TK Bina Insan Mandiri Gelar Peragaan Manasik Haji

TK Bina Insan Mandiri Gelar Peragaan Manasik Haji

Marneskliker.com - Guna menanamkan sifat religius islami pada anak usia dini dan untuk memberikan pemahaman dalam menjalankan rukun Islam yang ke lima yaitu ibadah haji, maka TK Bina Insan Mandiri menggelar Manasik Haji bagi siswa-siswinya.

Ibadah Haji adalah cita-cita bagi setiap muslim. Sama dengan ibadah lain, ibadah haji juga memiliki syarat dan kaifiat tersendiri. Untuk mengajarkan syarat dan kaifiat tersebut, akhir pekan lalu TK Bina Insan Mandiri Jakarta menggelar kegiatan manasik haji yang dilaksanakan di Taman Manasik Haji Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta (7/11/2015). 


Sejumlah siswa Taman Kanak-Kanak Kelompok B mengikuti kegiatan tersebut dengan gembira. Semua anak-anak memakai sehelai kain putih yang dililitkan pada badan dan bahu saja, layaknya jemaah haji yang sedang menunaikan ibadah Haji di Mekah. Begitu juga anak-anak perempuan, semuanya memakai pakaian dan kerudung serba putih.
TK Bina Insan Mandiri Gelar Peragaan Manasik Haji

Mereka begitu antusias mengikuti setiap ritual ibadah haji, mulai dari menirukan  tawaf dengan cara mengelilingi reflika ka’bah sebanyak tujuh kali, kemudian melakukan wukuf hingga tahalul. Proses manasik haji ini seperti bermain bagi anak-anak. Mereka menikmati setiap proses praktek manasik yang dibuat semirip mungkin dengan praktek manasik orang dewasa.
TK Bina Insan Mandiri Gelar Peragaan Manasik Haji
Manasik Haji ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh TK Bina Insan Mandiri, khususnya kelompok TK B. Tujuan diadakannya manasik haji ini untuk menumbuhkan rasa cinta kepada Allah dengan meneladani Rasul-Nya. Diharapkan para siswa memiliki kerinduan dan tekad yang kuat untuk melakukan ibadah haji setelah  tahu dan memahaminya.
TK Bina Insan Mandiri Gelar Peragaan Manasik Haji
Kepala TK Bina Insan Mandiri, Murnah, S.Pd.I mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pembelajaran terhadap anak usia dini, tentang tata cara melaksanakan kegiatan ibadah haji yang benar saat berada di tanah suci nanti, menanamkan sifat religius islami pada anak usia dini dan menjalankan rukun islam yang ke lima dan juga sebagai salah satu pendidikan revolusi mental.

"Kita berharap nantinya, kalau anak-anak kita sudah besar, mereka bisa mengerti bagaimana cara melaksanakan rukun haji yang benar. Kemudian kita harapkan dengan kegiatan ini, kita tidak hanya memberikan ilmu keagamaan berdasarkan teori saja tapi juga dengan prakteknya," ungkap Murnah.

103 komentar

wahhhh ,,,, hebat ... dan mantap ...
mash usia dini udah dikenalin ama ibadah haji ..
kecilnnya sy gk kek gtu ,,hehe

adminnya juga sepertinya sudah ada di pulo mimpi nih ,,,

mungkin udah pada masuk ke gowa masing-masing kali mas :D

hehehehehe...
sini saya temani mas...

Saya pesan satu ya kopinya. hehehehehe

Saya punya adik dua, dan keduanya pernah masuk TK, dan keduanya juga pernah merasakan manasik haji sewaktu TK dulu.
sayangnya saya dulu terlalu pintar membaca, jadi tak perlu masuk TK sudah bisa masuk SD :( jadi ga ngerasain gmna rasanya manasik haji.. hehehehe

mana nih kopinya ,,
kok belum jadi juga ,,

Masih kecil saja sudah di kenalkan tentang cara cara pergi haji ya mas, Subhanalloh. Semoga Anak anak tk bina insan mandiri ini tak hanya kenal manasik haji sewaktu tk saja ya mas?? semoga selalu teringat dan selalu ada kemauan dan usaha untuk datang langsung ke mekah. amien...

hehehehehe...
ada temanya juga saya ternyata...

yang bikin kopi kayaknya udh molor deh..

