14 November, Asal Mula Lahirnya Hari Diabetes Sedunia

Asal Mula Lahirnya Hari Diabetes Sedunia, 14 November peringati hari diabetes
Hari Diabetes Sedunia 2015 - Sedikit orang mungkin yang mengetahui bahwa tanggal 14 November merupakan "Hari Diabetes Sedunia". Setelah sebelumnya kita memperingati Hari Ayah dan juga Hari Kesehatan Nasional yang diperingati pada tanggal 12 November kemarin, maka hari ini kita memperingati Hari Diabetes Sedunia yang juga biasa diperingati setiap tanggal 14 November setiap tahunnya.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang asal mula lahirnya Hari Diabetes Sedunia, alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dulu apa sih sebenarnya Diabetes itu?

Menurut Om Wikipedia, Diabetes yang juga dikenal di Indonesia dengan istilah kencing manis adalah kelainan metabolik yang disebabkan banyak faktor, seperti kurangnya insulin atau ketidakmampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin (Insulin resistance), dengan simtoma berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein.

Dengan kata lain Diabetes adalah suatu penyakit dimana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah) atau insulin yang dihasilkan tidak mencukupi atau insulin tidak bekerja dengan baik. Oleh karena itu akan menyebabkan gula darah meningkat saat diperiksa.

Asal Mula Lahirnya Hari Diabetes Sedunia

Asal mula lahirnya Hari Diabetes Sedunia dimulai sejak tahun 1991 yang diperkenalkan oleh International Diabetes Federation (IDF) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai respons terhadap kekhawatiran peningkatan Diabetes di seluruh dunia. Adapun tanggal 14 November sendiri dipilih untuk memperingati hari kelahiran dokter Frederick Banting, salah seorang penemu Insulin, bersama dengan Charles Best yang telah menyelamatkan hidup jutaan penderita Diabetes di seluruh dunia.

Maksud dari peringatan Hari Diabetes Sedunia adalah suatu kampanye yang bertujuan untuk mendidik, melibatkan, dan mendukung generasi muda dan masyarakat luas akan upaya pencegahan dan penanganan Diabetes. Upaya pencegahan diantaranya dilakukan melalui pemberian edukasi pada masyarakat sehingga kesadaran masyarakat akan risiko dan tanda dini adanya Diabetes akan meningkat. Peningkatan kesadaran yang dibarengi dengan perubahan pola hidup sehat akan menurunkan resiko terkena Diabetes  yang pada gilirannya akan menyelamatkan generasi mendatang.

Edukasi seharusnya merupakan bagian yang tak terpisahkan dari penanganan Diabetes. Program edukasi pasien dalam penanganan pasien Diabetes bertujuan untuk meningkatkan kemandirian, dan keaktifan pasien dalam perawatannya. Karena Diabetes jika tidak tertangani dengan baik berpotensi menurunkan kualitas kesehatan secara keseluruhan.

Hal ini dapat dipahami karena Diabetes merupakan induk penyakit yang komplikasinya hampir ke seluruh tubuh. Misalnya, terjadinya kebutaan sebagai komplikasi yang paling ditakuti, serangan jantung sebagai komplikasi paling membahayakan, stroke penyebab ketidakberdayaan, impotensi yang paling ditakuti pria, dan yang termahal adalah komplikasi pada ginjal yang dapat berakhir dengan cuci darah. Edukasi pada akhirnya dapat meningkatkan kerja sama pasien dengan tenaga kesehatan untuk mengurangi timbulnya komplikasi.

Menurut beberapa media online yang pernah saya baca, pada tahun 2013 Indonesia memiliki sekitar 8,5 juta penderita Diabetes yang merupakan jumlah ke- 4 terbanyak di Asia dan nomor 7 di dunia. Dan secara global tahun 2014 lalu diperkirakan lebih dari 340 juta orang di dunia yang hidup dengan Diabetes. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan jumlah orang yang meninggal karena Diabetes setiap tahun akan terus meningkat antara tahun 2005 dan 2030. Dengan begitu banyaknya penderita Diabetes dunia yang semakin tahun terus meningkat membuat Organisasi Kesehatan Dunia terus melakukan kampanye penanganan penyakit ini.

Diabetes dapat terjadi pada semua orang. Bagi mereka yang mempunyai riwayat keluarga Diabetes, lebih besar kemungkinannya untuk menderita Diabetes. Selain riwayat keluarga, faktor resiko lainnya adalah mereka yang mempunyai berat badan berlebih (gemuk), kolesterol tinggi (pola makan yang tidak baik), Hipertensi dan kurang aktifitas fisik. Mereka yang berusia lebih dari 40 tahun disertai dengan kegemukan akan semakin meningkatkan resiko untuk menderita Diabetes.

Upaya penanganan Diabetes terus dilakukan baik oleh pemerintah, Organisasi Kesehatan Dunia dan pakar kesehatan. Namun hingga saat ini belum ditemukan obat yang tepat yang dapat menyembuhkan Diabetes. Akan tetapi dengan menurunkan berat badan yang berlebih, diet yang baik, dan berolahraga secara teratur, dapat membuat gula darah kembali normal. Hal ini bukan berarti telah sembuh dari Diabetes. Karena jika pasien kembali gemuk, diet buruk dan tidak berolahraga, maka gula darah akan meningkat kembali. Jadi Diabetes tidak dapat sembuh, tapi gula darah dapat dikontrol dalam batas normal.

Itulah sedikit informasi tentang Diabetes dan asal mula lahirnya Hari Diabetes Sedunia yang jatuh pada hari Sabtu, 14 November 2015. Selamat memperingati Hari Diabetes ya!

