Blogger Jateng

Permainan Gobak Sodor atau Galasin

Permainan Gobak Sodor atau Galasin
Marneskliker.com - Setelah sebelumnya saya share tentang Permainan Boi-boian, kali ini saya akan share kembali salah satu permainan daerah yang tidak kalah populernya dengan permainan engklek atau jangka dan juga permainan boi-boian. Dimana ketika saya masih kecil dulu, saya dan teman-teman sering melakukan permainan tradisional ini menjelang ashar. Nama permainannya adalah Gobak Sodor atau Galasin.

Seperti pada permainan boi-boian, permainan gobak sodor juga banyak menggunakan aktivitas fisik. Karena inti dari permainan ini adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik. Untuk bisa meraih kemenangan seluruh anggota kelompok harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan.

Gobak Sodor atau Galasin adalah sejenis permainan tradisional asli Indonesia. Tiap daerah mungkin mempunyai sebutan nama yang berbeda-beda, ada yang menamakan dengan galah asin, galasin atau gobak sodor. Sedangkan di daerah kelahiaran saya, permainan ini disebut dengan “Gobag”. Permainan ini merupakan permainan grup yang terdiri dari 2 kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 3 - 5 orang.

Permainan ini biasanya dimainkan di lapangan bulu tangkis dengan acuan garis-garis yang ada atau bisa juga dengan menggunakan lapangan segi empat dengan ukuran 9 x 4 m yang dibagi menjadi 6 bagian. Garis batas dari setiap bagian biasanya diberi tanda dengan kapur tulis. Anggota grup yang mendapat giliran untuk menjaga lapangan ini terbagi dua, yaitu anggota grup yang menjaga garis batas horisontal dan  garis batas vertikal.

Berikut ini cara bermain gobak sodor atau galasin: 
  • Sebelum bermain perlu membuat garis-garis penjagaan dengan kapur tulis yang membentuk lapangan segi empat yang kemudian dibagi menjadi 6 bagian. Buatlah garis di tengah lapangan yang memotong keempat persegi panjang tersebut sebagai tempat atau jalan kapten (sodor).
  • Selanjutnya membagi para peserta menjadi dua tim, satu tim terdiri dari 3 - 5 atau dapat disesuaikan dengan jumlah peserta. Satu tim akan menjadi tim “jaga” dan tim yang lain akan menjadi tim “lawan”. Penentuan tim jaga dan tim lawan biasanya dilakukan dengan ping sut (di daerah saya disebutnya suit) oleh kapten dari masing-masing tim.
  • Anggota tim yang mendapat giliran “jaga” akan menjaga lapangan, caranya yang dijaga adalah garis horisontal dan ada juga yang menjaga garis batas vertikal (kapten). Untuk penjaga garis horisontal tugasnya adalah berusaha untuk menghalangi lawan mereka yang juga berusaha untuk melewati garis batas yang sudah ditentukan sebagai garis batas bebas. Pemain yang menjaga garis horisontal bisa bergerak ke kanan dan ke kiri. Bagi yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas vertikal maka tugasnya adalah menjaga keseluruhan garis batas vertikal yang terletak di tengah lapangan. Pergerakan pemain yang menjaga garis vertikal bergerak dari depan ke belakang atau sebalikya.
  • Sedangkan tim yang menjadi lawan, harus berusaha melewati baris ke baris hingga baris paling belakang, kemudian kembali lagi melewati penjagaan lawan hingga sampai ke baris awal tanpa tersentuh oleh tim jaga. 

Manfaat yang dapat kita ambil dalam Permainan Gobak Sodor atau Galasin, selain mengajarkan kebersamaan, kita juga bisa belajar kerja sama yang kompak antara satu penjaga dan penjaga lain agar lawan tidak lepas kendali untuk keluar dari kungkungan kita. 

Permainan ini sangat menarik, seru, dan juga menyenangkan. Namun untuk bisa memenangkan permainan ini tentu tidaklah mudah, karena setiap orang harus selalu berjaga dan berlari secepat mungkin jika ingin meraih kemenangan. Untuk itu diperlukan ketangkasan, strategi, kecepatan dan kecerdikan.

