Blogger Jateng

Balik Kampung Ning Tegal

Balik Kampung Ning Tegal - Salam blogger, sudah lima hari saya tidak update postingan dan sudah lima hari pula saya tidak bertegur sapa dengan para sahabat dunia maya yang biasa saya lakukan lewat rutinitas blogwalking. Untuk itu saya mohon maaf jika saya belum sempat membalas komentar dan juga belum sempat melakukan kunjungan balik ke blog sobat-sobit semuanya.

Tanggal 28 November 2014 setelah saya posting artikel mengenai Ini Lho Tempat Penjualan CD Album Baru Slank ‘Salam 3 Jari’. Keesokan harinya Sabtu, 29 November 2014 saya memutuskan untuk pulang kampung (pulkam) karena sudah dua bulan saya belum pulang. Tidak ada obat yang ampuh dan mujarab untuk mengobati rasa kangen saya terhadap anak dan istri melainkan saya harus pulang. Betul apa betul?

pulang kampung, mudik lebaran ke tegal, liburan ke tegal
Pintu gerbang terminal kota Tegal 

Sekitar jam 7 pagi saya pun melangkahkan kaki pergi menuju perempatan Srengseng, tempat pangkalan bus Dewi Sri yang kebetulan jaraknya hanya beberapa meter saja dari tempat tinggal saya. Sebenarnya sih awalnya saya lebih sering naik bus Sinar Jaya, hanya saja semenjak pangkalan bus Sinar Jaya yang di Grogol pindah ke Rawa Buaya, sejak saat itulah saya tidak pernah naik bus Sinar Jaya karena lokasinya yang lumayan jauh dari tempat tinggal saya. Lumayan menyita waktu juga kan kalo harus ke Rawa Buaya dulu mah mending cari yang deketan aja, tinggal jalan kaki paling berapa menit juga sampe deh di pangkalan bus Dewi Sri.

Setelah sampai di perempatan Srengseng, saya pun langsung membeli tiket. Berhubung bus jurusan Jakarta - Purwokerto belum ada, akhirnya saya naik bus jurusan Jakarta - Pekalongan dengan tarif Rp. 75.000,- dan saya harus transit di Terminal Tegal ke bus jurusan Slawi. 

Baca juga: Liburan Keluarga, Berkunjung ke Rumah Orang Tua di Banten

Perjalanan kali ini memakan waktu yang lumayan lama juga jika dibandingkan dengan pulkam sebelumnya, dikarenakan sedang adanya perbaikan jalan di jalur Pantura yang menyebabkan jalanan macet. Jika sebelumnya ketika saya balik kampung dan berangkatnya dari jam tujuh pagi biasanya sebelum Magrib pun sudah sampai di rumah. Namun kali ini perjalanan cukup lama, berangkat dari jam 7.30’an hingga menjelang Isya saya baru sampai di BP (Banjaran Permai) tepat di Tugu Teh Botol Sosro. Disitulah sang pujaan hati, istri tercinta sudah menunggu kedatangan sang Arjuna (Lebay banget), Bodo teuing kumaha aing we lah…hahahaaa…

pulang kampung, mudik lebaran ke tegal, liburan ke tegal
Tugu Teh Botol Sosro 

Ketika saya turun dari bus, istri saya memanggil dan saya pun menghampirinya. Dia berkata kepada saya, “koq lama banget sih mas?” Macet banget Nenk, jawabku… lalu istri saya berkata lagi, Nenk laper banget mas, pengen jajan tapi Nenk lupa gak bawa uang, saya pun tertawa mendengarnya… kasian bener, nok ayu…nok ayu… Rupanya istri saya sudah lumayan lama menunggu, mana hujan lagi (gerimis mengundang) lah kalo kata Slam, jadi wajar kalau istri saya merasa lapar karena kelamaan menunggu disertai cuaca yang begitu dingin. Hanya saja mungkin karena terburu-buru jadi kelupaan gak bawa uang, giliran mau jajan uangnya gak ada…aiiihhh…

