Manfaat Permainan Engklek (Jangka) untuk Kecerdasan Anak

Manfaat Permainan Engklek (Jangka) untuk Kecerdasan Anak
MarnesKliker.com - Permainan tradisional merupakan simbolisasi dari pengetahuan yang turun temurun dan mempunyai bermacam-macam fungsi atau pesan di baliknya, di mana pada prinsipnya permainan anak tetap merupakan permainan anak. Dengan demikian bentuk atau wujudnya tetap menyenangkan dan menggembirakan anak karena tujuannya sebagai media permainan. Aktivitas permainan yang dapat mengembangkan aspek-aspek psikologis anak dapat dijadikan sarana belajar sebagai persiapan menuju dunia orang dewasa.

Baca postingan sebelumnya: Permainan Yeye atau Lompat Tali

Permainan Engklek atau Jangka yang semasa kecil dulu sering kita lakukan sejatinya mempunyai manfaat yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan permainan modern. Nah, berikut ini beberapa ulasan mengenai manfaat dari permainan engklek atau jangka.
Manfaat Permainan Engklek (Jangka) untuk Kecerdasan Anak
Bermain Engklek dapat membantu mengembangkan kecerdasan majemuk anak
Apabila dikaitkan dengan Multiple Intelegensis (kecerdasan majemuk), permainan engkle atau jangka dapat mengembangkan beberapa kecerdasan majemuk, antara lain :

1. Kecerdasan Bodily (Kinestetik Jasmani)
Pada permainan engklek atau jangka banyak terdapat gerakan-gerakan, dengan kata lain dengan melakukan permainan engklek atau jangka, anak-anak telah melakukan olah raga, meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh, serta mengembangkan keterampilan dalam pertumbuhan anak. Hal ini dapat membantu untuk perkembangan kecerdasan Kinestetik anak.

2. Kecerdasan Interpersonal
Ada beberapa  keterampilan sosial yang dapat dipelajari anak ketika anak bermain engklek, yaitu kompetisi, negosiasi, komunikasi dan empati. Hal ini dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak untuk bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar.

3. Kecerdasan Intrapersonal
Pada permainan engklek, anak-anak dituntut untuk melatih kesabaran, pengendalian diri, mengurangi rasa cemas, dan melatih konsentrasi. Dengan begitu anak dapat mengukur sejauh mana kemampuan dirinya dalam menghadapi masalah. Hal ini bisa meningkatkan kecerdasan Intrapersonal pada anak.

4. Kecerdasan Naturalis
Engklek atau jangka adalah permainan yang biasanya dimainkan di alam terbuka. Hal ini dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak-anak karena dapat mengenal bentuk-bentuk alam disekitarnya, merasakan keadaan alam dan meyakini bahwa adanya pencipta alam yaitu Tuhan Yang Maha Esa.

Itulah beberapa Manfaat Permainan Engklek (Jangka) untuk Kecerdasan Majemuk Anak, sehingga Anda sebagai orang tua dapat mendukung anak untuk melakukan permainan tradisional tersebut.

82 komentar

wah banyak juga manfaat dari main engklek yamas.
tp saya ingat kalau engklek itu musim2man,jika lg musim waktu mengajipun juga bawa engklek

tp nama permainan ini didaerah saya kayaknya bukan engklek deh mas.
tp lupa apa namanya

memang permainan jaman dulu memicu kreatifitas, juga dominasi gerak tubuh membantu menyehatkan badan walau tak olah raga..

kalau ditempat sayamah sondah namanya kang..

sepertinya dia mulai lapar...
langsung action sabet pertamax :)

ternyata selain serunya permainan ini, juga bermanfaat untuk menambah kecerdasan anak juga ya kang .. . .

