Blogger Jateng

Manfaat Permainan Petak Umpet Bagi Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Permainan Petak Umpet Bagi Tumbuh Kembang Anak
MarnesKliker.com - Sering kali banyak orang tua termasuk kita mungkin, tidak menyadari dan kerap kali memaksakan kehendak terhadap anak untuk belajar latihan membaca, menulis, menggambar, dan lain-lain. Padahal seharunya orang tua jangan terlalu monoton dalam memberikan pendidikan formal terhadap anak. Dunia anak tentu berbeda dengan orang dewasa. Seperti kita ketahui, dunia anak adalah dunia bermain dimana pendidikan masih banyak didapatkan melalui permainan. Belajar sambil bermain dan bermain sambil belajar, itulah konsep pembelajaran yang tepat untuk anak-anak. Banyak permainan tradisional yang bisa memberikan manfaat bagi kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosi. Salah satunya melalui permainan ucing sumput atau petak umpet, yang mana permainan ini dulu menjadi favorit anak-anak dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain menyenangkan, ternyata permainan daerah yang satu ini juga bisa memberikan manfaat bagi anak-anak. Berikut ini manfaat permainan ucing sumput atau petak umpet untuk tumbuh kembang anak, antara lain :

1. Anak menjadi lebih aktif
Permainan petak umpet bisa membantu anak untuk menjadi anak yang lebih aktif. Anak yang aktif bergerak akan mengalami perkembangan yang signifikan dari pada anak yang cuma banyak diam. Dalam permainan ini, anak akan berlari dan bersembunyi sehingga secara tidak langsung anak sudah melakukan olahraga. Daripada hanya bermain game atau menonton televisi, lebih baik anak diarahkan untuk melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat.

2. Anak bisa belajar bersosialisasi
Bersosialisasi tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa, anak kecil pun sudah harus melakukan hal tersebut untuk membiasakannya sampai ia dewasa. Permainan ini dilakukan dengan cara bersama-sama tanpa memandang ras atau latar belakang keluarga. Semua anak-anak akan terlibat aktif dalam permainan tersebut.

3. Belajar berhitung
Permainan ini tidak hanya baik bagi pertumbuhan fisik anak-anak, tetapi juga bagi perkembangan kecerdasan anak. Permainan petak umpet mengajarkan anak-anak berlatih menghitung. Anak-anak yang bermain dibagi menjadi 2 peran yaitu berperan sebagai pencari dan yang akan dicari. Saat anak mendapatkan kesempatan menjadi pencari, tentu dia akan menyebutkan hitungan untuk memberikan kesempatan kepada yang bersembunyi.

4. Membuat anak menjadi kreatif
Permainan ini akan memberikan pelajaran bagi anak untuk bisa mengasah otaknya dimana anak harus lebih kreatif mendapatkan tempat persembunyian yang berbeda dengan teman lainnya. Pada kondisi ini anak akan dituntut untuk berfikir cepat agar bisa menemukan tempat yang kira-kira akan sulit ditemukan oleh sang ucing (pencari).

5. Melatih anak patuh pada aturan
Untuk melatih anak agar bisa taat pada berbagai aturan, baik aturan dari lingkungan terkecil seperti keluarga, aturan sekolah, lingkungan masyarakat bahkan sampai lingkungan besar seperti aturan negara, anak harus dididik sejak dini. Belajar mendisiplinkan anak tidak harus lewat pendidikan formal atau kata-kata dari Anda, tetapi bisa juga dilakukan lewat sebuah permainan. Dalam permainan ini anak-anak akan bermain bersama dengan mematuhi peraturan yang telah dibuat bersama. Setiap anak harus bisa mematuhi dan melaksanakan semua ketentuan yang telah dirumuskan dan disepakati. Jika aturan yang telah dibuat dipatuhi bersama, permainan akan berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

6. Belajar berdiskusi akan suatu masalah
Permainan yang dilakukan secara bersama-sama tentu diperlukan kesepakatan bersama pula untuk melakukan hal tersebut. Dalam permainan ini semua pemain harus bisa membuat, menyetujui dan melaksanakan aturan dalam permainannya. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi perselisihan yang akan berujung pada pertengkaran.

