Blogger Jateng

Cara Mudah Membuat Fanspage Facebook Terbaru 2015

Cara Mudah Membuat Fanspage Facebook Terbaru 2015

Cara Mudah Membuat Fanspage Facebook Terbaru 2015 - Fanpage adalah sebuah halaman khusus layaknya sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi yang sesuai dengan keinginan pemiliknya, mulai dari perusahaan, pendidikan, layanan, produk, artis, komunitas dan masih banyak lagi yang lainnya.

Secara garis besar, facebook fanpage dapat dimanfaatkan oleh siapa saja yang punya kepentingan untuk mempublikasikan informasi tertentu agar dapat diketahui oleh banyak orang. Misalnya para blogger memanfaatkan fanspage facebook untuk mempublikasikan atau share berbagai macam artikel yang ia tulis di blognya kemudian ia publikasikan ke halaman facebook yang dikelolanya. Harapannya adalah agar artikel yang dishare ke fanspage facebook tersebut dapat dengan mudah diketahui oleh semua teman di facebook yang telah menjadi penggemar halaman atau fans pada halaman khusus facebook anda. Jika artikel yang anda share ke fanspage facebook tersebut menurut mereka menarik dan bermanfaat, besar kemungkinan mereka yang telah menjadi fans anda akan tertarik untuk membaca lebih lanjut dengan mengunjungi blog anda. Baca juga: Cara Mengintegrasikan Akun Twitter ke Facebook   

Selain itu, bagi anda yang mengelola toko online tentu akan dengan mudah untuk mengenalkan dan mempromosikan produk anda kepada penggemar atau pelanggan anda melalui facebook. Dengan demikian penyebaran informasi akan lebih cepat diterima oleh banyak orang. Semakin banyak jumlah fans atau penggemar / page facebook anda, maka akan semakin besar pula peluang anda mendapatkan calon konsumen dan pastinya akan semakin terbuka peluang untuk anda mendapatkan uang.

Apa manfaat bagi saya yang tidak memiliki bisnis online, blog atau toko online?

Apabila anda seorang aktivis kampus atau anda adalah seseorang yang senang eksis di media social, maka fanpage facebook akan menjadi solusi bagi anda untuk berbagi, memberikan informasi dan sebagainya. Jika anda seorang guru, dosen, atau bahkan anda seorang motivator mungkin halaman fanpage facebook akan sangat bermanfaat bagi anda untuk menjalankan berbagai kegiatan anda.

Setelah anda mengetahui manfaat dari fanspage facebook yang anda kelola. Gak ada salahnya jika anda mempertimbangkannya untuk membuat fanspage di facebook anda. Jika anda berminat untuk membuat fanspage di facebook, berikut ini saya akan mengulas langkah-langkah cara membuat fanspage facebook yang dilengkapi dengan gambar. Pastikan bahwa anda sudah memiliki akun facebook. Jika belum punya akun facebook silahkan anda buat akun facebook terlebih dulu. Baca: Cara Membuat Akun Facebook Terbaru

Langkah-langkah cara membuat fanspage di facebook dengan cepat dan mudah

Pastikan anda login (masuk) ke akun facebook anda. Setelah itu silahkan anda klik tautan berikut https://www.facebook.com/pages/create.php sehingga akan muncul tampilan seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
Cara Mudah Membuat Fanspage Facebook Terbaru 2015

Perhatikan gambar di atas, terlihat ada berbagai macam tipe halaman facebook yang dapat anda pilih sesuai dengan keinginan anda. Misalnya jika anda seorang pengusaha yang membuka usaha offline seperti toko, restaurant, dan sebagainya maka pilihlah tipe halaman Tempat atau Bisnis Lokal. Jika anda seorang fublik figur maka pilihlah Artis, Grup Musik atau Tokoh Masyarakat, atau jika anda ingin mengelola fanspage bertemakan Hiburan maka pilihlah Hiburan. Jika halaman yang anda kelola mengenai situs web, produk atau merk tinggal anda pilih Merk dan Produk. Jika anda ingin membuat halaman tentang komunitas silahkan anda pilih Perjuangan atau Komunitas. Selain itu ada juga pilihan Perusahaan, Organisasi atau Institusi, contohnya industri, usaha kecil, pendidikan dll