mungkin mas ,,
klo dh tdur dulua dihukum aja mas yukk , suruh bayar ,,,

ada donk mas ...ehehe '
keknya mas adminnya juga senasib juga deh ,,,

aamiin ,,,,
jngn dikenalin ama gadget trs yah mas ,..
bisa rusak generasi bangsa,,,,

wah pembelajaran usia dini yg sangat bagus nih mas.
semoga harapan dewan guru dengan memberikan pendidikan manasik haji ini bisa terwujud.
amiin

kegiatan TK bina mandiri ini kreatif banget mas.
patut dicontoh TK TK yg lain

wah bagus sekali nih progam kayak gini, jadi dari dini mereka sudah mulai belajar dan mengenal proses manasik haji, keren keren

benar sekali mas, wajib di tiru nih mas

sedari tadi saya dah berdiri dipojokan lho ngawasin para blogger koplak :D

ini anak kalo udah sukses kayanya langsung ke mekah ya kang?soalnya diajarin ibadah haji gitu, padahal saya aja yang udah gede gatau tata cara ibadah haji :D

Nanti kalo anak saya udah gede mau disuruh belajar di TK yang ada manasik haji deh..
nunggu jagoan saya lahir dulu deh ya :D

alhamdulillah mas bisa dijadikan referensi ya mas marnes buat TK lainnya, :)

subhanallah, dari kecil sudah dibimbing cara melaksanakan haji, bisa menjadi contoh tauladan yang baik :)

disini senang disana senag dimana mana htiku senag, ngopi ngopi ngopi :)

hahaha, biar saya setrap saja mas, :)

mesti ke TK lagi mas hendry ne ! wkwkwwk

ini tas tes tas kya opo iki...

kopinya dh abiss, tpi blm pada bayar juga ih..

kasi titip aja ke mas yanto ,,, dijamin lancar deh manasik hajinya .,,,

klo kecilnya mas mukhlis gmn hayooo?

yang blom bayar siap-siap yah, saya udah siapin tumbak nih :D

ya mudah-mudahan seperti itu, tapi hampir semua TK yang Islam mah kayaknya ada program manasik hajinya kali mas

Masih pada Tk udah punya pengalaman manasik...jadi malu saya...

smoga nantinya pada bisa naik haji benerean

Biasanya memang agenda TK ni pas ada haji

seneng deh lihat anak kecil latihan seperti ini...

sip lah, emang sih sudah seharusnya memberi wawasan tentang agama sejak masih kecil agar bertambah juga kecintaannya terhadap agama.

cie ,,, yg bentar lg punya debay ,.,,hehe

hahahaha ,,, amas marnes kok tau ,,, jangan-jangan ,,,

saya juga seneng liat Mbak Dwi bisa hadir disini :D

Setiap TK pasti melakukan kegiatan manasik haji ya mas, Semoga dengan kegiatan ini para anak didik bisa termotivasi untuk melakukan Haji yang sebenarnya... Saya juga waktu TK pernah melakukan kegiatan ini...

iya mang...Setidaknya bisa sebagai pengalaman untuk dewasanya nanti...

emang udah usumny, anak balita di kenalkan dengan manasik haji diharapkan kelak mereka terdorong untuk jdi haji.
keren kan

rame pisan euy rumahnya kang marnes

oh jadi ini acara rutin tahunan ya kang?wah tahun depan saya mau daftarin adik saya deh ya ke tk bina insan mandiri, meskipun harus jauh ke jakarta tapi gpp deh ya kang :)

kerenan mas marnes tau mg lembu ,.,,

saya mah gak pernah lulus tk jadi blom pernah latihan manasik haji

ya gak apa-apa kang sing penting kuat mbayar :D

kan udah saya bagiin kopi karuhun kang

Labbaik, Allahumma Labbaik Labbaik. laa syariika laka labbaik
innal hamda wan ni'mata laka wal mulk laa syariika laka

ayooo anak2.. jangan saling injek yaaah :) antriannya yg rapi.
Bagus kegiatan anak2 tk bina insan mandiri ... bekal kelak saat ke tanah suci, insyaAllah.

jadi makin pinter nih anak-anak tk sejak kecil sudah diajarin belajar manasik haji ya mas :)

ini nih yang harus diterapkan kepada anak2 zaman sekarang, supaya lebih memahami haji seperti apa adanya.. keren dan bermanfaat sekali acara pegelaran manasik haji ini mas..

betul mbak, acara seeprti ini harus dibudidayakan..

bayar ke mas yanto yah kopinya ?

kang Asep mana coba ?
main sarung2an ?

Amiin... menanamkan sifat religius islami pada anak usia dini tidak hanya sebatas teori saja melainkan harus juga diberikan contoh prakteknya, salah satunya dengan peragaan manasik haji ini

iya jangan cuma lele aja yang dibudidayakan mas :D

ada niat ada jalan kang :D
lahaula we kang.hehe

kang asep lg dibelakang
dibelakang gawang

betul mas hendri kan masih BALITA
bawah limapuluh tahun :D

Bagus juga ,nih. mudah mudahan TK diwilayah lain pada ngikut.


EmoticonEmoticon