7. Melatih sportivitas anak
Dalam permainan ini, pemain yang kalah dan menang harus bisa menerima dan melakukan tugasnya masing-masing. Anak-anak akan belajar bagaimana menerima kekalahan dengan tetap menikmati permainan tersebut.

Banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari beberapa permainan tradisional seperti permainan petak umpet, sehingga Anda bisa mendukung anak untuk melakukannya. Sebagai orangtua, Anda bisa mendorong dan mengarahkan anak untuk lebih mengembangkan kreativitasnya dengan bermain, ketimbang hanya menonton televisi atau bermain game online. 

Referensi:
http://pondokibu.com/7-manfaat-permainan-petak-umpet-untuk-pertumbuhan-anak.html
Sumber gambar:
http://segalainfo.com/wp-content/uploads/2013/07/umpet.jpg

73 komentar untuk "Manfaat Permainan Petak Umpet Bagi Tumbuh Kembang Anak"

  1. kalau permainan petak umpet ini,anak2 didaerah saya kadang2 masih ada yg melakukan mas.
    banyak juga manfaatnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. di daerah saya juga masih ada meskipun jarang

      Hapus
    2. melakukan apa Mas Yanto
      hayooo saya laporin lho

      Hapus
  2. mas marnes kayaknya lg semangat2 mengingat waktu kecil nih,menjadikan saya juga kebawa2 masa lalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak tau nie mas lagi seneng aja kali....

      Hapus
    2. masa lalu Mas yanto pasti berambut panjang selutut ya

      Hapus
    3. gaya rambutnya Mas Yanto itu lho mirip gitaris Jamrud waktu pertama booming, Azis MS

      Hapus
  3. tp kadang2 didalam memainkan petak umpet(sikepan,nama didaerah saya) yg menang suka berkompromi mas.menjadikan yg kalah jadi kalah mulu,akhirnya nangis

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas kadang ada juga yang seperti itu, akan lebih baik jika ada pengawasan dari orang dewasa untuk memberikan pemahaman yang baik agar permainan berlangsung secara sportif

      Hapus
    2. haha, nangis emang ya dulu Mas?

      Hapus
  4. Permainan ini memang seru, apalagi kalo pesertanya banyak.. yang jaga harus ekstra bersabar untuk mencarinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang lebih seru lagi kalo maen petak umpetnya sama perempuan hehee...

      Hapus
    2. Hahaha saya juga mau mas, apalagi kalo bisa modus #Ups

      Hapus
    3. ketahuan nih kalau mas marnes kecil dulu nakal banget

      Hapus
    4. ya gak lah, malah dulu saya orang pemalu banget mas, ciyuusss...

      Hapus
    5. kayak saya dong
      ihh saya jadi malu

      Hapus
  5. hampir semua permainan tradisional ada manfaatnya,
    tapi sayang sekarang permainan tradisiopnal tergerus oleh permainan modern/Game di gadget.

    Visit > http://zuvmovies.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas manfaatnya banyak, tapi sekarang udah jarang banget dimainkan lagi oleh anak-anak

      Hapus
  6. Balasan
    1. hehee...makanya diperlukan ketangkasan dan kegesitan biar gak jaga terus

      Hapus
  7. Hahahaa
    Yang paling bermanfaat ya bisa ngapalin perkalian 5 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ditempat saya nggak pernah pakai perkalian sih
      cuman menghitung sampe 10

      Hapus
    2. sama disaya juga cuma ngitung doang mas

      Hapus
  8. petak umpet itu permainanku waktu kecil, sekarang permainan ini udah jarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya Mbak Dwiex masih suka maen petak umpet kan sama suami...

      Hapus
  9. jaman dulu seneng neh maini petak umpet, apalagi malem2 asyik puol..

    ada manfaatnya juga membentuk karakter anak ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maennya pas malem Jum'at kliwon biar makin greget...