Tentu saja sebagai suami yang siap siaga (lagi-lagi lebay), saya pun membeli beberapa kue pancong (kalo istri saya gak tau deh nyebutnya kue apa) yang kebetulan lagi mangkal disitu. Setelah menyantap kue pancong, kami pun bergegas dan saya pun langsung tancap gas meluncur pulang ke rumah. Saat perjalanan menuju rumah saya berkata ke istri, “wah Nenk kalo cuaca lagi dingin gini, begitu sampe rumah, enaknya makan martabak sambil seruput kopi, pasti mantep banget tuh! Gimana kalo kita beli martabak dulu, kata saya”. Istri saya pun mengiyakannya. Sebelum perempatan lampu merah, kami pun berhenti dan mampir dulu ke penjual martabak, tempat biasa kami beli. Tepatnya depan Alfamart sebelum perempatan lampu merah pasar Balamoa.

Baca juga: Liburan ke Taman Wisata Air Panas Guci - Tegal

Setelah membeli martabak kami pun melanjutkan perjalanan, yah kira-kira jam 8’an lah saya dan istri tiba di rumah. Sesampainya di rumah saya pun langsung menghampiri anak saya yang sudah sedari tadi menunggu kedatangan bapaknya.

pulang kampung, mudik lebaran ke tegal, liburan ke tegal
Carissa Putri Marnesa

Saya rasa cukup sampai disini saja ya cerita ngalor ngidulnya, sementara cerita yang lain-lainnya gak perlu diceritakan yah, cukup saya dan istri saya saja yang tahu hahahahaaa…

119 komentar untuk "Balik Kampung Ning Tegal"

  1. Asiikkkk... Asiikkk... Mudik... oleh2 nya Kang hehehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nie mas abis mudik saya...
      oleh-olehnya cuma bawa buah mangga doangan nie kang, mau? :D

      Hapus
    2. Biarin buah mangga juga mas nanti tak saya makan :D

      Hapus
    3. wah sayang dong kalo tak dimakan mbak :D

      Hapus
    4. Sampean Pulkam ora warah warah aku sih Kang Mas..? yo wes salam sama Kelurga sampean semua di Tegal ya Mas? dan saya nitip salam buat Guru saya Ki Dalang Kentus/senteng Tegal. Dari Saud Karrysta Subang Jabar. tanyain pasti kenal lho saya seringa berkunjung kesana.

      Hapus
    5. kenapa tidak di makan mbak buah mangganya... gak suka ya mbak..???

      Hapus
    6. Wah saya blom familiar sama Ki Entus Mas Karryst, saya tahunya cuma dari temen-temen itu juga, liat orangnya secara langsung mah blom pernah, ternyata Ki Entus ini dalang terkenal ya mas, sama seperti Asep Sunandar :)

      Hapus
    7. luah sih denengan wong guanteng berkacamata hitam dan bertopi terbalik yang identik dengan orang sunda(yang terkenal kararasep)..asline podo sekampung karo parto jeh...juragan warteg atuh euy :D

      Hapus
    8. Emang saya orang Jawa kang, Jawa Barat maksudnya, hanya saja semenjak kami minta cerai dari Jawa Barat jadi berubah deh jadi urang Banten hehehee...

      Hapus
    9. berarti rakyatnya abang saya dong kang...bang Rano..:D

      Hapus
    10. Betul banget kang, dan saya lebih suka tuh sama Bang Rano ketimbang atasannya yang sekarang lagi ngedekem dibalik jeruji besi heheee...

      Hapus
    11. kalo saya seneng Yessy Gusman aja deh

      Hapus
    12. Eeeeh suka ko mas apalagi kalo mangga muda :g

      Hapus
    13. wah kalo mangga muda saya gak berani makan malah mbak, yang ada saya gak bakal bisa sikat gigi nantinya, suka linu gigi saya mah :D

      Hapus
  2. Kirain pulkam ke kebumen kang..arep pesen lanthing sama gula kacang..:-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ke kebumen pulang ke rumah sapa mas? tau juga kagak saya mah kebumen itu dimana? hehehee...

      Hapus
    2. Mending ke Kampung saya yang adem ayem di Ganda suli, Brebes Jawa Tengah blok Pasar Komplek Permata Bunda Ganda suli Permai. yu Mampir Mas?