Setelah menentukan tipe halaman, lalu klik tipe halaman tersebut (disini saya memilih tipe halaman Perusahaan, Organisasi atau Industri), maka akan muncul tampilan seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
Cara Mudah Membuat Fanspage Facebook Terbaru 2015

Selanjutnya pilih kategori dan tentukan nama fanspage anda, lalu klik Memulai untuk menuju ke tahap berikutnya. Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, pada tahap ini anda diminta untuk menjelaskan tentang halaman yang anda kelola. Silahkan anda isi deskripsi pada kolom yang tersedia, jika anda mempunyai situs web atau blog silahkan masukkan situs blog anda pada kolom Situs web, kalo gak punya tinggal dikosongkan saja, kemudian tentukan alamat web facebook pada kolom berikutnya lalu klik Simpan Info. Jika anda ingin mensettingnya dilain waktu anda tinggal klik tombol Lewati yang ada disebelah kanan bawah (lihat gambar di bawah ini)
Cara Mudah Membuat Fanspage Facebook Terbaru 2015

Selanjutnya anda akan dibawa ke halaman berikutnya, pada tahap ini anda diminta untuk mengupload Foto Profil fanspage anda. Ada 2 opsi yang bisa anda pilih yaitu Unggah dari Komputer, dimana anda bisa mengunggah foto dari komputer anda, dan opsi kedua Impor dari Situs Web, dimana anda dapat mengambil foto/gambar dari situs web atau internet, kemudian klik tombol Selanjutnya. Jika anda ingin mengupload foto profilnya dilain waktu, anda juga bisa melewati tahap ini dengan cara klik tombol Lewati.
Cara Mudah Membuat Fanspage Facebook Terbaru 2015

Selanjutnya anda akan dibawa ke halaman berikutnya yaitu Pemirsa Halaman Pilihan. Anda diminta untuk menentukan orang-orang yang anda inginkan untuk terhubung dengan fanspage/halaman anda. Untuk itu anda dapat melakukan pengaturan, seperti pengaturan Lokasi, Umur, Jenis Kelamin dan Minat, setelah itu klik tombol Simpan. Seperti biasa pada tahap yang ini anda juga boleh melewatinya dengan cara klik tombol Lewati.
Cara Mudah Membuat Fanspage Facebook Terbaru 2015

Selanjutnya anda akan di bawa ke halaman utama fanspage anda, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
Cara Mudah Membuat Fanspage Facebook Terbaru 2015

Sampai disini anda telah selesai dan berhasil membuat fanspage atau halaman khusus di facebook anda, selanjutnya anda tinggal mensetting sesuai dengan keinginan anda seperti mengupload foto profil, menambahkan foto sampul / cover fanspage, melengkapi informasi kontak, dan lain-lain.

Dan jangan lupa hal yang paling penting yang harus anda lakukan adalah mengundang semua teman facebook anda untuk menyukai fanspage anda. Semakin banyak likers fanspage anda maka semakin mudah bagi anda untuk share berbagai macam informasi kepada teman-teman anda di facebook. Bagi anda yang memiliki bisnis online tentu akan dengan mudah mempromosikan produk atau usaha anda tersebut ke semua teman facebook anda. Dengan demikian produk atau bisnis anda akan dengan mudah diketahui oleh banyak orang.


Terakhir dan ini paling penting banget nih, bagi sobat blogger semuanya dari Sabang sampai Merauke yang belum LIKE fanspage blog saya, please deh ih LIKE fanspage blog saya... ciyus bakalan saya Like back koq, beneran saya mah gak boongan, sok atuh di LIKE yah... :D

98 komentar untuk "Cara Mudah Membuat Fanspage Facebook Terbaru 2015"

  1. mas aku langsung ke tkp hanya mampir sebntar disini ga apa2 kan? xxiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. kaya'y aku pertamax dech ^_^

      Hapus
    2. iya mbak dapet pertamax tuh, selamat ya :)

      Hapus
    3. saya gp geh dapet kedua juga, ngalah ama Neng Ratu :D

      Hapus
    4. iya kang sama perempuan mah harus ngalah gak boleh egois yah hehehee...

      Hapus
    5. trus saya musti ngalah ama mas Eka ?

