Asal Muasal dan Sejarah Bendera Merah Putih

Asal Muasal dan Sejarah Bendera Merah Putih
MarnesKliker.com - Tahukah Anda, bagaimana asal muasal dan sejarah bendera merah putih itu? Jika anda belum mengetahui hal ini, silahkan anda baca secara cermat ulasan mengenai asal muasal dan sejarah bendera merah putih yang akan saya share buat anda semua. Sebagai Warga Negara Indonesia, ini merupakan wawasan dan pengetahuan yang harus kita ketahui, jangan sampai ketika kelak anak-cucu kita bertanya tentang hal ini kita tidak bisa menjawabnya.

Secara etimologi, bendera merupakan secarik kain kibaran yang berwarna, kadang-kadang juga bergambar dan/atau bertulisan, yang dikibarkan sebagai lambang cita dan tanda kehormatan dari yang menggunakan. Kata bendera itu sendiri berasal dari Bahasa Portugis, yaitu bandara yang berarti kibaran cita.

Bendera Merah Putih memiliki latar sejarah yang panjang, yaitu dimulai pada 4000 tahun sebelum masehi. Pada saat itu terjadi perpindahan orang-orang Astronesia ke wilayah Indonesia timur dan barat. Pada zaman itu manusia mempunyai cara penghormatan atau pemujaan terhadap matahari dan bulan. Matahari dianggap sebagai lambang warna merah dan bulan sebagai warna putih. Zaman itu disebut juga zaman Aditya Candra (Aditya=matahari, Candra=bulan).

2000 tahun berikutnya terjadi perpindahan manusia kedua ke wilayah nusantara dari Asia Tenggara. Para imigran itu berbaur dengan imigran terdahulu yang masuk ke nusantara. Perpaduan dan pembauran inilah yang kemudian melahirkan turunan yang sekarang kita kenal sebagai Bangsa Indonesia.

Bendera Negara Republik Indonesia, yang secara singkat disebut Bendera Negara, adalah Sang Saka Merah Putih, Sang Merah Putih, Merah Putih, atau kadang disebut Sang Dwiwarna (dua warna). Bendera Negara Sang Merah Putih berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran lebar 2/3 (dua-pertiga) dari panjang serta bagian atas berwarna merah dan bagian bawah berwarna putih yang kedua bagiannya berukuran sama.
Asal Muasal dan Sejarah Bendera Merah Putih
Momentum pengibaran bendera asli setelah deklarasi 
kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945
Menurut sumber yang saya baca tersebut, warna merah-putih bendera negara Indonesia ini diambil dari warna panji atau pataka Kerajaan Majapahit yang berpusat di Jawa Timur pada abad ke-13. Akan tetapi menurut sumber lain disebutkan balatentara Jayakatwang dari Gelang-gelang pada waktu itu juga mengibarkan panji berwarna merah dan putih saat menyerang Singosari. Hal ini berarti sebelum masa Majapahit pun warna merah dan putih telah ada dan digunakan sebagai panji kerajaan.

Sebenarnya tidak hanya kerajaan Majapahit saja yang memakai bendera merah putih sebagai lambang kebesaran. Sebelum Majapahit, kerajaan Kediri telah memakai panji-panji merah putih. Selain itu, bendera perang Sisingamangaraja IX dari tanah Batak pun memakai warna merah putih sebagai warna benderanya , bergambar pedang kembar warna putih dengan dasar merah menyala dan putih. Warna merah dan putih ini adalah bendera perang Sisingamangaraja XII. Dua pedang kembar melambangkan piso gaja dompak, pusaka raja-raja Sisingamangaraja I-XII.

Ketika terjadi perang di Aceh, para pejuang Aceh telah menggunakan bendera perang berupa umbul-umbul dengan warna merah dan putih, di bagian belakang diaplikasikan gambar pedang, bulan sabit, matahari, dan bintang serta beberapa ayat suci Al Quran. Di zaman kerajaan Bugis Bone,Sulawesi Selatan sebelum Arung Palakka, bendera Merah Putih, adalah simbol kekuasaan dan kebesaran kerajaan Bone. Bendera Bone itu dikenal dengan nama Woromporang. Panji kerajaan Badung yang berpusat di Puri Pamecutan juga mengandung warna merah dan putih, panji mereka berwarna merah, putih, dan hitam yang mungkin juga berasal dari warna Majapahit.