Sumber gambar: www.gedoor.com

76 komentar untuk "Permainan Gobak Sodor atau Galasin"

  1. wahahah seru aku sering memainkannya, ditempatku namanya galah, tapi kebanyakan yang unggul kaum pria..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di daerah saya disebutnya "gobag" teh...
      kalo saya dulu biasanya dicampur teh ada perempuna dan juga prianya, kalo diadu antara tim perempuan dan pria ya bisa kalah terus dong tim perempuan :)

      Hapus
    2. ya iyalah teh kan yang laki mainnya garang pake lompat dan terkam segala....kalau permepuan paling banter mainnya pake buang badan ketika mau menghalau lawannya...tapi kebanyak kalau lelaki main galasin selalu mengalah sama kaum wanita...kenapa ya gan? apakah ini termasuk fenomena alam atau gejolak kepercayaan diri...pokoknya jadi #lebay...hahahay

      Hapus
    3. ya iyalah mbah, kalo itu perempuan masih nekat menabrakan badannya, gimana coba? Apa yang akan terjadi coba? pasti ada sesuatu ke pentog deh :D

      Hapus
    4. Di aku juga namanya Galah :) biasanya dimainkan setelah pulah sekolah Agama, sekitar jam 4 sore sampai magrib, Seruuuuu

      Hapus
  2. di masa kecil saya kenal ini teh permainan galaasin, jadi kalau lawannya kena, dibilangnya asin luh...makanya diupayakanjangan sampe dibilang asin...gituh masa kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernah ngerasain juga toh kang, di saya mah da gak dibilangin asin gitu kang :D

      Hapus
    2. berarti kalau kang lembu yang main jadi asin juga dong...kan udah pasti ada kenanya juga kang...heeee....#garam-kali hihihi

      Hapus
    3. coba mainkan, terus jilatin ketek temennya, kalau ngga asin..nih kuping saya tarohannya

      Hapus
    4. hahahaa...kurang kerjaan banget itu mah kang :D

      Hapus
    5. Kang Lembu main ginian?
      nggak takut sama peluru Jepang saat itu Kang?

      Hapus
    6. ish...anak gadis komandan jepang itu kan demen sama sayakang, jadi aman-aman saja tuh

      Hapus
    7. itu karena dah disuap dengan ubi cilembu kan?

      Hapus
  3. hahaha..jadi ingat waktu kecil nih..
    kalo bahasa daerah saya namanya kalang ambek mas..hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalang ambek, nama yang unik mas...
      saya taunya ngambek mas :D

      Hapus
    2. tuh kan permainan galasin atau gerobak sodor ini juga termasuk permainan merakyat dan indonesia banget....buktinya sampai juga ke padang dan kalimantan. kalau gak salah permaianan ini juga pernah masuk pon kang, tapi lupa pon ke berapa gitu.

      Hapus
    3. yang pasti semua kalangan bisa menikmati permainan gobak sodor tanpa harus mengeluarkan biaya, merakyat banget kan...

      Hapus
    4. itulah mas,nggak pakai biaya dan secara nggak langsung belajar menjadi tim yg baik agar menang

      Hapus
    5. ini memang permainan saya waktu kecil dulu mas.. (sekarang dah tua..uhuk)

      Hapus
    6. sebenarnya saya ragu..

      Hapus

  4. Mainanku jaman kecil.sekarang anakku juga suka mainin ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bagus dong kalo gitu, secara anak jaman sekarang udah jarang banget yang melakukan permainan seperti ini :)

      Hapus
    2. kuno tapi menyehatkan kang, daripada maen PS hayooo.... :D

      Hapus
    3. kuno kan piramid sama terusan suez

      Hapus
  5. sama ditempat saya banjarmasin juga namanya galasin...tapi pada beberapa kabupaten di kalsel ada yang bilang main yasin...memang lucu juga kadang kalau melihat keluguan warga ya gan? saya paling suka dulu main ini nih apa lagi kalau yang di jaga perempuan...sambil pura-pura salah megang lah gan...heheheee....namun dibalik permainan ini mengajarkan kerja sama team (kekompakan), belajar tenteang kebersamaan, dan keakraban....tapi anehnya ya kalau yang main perempuan cantik aja langsung banyak yang mau ngambil jadi tim dia....kayaknya permaianan galasin gak jauh juga ama wanita yakan gan? buktinya gambar postuing artikel permainan gerobak sodor atau galasin juga foto wanita...hheeeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiap daerah memang ada juga yang sebutannya berbeda, seperti di daerah saya disebutnya "gobag". Ah itu mah paling juga pengalama Mbah Dinan sendiri kali hehee... ya itulah hebatnya perempuan Mbah, punya daya tarik tersendiri buat kaum pria. Kalo di daerah saya sih berimbang lah antara perempuan sama pria banyak juga yang suka dengan permainan ini, sementara kalo contoh gambar perempuan yang bermain galasin di atas, itu sih emang adminnya nyari contoh yang gambar perempuan heheee...

