Wisata Buku: TK BIM Berkunjung ke Toko Buku Gramedia Mall Puri Indah

Wisata Buku, kunjungan ke toko buku gramedia

Wisata Buku - Buku adalah jendela dunia sebagai salah satu sumber pengetahuan. Dan salah satu faktor untuk meningkatkan kecerdasan anak ialah dengan mengembangkan minat membaca pada anak sejak dini. Membaca perlu ditanamkan kepada anak-anak sejak dini agar mereka terbiasa. Dengan membaca maka wawasan anak akan semakin luas, membaca juga menambah perbendaharaan kosa kata, sehingga bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak.

Keterampilan membaca dapat meningkatkan kemampuan anak-anak untuk memahami berbagai konsep dengan mudah. Anak yang gemar membaca juga bisa lebih berkonsentrasi pada pelajaran daripada anak yang tidak gemar membaca, maka dari itu mulai dari usia dini anak-anak dilatih untuk gemar membaca.

Untuk mengenalkan arti pentingnya buku maka sejak anak-anak harus dibiasakan berinteraksi dengan buku. Menyadari pentingnya kenyataan itu, dan sekaligus mengenalkan budaya membaca pada anak, maka TK Bina Insan Mandiri di bawah naungan Yayasan Dakwah dan Pendidikan Islam Qaryah Thayyibah, dua minggu yang lalu mengajak para siswanya berkunjung ke Toko Buku Gramedia Mall PuriIndah, Kembangan, Jakarta Barat.
Anak-anak paud adakan kunjungan ke gramedia
Kepala Sekolah TK Bina Insan Mandiri, Murnah, S.Pd.I mengatakan kita berusaha untuk memberikan wawasan ke anak-anak agar lebih mengenal dunia luar, salah satunya dengan mengadakan pemblejaran di luar kelas (outing class). Sebelumnya anak-anak TK BIM juga sudah sering mengadakan pembelajaran di luar kelas, diantaranya pernah mengadakan kunjungan ke supermarket, berkunjung ke kantor pos, berkunjung ke kantor pemadam kebakaran dan sebagainya, disesuaikan dengan tema yang sudah diagendakan dalam program semester.


Singkat cerita, sekitar jam 09.30 anak-anak ini sampai di lokasi yang menjadi tempat kunjungan yaitu Toko Buku Gramedia Mall Puri Indah. Anak-anak disambut dengan ramah oleh pegawai dan petugas jaga buku dari Gramedia. Mereka dikenalkan tentang buku-buku apa saja yang terdapat disetiap rak buku sesuai dengan temanya. Kegiatan ini menjadi sangat berarti karena anak-anak dapat dengan cepat mengetahui dimana buku yang disukainya, keramahan para petugas membuat mereka semakin asyik bertanya tentang buku-buku yang menarik minat mereka.
rekreasi buku digramedia puri indah mall
Anak-anak begitu antusias mendengarkan cerita dongeng dari staf Gramedia
Dalam wisata buku ini juga diisi dengan kegiatan mendongeng sehingga anak-anak semakin betah saja dengan suasana toko buku karena melalui inspirasi cerita dongeng itu bisa menginspirasi mereka untuk mencari buku tentang petualangan dunia dongeng.

Usai mendengarkan cerita dongeng, anak-anak pun berkeliling melihat buku-buku yang ada di Gramedia. Mereka membeli buku-buku cerita sesuai dengan yang mereka minati, dan pembayarannya dilakukan sendiri, sedangkan para guru hanya membantu mengarahkan saja. Hal ini untuk mengajarkan anak-anak mandiri dan melatih kesabaran, karena anak-anak harus mengantri di depan kasir untuk membayar buku yang mereka beli. 
Menumbuhkan minat membaca anak paud
Anak-anak mengantri untuk membayar buku bacaan yang dibeli
Alhamdulillah, kegiatan berlangsung dengan tertib, aman dan lancar. Hal ini tercipta karena para guru pembimbing turut berperan mengarahkan anak-anak sehingga kegiatan berjalan dengan sukses. Mudah-mudahan melalui kegiatan ini para siswa semakin mencintai buku karena melalui buku wawasan mereka bisa berkembang dan imajinasi mereka dalam mendalami ilmu pengetahuan akan tercipta lewat indahnya kegemaran membaca buku.

87 komentar

serasa nggak percaya saya tast test tast ternyata memang saya dapet pertamax toh

kegiatan kegiatan seperti ini patut digalakkan mas,karena dengan hal seperti ini menjadikan murid akan lebih semangat disamping mendapatkan hiburan juga pelajaran

dengan pengenalan buku sejak dini harapannya siswa didik nantinya akan suka membaca untuk menambah wawasan yamas

top temenan pokoke TK BINA INSAN MANDIRI.
semoga dari TK ini nantinya akan tumbuh sebuah generasi emas

saya juga ikutan tes... hore langsung dapet hadiah Es teh... :D

betul kang... :D saya idem dengan Kang Yanto.... :D

iya Kang... dengan gemar membaca pengetahuan siswa pun sedikit2 akan bertambah ya kang :)

terus saya harus bilang wow gituh :D

besok mah Hari Sabtu Kang :D pasti lupa....

