Blogger Jateng

Asal Mula Lahirnya Hari Guru Nasional di Indonesia

Asal Mula Lahirnya Hari Guru Nasional di Indonesia, Sejarah lahirnya hari guru nasional

Asal Mula Lahirnya Hari Guru Nasional - Untuk memperingati Hari Guru Nasional di Indonesia, hari ini Google memajang animasi unik menampilkan berbagai bentuk gambar yang berkaitan dengan mata pelajaran di sekolah. Hari ini tanggal 25 November 2015, Indonesia memperingati Hari Guru Nasional. Semua orang ramai-ramai mengucapkan ‘Selamat Hari Guru Nasional’ tak terkecuali mesin pencari Google. Baca: Hari Ini Google Doodle Peringati Hari Guru Nasional

Tahukah anda asal mula mengapa tanggal 25 November dipilih menjadi hari yang khusus bagi para pahlawan tanpa tanda jasa?

Sejak masa penjajahan, guru telah mendidik dan menanamkan rasa kebangsaan dan nasionalisme di dalam jiwa anak-anak didiknya. Karena itu, sebuah bangsa tidak akan besar jika tidak menghormati dan menghargai jasa para gurunya. Bahkan sebelum kemerdekaan Indonesia, para pegiat pendidikan di nusantara telah mendirikan organisasi bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) tahun 1912. Anggotanya merupakan kalangan Guru Bantu, Guru Desa, Kepala Sekolah, dan Penilik Sekolah yang bekerja di sekolah-sekolah yang ada di tanah air.

Tidak mudah bagi PGHB memperjuangkan nasib para anggotanya yang memiliki pangkat, status sosial dan latar belakang pendidikan yang berbeda. Kemudian, atas kesadaran kebangsaan dan semangat perjuangan yang sejak lama tumbuh mendorong para guru pribumi memperjuangkan persamaan hak dan posisi terhadap pihak Belanda. Semangat perjuangan ini makin berkobar dan memuncak pada kesadaran dan cita-cita kemerdekaan. Perjuangan guru tidak lagi perjuangan perbaikan nasib, tidak lagi perjuangan kesamaan hak dan posisi dengan Belanda, tetapi telah memuncak menjadi perjuangan nasional dengan teriak “merdeka”. 

Baca juga: Asal Muasal dan Sejarah Bendera Merah Putih

Kuatnya keinginan untuk merdeka dan mendirikan negara sendiri yang bernama Indonesia membuat pengurus dan anggota PGHB mengubah nama organisasi mereka menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) di tahun 1932. Perubahan nama ini mengejutkan pemerintah Belanda, karena kata “Indonesia” yang mencerminkan semangat kebangsaan sangat tidak disenangi oleh Belanda. Sebaliknya kata “Indonesia” ini sangat didambakan oleh guru dan bangsa Indonesia.

Semangat proklamasi 17 Agustus 1945 menjiwai penyelenggaraan Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta. Melalui kongres ini segala organisasi dan kelompok guru yang didasarkan atas perbedaan tamatan, lingkungan pekerjaan, lingkungan daerah, politik, agama dan suku, sepakat dihapuskan. Di dalam kongres inilah diadakan untuk mengikrarkan dukungan para guru untuk NKRI. Sejak saat itu, organisasi PGI pun diperbaharui menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Dilansir situs resmi PGRI, karena jasa dan perjuangan yang telah dilakukan oleh para guru di tanah air, maka Pemerintah RI melalui Kepres No 78 Tahun 1994 menetapkan tanggal berdirinya PGRI sebagai Hari Guru Nasional. Keppres itu juga dimantapkan dalam UU No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, yang menetapkan tanggal 25 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Guru Nasional, yang kerap diperingati bersamaan dengan ulang tahun PGRI.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Persatuan_Guru_Republik_Indonesia

131 komentar untuk "Asal Mula Lahirnya Hari Guru Nasional di Indonesia"

  1. Mumpung lagi sepi, pertamax saya amankan dulu ah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. giliran saya mas pertamax nya,.,?

