Download Lagu Tembang Lir-ilir Sunan Kalijaga

Download Lagu dan lirik Tembang Lir-ilir
Tembang Lir-ilir Sunan Kalijaga - Lir-ilir adalah tembang yang diciptakan dan digunakan oleh Sunan Kalijaga untuk berdakwah menyebarkan agama Islam di pulau Jawa. Lagu tembang Lir-ilir menjadi bagian penting dalam perkembangan Islam di Nusantara. Meski menggunakan bahasa Jawa, namun tembang Lir-ilir ini menyimpan arti dan makna yang mendalam bagi Islam.

Di akhir postingan sudah saya sertakan link download lagu tembang Lir-ilir yang dinyanyikan oleh seorang anak kecil, entah siapa yang nyanyi, jujur saya suka banget dengan lagu tembang Lir-ilir ini. Baca juga: Gambang Suling Heavy Metal Version  

~ Lirik lagu tembang Lir-ilir Sunan Kalijaga ~

Lir-ilir, lir-ilir, tandure wus sumilir
Tak ijo royo-royo, tak senggo temanten anyar
Bocah angon, bocah angon penekno blimbing kuwi
Lunyu-lunyu penekno
Kanggo mbasuh dodotiro

Dodotiro, dodotiro, kumitir bedhah ing pinggir
Dondomono, jlumatono kanggo sebo mengko sore
Mumpung pandhang rembulane
Mumpung jembar kalangane
Yo surako surak iyo…

~ Arti lirik lagu tembang Lir-ilir Sunan Kalijaga ~

Sayup-sayup bangun dari tidur, tanaman sudah mulai bersemi
Demikian menghijau bagaikan gairah pengantin baru
Anak gembala, anak gembala panjatlah pohon belimbing itu
Walaupun licin dan susah tetap panjatlah
Untuk membasuh (mencuci) pakaian

Pakaian-pakaian yang terkoyak dibagian samping
Jahitlah, benahilah untuk menghadap nanti sore
Mumpung bulan bersinar terang
Mumpung masih banyak waktu luang
Ayo bersoraklah, dengan sorakan iya.

127 komentar

Lagu penuh filosofi. Lagu penuh dengan nasehat abadi.

Betul banget tuh kata mas Jangkaru Lagu Li-Ilir ini memang penuh filosofi dan petuah bagi umat manuisa, saya paling seneng denger versi intrumentalnya.

meskipun saya gatau lagunya tapi saya mah pengen donlod aja deh kang soalnya kan saya mah pengen jadi musisi jadi semua lagu setidaknya harus hafal banget kan, mas saud yang musisi kemana yah kang??

download dulu mas...biar tau nadanya

saya mah pertama kali denger ya yang anak kecil ini mas, itu juga dapet nemu diyoutube tapi gak tau yang nyanyinya siapa, udah lama juga sih dapetnya

silahkan kang download aja sepuas hatimu, lagunya enak dan suara penyanyinya juga merdu bingit, beneran deh :D

silahkan, mumpung saya lagi baik hati :D

keliatan paket kalong nya kalo online jamsegini mas, saya pamit undur diri ya, kasian kan istri saya tidur sendiri masak ga ditemenin sih??

ini saya penyanyinya, saya nyanyi disini ya buat menghibur para pemirsa

lagu lir ilir memang lagu yg sarat akan makna itu mas

saya mah blom pake paket kalong kang, ini masih pake si smartfret sih, baru juga mo ganti sama si XL kalo si smartfret mah paket kalongnya jam 1'an

kalau nggak salah selain arti secara harfiah itu ada arti yg lebih dalam mas.

dimana kita disuruh untuk melaksanakan/ mengambil belimbing(5 segi yg diartikan sebagai 5 rukun islam) mumpung masih ada waktu.

dengan begitu pada saat penghitungan amal kita bersorak hore karena kemenangan kita menghadapi hawa nafsu.

ini lagu sering banget saya dengerin waktu jaman smp, setiap sore hari pasti pakdeh saya setel lagu lagu ini.. jadi inget masa masa di kampung dulu..

dulu....dulu sekali ketika masih kecil saya dan temen2 sering banget nyanyiin lg ini lomas,biasanya pada waktu bulan purnama,setelah main petak umpet

sekarang saya nggak pernah dengerin lagu ini nih

masa kopi mulu lha wong saya lagi ngopi ini

iya mas saya juga baru baca ternyata maknanya dalem banget, kalo sekarang mah baru saya share lirik dan artinya aja, kalo maknanya nanti lagi atuh mas biar saya jadi punya bahan postingan buat menyambungkan artikel yang ini :D

saya dong bentar lagi liburan panjang pasti bakal pulkam deh :D

mas saud lagi banyak acara offairnya tuh

saya malah baru tau mas dengernya juga masih baru saya mah

Saya juga suka lagu ini mas..ijin sedot mas..

saya hanyut pas yanv nyanyiin Kyai kanjeng, Kang.
//hai apa kabar

Wah, gambarnya mas Marnes ngingatin saya kepada masa kecil waktu gembala sapi..hehehhe.