Anak kecil itu sangat suka membaca klo ada gambarnya, apalagi bacaan berbentuk dongeng .. Jadi pgn belikan buku di gramedia bt anak nie, hehe

pasti pada penasaran kan sama kakak pemandu gramedia yang paling atas itu lho, pasti bertanya-tanya kan kenapa sih difotonya dari samping, kenapa gak dari depan aja? hahahaaaaa....

Sangat bermanfaat sekali dan pastinya sangat berkesan Kang jika siswa diajak Wisata Buku, pengetahuannya pasti bertambah dengan banyak membaca beberapa buku yg ada di Gramedia..

Berarti besok saya libur, horeee....

iya mas kalo ada gambarnya biasnya anak-anak pada suka tuh

waaah keren nihh memupuk anak-anak untuk rajin membaca sejak dini,.. siip

saya kemarin jg dari gramedia lo mas, tapi kok ya gak dapat buku yang saya cari, habis nyari jurus cepat kaya, wakakaka

budaya membaca yang baik akan membuat generasi anak muda bangsa lebih baik mas, sering sering aja mas di ajak ke toko buku biar tambah pengetahuan

gemar membaca sejak dini..dgn dimulai ngaajak anak anak TK ke perpustakaan sdh langgah awal yg baik

menyenangkan sangat bagi para siswa TK BIM di ajak piknik ke toko Buku Gramedia, edukasinya dapet banget.
idenya kang marnes kan?

Menanamkan kebiasaan membaca buku sejak dini sangat penting, salah satu alternatif solusi yang kreatif untuk melakukan hal itu adalah dengan wisata buku, kayaknya semua sekolah di indonesia perlu menjadikan wisata buku sebagai salah satu program rutin nih mas

Wisata Buku ke toko buku gramedia langsung dapat dua keuntungan sekaligus kang, hiburan sekaligus untuk pembelajaran

Cara menanamkan kebiasaan membaca yang sangat menarik, wisata buku sangat cocok untuk anak usia sekolah dasar kayaknya mas

saya juga setuju, dengan membaca maka siswa akan lebih mengingat dan menambah wawasan bagi sisiwa. pertamax

ne dah hari sabtu e, biar saya yang ngomong saja, besok kalian kalian pada libur kemana sih ?

setuju mas eka, sangat sangat luar biasa :0 wkwkwkwk

carinya lewat pintu depan mas purnama, kalo pintu belakang mah ndak dapat dapat :) hehehe

saya mau ngomong apa dulun ne, emm bentar butuh beberapa menit :

ini patut dicontoh dan panutan kepada yang lainnya ya mas :) semoga harapannya bisa begitu :)

serang kan waktunya nyuci mangkuk di tempatnya kang ujang

mengajarkan anak untuk suka membaca sejak dini

untuk mencari buku, Gramedia salah satu tempat incaran saya tu mas :D

wah seru ya pembelajaran ya di lakukan di luar kelas, jadi anak2 bisa lebih tau akan pembelajaran selain di kelas, apa lagi di gramedia pusat nya buku, pasti anak2 senang bisa melihat dan juga membeli buku dongeng

wisata bukan hanya di kaitkan dengan pusat bermain, tetapi wisata juga bisa dilakukan ke toko buku... selain bisa mengarahkan anak agar suka terhadap membaca buku, bisa juga untuk menambah wawasan anak... sekolah TK nya bagus banget, sering mengadakan kunjungan ke tempat-tempat umum sebagai media belajar...

Mungkin karena komplit bukunya ya mas, saya juga waktu kuliah. mencari sumber refrensi ke gramedia

mas marnes kan juga suka liatin gambar loya

aduh langsung mupeng kalau liat buku...

kemana adminnya coba?
sibuk yamas?
masak saya lagi sih yg kudu jawab?
hadeuh

kan ini gegara usul dari mas marnes

2 hal positif dari acara wisata buku tersebut. anak-anak tk jadi akrab dengan buku & toko gramedia nya laris di borong sama anak-anak tk :D

Ya kang... ini sangat bagus buat anak - anak biar semangat membaca... sambil bermain sambil belajar di toko Buku Gramedia, edukasinya dapet banget.

saya g kebayang kalo pas di dalam anak anaknya ngacak ngacak buku. rame banget kayanya

Dulu sih sering ke gramedia buat beli - beli buku komputer,, tapi sekarang udah jarang soalnya udah ada internet,,, tapi saya akui juga sih kalau di toko buku itu lebih lengkap dibandingkan dengan informasi yang disediakan di internet

Memang harus ditanamakan dari sejak dini,, kalau kata pribahsamah "Mendidik Anak sejak kecil bagai menulis diatas batu sedangkan mendidik anak sejak dewasa itu bagai menulis diatas air"

*Itu bener gak yah pribahasanya... heheh :)

mas yanto memang selalu jadi yang terdepan...

ya jangan dibayangin kalo gituh :D

iya kang biar anak-anak juga gak merasa jenuh belajar di dalam kelas mulu, namanya juga taman kanak-kanak, belajar sambil bermain dan bermain sambil belajar

yang pasti bukan di jonggol kan :D

sama kang saya juga dulu mah mayan rajin suka beli buku-buku di gramedia, sekarang mah udah lama banget gak pernah ke gramedia lagi


EmoticonEmoticon