      Hapus
    3. wah boleh juga tuh mas, kapan-kapan saya mampir...kebetulan istri saya punya paman yang tinggal di Brebes, kalo gak salah sih di daerah Klampok mas, deket gak tuh dari situ ke rumah Mas Karryst? :)

      Hapus
    4. waduh, ngaku sunda ternyata aslinya wong jowo kabeh kepriben iki jeh

      Hapus
    5. Da saya mah asli urang sunda atuh mang, tepatnya Lahir di Lebak, Rangkasbitung Kec. Cikulur, Jl. Raya Sampay Cileles km4 Kp. Koncang Cikaung... tuh kan asli banget urang sundanya...pun istri kang yang asli wong jawa mah :)

      Hapus
    6. kenalkan saya,
      orang sini.
      endonesa

      Hapus
  3. anak akang imut dan cantik..
    nunggu oleh2nya saja lah.. kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kang, semoga cantik juga budi pekertinya sesuai dengan namanya :)

      Hapus
    2. nunggu oleh-oleh apa nunggu anaknya mas Marnes gede mas Rama :D

      Hapus
  4. owalah rumahnya di kawasan BP tho mas ,,,, hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. BP mana dulu nie? Bambang Pamungkas gituh...
      ya masih rada jauhan lagi mas, tepatnya di Kecamatan Kedungbanteng :)

      Hapus
    2. ow iya iya tw klo kec. kedung banteng ,,,,hehehe

      Hapus
  5. iya nih lama banget udah gak bertegur sapa aku kira udah mau main kabur aja hehehe akngen nih udah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya nggak atuh mbak, saya gak suka kabur koq...
      maklum lah mbak kalo saya dah dikampung mah boro-boro pengen internetan, ditambah lagi waktunya yang singkat, jadi lebih diutamakan waktunya buat anak-istri dulu aja :)

      Hapus
    2. mending masih 5 hari mas, saya malah 2 minggu an gak BW. tapi bukan karena pulang kampung mas

      Hapus
    3. karena apa dong? pasti karena kesibukan di dunia offline ya :)

      Hapus
  6. Ehem!!!
    Balik kampung.
    Ketemu istri.
    Gak mau cerita lanjutannya ya.
    Tahu sama tahu lah ya urusan orang tua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya gak tau lho ya, saya kan masih ABG mas :D

      Hapus
  7. wah saya juga lahir di tegal tapi di kabupaten nya sih, kalo pulang setahun sekali , jadi rindu kampung halaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti pulangnya pas lagi lebaran doang ya mbak, jangan kelamaan atuh ntar kampungnya digondol orang lho :D

      Hapus
  8. Lah loh wong tegal to kang???

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya mah asli Banten mas, istri yang asli wong Tegal :)

      Hapus
    2. kawin lintas kota ceritanya mas

      Hapus
    3. ya begitulah kira-kira, ngikutik jejak kakak mungkin...
      kakak saya dapet orang Klaten, saya dapetnya orang Tegal, intinya mah sama-sama dapet wong jawa lah :)

      Hapus
    4. wong jowo ko mau-maunya sih sama orang banten...
      kabuurrr

      Hapus
    5. Beuh urang Banten tea atuh, da jalmina oge kararasep hehee...

      Hapus
  9. Pantesan gak Nongol nongol kiranya Pulang kampung sampean Mas Yanto. Nang apa ra ngajak ngajak saya Mas..? tadinya saya sekian mau ke Kampung saya di Ganda suli Brebes :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koq Mas Yanto sih, mencurigakan deh hehehee....
      Nanti Insya Allah saya mo ke Brebes mas, ke rumah paman, tapi kalo dah musim panen bawang aja hehehee...

      Hapus
    2. iyanih..
      kenapa saya disebut2 coba?

      Hapus
    3. Nah lho, patut dipertanyakan kan, kenapa coba?
      Hayoo...ngaku saja kalian berdua kepadaku :D

      Hapus
    4. waduh...orang jawa kabeh kie.
      terus saya orang mana, coba?

