Blogger Jateng

Darah Juang, Lagu Perjuangan Mahasiswa Indonesia

Darah Juang, Lagu Perjuangan Mahasiswa Indonesia
MarnesKliker.com - Sobat and sobit tentunya sudah tidak asing lagi dengan lagu berjudul Darah Juang. Lagu ini sangat populer sebagai lagu yang wajib dinyanyikan dalam setiap aksi demonstrasi Mahasiswa di seluruh Indonesia. Darah Juang merupakan sebuah lagu yang tidak hanya populer dikalangan aktivis mahasiswa saja, melainkan telah menyebar ke berbagai komponen masyarakat, menjadi penyemangat, perekat dan pemersatu bangsa.

Artikel sebelumnya: Permainan Geplakan atau Gambaran

Lagu itu telah melekat dan dikenal luas, namun belum tentu semua orang mengenal sosok siapa yang menciptakan lagu tersebut. Johnsoni Marhasak Lumbantobing atau dikenal dengan panggilan akrabnya John Tobing, adalah sang pencipta dari lagu tersebut. Menurutnya, lagu itu diciptakan menjelang kongres pertama Forum Komunikasi Mahasiswa Yogyakarta (FKMY) pada tahun 1991 yang merupakan himpunan dari kelompok mahasiswa pro demokrasi dari berbagai kampus. Lirik yang awalnya merupakan coretan dari Dadang Juliantara, mengalami perubahan dan penambahan dari para aktivis masa itu. Sebutlah Budiman Sudjatmiko (sekarang politisi PDIP), Satya Nugroho, (almarhum) Andi Munajat dan Raharjo Waluyo Jati.

Lagu Darah Juang mampu mengobarkan semangat para pejuang masa kini, para pejuang yang rela berpanas-panasan demi kesejahtreraan rakyat. Lagu inilah yang membakar semangat para mahasiswa, menghilangkan lelah, rasa penat demi satu tujuan utama yakni perbaikan ke arah yang lebih baik. 

Klik tombol play untuk mendengarkan lagu Darah Juang 


Lirik Lagu Darah Juang By John Tobing

Di sini negeri kami
Tempat padi terhampar
Samuderanya kaya raya
Tanah kami subur, Tuan

Di negeri permai ini
Berjuta rakyat bersimbah luka
Anak buruh tak sekolah
Pemuda desa tak kerja

Mereka dirampas haknya
Tergusur dan lapar
Bunda, relakan darah juang kami
Untuk membebaskan rakyat

Mereka dirampas haknya
Tergusur dan lapar
Bunda, relakan darah juang kami
Untuk membebaskan rakyat


Source Image: Dokumentasi Foto Sigit Djatmiko

52 komentar untuk "Darah Juang, Lagu Perjuangan Mahasiswa Indonesia"

  1. wakwaktu jadi maba kemarin sekitar 7 bulan lalu di suruh ngafalin ini lagu, sekarang sudah hafal :)

    BalasHapus
  2. Baru tahu lirik lengkapnya .thanks

    BalasHapus
  3. suka aku dengerin darah juang ini, dulu waktu ada konflik itu kan ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. alah pura pura ngerti kang yanti eh yanto iki

      Hapus
    2. Biarin aja mas mumpung lagi anteng, daripada ngambek entar hahahaa....

      Hapus
    3. kalo yang ngambek ada, siapa yang ngembik?

      Hapus
  4. tentunya untuk seorang Mahasiswa/i wajib tau akan lirik lagu ini ya kang ?

    BalasHapus
  5. jujur kang saya mahasiwa tapi baru denger lagu ini wkwkwk mungkin karna saya jarang ikutan demo kali yakk :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga jujur kalau habis makan nih

      Hapus
    2. saya jujur kalo saya udah nggak lapar lagi

      Hapus
    3. saya jujur lagi dan lagi saya masih ngopi nie

      Hapus
    4. saya jujur lagi baca komentar ini

      Hapus
  6. lagu darah juang memang jadi semacam hymne resmi demontrasi mahasiswa yamas.
    liriknya yg menyengat mampu menambah semangat dan menghilangkan lelah

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastinya dong, kalo lelah kan bisa beli es cendol dulu dijalanan

      Hapus
    2. Lagunya menyengat kayak lebah yamas

      Hapus
  7. baru tahu hehee,apa karena bukan mahasiswa kali ya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah itu sih Mas Ripnya aja gak gaul, saya aja tukang kuli macul tau hahahaa

      Hapus
  8. Baru denger abis ngeplay soundcloud. Mahasiswa macam apa saya ini. :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti mahasiswa macam-macam

      Hapus
    2. tapi gak masuk kategori yang ini kan?

      Dateng di kampus bawa buku tebel-tebel
      Dandanan nyentrik bergaye model professor
      Ngaku di rumeh berangkat pergi kulieh
      Sampe di kampus nyasarnya ke kantin juge

      Cari temen ngobrol sambil ngupi die paling doyan
      Nyetanin temen ngajakin bolos kulieh
      Kelar kulieh die juge ikut pulang
      Belaga pilon kopinye lupe dibayar heheee....
      *OM PSP

      Hapus
  9. saya penasaran sama lagunya di sini, pas nggak sama yang saya dengar. soalnya kalo saya dengar di lapangan, lagunya fals semua, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. MP3 yang saya upload bukan penyanyi aslinya mas tapi dari Bunga Hitam versi akustik, tapi suka saya dengernya, kayak lagi pada nongkrong aja gituh :D

      Hapus
  10. kaga tau lagunya sob numpang dengerin yee

    BalasHapus
  11. Liriknya penuh makna ya.. :'

    BalasHapus
  12. Saya gak ikutan demo. Jadi gak paham lagu ini. Memang sih pada saat demo, butuh lagu penyemangat. :)

    BalasHapus
  13. keren juga lagunya, nice share..

    visit back..

    BalasHapus
  14. inget jaman kuliah suka nyanyikan lagu ini kang...pakai ketukan punk rock lebih mantep

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi lebih greget ya kalo dijadiin versi funk rock

      Hapus
  15. dari syairnya si udah kebayang gan, pasti udah top untuk bangkitkan semangat...secar nyanyinya kan harus penuh semangat

    BalasHapus
  16. izin simpan liriknya ya, buat dihafalin

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan, dalam 2 hari harus dah hafal...kalo gak hafal siap2 disetrap :D

      Hapus
  17. besok-besok saya bikin lagu perjuangan KPK ah , mohon bantunnya ya mas marnes

    BalasHapus
    Balasan
    1. siaplah, tenang aja saya siap bantu doanya :)

      Hapus
  18. Lagu-lagu sekarang ga ada yang kaya gitu ya. Cengeng semua :D

    BalasHapus
  19. Enak juga lagunya/ Tapi sayang ngak bisa di dunlut :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake IDM mah bisa kang, klik play tar kan muncul tulisan download this video/audio

      Hapus
  20. nyimak lagunya..bikin semangat

    soale dulu nggak makan bangku kuliah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi saya Mas Wong, saya mah gak pernah makan bangku TK malah

      Hapus
  21. Keren juga :)

    http://kedaijellygamatgoldg.com/

    BalasHapus
  22. Lagu-lagu seperti ini sudah jarang ya?? (komen dulu baru denger lagunya)

    BalasHapus
  23. Liriknya mewakili potret negeri kita ya, mas. sampai sekarang masih terasa.

    BalasHapus