Sumber referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Diabetes_melitus
http://www.belajarkreatif.net/2014/11/menilik-sejarah-hari-diabetes-sedunia.html
http://klinikdiabetesnusantara.com/pages/view/7/apa-itu-diabetes

51 komentar

Diabetes itu salah satu penyakit yang tidak bisa kita remehkan. Btw, terima kasih atas infonya tentang Hari Diabetes Sedunia, mudah-mudahan dengan adanya artikel ini kita terus menjaga kesehatan agar terhindar dari diabebetes.

mudah2an dg adanya peringatan seperti ini, resiko terkena diabet bisa berkurang, ...
tentunya mengingatkan buat yg mash sehat utk tetap hidup dg pola makan yg sehat pula ...

ternyata diabetes juga merupakan salah satu penyakit yang belum axa obatnya ya mas :)

sumbernya langsung 3 nih kang :D
diabetes memang sangat berbahaya juga sih kang, selain itu diindonesia juga sudah banyak yang mengalami penyakit diabetes ini, katanya sih kelebihan gula, kalo sama penyakit ini saya kurang mendalami, jadi masih kiurang faham, sebelum saya baca artikelnya kang marnes ini nih..

jadi thu deh sekarang asal mula lahirnya hr diabet...dan memang skarang ini diabet mrupakan slh stu pnyakit yg cukup bnyk diderita orang indo dn ckup mematikan...semoga kita senantiasa diberi kesehatan..aamiin

betul mas defi, salah satunya dengan membaca artikel mas marnes bisa membuat kita waspada dari serangan diabetes :)

asik mengayal ini mah mas hendry nya, coba tutup mata dan baca sekali lagi saya yakin pasti paham :)

saya hari ini ga ketinggalan lagi kan mas, tepat pada sasaran dimana hari ini merupakan hari Diabetes :)

diabetes penyakit yang mesti kita hindari ya mas marnes, maka dari itu sebelum terserang mari kita tingkatkan kewaspadaan kita terhadp wabah diabetes :)

Ternyata ada juga to hari diabetes sedunia. Mungkin gunanya buat mengingatkan kita sbg manusia agar selalu menjaga pola hidup sehat supaya tidak sampia terkena penyakit tersebut.

katanya sih begitu mbak namun gula darah dapat dikontrol dengan melakukan olahraga dan pola hidup sehat

Amiin, salah satu tujuan diperingati Hari Diabetes untuk mengingatkan kita agar mewaspadai terkena diabetes dengan cara pola hidup sehat dan rajin berolahraga yang teratur

maka dari itu mari kita menjaga kesehatan kita masing-masing dengan tetap menjaga pola hidup sehat yah mas

iya kangmas sekarang ini diabetes menjadi salah satu penyakit yang menakutkan bagi semua orang karena diabetes ini dapat menyebabkan komplikasi ke seluruh tubuh jika tidak ditangani dengan baik

ya yaya... kalo masih ketinggalan juga siap-siap aja disetrap dan keliling lapangan senayan bareng 7x putaran mah :D

yups betul mas, lebih baik mencegah daripada mengobati iya toh

Sapa dulu kalau bukan bos Mukhlis.....hi.hi..

Wee... Baru tahu mas... Kalau penyakit Diabetes itu ada hari nasionalnya....itupun dari blog saudaraku ini,....bisa nambah ilmu pengetahuan nih...maturnuwun nggeh mas...

Kang Mukhlis dimanapun selalu semangat....apa toh rahasianya mas kok bisa seaktif itu.....

Dengan adanya peringatan Hari Diabetes Sedunia, membuktikan masalah penyakit kencing manis ini semakin merisaukan penduduk di seluruh dunia ya mas?

ternyata di bulan november ini banyak hari-hari penting seperti hari diabetes sedunia ini yang gak disebutin di kalender yaaa :D

setuju setuju :) dapat hadiah ambil di mana ne ?

dapat hadiah ga saya nya, kan jawabanya betul ini :)

kalo sudah tahu mau diapain ini, hayuuu :)

Hmmm baru tau saya mas kalo 14 nov adalah Hari Diabetes Sedunia. makasih mas pengetahuannya.

o jadi begitu awal mulanya ada hari diabetes teh ya kang

rugi ah nongolnya dibawah mah.
pengen disini aja ah

hadiahnya bisa langsung diambil di mas yanto yah :D

ujung-ujungnya disuruh bayar pasti nie

iya pak, diabetes ini salah satu penyakit yang menakutkan bagi semua orang, siapa saja dapat terkena panyakit ini tanpa memandang usia tapi yang lebih rentan pada usia 40 ke atas katanya sih

iya mas bulan november ini banyak hari-hari besar nasional

sama-sama, makasih juga udah berkunjung :)

iya mang begtulah awal mula lahirnya hari diabetes sedunia :)

iya mas, salah satu tujuan diperingati hari diabetes sedunia teh untuk mengkampanyekan bahwa penyakit diabetes ini sangat berbahaya

terus pak RW sama bu RW gak disebutin gituh

pastilah, siapa yang ga bayar saya setrap

ga punya toko, siapa yang tanggung jawab ini ?

mas yanto sudah kabur dia, siapa yang tanggung jawab ini mah ?

sepertinya mas yanto lagi sibuk nie, tumben blom keliatan, blognya juga belom update lagi kayaknya

belum panen batu akiknya makanya ga ke gowa

ga mungkin ga mungkin, jual kpi mah yang betol


EmoticonEmoticon