      Hapus
    5. pasti ada udang dibalik rempeyek

      orang dari hongkong kobong

      Hapus
    6. Bukannya Kang Lembu oge orang jawa kan? Jawa Barat maksudnya :)

      Hapus
  10. Kok cakepan Putrinya sih di banding Bapak nya,, hheheh
    Saya daptar jadi menantu yang baik ya Ya Mas Marnes hehheheh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak aja, liat dulu dong bibitnya hahahaa...
      Bapaknya kan bibit unggulan mas :D

      Hapus
    2. sudah jelas lah mas saud... putrinya mirip sama mama mas saud.. benerkan mas marnes.. :D

      Hapus
  11. ternyata oh ternyata mas marnes nya pulkam [pulang kampung] yaa... bisa ketemu dengan keluarga ne mas marnes nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastinya dong, cuma sayang mas waktunya cuma sebentar, cuma dua hari thok, itu aja saya bela-belain bolos kerja hari Seninnya :D

      Hapus
    2. yaa tidak apa lah mas cuma bisa dua hari... nantikan bakalan ada waktu yang lebih lagi mas.. tahun baru kan mas pulang lagi tidak mas??

      Hapus
    3. Insya Allah pulang lagi mas, toh bentar lagi juga liburan semesteran kan, biasanya ampe 2 mingguan liburnya, kalo ada rejeki mah pengennya sih liburan ke kampung orang tua saya di di Banten terus ke Jakarta deh sekalian, biar pulang ke Tegalnya jadi gak ribet :)

      Hapus
  12. saya malah penasaran setelah jam 8 malam itu gimana ceritanya yamas?
    kwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah urusan yang ntu mah rahasia perusahaan mas, tanya sono gih sama Mas Karryst :D

      Hapus
    2. hahha..eh sikecilnya umur berapa tuh mas?
      comel banget

      Hapus
    3. 5 taun lewih mas, baru kelas 0 besar bentar lagi 6 taun...

      Hapus
    4. iya ya kelanjutan cerita setalah jam delapan malam belum dilanjutin tuh mas....bisa aja mas yanto cungkup. heeedddeeehhhh heeeee

      Hapus
    5. kan cerita abis jam 8nya disensor dulu mbah sama KPI, biar aman gituh :D

      Hapus
  13. Carissa putri Marnesa,Wah namanya bagus bangeds
    Hihihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kang, sesuai dengan harapan kedua orangtuanya pastinya, namanya saya comot dari bahasa Yunani "Carissa" yang berarti anggun, semoga cantik dan anggun budi pekertinya :)

      Hapus
    2. amin....semoga menjadi anak yang berbakti pada kedua orang tua, agam, dan negara.

      Hapus
  14. Gak apa2 mas, hitung2 sebagai hari libur dari blog,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi ada acara hari liburnya juga ya mas heheee...

      Hapus
  15. Anaknya cantik :)). Saya pernah tinggal beberapa tahun di Pekalongan. Tetanggaan ya?

    BalasHapus
  16. owalah rika cah tegal to,kepriwe kabare?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mboten mas, asline wong Banten
      Bojoku wong Tegal :D

      Hapus
  17. padahal nunggu cerita yg lainnya itu :)

    ya seneng banget teyeng mudik rika, ketemu anak karo bojo nang ngomah..hehe
    pantura kawit gemiyen ora rampung2 dalane, lah jan melasi temen

    teh poci tegal terkenal banget mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamus mana kamus....
      waduuuh inyong ora ngarti basane mas, mau sms istri pasti dah tidur jam segini mah, orang saya mah baru juga belajar bahasa jawanya, itu juga bahasa jawa yang kasar, kalo kata orang Tegal mah bahasa ngapak ya...

      Hapus
  18. Saya sudah lama sekali mas tidak pulang kampung halaman. merana sekali rasanya, ingin rasanya pulkam seperti mas yang sudah berada dikampung halaman mungkin sekarang :) kumpul keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah kalo sekarang mah dah di Jakarta lagi atuh mas, orang pulangnya cuma 2 hari doangan...emang sekarang tinggal dimana dan pulang kampungnya kemana mas? ya pulang atuh jangan kelamaan banget ntar kampungnya digondol orang lho :D

      Hapus
    2. kasian nih mas mahrus...apa perlu saya konconi ? :D

      Hapus
    3. iya mas sono gih temenin ntar nangis lagi :D

      Hapus
  19. wah istrinya mas marnes orang tegal too...tegalnye mane mas?? saya dulu tinggal di slawi, baratnya slawi pos yang ada towernya itu ke barat, perempatan brigipp ke selatan...tapi sekarang mah dah jadi orang jogja...ihh..jadi inget jaman kecil dulu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, kalo dari Slawi mah saya masih terus aja mas ke arah Banjaran Permai ngelewatin pasar Balamoa, tepatnya sih di Desa Kebandingan Kec. Kedungbanteng

      Hapus
  20. wah putrinya cantik bener deh mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mas mudah-mudahan cantik juga budi pekertinya, aamiin..

