Blogger Jateng

Permainan Geplakan atau Gambaran

Permainan Geplakan atau Gambaran
MarnesKliker.com - Hayo ngaku siapa diantara kalian yang semasa kecilnya pernah atau suka main gambaran? Selain beberapa permainan tradisional yang sudah saya bahas pada postingan sebelumnya, permainan gambaran ini juga pernah populer ketika jaman saya masih anak-anak. Permainan kartu bergambar ini umumnya dimainkan oleh anak laki-laki.


Adapun kartu yang digunakan biasanya kartu dengan berbagai gambar tokoh kartun yang berwarna warni. Sedangkan sisi lainnya atau dibalik gambar yang berwarna warni tersebut biasanya bergambar rambu-rambu lalu lintas atau bisa juga kosong. Selain tokoh kartun biasanya ada juga kartu gambar yang bergambar tokoh-tokoh film serial, pokoknya tokoh-tokoh film serial yang lagi ngetren pada saat itu. Dan biasanya kartu gambarnya masih berbentuk satu helai (selembar) gambar yang terdiri dari beberapa gambar biasanya bisa sampai 50 buah gambar. Kemudian kartu gambar tersebut digunting satu persatu.

Cara bermainnya sangat mudah, kartu diletakan ditelapak tangan dengan gambar menghadap ke depan. Kemudian telapak tangan dengan gambar tersebut diadu dengan gambar yang ada ditelapak tangan lawan. Jadi mirip dengan tos atau jos lah. Kemudian aduan telapak tangan dilepaskan hingga kartu tersebut jatuh dengan sendirinya.


Apabila kartu kita jatuh dalam posisi tertelungkup atau gambar rambu-rambu lintas yang nampak, maka kartu kita tersebut menjadi milik lawan. Sedangkan jika kartu kita tersebut terbuka ata gambar tokoh kartunnya yang nampak, maka kita yang menang dan gambaran lawan menjadi milik kita. Namun apabila sama-sama tertelungkup atau terbuka, berarti dikatakan seri. Permainan kemudian diulang kembali.

Saya masih ingat betul dengan permainan geplakan atau gambaran ini, yang lebih seru lagi jika kita menang terus mainnya (ngala bandar, sebutan di daerah saya) sampai gambaran lawan habis semua. Nah biasanya gambaran tersebut saya jual ke mereka yang kehabisan kartu gambarnya. Lumayan kan bisa dapat uang buat jajan hehehee…


Sebenarnya selain main geplakan atau adu gambar seperti di atas, di daerah saya ada cara lain untuk bermain kartu gambar tersebut. Caranya adalah kartu gambaran dari para pemain dikumpulkan menjadi satu (ditumpuk) kemudian dilemparkan ke atas hingga jatuh ke tanah. Pemenangnya adalah sama seperti pada adu gambaran di atas, jika kartu gambar kita dalam posisi terbuka sementara kartu gambaran pemain lain dalam keadaan tertelungkup semua berarti kita yang menang dan kartu gambaran mereka menjadi milik kita. 

Bedanya jika permainan adu gambar atau geplakan dilakukan oleh dua orang, sedangkan permaian gambaran dengan cara dilempar ke atas dimainkan oleh beberapa orang pemain. Gimana sobat masih ingat gak dengan permainan geplakan atau gambaran tersebut?

50 komentar untuk "Permainan Geplakan atau Gambaran"

  1. Jujur saya belum mengenal permainan ini, apa saya dulu kecil kurang gaul yah sampek gak pernah maen ginian ??? wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa gak tau permainan ini mas? sini saya ajarin #les privat

      Hapus
    2. Nah tuh Mas Zai kursus aja sama Mas Fajri :D

      Hapus
    3. saya kursusin sini pada
      bayar ya

      Hapus
    4. saya yang ngantongin uangnya deh..ikhlas kok

      Hapus
    5. saya yang nontonin deh kalo gak saya videoin #kameramen

      Hapus
  2. Saya suka mas, jujur. Dulu kadang curang, gambarnya bolak-balik. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah tuh ketauan maen curang, kirain saya doang yang ngalamin hahaaa....saya juga pernah tuh gambarannya saya lem bolak-bolik jadi depan belakang gambarnya sama aja, makanya menang terus eh akhirnya ketahuan juga abis deh saya dikeroyok wkwkwk...

