Blogger Jateng

Liburan ke Taman Wisata Air Panas Guci - Tegal

Taman Wisata Air Panas Guci, Tegal - Postingan ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya yang saya beri judul ‘Balik Kampung Ning Tegal’ yang masih ada kaitannya dengan liburan saya bareng keluarga. Liburan akhir bulan beberapa hari yang lalu tentu saja sangatlah berarti bagi saya. Selain bisa berkumpul bareng keluarga, anak dan istri juga ada pengalaman yang sangat mengesankan pada liburan kali ini.

Setelah semalam berada di kampung, keesokan harinya Minggu, 30 November 2014, kami berkunjung ke Taman Wisata Air Panas Guci. Inilah salah satu pengalaman yang mengesankan bagi saya. Akhirnya apa yang saya inginkan terlaksana juga. Ini merupakan pengalaman pertama saya berkunjung ke Taman Wisata Air Panas Guci. Selama ini saya hanya mendengar dari penuturan istri dan juga teman-teman mengenai obyek wisata Guci ini, saya sendiri belum ada gambaran sama sekali seperti apa obyek wisata Guci tersebut?

taman wisata air panas guci, tegal, wisata air panas, wisata guci tegal

Sebenarnya sih ini bukan acara liburan keluarga saya, melainkan ini adalah acara liburan kader ibu-ibu PKK Desa Kebandingan. Nah kebetulan istri saya bagian dari salah satu kader PKK di Desa Kebandingan. Sebelum saya pulang kampung istri saya telah memberitahu saya bahwa ibu-ibu PKK Desa Kebandingan akan mengadakan rekreasi ke Guci. Dan mereka boleh mengajak para suami untuk ikut dalam acara rekreasi tersebut. Tentu saja saya senang pisan, kapan lagi coba…iya gak? Tapi saya gak gratisan lho! Yang gratisan itu khusus para kader PKK saja sementara bagi para suami yang ikut dikenakan biaya sebesar Rp. 60.000,- (sudah termasuk transport, tiket masuk, makan dan minum).

Sekitar jam 7.30 saya bersama geng ibu-ibu PKK pun berangkat menuju Taman Wisata Air Panas Guci yang berada 40km di selatan kota Tegal jurusan Slawi - Purwokerto. Lebih tepatnya terletak di Kecamatan Bumijawa, di lereng gunung Slamet bagian utara, wilayah Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah.

Di sepanjang perjalanan menuju objek wisata Guci ini saya sangat takjub melihat pemandangannya sangat indah. Hamparan sawah serta perkebunan sayuran, bawang merah dan tanaman strawberry yang berada di kanan kiri jalan memepercantik pemandangan di sekitar. Banyak pula vila dan penginapan-penginapan yang berjejer rapi di sepanjang jalan.

taman wisata air panas guci, tegal, wisata air panas, wisata guci tegal

Singkat cerita, sampailah saya dan rombongan di lokasi obyek wisata Guci. Berhubung banyak diantara kami yang belum sempet sarapan, maka kami pun mencari tempat untuk makan terlebih dulu. Rupanya si dede kecil sudah tidak sabar ingin segera berenang dan berendam di air panas. Bahkan pas baru nyampe aja anak saya sudah merengek ngajakin saya berenang.

Awalnya saya masih ragu dan enggan kalau harus basah-basahan, ditambah lagi, begitu saya mencelupkan kaki saya ke kolam langsung berasa panas gitu. Saya masih mikir-mikir antara berenang apa gak usah. Baru dicelupin kakinya aja udah berasa panas, gimana kalau saya ampe nyemplung coba. Bahkan saya sempat mikir, wah kalo panasnya kayak gini sih saya gak berani deh, jangan-jangan ntar berenang pusaka andalan saya jadi menciut lagi hahahaaa… belom lagi, ada juga emak-emak yang berenang cuma pake bra doang coba, gimana gak kikuk gue cuy…jadi rada canggung, kayaknya gimana gitu wkwkwkkk…