Pada waktu perang Jawa (1825-1830 M) Pangeran Diponegoro memakai panji-panji berwarna merah putih dalam perjuangannya melawan Belanda. Kemudian, warna-warna yang dihidupkan kembali oleh para mahasiswa dan kemudian nasionalis di awal abad 20 sebagai ekspresi nasionalisme terhadap Belanda. Bendera merah putih digunakan untuk pertama kalinya di Jawa pada tahun 1928. Di bawah pemerintahan kolonialisme, bendera itu dilarang digunakan. Bendera ini resmi dijadikan sebagai bendera nasional Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, ketika kemerdekaan diumumkan dan resmi digunakan sejak saat itu pula.

Nah, itulah informasi Asal Muasal dan Sejarah Bendera Merah Putih yang dimiliki Negara tercinta ini, yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia. Merdeka…

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Bendera_Indonesia
http://ppijakartabarat.com/ 

19 komentar

Sebenarnya ini isudah lama ingin saya ketahui. Dari mana asalnya warna bendera MERAH PUTIH itu sebenarnya. Siapa yang pertama kali menemuka warna MERAH dan PUTIH ini Sungguh suatu informasi yang unik dan langka yang wajib SHARE untuk diketahui oleh banyak orang.

Iya kang sudah selayaknya kita sebagai pribumi mengetahui asal muasal dan sejarah bendera merah putih ini :)

emang bendera pusaka yamas yg sudah ada sejak dulu kala,direbut dengan darah dan nyawa dan waktunya kita sebagai generasi penerus mempertahankannya.merdeka

ternyata Warna Bendera Merah dan Putih sudah dipakai oleh para Pejuang kita sebelum kemerdekaan ya kang... sampai pada masa Kerjaan Majapahit juga sudah menggunakan panji2 Merah dan Putih :)
Nice info kang... sangat bermanfaat :)

Ternyata itu ya asal muasal bendera merah putihnya :)
jadi tambah tahu tentang sejara deh setelah saya membaca artikel mas Marnes .. makasih banyak ya mas.

Ya betul mas, dengan asal usul bendera merah putih berpengaruh juga pada rasa cinta tanah air yang harus ditanamkan pada generasi bangsa. Semakin kita tahu sejarah, maka semakin bijak pula kita dalam menghormati perjuangan pahlawan.

Apalagi menurut kajian psikologi warna bahwa putih diartikan suci yang artinya dalam mencintai tanah air haruslah tulus bukan karena maksud tertentu. Dan warna merah itu menandakan keberanian dimaksudkan agar kita mengingat perjuangan pahlawan hingga bisa memerdekakan Indonesia dari bangsa asing.

Semoga kita bisa lebih merdeka lagi dalam mengisi perjuangan yang sudah menjadi kenangan.

wah,,, jadi disitu lah dasar bendera merah putih,,,baru tau saya gann

memang artikel anda sangat uptudate ya gan,,,

salam kenal mas,,,

Betul sekali Mas Adam, jangan sampe kita gak tau akan sejarah bendera merah putih ini, seperti yang dibilang Bung Karno "Jangan sekali-kali melupakan sejarah" :)
Merdekaaaa...

Iya mas ternyata dah dari jaman dahulu kala ya mas :)

Sama-sama mas, saya juga baru tahu nie sejarahnya bendera merah putih ini :)

salam kenal juga mas, makasi atas kunjungannya ya :)

Ternyata memang dari jaman sejarah kerajaan dulu kedua warnanya sudah menjd simbol dan perlambang negeri ini besar ya mas :)

Saya yang merasa orang Indonesia asli baru kali ini mengetahui tentang bendera merah putih ini secara detail,,,beneran Kang tahunya bendera ya sudah bendera gituh hehe,,,Nuhun Kang parantos berbagi pengetahuan,,,

woo jadi begitu ya muasal dan sejarah bendera Indonesia :)


Oiya, domainnya sudah tld nih..

luar biasa ya ternyata bendera indonesia mempunyai filosi yang sangat mendalam dan memiliki sejarah yang cukup panjang ;)

4.000 tahun sebelum Masehi? Berarti usia bendera kita sekarang sudah 6.000 tahun lebih, ya, Mas.

hadeuh...kanag asep emangnya ibu yuli(guru sejarah kita di SMA) ngga pernah nerangin dan nyeritain sejarah bendera merah putih yea?

oo...akang mah di kelas Biologi seh...anak fisika mah dijelasin gamblang banget...kesianan bet dah ah...akang teh

jadi tau sejarah merah putih ternyata sebelum tahun 1945 bendera merah putih pernah di gunakan


EmoticonEmoticon