      Hapus
    6. iya lah yang mudaan harus ngalah sama yang senior :D

      Hapus
    7. selalu saja koneksi lemot menderitakan saya be bw mang...yang nongol selalu saja kalimat ini:

      Unable to resolve the server's DNS address.

      padahal saya pengen liat iklannya nongol belom, nongholnya kalimat di atas mulu...cape deh

      Hapus
    8. sama kayak smartfret saya kang sering banget kayak gitu kalo pake chrome mah, sekarang mah pake Torch browser mendingan blom ada gangguan lancar, aman dan terkendali :)

      Hapus
    9. kang lembu sinih...
      saya kecup basah

      Hapus
  2. Asiiikkk, dapet kedua nih, kayaknya yg lain masih pada tidur kang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang laen mah masih pada tidur kali kang, saya malah blom tidur nie kang... saya abis berguru ilmu sama mas yanto sampe mas yantonya gak tidur tuh saya gangguin terus :D

      Hapus
    2. pantesan mas yanto nggak puasa sekarang, tadi soalnya ngajakin ngopi.

      Hapus
    3. nah itu musti saya laporin ke malaikat kalo gituh :D

      Hapus
    4. ampiuun ah mang....lemotnya saya jadi ngga bisa fokus baca cara bikin fans page efbi nya deh nih

      Hapus
    5. opo rek celuk celuk jenengku

      Hapus
  3. Iya betul sekali kang, ternyata Fanpage FB itu banyak manfaat nya bagi kita untuk bisa menshare postingan atau berbagi kepada yg lainnya... saya udah punya xixixi, cuma yg ngelike masih sedikit.. jarang ngudang temen untuk ngelike soalnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana kalo saya beri semua jempol saya mas ?

      Hapus
    2. termasuk jempol kaki gitu? ogah ah bauuu.... :D

      Hapus
    3. saya nyimak celoteh para abegeh disini ah

      Hapus
    4. terus makan-makannya kapan coba?

      Hapus
    5. gimana kalo sekrang, sekalian sahur kang :D

      Hapus
    6. mas yanto sahurnya udah dari jam 2'an malah kang :D

      Hapus
  4. Jangan jadikan aku yang ketiga kang, hehehe.. Btw saya udh klik like fanpage sampeyan lo, salam blogger !!

    BalasHapus
  5. Bentar saya juga mau bikin Bang..hahahayy

    BalasHapus
  6. aku punya halaman fanspage, cuma ga ada yang like.. fanspageku like atuh kang..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahahah saya punya FB saja nih Belum ada fans page nya heihiehiehiehieee

      Hapus
    2. Santika, tenang aja teh semua sobat blogger akan saya like fanspagenya tinggal ngomong aja, terus kirimin kopi sama kolak deh bareng 3 baskom ajah :D

      Hapus
  7. Wuhui tutorial baru nih.. Dilihat dari alur prosesnya, sepertinya tidak jauh berbeda sih mas, tapi memang ada beberapa yang berubah.. Saya paling suka tampilan dashboard admin barunya, lebih lengkap.. hehe
    Semoga fanpage kita semua semakin maju nih ya, ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas gak jauh berbeda dengan cara-cara sebelumnya cuma ada sedikit perubahan aja, maka dari itu mari kita saling Like fanspage biar fans nya tambah bejibun :)

      Hapus
    2. yang pasti bayar kalo gituh

      Hapus
  8. udah lama banget rasanya nggak pernah bikin fanspage di fb mas, kemaren terakhir pas bikin fp buat SMA saya, dan sekarang saya dah tamat bahkan dah kuliah semester 2. hehe

    tapi sangat membantu maas, bisa re-read lagi yang udah dikuasai dulu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hebat dong, saya malah waktu SMA gak punya pesbuk mas :D

      Hapus
    2. ketahuan deh kalau adminnya generasi jadul :D

      Hapus
  9. beneran nih bakalan di like balik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya beneran atuh mbak, yang penting ngomong aja sama saya tar saya like back juga deh fanspagenya

      Hapus
  10. Dua hari yang lalu saya bikin Fans Page Facebook, tapi belum saya promosikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya tinggal dipromosikan aja kalo gitu mah mas

      Hapus
  11. sudah dipasang kang.. terima kasih tutorial nya

    BalasHapus
  12. kemarin juga saya buat fans page . yang membingungkan cara nampilin like fp di blog.