Setelah agak lama berdiam diri ditepi kolam, akhirnya si penjaga kolam ngasih tau saya. Kalo mau berenang, sebelumnya basuh dulu seluruh badannya dengan air kolam yang panas tadi agar pas berenang jadi gak berasa panas lagi. Akhirnya saya coba ngikutin sarannya si penjaga kolam, dan setelah saya basahin dulu itu badan, ternyata bener lho…begitu saya nyebur jadi gak terlalu panas rasanya. Yang tadinya ragu jadi ilang deh, yang ada malah keenakan berendam di air panas, rasanya seger banget, badan yang tadinya berasa pegel-pegel aja jadi ilang deh.

taman wisata air panas guci, tegal, wisata air panas, wisata guci tegal

Setelah selesai berendam di air panas, kemudian saya pun mandi untuk membersihkan badan dan ganti baju. Dilanjutin dengan keliling-keliling bersama anak dan istri. Kalo dulu pas masih bujangan ketika rekreasi seperti ini, biasanya saya lebih tertarik untuk beli oleh-oleh berupa aksesories atau kaos. Namun kali ini belanjanya bukan lagi kaos atau aksesories, apa coba? Kalo saya sih gak belanja, cuma ngikutin istri aja yang lagi sibuk belanja buahan dan sayur-sayuran heheheee… orang-orang mah kalo jalan-jalan belinya yang unik-unik lha kita mah belanja sayuran, keren kan? Hahaaaa…

Apa lagi nie yang mau diceritain ya? Ah udah kali…segini aja deh, bingung mo cerita apa lagi coba? Ya sudahlah cukup sampai disini saja…

103 komentar untuk "Liburan ke Taman Wisata Air Panas Guci - Tegal"

  1. Salam malam Mas Marnes, wah asyik ya Mas bisa liburan sama keluarga. tapi koq gak sama Ibune si dede yang Cantik sih Mas..? cuma berdua saja Liburanya gak adil tuh Mas Mar.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malem juga Mas Karryst...
      Ibune lagi sibuk belanja sayur-sayuran mas heheee...

      Hapus
    2. Saya tercengang dan kagum sama bagusnya.... ADMIN blog ini hehe...

      Hapus
    3. saya malah gagal pertamax maning son

      Hapus
    4. ga papalah gagal pertamax yg penting nyapa, apa kabar mas??

      Hapus
    5. kabarnya kopi sudah habis nih mas

      Hapus
    6. siapa bilang, wong sekarang aja saya mah lagi ngupi nie...
      tinggal 2 bungkus lagi mas kopi white coffe sama kopi item cap kapa api :D

      Hapus
    7. saya cap Kampak boleh nggak?

      Hapus
    8. masih kalah mantep sama cap Oplet :D

      Hapus
    9. aduh dapat apa saya nih...setetes pertamax mana ya? masih adakah ?

      Hapus
    10. terlambat sih, jadi gak kebagian deh pertamaxnya :D

      Hapus
  2. Asyik nih walaupun liburanya gak diajak tapi dapat Pertamax. selamat berlibur Mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik banget mas, sebelumnya saya cuma tau namanya doang, gak tau sama sekali obyek wisata Guci itu kayak gimana? Ternyata keren banget ya :)

      Hapus
    2. pasti yg bikin keren itu tuh....kwkkww

      Hapus
    3. itu apa coba? gak jelas deh :D

      Hapus
    4. yg gak jelas malah yg bikin penasaran mas

      Hapus
  3. Banyak sekali perubahan obyek wisata Air Panas Guci itu. tahun lalu saya ke sana biasa aja sekarang dah ramai ya Mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gitu ya mas, baru tau sih saya mah...jadi gak tau kalo dulunya kayak gimana, sekarang mah dah rame banget mas apalagi kalo hari Minggu :)