      Hapus
    2. wah megenagkembali deh ,.,?
      yg dulusempat lupa.,,.?
      thaks sudah bebagi mas

      Hapus
    3. yah mmm ... pertamax diambil sama empunya blog ,,,hahaha

      Hapus
    4. masak diambil sama yang jualan, terus yang belinya ga dikasih ini mah :)

      Hapus
    5. Oh jadi ini yang suka nimbun pertamax.

      Hapus
    6. wah awas rokoknya,.?
      tar terbakar

      Hapus
    7. yg ngrokok diatas sy mas ....

      Hapus
    8. adminnya guweh banget deh ih...

      suka nyapluk pertamax sendiri...huh...

      Hapus
    9. Giliran saya gratis ya, kan sudah ngcapin selamat hari guru

      Hapus
    10. jaman sekarang ga ada yang gratisan kang, semua bayar termasuk admin juga :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. sama2 selamat hari guru jugak

      Hapus
    2. yups mb nazira :)

      Hapus
    3. siti mana dulu nie? kalo siti sunarti itu ponakan saya, beneran

      Hapus
    4. mas yanto, saya disini loeh,.,?

      Hapus
    5. ini ada yang main sampingan ya,

      Hapus
    6. jagan main intip dong mas,.?
      curang tu,.?

      Hapus
    7. Hari guru memang telah berjalan jauh sebelumhari jadinya. selamat hari guru nas. ya

      Hapus
    8. sepertinya pada belum obat ini semua

      Hapus
  3. oh begitu ternyata ya sjarahnya hari guru....istilah indonesia sdh d pakai bhkn sblm mrdeka...slamat hari guru

    BalasHapus
  4. saya juga guru loh.
    guru primagama jaman dulu tapi
    guru bukan itu ya?

    BalasHapus
  5. alhamduliullah mas, saya jadi inget kembali tentang sejarah hari guru nasional, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukur kalo begitu, kalo lupa lagi seperti biasa hukuman setrap siap menanti :D

      Hapus
    2. saya nggak lupa loh
      paling cuman nggak inget :D

      Hapus
    3. ampun ampun cekgu, dia yang salah :)

      Hapus
    4. kalo gitu dua-duanya sini maju ke depan, kaki yang satunya diangkat yah :D

      Hapus
    5. saya mesti kabur aja ne, dari pada kena gantung :)

      Hapus
    6. yg nggantung kadang suka ngangenin

      Hapus
    7. tapi hati saya masih tergantung nih :D

      Hapus
    8. mas yanto gak pernah tau kali,.,?

      Hapus
    9. malam jumatan semalam, memang ndak buat apa ini cerita dikit :) wakhak khak khak

      Hapus
    10. ingintips dia mas, jangan panggil juragan setrap ya, kasian mb sity

      Hapus
  6. ternyata sguru sudah berjuang dari jaman penjajahan belanda dulu ya mas , Bahkan sebelum kemerdekaan Indonesia dinamakan dengan organisasi Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) tahun 1912 :)

    BalasHapus
  7. Selamat Hari Guru Seindonesia. Selamat Hut PGRI juga ya,. Semoga PGRI akan selalu menjadi wadah profesi Guru yang profesional dan berwibawa, Mari tingkatkan SOLIDITAS dan SOLIDARITAS para guru se Indonesia

    BalasHapus
  8. baru tahu kalo tanggal berdirinya PGRI dijadikan sebagai Hari Guru Nasional

    BalasHapus
  9. oh ternyata persatuan guru sudah ada lama sebelum indonesia merdeka ya mas,dengan nama persatuan guru hindia belanda

    BalasHapus
  10. wah penetapan hari guru nasional ternyata juga melalui sejarah yg sangat panjang nih.
    koq mas marnes pinter banget loya,tumben

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pinter sih emang udah dari sononya, lha wong saya mah tinggal nyomot doang dari om wikipedia cuma dipoles seumprit doangan :D

      Hapus
    2. kan kemarin saya kasih multivitamin untuk kecerdasan mas :D

      Hapus
    3. yang penting saya dapat jatah aja :D

      Hapus
    4. jatah semalam ka, ?

