas.

Demikian informasi yang dapat saya share pada kesempatan kali ini semoga dapat bermanfaat buat anda semua.

24 komentar

nggak lah mas, da saya mah apa atuh? cuma tukang kuli :D

kunbalnya gan http://www.aguskusuma.com/2015/10/litebig-messenger-aplikasi-chatting-buatan-indonesia.html

kenapasaya dibawa dulu ke akmaldotcom sebelum ke sini ya kang, sampe kebingungan saya teh,padahalyang saya butuh ketahui adalah kenapa guru nggak bisa ikutan UKG 2015 ini nih

tahun berapa sih sekarang?
masih ada bae yang begitu ya...uet dah..udik bet ya :)

Oh itu mah berarti Kang Lembu buka postingan sayanya dari google plus yah kang, soalnya tadi saya share dari sosial bookmark aktwall ke google plus :)

Seharusnya para guru itu cukup ditambahi ilmu dan wawasan tanpa harus ikut test-tes segala. Kasihan karena faktor usia sehingga daya memorinya sudah berkurang.

Aku tidak ikut, karena aku kuli kasar.

UKG 2015 ini wajib diikuti seluruh guru di seluruh Indonesia <<-- kalau wajib artinya seluruh guru tanpa kecuali dong :D

terus kalau pakai syarat-syarat begitu, yang nggak lulus syarat nasibnya gimana ya?!

UKG 2015 ini bertujuan untuk pemetaan kompetensi guru disetiap mata pelajaran yang mereka ajarkan, sehingga jika ada guru yang tidak lulus atau nilai UKGnya rendah akan mendapatkan pelatihan dan pembinaan yang tepat.

ternyata UKG 2015 ini wajib diikuti seluruh guru di seluruh Indonesia ya mas. karena bertujan untuk memetakan kompetensi guru yang akan menjadi dasar bagi kemendikbud untuk menentukan sistem pembinaan dalam rangka meningkatkan kompetensi guru di seluruh Indonesia.

ngintips mas, emm mampat mampat hahaha

Selamat malam kang, senang sekali bisa kembali berkunjung kesini,,
semoga aja para peserta UKG ini diberi kelancaran dan kemudhan,,,,,

Jadi mungkin kalau bahsa kerennya itu di "klasifikasikan dulu/seleksi dulu" gitu kang ?? biar "ngeh" dan pas gitu pada saat penempatan posisi ngajranya ? gitu bukan ,,,atau gimana... :)

bisa jadi.. bisa jadi... :D
setidaknya kalo dah dipetakan mah jadi ketahuan dimana titik lemahnya seorang guru sehingga kemendikbud dapat memberikan pelatihan dan pembinaan yang tepat bagi guru tersebut

sepertinya sih gitu mas, intinya mereka yang berprofesi sebagai guru dan masih aktif mengajar serta telah memenuhi persayaratan sebagai peserta UKG

jangan suka ngintip ntar matanya bintitan lho :D

Amiin, terimakasih atas kunjugannya mas :)

Klo guru bantu gak bisa ikut donk. diskriminatif ini namanya


EmoticonEmoticon