iya mas mayan banyak, masa negkleknya ampe dibawa-bawa segala mas :D

@Yanto Cungkup, yeah pimen sampeyan kuwi? Tanyain sono sama si mbah
@Santika Fadilah, di daerah saya sih disebut engkle tanpa huruf "k" :)

iya teh, secara gak disadari anak-anak tersebut sudah melakukan olah raga karena banyak bergerak :)

semua permainan jadul bisa dikategorikan olahraga yang menyehatkan yamas, beda sama permainan modern yang cuma duduk diem di depan kompi, sehat juga nggak, sakit mata iy...

jadi ingat jaman kecil suka mainan seperti ini
sekarang sudah jarang
ternyata bermanfaat buat anak juga ya

Nah itu dia bedanya... poin banget kan... :)

Jadinya cerdas banget. Ayok main engklek! :D

tuh kan, kalo tau mencerdaskan begitu, dari jaman dulu saya engklek terus
kalo udah terlambat begini, gimana coba

Sebenarnya hampir semua permainan tradisional itu memiliki manfaat terutama Kecerdasan Naturalis,cuma sayangnya pada waktu itu kita tidak pernah terfikir kalau permainan tersebut banyak manfaatnya,yang jelas unsur olahraganya itu sangat besar sekali,cuma kitanya saja yang tidak menyadari,

bapak-bapak senengane maen petak umpet

diulangi aja kalo gitu, balik kecil lagi :D

iya kang, kalo anak jaman dulu kan gak ngeyel orangnya...jadi gak mikir ini dan itu, sama halnya ketika ortu menyuruh kita solat, gak bakal ngeyel pasti nurut aja, coba anak jaman sekarang pasti banyak nanya, kenapa harus begini, kenapa harus begitu...capek deh hehee....

permainan ini sering dimainin bocah bocah tetanggaku,
sayang mainnya di jalan umum
soalnya gak ada lahan bermain

pada intinya semua permainan Tradisional anak2 termasuk diantarannya permainan Engklek ini selain melatih kecerdasan emosional pada anak, manfaat lainnya juga melatih ketrampilan dan berpikir anak2 ya Kang... tapi sekarang jarang lihat anak2 maen permainan ini xixiii... kebanyakan pada maen video game sama PS ... hadehhhh...

jenis permainan ini harus dilestarikan ya mas, jangan sampai langka ditemukan :D

namanya ternyata gedrik mas
baru inget saya

menyadari betapa permainan engklek (Jangka) ini begitu banyak guna dan manfaatnya bagi kecerdasan anak, tapi kenapa di sekolah-sekolah yang notabene isinya adalah anak-anak permainan engklek ini tidak dijadikan olah raga wajib, malahan cuman senam pagi Indonesia yang gerakannya cuman gitu-gitu doang,,,tak berguna...hehehe
hayu atuh kang, sebagai guru dan orang tua mah jadiin engklek ini olah raga wajib bagi siswa-siswinya, okeh

padahal cuma permainan tradisional ya, manfaatnya udah banyak banget..sekarang udah nggak usum mainan spt ini ..anak2 udah sibuk dgn gadgetnya masing2 :)

saya sering memainkan permainan ini mas, kalau di daerah saya namanya jittengan (bhs madura).. kalau itu salah, ada 3 jenis permainan

kalau dirumah saya namanya demprak mas,,, saya kira cuma permainan biasa. ternyata manfaatnya banyak juga.. emang sih permainan ini membutuhkan konsentrasi...kalo ngak pasti kalah terus.

Ayo main engklek biar cerdas yuuuk. :)

udah pada penuh sama rumah penduduk ya mas

Iya kang, sudah seharusnya permainan tradisional itu kembali digalakan mengingat manfaatnya yang begitu besar bagi pendidikan jasmani ketimbang game modern.

iya mbak sekarang mah udah pada sibuk dengan gadgetnya masing2

iya mas model permainanya gak cuma satu, bisa juga tergantung daerah masing-masing

Jika dikaji secara mendalam hampir semua permainan tradisional memang mempunyai banyak manfaat khususnya bagi kesehatan

iya kang, sekarang mah senengnya sama permainan modern seperti PS, makanya jangan heran kalo anak sekarang mah masih pada muda aja dah banyak yang pada minus penglihatannya, ya mungkin salah satunya karena keseringan mantengin layar monitor heheee...