      Hapus
  11. selamat hari guru untuk pahlawan tanpa tanda jasa,khususnya temen2 saya seperti mas eka,mas mukhlis,mas ifrod dan mas purnama serta temen2 lain yg saya belum tau

    BalasHapus
    Balasan
    1. asik asik masuk list ini mah, :)

      mas yanto mau minum apa cobak, saya yang bayar :)

      Hapus
    2. nggak mungkin.. nggak mungkin.. :D

      Hapus
    3. saya engga disebut gituh?kan saya jugaa guru?guru obat :D

      Hapus
    4. saya juga guru bagi anak-anak saya

      Hapus
    5. pertamax :) ambil ini

      Hapus
    6. gratis gratis sih, mintak sama admin

      Hapus
  12. saya ketinggalan nih mas marnes :D
    kelamaan di gowa kali ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi bisa jadi, saya mah ntar aja maen ke gowa nya :D

      Hapus
    2. ke gowa ko malah bangga sih, saya dirumah hari ini mah :)

      Hapus
    3. belum pernah ngerasain gowa sih
      enak tauuk

      Hapus
  13. google emang keren tiap ada perayaan selalu ganti gambar ya kang, semoga saja nanti ulang tahun saya juga diperingati google ya kang.wkwkwkwk
    selamat hari guru semuanya, dan tentunya rekan blogger juga yang berprofesi sebagai guru ya kang..
    ini saya juga sedang ngajar kang..ngajaredog alias cicing wae :D

    BalasHapus
  14. Selamat hari GURU untuk semuanya... :D
    Akhirnya saya mengetahui asal mula lahirnya hari guru...
    Terima kasih atas artikel yang menarik... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, terimakasih juga udah berkunjung :)

      Hapus
    2. saya koq nggak pernah diucapin makasih sih tiap berkunjung kemari coba?

      Hapus
    3. makasih itu apa ya ?

      Hapus
  15. Tidak Mudah juga perjuangannya ya mas semangatnya itu tak tergoyahkan sama seperti tegaknya lambang negara kita. Para guru memang mesti di gugu dan ditiru. Selamat Hari Guru
    Terimakasih Ilmunya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul betul betul
      *saya adminya pura pura ini*

      Hapus
  16. ternyata hari guru berasal dari PGHB ya nes....dan sudah mempunyai perjalanan panjang dalam sejarah pendidikan bangsa. kayaknya PGRI juga berasal dari PGHB kan nes?

    BalasHapus
  17. hatur nuhun kang, sekarang saya jadi tau.
    membaca ini, saya malah jadi kepingin jadi guru...mudah2an minimal semangatnya bisa menular ke saia :)

    BalasHapus
  18. Perjalan sejarah Guru memang panjang , ini jarang diketahui pada sebagian orang termasuk saya ini lho...maklum ngurus blog terus, nak itulah keunikan daripada aktifitas ngeblog, selancar kesono kesini eee ternyata nyangkut diblog yg kaya informasi ini, jadi tahu deh babunnuzul nya prasejarah guru, jangan sepelekan jasa guru berkembang dan majunya prestasi anak bangsa tidak lepas dari campur tanganya para guru

    BalasHapus
  19. Guru istilah jawanya di gugu lan di tiru atau dipercaya dan patut di contoh

    BalasHapus
  20. Hadeuuh kang marnes saya telat ucapin selamt hari gurunya.. tapi daripada ngga sama sekali ya..

    BalasHapus
  21. walopun terlambat, Kang Muroi mengucapkan Selamat Hari Guru
    semoga jasamu mendapat balasan yang setimpal, amiin

    BalasHapus
  22. Sayangnya masih banyak guru honorer yg tdk diperhatikan pemerintah

    BalasHapus
  23. Selamat hari guru, meskipun telat :D

    BalasHapus