      Hapus
  3. hahaha udha pernah maen :v
    kunjungan balik ya sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar ya sob, smartfret saya dah mencapai batas pemakaian nie jadi lemot banget ampun duaaah....

      Hapus
  4. Cara bermainnya juga butuh trik ya mas, kadang saya selalu menang kalo nasibnya lagi mujur... Sampai sekarang permainan gambaran ini masih ada di tempat saya.. soalnya ade saya punya, Tapi kebanyakan gambarnya pemeran GGS... oh my eyes...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo sekarang saya gak pernah liat lagi mas, makanya gak tau gambar-gambarnya seperti apa? kalo dulu gambaran seperti nie biasanya diproduksi GK (Gunung Kelud) suka ada tulisan di gambarnya :)

      Hapus
    2. tutur tinular yg saya ingat mas
      sama nini pelet

      Hapus
    3. itu yang jaman jadul banget mas

      Hapus
  5. Hmm mas marnes lagi flashback nih kayaknya masih inget aja permainan zaman dulu waktu masih kecil hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. daya ingat saya kan mantep mbak, pentium 4 mah lewat duaaah...orang waktu saya masih ngempeng (ngedot) aja saya mah masih inget mbak hehehe....

      Hapus
  6. aku belum pernah dengar permainan ini sebelumnya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin di daerahnya Mbak Dwiex namanya beda kali mbak, tapo kalo maen masak-masakan or rumah-rumahan pastinya pernah dong :)

      Hapus
  7. Saya juiga belum dengar nama permainan ini ya
    Jaman saya SD taunya cuma main Petak Umpat, Lompat lompat pake tali, sama karambol dan congklak

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak tau ya kang, beda sebutannya kali...soalnya kalo ngeliat pembuatan gambaran nie dah lumayan lama juga kang bahkan ada yang taon 80'an gitu :)

      Hapus
    2. gimana sih mas marnes tuh
      kan kang asep masih umur 17taunan jadi ya nggak ngerti dong.haha

      Hapus
  8. saya pernah liat anak sd mainnya, tapi tak tau namanya....jadi ini rupanya ya. di tempat saya namanya main tepuk gambar

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas mungkin dibeberapa daerah nama permainan gambaran nie beda sebutannya

      Hapus
  9. jujur kang sejak kecil saya suka main ini sampe sampe tahu trick nya agar bisa menang terus :D "Pake jurus curang" Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanya kang Asep tuh jurusnya

      Hapus
    2. wah kalo cara itu sih saya juga pernah hehehee....

      Hapus
  10. kalo di tempat saya namanya umbulan Kang
    saya menangan banget saat itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. lo koq sama sih mas?
      pasti nguktin daerahku

      Hapus
    2. kalo di daerah saya mah maen gambaran aja nyebutnya tapi kalo di Tegal maen geplakan katanya :)

      Hapus
    3. di tegal istilahnya bukannya wayang?

      Hapus
    4. iya kali mas tapi saya dibilanginnya geplakan katanya :D

      Hapus
  11. wah inget banget nih mas kalau permainan ini(namanya wayang didaerah saya).
    tp mainnya biasanya pakai cara yg nomer 2 yaitu dilemparkan(main umbul namanya).ada juga yg curang mas. yaitu 2 kartu direkat jadi bolak balik akan sama2 gambar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah koq pada ngalamin maen curang juga rupanya...
      gak beres ini :D

      Hapus
    2. iya, kalo di Tegal juga namanya Wayang. tanyain deh sama istri

      Hapus
  12. maaf saya ngga pernah diperbolehkan sama bapak saya maenin gambaran seperti itu kang, maklum jenis permainan saya waktu itu sudah digital sih...maaf yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya maafkan
      lalu saya usulkan ke bu guru untuk menyetrap anda, teman

      Hapus
  13. bener2 bernostalgia, berasa masih sd...main geplakan

    BalasHapus
  14. gambaranku dulu udah berapa gepok ya..
    ada pokemon, digimon, dragonball........

    BalasHapus
  15. saya baru ngeh, tulisan Kang marnes bernuansa IRON MAIDEN ya?
    mauuuuu....

    BalasHapus
  16. gimana kalau sesekali kita para blogger bermain geplakan ini, pasti seru deh. hehee

    BalasHapus
  17. Masih dongs, Bang.. Aku malah masih sering diajak main sama sepupu ku yang SD :D

    BalasHapus