      Hapus
  4. waduuh kayaknya aku juga pengen deh berendam air panas, nenangin pikiran yang mumet, kayaknya taman wisata ini harus jd kalender selanjutnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah cocok banget tuh teh, kalo fikiran lagi mumet harus dibawa refreshing dulu biar seger kembali... yang pasti ngangenin banget buat bapaknya :)

      Hapus
  5. seru bener tuh mas bisa berandam di Air Panas Guci... pasti jadi terasa seger gitu tuh... :)
    ooh jadi kalau berendam di air panas, harus basuh pakai air panas ya mas...heemm tips penjaga yang perlu di ikuti itu mas... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mas Jai seru banget, maklum baru pertama kali saya berkunjung ke Guci ini.. Nah itu dia mas saya juga rada heran tuh, pas dah saya basuh pake air kolam tersebut jadi rasa panasnya gak terlalu berasa panas banget :)

      Hapus
    2. kapan ya bisa kopdar di taman wisata guci yamas

      Hapus
    3. akhir bulan nie juga bisa mas, Insya Allah saya bakalan liburan lagi deh :)

      Hapus
    4. di daerah saya yang ada mas, PAS [Pemandia Air Sejuk] mas.. lebih berasaja saja mas sejuknya...

      Hapus
    5. itu mah dah sesuai banget sama namanya ya mas, tapi beneran apa boongan tuh?

      Hapus
  6. asik...liburan bersama keluarganya pasti berkesan dan menyenangkan ya kang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. berkesan dan menyenangkan banget kang bisa nemenin anak dan istri berlibur :)

      Hapus
  7. Wah keren yaa pemandiannya. Tapi mahal banget Hahahhaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak terlalu mahal mas, orang tiket masuknya kalo gak salah sekitar 20 ribuan deh, kalo biaya di atas mah karna dah termasuk transport, makan dan minum segala...

      Hapus
    2. kan tinggal duduk sambil matanya melirik yamas

      Hapus
  8. kalau air panas pasti tempatnya sejuk di kaki bukit dan beneran ajah liat foto-fotonya taman wisata air panas Guci ini sangat bikin saya merindukan bisa kembali lagi maen dan berendam di air panas Guci itu euy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kang, sejuk banget, saya malah ngerasa berasa lagi dipuncak tuh...

      Hapus
    2. ngomongin puncak, saya malah curiga puncak yang mana, coba?
      puncak asmara atau puncak klimak seh?

      Hapus
    3. ya puncak yang mana aja deh, saya ngikut apa kata Kang Lembu aja :)

      Hapus
  9. asyik juga ya bisa liburan ke guci, sy malah belum pernah kesana mas, padahal rumah saya lumayan dekat hehehe ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga baru pertama kali mbak, ternyata asyik banget tempat rekreasinya...
      wah berarti Mbak Ririn mah kapan aja bisa maen-maen dong ke Guci kalo rumahnya deket mah...

      Hapus
  10. Wow, keren mas marnes...jadi pengin liburan juga mas Marnes...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak keren banget tempat wisatanya, hayuuu atuh kita liburan bareng ke Guci :D

      Hapus
  11. bukan hanya sampeyan yang takjub..saya juga ikutan takjub melihat pesona taman wisata air panas guci ini......,
    keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pesona taman wisata air panas guci ini emang keren banget mas, terimakasih atas kunjungannya... salam blogger :)

      Hapus
  12. asyik ya mas kalau bisa liburan bareng keluarga kayak gitu.
    yang lebih asyik lagi karea saya baru tau ini penampakan wajah Mas Marnes selama ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas asyik banget, sayangnya liburannya cuma sebentar doang...
      terus setelah melihat penampakan saya gimana tuh, gak ampe naksir kan? hahahaa...