      Hapus
    2. mau sama kuntilanak apa gendruwo?

      Hapus
    3. nanggung lah, dua-duanya aja sekalian biar makin greget :D

      Hapus
  10. Pemainan petak umpet bagus untuk anak-anak, dari pada main gadget. lebih baik main permainan traditional lebih sehat.

    BalasHapus
  11. Kalau rumahnya sudah di gedongan, apa bisa main petak umpet lagi yah. Seakrng pada doyan main hp andorid.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bisa aja mas maen petak umpet bareng keluarga heheee...

      Hapus
  12. jadi inget masa kecil dulu, main petak umpet..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tuh kan jadi keingatan masa kecil, yuk maen petak umpet

      Hapus
  13. Dulu waktu saya kecil saya juga sering memainkan permainan ini. tetapi saat kami main banyak unsur politiknya, pasalnya kami sering bekerja sama untuk membuat seseorang selalu menjadi aktor pencarinya.

    BalasHapus
  14. Cilukkkkkk Baaaaa... Permainan jaman dulu nih mas, sekarang masih ada sih. tapi saya perhatikan anak anak sekarang sudah jarang bermain petak umpet..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo disaya gini msa, ciluuukkk baaaa....bakekoookkk...
      bukan jarang lagi mas tapi udah langka kayaknya :)

      Hapus
  15. Wow ternyata manfaatnya banyak juga gan, baru kali ini dapat selengkap dan komplit. Tapi bener ga gan bahaya kalau main petak umpet kalau pas udah malam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan manfaatnya banyak banget, ya kalo maennya malem hari sih mayan beresiko juga gan

      Hapus
  16. betul banget mas,, petak unpet memang banyak manfaatnya,,apalagi itu tuh melatih kesportrivitas pada anak-anak.. ayooo... main petak umpet ama aku yoookk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuuu...tapi saya lebih betah maen petak umpet sama istri saya deh :D

      Hapus
  17. point belajar diskusi di petak umpet nih Kang, yang saya masih belum dapet
    soalnya, kalo di petak umpet bukannya orangnya malah pada ninggalin yang jaga sendirian di honk ya Kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdiskusi disini maksudnya pada awal permainan mas, biasanya pada berunding membuat aturan mainnya mau seperti apa supaya nantinya tidak terjadi kesalahpahaman, terus di daerah saya petak umpet nie ada juga yang dimainkan beregu mas, jadi yang jadi ucing (pencari) ya berkelompok juga :)

      Hapus
  18. Yang jelas maen petak umpet bagian dari olahraga yang menyehatkan hehe

    BalasHapus
  19. Sekarang anak-anak lebih suka main Clash of Clans/Get Rich, padahal permainan petak umpet manfaatnya buanyak banget. Termasuk pembentukan karakter.

    Karakter macam apa yang terbentuk dari permainan online? Menarik ditunggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah musti dicari tuh mas, kira-kira karakter apa ya...ntar deh coba dicari...

      Hapus
  20. Memang permainan jaman dulu lebih berinspiratif untuk mencerdaskan anak dan memberikan anak untuk selalu berfikir kreatif mas dulu saya juga sangat senang dengan mainan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas permainan tradisional membantu menjadikan anak jadi lebih kreatif

      Hapus
  21. saya pernah mainin nih waktu kecil.. apalagi pas lagi taraweh... eheheheh

    BalasHapus
  22. Biasanya habis pulang skul dulu, temen udah pada nyamper :)

    BalasHapus
  23. Anak anak sekarang udah jarang main petak umpet Mas, apalagi di kota besar.
    Anak jaman sekarang lebih senag naik odong-odong, mandi bola dan main Tablet :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kang emang dah jarang banget anak jaman sekarang mah, banyaknya maenin gadget

      Hapus
  24. Pantasan anak yang suka permainan tradisional, semisal petak umpet, umumnya memiliki kecerdasan intelektual dan emosional yang memadai, mas Marnes...Hal ini disebabkan permainan itu mengandung nilai karakter...

    BalasHapus