The Sidhartas, Band of Brothers Bentukan Bimbim Slank

The SidhartaS adalah sebuah band baru yang dibentuk oleh Bimo Setiawan Almachzumi atau yang lebih dikenal dengan nama Bimbim, drummer sekaligus pentolan band papan atas Slank. Keberadaannya di Slank sejak tahun 1983 membuat peran Bimbim kian tak tergantikan. Sekitar 30 tahun Bimbim berada dibelakng set drum, membuat Bimbim ingin mencoba sebuah tantangan baru dengan membuat side project bareng keluarga besar Sidharta.

The Sidhartas, Band of Brothers Bentukan Bimbim Slank
The Sidhartas, Band of Brothers bentukan Bimbim Sank [foto: klikklip.com]

Awal berdirinya The Sidhartas bermula dari obrolan keluarga saat sarapan, yang mana sarapan bareng keluarga merupakan hal yang diutamakan oleh Bapak Sidharta dan Bunda Iffet. Sarapan pagi bersama keluarga menjadi sebuah ritual keluarga yang ditunggu-tunggu. Obrolan di meja makan yang melenturkan silaturahim diantara seluruh anggota keluarga. Obrolan juga kerap menjadi cara menjawab permasalahan sehari-hari, dari masalah kecil hingga besar. Kebiasaan yang membuat anggota keluarga memahami arti dan manfaat hubungan saudara.

Dari obrolan meja makan, kumpulan laki-laki bersaudara ini akhirnya memutuskan untuk membentuk sebuah band. Sesuai dengan namanya, The Sidhartas merupakan proyek keluarga Bimbim Slank bersama adiknya, Massto dari ‘PopOut’ (drum) dan dua keponakannya, Awa SanDiogo (gitar) serta Firas Rachun (bass) yang merupakan anak dan cucu dari Sidharta Manghoeroedin, ayahanda dari Bimbim dan Massto.

Berbeda dengan perannya di Slank, di The Sidhartas ini Bimbim berperan sebagai vokalis/gitar. Tak mau disebut vokalis Bimbim menyebutnya sebagai “curhatis”. Setelah setahun berlatih, mengumpulkan dan merekam lagu, akhirnya The Sidhartas merilis debut lagu single pertama dalam bentuk musik video live yang berjudul PUNK! pada 21 Juli 2015. Tepat di ulang tahun ke 80 bapak Sidharta Manghoeroedin Soemarno yang jatuh pada 18 Januari 2016, The Sidhartas merilis album perdana mereka. 

Proses Penciptaan Lagu dan Rekaman

Di dalam album perdananya ini terdapat 11 buah lagu, terkumpul dan direkam dalam 3 (tiga) bulan, kemudian selama setahun berlatih lagu-lagu yang menjadi debut album mereka dan diberi judul “THE SIDHARTAS”, sebagai penghormatan pada ayah dan kakek mereka, sekaligus mengingatkan pentingnya nama keluarga yang telah mendidik dan membesarkan mereka.

The Sidhartas, Band of Brothers Bentukan Bimbim Slank
The Sidhartas rilis album perdana bertajuk "The Sidhartas" [foto: tribunnews.com]

Lagu-lagu diciptakan dengan konsep workshop, dimana para personil saling melemparkan ide tentang apa yang hendak disampaikan dalam lagu yang akan dibuat. Lalu menuangkannya baik dalam bentuk bait maupun baris, kemudian dibuat sepadan dengan nada atau chord yang dimainkan. Praktis, semua personil terlibat dalam penulisan lirik, nada lagu dan aransemen.

Kamar Firaslah yang dijadikan lokasi workshop. Sebagai sound engineer, Firas secara berangsur-angsur sudah memaksimalkan ruangan kamarnya menjadi ruang rekaman sejak masa kuliahnya. Pembuatan, latihan, dan rekaman lagu dikerjakan dalam hari yang sama seminggu sekali, dan setiap kali pertemuan menghasilkan 2 (dua) lagu. Semua lagu di rekam live kecuali beberapa overdub untuk vokal dan melodi gitar.

Dalam kondisi ruangan dan peralatan yang minimalis, Firas menyiapkan miking drum hanya menggunakan 2 buah mic. Massto, pamannya, tidak menyadari bahwa setting yang dibuat itu akan dipakai untuk rekaman. Setelah semua rekaman selesai, Massto baru menyadari bahwa sound drum-nya ternyata berbeda. Teknik rekaman drum era 60-an inilah yang diaplikasikan dalam album ini. Bimbim memainkan gitar secara clean tanpa distorsi, malah justru vokalnya yang diberi distorsi.