      Hapus
  13. Saya ikutan metik strawberry mas... pasti seru.. :)

    BalasHapus
  14. wah menarik tuh kayaknya rekreasi ke taman wisata air panas guci mas.walau beramai2 bersama kader PKK.sayang tempatnya cukup jauh dari daerahku mas.

    yg bikin penasaran tuh emak2 itu tuh.kenapa nggak difhoto coba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mah gak foto emak-emak mas, lah wong fotonya juga pake HP jadi hasilnya kurang memuaskan

      Hapus
    2. ya besok lg kalau balik kampung dipuasin yamas

      Hapus
  15. itu koq mamanya dede nggak ad fotonya mas?
    penasaran nih kalau mas marnes ganteng gitu permaisurinya kayak apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Data fotonya gak banyak mas, saya cuma ngambil beberapa foto doang...
      Itu juga kan istri saya yang fotoin, sayang banget memang saya gak punya camera digital, kalo ada camera digital mah pasti seneng banget foto-foto mulu saya :)

      Hapus
    2. nah saya tunggu mas marnes punya camera digital deh

      Hapus
    3. Doain aja mas biar saya bisa kebeli kamera digital, jadi kan bisa gampang buat bahan bikin postingan blog :)

      Hapus
    4. iya mas..amiin
      sambil nunggu niat mas

      Hapus
  16. waduh terakhir kali ke guci tahun berapa ya, saya jadi lupa... suasananya masih tetap sama sepertinya, cuma harga tiket masuknya saja yang beda :) klo dulu saya cuma 15rb
    sekarang 60rb... oh pantes udah dpt fasilitas makan sama transport..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiketnya masih termasuk murah mas kalo gak salah sih sekitar 20rb deh...

      Hapus
  17. Sering denger tp wisata ini, pas di review jd tambah pingin ke sana
    Masukin ke agenda dulu deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya Guci ini dah familiar banget mas, soalnya ada juga bule yang pada berkunjung kesana :)

      Hapus
  18. seger mas mandi bareng-bareng,asik ya sudah punya anak apalagi makin komplit senengnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas setelah mandi badan berasa seger deh :)

      Hapus
  19. beuh.. viewnya kueren mas, dan jujur baru tau tempat ini, jadi pengen melancong kesana. kiri kananya perkebunan ya mas, terlihat hijau indah

    kunjungan perdana mas, mampir ya dipostq yg baru :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas kunjungan perdananya mas, ditunggu kembali kunjungan berikutnya :)

      Hapus
  20. Pemandangannya luar biasa indah :)

    Btw putri nya mas marnes udah gede juga ya, cantik kayak bapaknya

    BalasHapus
  21. Padahal dari dulu saya pengen banget pergi ke Guci, tapi sampai sekarang gak kesampaian. Penasaran, cuma bisa lihat di TV-TV.
    Pulang kampung langsung, jalan-jalan sama keluarga. Asiknya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga baru pertama kali mas, padahal dah lama juga denger nama Guci ini dari temen-temen :)

      Hapus
  22. weisss indah banget ya mas, dah lama ni ndak jalan-jalan saya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga paling jarang banget jalan-jalan mas, sekalinya jalan-jalan paling kalo lagi ada outbond di sekolahan (gratisan) hehehee...

      Hapus
  23. Sepertinya seru tuh mandi di pemandia air panas, apalagi kalo bareng keluarga ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. seru banget pastinya apalagi bareng keluarga makin seru banget deh :)

      Hapus
  24. wah jadi ingin ikut nihh kang kepemandian air panasnya.. anaknya imut cantik kaya bapaknya ganteng

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sok atuh coba berkunjung ke taman wisata air panas guci, dijamin bakalan seru :)

      Hapus
  25. Memang enak kalau ke pemandian air panas. Tapi kalau ramai, malah jadi gak kebagian tempat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas kalo terlalu ramai mah kurang bisa menikmati, musti cari hari-hari yang pas buat liburannya :)

      Hapus
  26. wahh asyik banget Kang Marnes.
    kalo saya pas nginep di Guci, rasanya males buat ke Jakarta hehe.
    apalagi kalo malam2 tuh, jalan2 nyari sate di terminal Guci, mengesankan banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu yang saya pengen banget bisa nginep di Guci apalagi cuma bareng anak sama istri pasti berkesan banget ya, cuma tempat penginapannya mahal-mahal kali ya mas :)

      Hapus
    2. waktu itu saya nyari yang murah Mas, dapet yang 200 ribuan semalam. layak banget koq. lagian bersih. tapi ya itu, kalo pas waktu2 peak memang rame banget.