sepertinya saya kenal permainan ini, kalo gak salah atau gak beda, salah satu media yg digunakan selain membuat kotak di tanah, juga menggunakan serpihan genteng,,,

Dan disaya pada kotak ke sekian (lupa), disana kita diperbolehkan menginjakan kedua kaki ke tanah,,,

Oh kirain ini hanya permainan waktu kecil saja, ternyata ada manfaatnya juga :D

waaah permainan engklek ternyata banayak manfaatnya ya :)

subhanallah baru sadar ternyata permainan kesukaan saya pada saat kecil sangat banyak sekali manfaat nya hmmm .. sungguh info yang sangat bermanfaat sekali ini mas marnes hmmm .. namun sayang sekraang udah jarang yang memainkan nya .. :3

haha sekarang mbak udah gede keles :v

iya betul kang, yang boleh menginjakan kedua kaki kalo pas ketemu dengan petakan yang terbagi 2 petak kang, atau kalo si peserta udah punya 'sawah' :)

iya mbak banyak banget manfaatnya.

Spele tapi banyak manfaatnya.
Murid-murid saya juga seneng banget kalau saya suruh main enggklek. Cuma dengan variasi biar gak bosan. Contohnya 4 anak berbanjar kebelakang terus kaki anak yang paling depan di pegang anak nomor 2, dan seterusnya saling menyambung. Jadi seru kan.

selanjutnya mengajarkan keseimbangan juga ya gan...selebihnya permainan anak yang menggerakkan tubuh secara keseluruhan akan menyehatkan anak dan lebih cepat berpikir....satu lagi yang penting, dibalik semua permaianan sebenarnya ada rangsang kinetik anak untuk berpikir lebih jauh...namun tidak pernah di sadari oleh anak...kalau ini diarahkan, maka kita bisa meningkatkan daya ingat dan kecerdasan anak secara menakjubkan....itu yang saya pernah saya tau gan...ok makasih ilmunya.

jadi ngajipun kayaknya masih pake engklek kali ya yan...muantab....kayaknya ini pengalaman pribadi ya yan...heheee

kalau tempat saya namanya enggrang atau egrang...tapi permainan ini bukan hanya dimainkan di indonesia, tapi juga dimainkan di thailan dan di china...termasuk juga filifina (mungkin)...artinya permainan engklek ini sangat populer juga. makanya kalau gak tau main engklek...kayaknya gak gaul ya mas...? heheheheee ....

kalau susu sih memang dari dulu udah turun...kan gak pernah naik yan....masa lupa?

anak jaman sekarang, banyak yang nggak mengenal dengan permainan ini Mas. kebanyakan main yang serba modern..

benar sekali mas, hnya saja sekarang ini anak anak sering main gadget, bukan memainkan lagi permainan tradisional...

wah ide yang bagus tuh mas biar ada variatif, jadi anak-anak juga gak bosen dengan permainan ini *salut

iya bener banget mbah, hampur semua permainan tradisional mempunyai banyak manfaat dan hikmah yang bisa kita petik, asalkan kita selaku orang tua atau para pendidik khususnya guru pejasor mau mengenalkan dan menyampaikan pesan moral yang positif yang terdapat dalam permainan tersebut.

iya mas, makanya saya kenalin lagi lewat postingan ini...
nah buat kita generasi jadul anggap aja lagi bernostalgia hehehe...

iya mas tanpa kita sadari permainan daerah ternyata banyak manfaatnya, cuma ya itu tadi seperti yang mas Ainnul bilang, permainan tradisional tersebut sekarang cuma tinggal kenangan :)

sekarang permainan ini tergerus oleh permainan di gadget.

Visit > http://zuvmovies.blogspot.com

nah tuh kan permainan tradisional engklek banyak manfaatnya, makanya kita harus bisa melestarikannya, kasian kalo anak-anak kita cuma main smartphone aja


EmoticonEmoticon