Jadi inget kuliah. Lagu yg berjuta kenangan dalam hidup. Salam kenal gan

ydh klo gtu bayarnya pake combro dah ,,,,

itu kn jamannya mas yan jadi tau ,,,,

waaaah ,,,, mas yan dan mas marnes klo lg bner nyambung semua nih ,,, :D

saya masih bingung ini mah sama artinya opo tuh mas :)

hahaha, apa saya yang salah atau rada gelap ya :) padahal dibawahnya ada toh artinya :) sumpah aku ga liat :) week

sama sama mbak, jangan lupa lagunya diapalin ya

terus sama kambingnya ga inget lagi mas ?

jangan lupa uangnya dimasuk ke kotak dibawah

sepertinya saya ga nanyak deh, sumpah

ada strateginya juga ya kang kalo maketin internetnya? :D

kan sudah saya kasih glow collagen.
#promosi

saya rilex saja deh, karena sudah dijelaskan

apalagi saya coba???
ngadem dulu sambil ngopi biar makjleb bw nya akang-akang..

mana kotak uangnya biar saya masukan recehan

kayanya semua yang komen pada tau lagu ini deh ya, masak cuman saya aja yang belum hafal sih??? kan saya jadi malu atuh, untung semalam udah saya hafalin sedikit lagunya, jadi ga terlalu ketinggalan kan??

gak mungkin gimana, kan mas hendri hanya nyanyi doank, tuh dengerin. hehe

wah kebetulan nih mas, bagus buat koleksi. saya hanya denger lagunya doank. ijin donlod sama copas teksnya mas marnes :-bd :-bd :-bd

manggut2 mah udah kebiasaanya ms yanto, ampe tidur aja mash manggut2 ,.,,

kotak uangny sama mas marnes, lg dijadiin bantal buat tidur ,,

hahahaha .... sy mw rilex gmn coba, blm ada kopi susu nya ...

klo bisa apalin juga namanya mas mukhlis, biar sllu terbayang2 ///hahaha

hahaha, butuh gembok kali ya mas buat jaga jaga

hubungi tetangga sebelah mas, mintak nasi siang sekalian :) week

gemboknya kan ditinggal di tegal jeh,mas admin cuman ngantongin kuncinya

saya dong sekarang lagi ngopi, beneran saya mah gak boong

kebanyakan maen digowa mulu sih jadi burek kan gak keliatan :D

kae anu ene klepon ng ndwur gnteng entek kuabeh mas ....
hahahaha

saya dong orang jawa, jawa barat tapi

hahahaha ... ustadz ngintip ....

brrti bisanya boong yah ... hyooo ketahuan ...hahah :P

beneran saya mah lagi ngopi ini, ciyus deh :)

emang sapa itu mas? yang tinggal dibogor yah? :D

Ternyata benar dugaan saya, pas saya buka RCAA rupanya :D

Awal Lagu ini tercipta belum ada blog mas...

Lagi ilir ilir ini berasal dari daerah kabupaten Demak ya mas ..?kalau g salah

ini lagu kesukaan saya, cocok banget diputar pada walimatul khitan. langsung di sabet deh..

yah kalo mau bayar mah silahkan aja mas :D

iya mas si mbah googlenya juga blom lahir :D

Ngopi dulu Kang Marness :D. Kmha damang kah :D. hapunten simabdi nembe tiasa dongkap deui ka blog akang hehehe.

Wihh ada translate utk liriknya juga ya ,komplit bener , Izin sedot ah kang :D

Alhamdulillah damang kang, muhun ieu oge keur ngopi puguh... :D

silahkan mas budi sabet aja sepuas hatimu :D

itu jebakan batman mah :) mitos mau bayar

kalo ga salah sudah pasti benar dunks

hafalin dulu nanti distrap sama adminnya :D

abi mah teu gaduh kopi, kumaha atuh?menta bae ulah??

ternyata enak juga yah kang dengerin lagu ini pas pulang jumatan, jadi rada adem gitu suasana nya itu..

ngerakeun pisan deh ih, masa boss suplemen meni teu boga kopi-kopi acan, huuuh.... :D

iya kang mantep pisan, jadi inget we kana dosa hadeuh... :D

disetrap sih nggak paling yah disuruh mutering lapangan senayan bareng 7x mah :D

Matur suwun mas. wes tak download lagune apik.Tapi cepet banget lagunya.. yang nyanyi anak kecil ya


EmoticonEmoticon