      Hapus
    3. wah ada juga yang murah tho mas, sedeng lah kalo harganya segitu mah, soalnya saya iseng-iseng searching nemunya yang mahal-mahal semua, padahal temen saya bilang ada juga yang murah tinggal pilih sesuai dengan selera dan budget tentunya.

      Hapus
    4. Jangan sampai lupa pulang dong ah :p

      Hapus
  27. eh itu mas marnes ya,,,duk baru pertama kali lihat nih pertamax deh max kaya aktor,,,heheh aku sempat pangling loh,,,, :)

    BalasHapus
  28. Adeknya manis, Bang.. Imuuuut banget :D

    BalasHapus
  29. saya g tertarik dengan guci...saya malah tertarik mbahas ketampanan mas marnes...ketampanannya mengingatkan saya dengan salah seorang teman waktu mondok dulu, asal magelang yang sekarang sudah berkeluarga...sangat2 mirip menurut saya...80% lah, kecuali kumis...soalna teman saya punya kumis ala pak raden... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling bisa kalo dah memuji, pasti dulunya suka ngegombalin cewek ya? heheee... saja juga ada kumisnya koq, tapi dikit kayak kumis lele :D

      Hapus
  30. Saya pernah main dan nginep di sana, tp udah lama bgt

    BalasHapus
  31. Wahh asik tuh bisa berenang di air panas guci bersama ibu ibu kader PKK :) hhee

    BalasHapus
  32. ya mas daripada pas punga ga ada lauk buat makan. itulah bedanya kalo bareng istri.:)

    BalasHapus
  33. Maaf kang telat mampir, lagi ngepak2 barang buat mudik jadi bw-nya agak tersendat niy...
    BTW asyik juga kang marnes bisa jalan-jalan sebelum lebaran, liburan panjang toh?

    BalasHapus
  34. Jadi sebelum manid dikolam guci terlebih dahulu badan dibasuh dengan air panas ya? agar tidak terasa terlalu panas. sip

    BalasHapus
  35. wah mas, artikelnya diperbarui ya tanggalnya

    BalasHapus
  36. Wah seru nich liburannya, jadi pengen coba juga berendam di air panas Guci Tegal..hehe

    BalasHapus
  37. wah tulisan gedeknya nampak dari sini mas, padahal saya di riau gtu yaa..
    selamat raye mas, mohon maaff lahir dan bathin. maaf mas bru kunjungan nih pasca libur lebaran..hehe

    BalasHapus
  38. Laah, saya baru tahu kalau ada wisata air panas guci di tegal. jadi refrensi baru, kalau bisa mampir di tegal nih

    BalasHapus
  39. sepertinya seru main2 kesana ya,saya blm pernah kesitu :D

    visit back ya
    media2give dot com

    BalasHapus
  40. Wah mantep banget mas :D
    dari dulu pengen kesini belum kesampaian. Hahaha
    #curhat

    BalasHapus
  41. Pengen ke pemandian panas Guci kemudian ke pantai alam indah kalau nggak salah hehe

    Wisata ke Dieng :)
    klik Paket Wisata Dieng

    BalasHapus
  42. ditempat saya juga ada mas..
    dibuatin kolam renang lagi..
    jadi senang berendam lama-lama disana..
    hehehe..

    BalasHapus
  43. wah masih asri suasanyanya... seger tu mandi air panas, apalagi kalau mengandung belerang bisa buat obat gatal

    BalasHapus