Setelah rekaman selesai, mix master yang dikerjakan oleh Firas, dikirim ke BatCave Studio - IQALA untuk proses mastering yang dikerjakan oleh Indra Qadarsih. Secara keseluruhan album ini bercerita tentang hidup sehari-hari yang positiv dan bersemangat untuk bergerak maju. Solidaritas, kekompakan dan canda menjadi semangat dalam berkarya, dan sekali lagi Keluarga itu penting! Selanjutnya, setiap perkembangan dari band The Sidhartas bisa diikuti dari website resminya di: www.thesidhartas.com

Referensi: koranslank.com

68 komentar

wah, saya baru denger nama Band nya Kang, baru di bentuk ya kang ? ..
nanti saya cari ah lagu2 nya hehehe... apalagi yg membentuk nya Om Bimbim Slank ... terima kasih kang info nya

lha ini yg punya blog kemana yah... tok...tok..tok... :D

mungkin sedang ngopi kali yah, ywdh, saya juga mau buat kopi ah...

CD album perdananya udah dirilis tuh kang harganya cuma Rp. 35.000 saja lho :)

dari tadi saya berdiri dipojokan lho kang, mantau situasi aja :D

kopinya udah abis kang, baru mau nambah lagi nih

Bakalan menyaingi Rhoma Irama nih..ya kan bang..hahahayyy

ternyata ini besutan bimbim slank yak, keren deh

ya nggak dong kan beda aliran atuh bang Icah :D

pingin denger saya.. pasti lagunya maknyus banget ya Mas?

saya baru tau kalau ini besutan Bimbim...

saya malah kurang tahu nih groub band ini mas,mungkin saya akan coba cari dulu deh lagunya, siapa tahu cocok bisa saya koleksi, hehehe

sama donk mas kalau gitu, tos dulu deh

kang eka mendingan pinjem aja CD nya ke saya, gratis kok kang, ukuran CD saya XL loch

pasti sambil ngincer sendal bagus kan?

yang tiga gelas kemaren ge belom di bayar...tauuuuu

pasti sidharta mah alirannya sama dengan aliran ciliwung kan?

tapi bukan titisan sundel bolong kan?

baru tau ya kalau saya emang keren

padahal Bimbim kan hobinya maen voly lho...kok bisa nggak tau seh

terus...saya mau bilang apaan lagi di artikel soal the sidhartas band of brothers bentukan bimbim slank ini, coba?

lalu...kalau hasil besutannya Bimbim saya harus bilang WOW gituh?

ya udah kalau emang kudu bilang WOW...saya siap atuh bilang wow DEH

hahaha, ini bahasan mendalam kali mang lembu euy :)

saya baru tahu band ini mas, band baru ini yah :D

belum pernah denger lagu2nya, coba cari2 dulu

Waaah fans berat SLANK ya
Slankerss donk ye
xixixixixixix

wah bajakan itu mah cd nya juga :D

wiih hebat juga kang bimbim nih udah bisa membentuk band, pasti bangga tuh almarhum. mudah"an saja dengan adanya the sidartas bisa menambah warna musik dan bikin musik yang ngehits gx tentang cinta mulu yaa :D

Saya tdk begitu suka dengan lagu-lagunya, nyimaks aja ya gan

hadeuh...apanan udah di bahas dari tadi juga

kayak nya aliran nya tambah serem nie mas?
apa lagi mas bimbing sendiri yg membimbing nya?

kalo ngak bilang Wooow mas mau bilang apa ayoe?

kalo saya yakinin pasti bukan, tapi biar yg di bawah saya yg menjawab kang?

rada-rada mirip grunge seperti nirvana gitu deh

Izin nyimak Mas...
Saya baru denger band ini...
Terima kasih atas share artikelnya...
Salam,

Nama bandnya kaya tokoh sejarah ya gan, Sidarta Gautama,..

Saya baru tahu nama band ini kemarin kang dari teman, dan disini saya tahu jelas alur terciptanya band the sidhartas. yang pastinya nama band ini dari nama ayah, paman dan kakek dari personil band ini ya kang? keluarga besar yang sangat kompak

semoga nanti dan seterusnya juga bisa menjadi sejarah buat band ini seperti band slank yang menjadi legenda musisi ya kang

walau membentuk band keluarga sendiri kayaknya nama bimbim nggak bisa jauh dari slank ya mas,soalnya sudah kadung melekat banget

wah talenta bimbim memang patut diacungin jempol nih .selain menjadi drumer handal ternyata juga fasih menjadi vokalis walaupun tidak mau mengakuinya

maaf nih mas baru bisa berkunjung lg

ya begitulah kira-kira, cuma disini Bimbim gak banyak ikut campur, untuk urusan lagu diserahkan sama sodara-sodaranya

nyanyinya juga apa adanya mas, kayak lagi nyanyi sambil nongkrong aja

Hah! Curhatis? Istilah baru dengar

saya punya CD-nya.
hehe, kalo saya koq belum masuk ya
kalo boleh usul sih mestinya jangan Bimbim yang nyanyi

iya mas Bimbim nyanyinya kayak ogah-ogahan kayaknya ngikutin Kurt Cobain banget itu :D

Makin keren aja nih om bimbim, bentuk band sendiri lg..pasti lagunya asik kyk slank


EmoticonEmoticon