    saya like ya fp nya hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak tutorialnya kang tinggal dicari aja ke si mbah gugel, makasi udah like fanspagenya :)

      Hapus
  13. Sekarang tampilan Fanspage facebook khususnya untuk tampilan like blog, sudah berubah jadi sewajarnya bagi pemilik blog berfanspage facebook ya harus mengikuti perubahan dari sisi tampilan dan tata letaknya. Kalau ada waktu boleh dong di share mas cara menerapkan plugin facebook comment di blog yang baru. Saya pernah coba terapkan tapi malah 1 komentar muncul di semua artikel, jadi masih saya pertahankan plugin fb comment versi yang lama. :) Btw Like FP dan Follow google+ nya sudah saya lakukan mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo untuk masalah seperti itu saya kurang paham mas, diblognya kang Adhy 'kompiajaib' ada tuh mas pembahasan memasang responsive facebook comment terbaru 2015 di blogger.

      Hapus
  14. Cocok buat saya tutor nya mas,, mumpung masih belum ada gambarnya di blog saya...

    BalasHapus
  15. saya sih udah memiliki fanspage buat blog saya nih mas.tapi sayangnya sampai saat ini folowernya masih seuprit nih.

    tentunya cara ini akan sangat dibutuhkan oleh temen2 yg kebetulan belum memiliki fanspage facebook yamas

    BalasHapus
    Balasan
    1. likers fanspage saya juga masih dikit mas, harus banyak dipromosiin kali nieh

      Hapus
    2. seperti sayah ini yang memerlukan biar banyak fansnya

      Hapus
    3. makanya bikin atuh mang biar punya fans banyak :D

      Hapus
  16. eh saya sudah follow fanspagenya mas marnes apa belum ya?
    lupa nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah mas, kalo ampe belom mah kebangetan banget itu mah, siap-siap aja disetrap :D

      Hapus
    2. kalau gitu kapan transfernya coba?

      Hapus
    3. tumben biasanya sekarang boss? :D

      Hapus
  17. Hampir mirip dengan membuat grup ya ? aku belum punya fanspage page. bingung takut tidak terurus.

    BalasHapus
  18. saya bikin gitu yan fanspage ini. tapi ada ga ya yang ngefans.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bikin atuh mang biar mang aduls punya penggemar :D

      Hapus
  19. Kebetulan saya sudah nyoba dan saya hapus lagi, keren si fanspage facebook terbaru ini tapi tampilannya ngga cocok dengan blog saya Kang. Selain itu, jumlah fans halaman saya juga masih sangat minim, jadi g dipasang deh=D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo gitu musti dicocokin dulu mas biar tambah makjleb

      Hapus
  20. langsung di coba deh mas ya gapapa kan? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mbak langsung dicobain aja mumpung masih anget :D

      Hapus
  21. Udah lama ngga buat fanpage lagi.... saya punya like banyak juga percuma mas, dari statistik blog jarang sekali datang dari fanpage. jadi saya abaikan saja FP nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas punya saya juga gitu malah datangnya dari grup fesbuk kalo saya lagi share artikel, tapi yang paling akurat udah pasti datangnya yang dari hasil kita blogwalking

      Hapus
  22. saya mah nunggu cara agar banyak yg like fanspagenya mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kalo yang atu nih noh tanyanya sama Mas Fazri kang, kalo gak pake alternatif lain aja kang, bikin pengumuman di fesbuk bagi siapa yang like fanspage saya akan mendapatkan hadiah kue klepon sebaskom, gituh kang... dijamin deh pasti bakalan banyak likers fanspagenya kang Hendri :D

      Hapus
    2. :D gimana coba kalo yang minta klepon nya 3 RT?

      Hapus
    3. nah itu salah satu tantangannya :D

      Hapus
  23. saya juga punya FP tapi udah hilang harapan, soalnya sedikit like nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya dipromosikan lagi mbak biar makin bertambahnya fansnya ^_^

      Hapus
  24. aku juga baru bikin fanspage fb, tapi buat pribadi hihihi
    bermanfaat,buat yg perlu nih kang tutornya :)

    BalasHapus
  25. Saya juga pernah buat tuh fanspage facebook, dan pernah menautkan blog ke fanspage, tp sekarang jarang buka facebook mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus sering buka apa dong? kalo saya biasanya bukanya makan kolak mas :D

      Hapus