Asal Mula Lahirnya Hari Kesehatan Nasional

12 November diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional

Hari Kesehatan Nasional 2015 - Setiap tanggal 12 November lazim diperingati sebagai Hari Ayah Nasional yang dirayakan hampir diseluruh Negara, termasuk Indonesia. Selain Hari Ayah, ada hari-hari besar nasional lainnya yang juga diperingati setiap tanggal 12 November yaitu Hari Kesehatan Nasional (HKN).

Pada peringatan Hari Kesehatan Nasional yang ke- 51 tahun ini mengusung tema Indonesia Cinta Sehat, dengan sub tema “Generasi Cinta Sehat Siap Membangun Negeri”, dengan tujuan menjadikan budaya hidup sehat sebagai bagian dari keseharian bangsa Indonesia. 

Baca juga:
Puskesmas Kelurahan Srengseng Adakan Pemeriksaan Kesehatan di TK BIM

Menilik kembali pada sejarah, bahwasanya pada era 50-an penyakit malaria merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita dan terus menerus menjangkit ke seluruh rakyat Indonesia. Sehingga ratusan hingga ribuan jiwa menjadi korban penyakit malaria, oleh karena itu Pemerintah Indonesia bersama WHO dan USAID melakukan penyemprotan massal dan pembasmian memakai racun Dichloro Diphenyl Trichloroethane (DTT) mulai dari pulau Jawa, Bali dan kota lainnya.

Asal mula pencanangan tanggal 12 November sebagai Hari Kesehatan Nasional adalah sebagai peringatan 5 tahun telah diselenggarakannya program pemberantasan malaria. Dinas Pembasmian Malaria (DPM), yang kemudian diubah menjadi Komando Operasi Pembasmian Malaria (KOPEM) pada Januari 1963, melakukan pembasmian malaria secara masal.

Dalam kurun waktu 5 tahun, KOPEM merencanakan serangkaian upaya untuk membasmi malaria dari bumi Indonesia. Penyemprotan secara simbolis dilakukan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 12 November 1959 di Desa Kalasan, Yogyakarta, yang dibarengi dengan kegiatan pendidikan kesehatan kepada masyarakat, akhirnya membuahkan keberhasilan yang signifikan. Berawal dari sini maka lahirlah Hari Kesehatan Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 November setiap tahunnya.

41 komentar

eh... jang diangkut dulu tadz ,,, kn blm bayar ...
itung buat nyumbang dana kesehatan kaaan ? hehehe

berarti hari nasionalnya besok ya mas :) asik asik

hampir lupa mas tentang hari kesehatan nasional, untung da kemari kalo ndak mesti ketinggalan ne :)

besok dari hongkong, lah wong udah kemaren ko barengan sama hari ayah :D

emang udah ketinggalan kan acara memperingatinya kemaren :)

banyak sekali hari-hari penting ya kang dibulan november ini, padahal kemarin hari pahlawan, hari ayah sekarang barengan hari kesehatan nasional sama hari ayah..
nah karena hari ini hari kesehatan nasional maka tadi pagi saya langsung mandi loh kang agar sehat selalu kan badan saya ini, biar nyamuk malaria engga gigit saya sedia lotion anti nyamuk juga nih kang, mantap kan??

wkwkwk..
udah kemarin mas, ini pakai kalender sma jam luar negeri jadi telat efeknya :D

iya bener kang banyak juga hari-hari besar dibulan november ini tagl 10 hari pahlawan, tgl 12 hari ayah dan hari kesehatan nasional terus besok tgl 14 hari diabetes sedunia, besoknya lagi hari minggu libur masing-masing heheheheee...

Baru tau ada hari kesehatan nasioanal

hahaha, teliti banget adminya ya mas hendry, saya ketawa samapai ga habis habis ini mah :) wkwkwkwwk

hahahaha, kenapa baru tahu saya ya :) ga kasih kabar ne yaa:) hiks hiks

hari minggu ke laut atau ke tempat tidur ne ?

yang pasti bukan ke jonggol yah, liburan ke gowa sepertinya lebih menantang mas :D

kan biasanya suka ngintip makanya gak saya kasih kabar deh :D

ketawanya separo-separo aja mas buat ntar lagi ketawanya :D

beda sehari dengan ulangtahun sayah. heheheh

oia mas kalo di tv di iklan itu saya denger bulan kesehatan gigi mas. iklan pasta gigi itu

baru tau mas ternyata malaria pernah membabi buta di pertengahan abat 19 ke indonesia ya mas..
ternyata begitu asaal mula lahirnya 12 November sebagai Hari Kesehatan Nasional.. makasih infonya mas..

mending dibooking dulu ketawa nya ampe pagi di bukakoplak.com

jadi nambah ilmu saya mas, terima kasih telah berbagi :D

gak apa-apa mang yang penting masih ada kata kesehatannya heheee...

RSJ sepertinya buat para koplak ya mas ?

ngomong apa sih ini diata, ga ngerti :)
*pura pura lupa*

sekarang jadi tau kan, seperti itulah asal mula lahirnya hari kesehatan nasional

yang koplak coba acungkan tangannya :D


EmoticonEmoticon