      Hapus
  6. Kalo dulu disamping rumah pas ada lapangan badminton, permainin ini masih suka di mainin sama para bocah di tp saya :)

    BalasHapus
  7. obag sodor ini mas, kalo di tempat saya..
    Tapi sekarang saya jarang melihat anak2 mainin permainan ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang sudah beda jaman sih mas

      Hapus
    2. sekarang jaman repotnasi eh reformasi, katanya :D

      Hapus
  8. Ah, jadi ingat masa kecil nih...
    Waktu saya masih sekolah di SD, tahun 70-an, saya suka bermain ini dgn teman-teman.
    Kalau di Sukabumi, ini namanya main galasin.

    Salam dari saya di Sukabumi,

    BalasHapus
  9. hehehee ini permain masa kecil saya mas, permainan gobak sodor di daerah saya selalu dimainkan pada malam hari,, seru banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di daerah saya sih umumnya di sore hari mas

      Hapus
  10. wah permainan nostalgiaa ini :D , teringat waktu kecil kang, asik dan seru akan permainan ini, hampir asiknya sampai suka lpa waktu hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya baru berhenti maen kalo dah pada diateriakin sama emaknya masing-masing disuruh cepet-cepet mandi :D

      Hapus
  11. Haha kalo di sulawesi tengah namnya kalo gk salah Klahar.. hampir mirip

    BalasHapus
  12. saya lupa apa nama permainan ini nih mas,soalnya permainan galasin ini memang dulu jarang dimainin sih.apalagi sekarang malah nggak ada sama sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gitu tanyakan sono gih sama pak RTnya :)

      Hapus
    2. kalo di tempat saya sekarang, anak2 masih koq memainkannya
      cuma jarang banget. beberapa tahun lalu deh pernah saya lihat

      Hapus
    3. di daerah saya juga dah langka banget mas, paling yang masih ada itu permainan engklek atau jangka

      Hapus
  13. wah cocok nih di ajarkan ke siswa sd yang masih perlu area bermain apalagi bermain gobak sodor pasti menyenangkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang pasti perlu halaman deh
      nggak kayak mainan monopoli

      Hapus
    2. Seharusnya seperti itu mas, olah raganya jangan terlalu monoton gitu, terlebih lagi mungkin banyak anak jaman sekarang yang gak kenal dengan permainan gobak sodor

      Hapus
  14. Laen lagi nih.. Kalok di Medan namanya Samber Elang :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di daerahnya Beby namanya unik-unik banget

      Hapus
  15. lihat pictnya kirain sepak bola wanita. hehehe.

    BalasHapus
  16. nah ini permainanku waktu kecil dulu, hobby banget main beginian :)

    BalasHapus
  17. Seru deh waktu kecil manan traditional kaya gini.

    BalasHapus
  18. Waktu SD saya sering sekali main ini, cuman saya lupa nama permainannya dalam bahasa daerah saya.

    BalasHapus
  19. hahaaa...
    mengingatkan saya pada masa kecil.
    asli, tulisan Kang Marnes eksotis banget kali ini, bisa berhasil membawa memori saya ke masa indah bernama kanak-kanak dahulu. top Kang, terima kasih banget! yuhui banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya itung-itung bernostalgia, mengingat kembali masa-masa kecil yang indah mas :)

      Hapus
  20. di Jawa Tengah memang terkenal dengan nama Gobak Sodor,
    tapi di daerah banyumas dansekitarnya, dikenal dengan nama Blodor, kang

    BalasHapus
  21. aahhh, bener2 deh saya jadi keingetan jaman kecil dulu
    manteep nih tulisan

    BalasHapus
  22. Semuanya jadi keingetan masa kecilya....
    Emang permainan ini ditempat saya sekarang udah punah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya hampir ditiap daerah dah mulai punah kang

      Hapus
  23. jadi ingat waktu masih SD dulu mas. Setiap keluar main (jam istirahat) pasti main gobak sodor. sampai2 temen saya ada yang nangis karena terdorong dengan kuat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kalo dah ada yang nangis bermainnya udahan deh :D

      Hapus
  24. tempat saya namanya galasin, pernah ikut kejuaran se-kecamatan, pengen nostalgia dengan permainan-permainan seperti ini, cuma udah pada tua gimana yah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gak gimana-gimana mas, kalo emang suka ndak apa-apa kan? paling juga anak-anaknya yang pada ngetawain, sambil bilang gini "iiih bapak masa kecilnya kurang bahagia ya?" heheee....

      Hapus
  25. Saya ndak tau permainan ini mas, hehehe....ga ada si didaerah saya...:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenalan dulu kalo gitu biar makin akrab :D

      Hapus
  26. kalau lihat gambarnya, bukan asyik lihat permainannya tapi saya asyik lihat pemainnya aja mas. hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan diliatin mas, babanya galak lho :D

      Hapus
  27. enak nih dimainin walaupun udah gak kecil lagi :D

    BalasHapus