      Hapus
  21. itu putrinya baru satu yia bos? ini pulang kampung pasti bukan karena kangen aja, tapi dalam rangka bikin adek buat si Icha, hahah..........

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas boss baru atu doangan, bisa aja mas boss heheee...

      Hapus
  22. Di tunggu oleh-olehnya ya Kang :)

    BalasHapus
  23. heeemmm kayak rindu terpendam....kadang kebersamaan diwaktu hujan mengundang terasa hangat dan damai dalam keindahan yaa gan....allaaaa jadi ikut lebay ni gan heeee. tuh anak cantik banget, pasti lucu ya dan pasti manja dengan kedatangan ayahnya. ok selamat berbahagia gan....salam hangat dari kawan-kawan blogger pontianak buat keluarga dirumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan kayaknya lagi mbah, emang dah terpendam banget duaaaah...
      iya emang mbah, anak saya mah rada manja apalagi kalo ada bapaknya, apa-apa aja harus saya yang ngurusin...ya namanya juga baru anak semata wayang mbah, makasi mbah atas kunjungannya :)

      Hapus
  24. pasti langsung terobati ya Mas Marnes..

    eee. si dede cantk ya.. paasti nda beda jauh dgn ibunya..!,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Alhamdulillah mas terobati banget, setelah 2 bulan menahan rasa rindu caelaaah...mayan lah atinya jadi anteng lagi gak uring-uringan hahaaa....

      Hapus
    2. hahahaha... tadi.. komengnya mau mengarah ke situ.. tp..nda enag bayk yg liat..

      kaset2 jadulnya.. nda ikut juga ya Mas Marnes..??!!,

      Hapus
    3. hahaha...rapopo mas, santai aja...toh dah pada tau ini, emang adminnya rada-rada suka konslet gituh... wah kaset jadulnya gak ikutan mas, kalo dikampung mah saya ama anak saya dengerinnya lagu metal soalnya lagu "Cicak di Dinding" sama lagunya Afiqa "Mama You Are My Everything" heheee...

      Hapus
  25. emang kerja apa mas? sampe ninggal istri sama anak gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuli mas, makanya ditinggal dikampung blom punya rumah sendiri soalnya

      Hapus
  26. Enak ya pulang kampung...
    Kangennya bisa terobati dehh :D

    BalasHapus
  27. kalo saya emang udah tau, kalo Kang Marnes, isterinya orang Tegal.
    kan sama kayak saya. saya pun dahulu sempat langganan Sinar Jaya setahun, saat isteri saya hamil sampe lahiran. Dan fatalnya, saya persis kayak Kang Marnes, karena saya tinggal di Sumur Bor Cengkareng, saya nyari bisnya di terminal Grogol. cuma kalo balik kesini lagi saya sudah langganan Sinar Jaya, dengan jatah kursi yang tetap nomornya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bisa samaan gitu ya, saya juga kalo berangkat ke Jakarta lagi mah dah pasti naek Sinar Jaya, biasanya saya naek dari Dermasandi mayan gak terlalu jauh lah dari rumah ketimbang harus ke Slawi mah :)

      Hapus
  28. anak saya yang pertama juga kelahiran Tegal, Kang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo anak saya sih lahirnya mah di Bekasi, pernah tinggal di Banten selama setahun terus sekarang tinggal di Tegal dan masuk PAUD juga disana :)

      Hapus
  29. Kedung Banteng mah deket kota atuh. enakeun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gitu ya, kurang tahu juga sih saya mah, ke kecamatan kedungbanteng aja baru pernah sekali doang mas pas lagi bikin ktp :)

      Hapus
  30. mas marnes anaknya cantik yaaaa hehe

    BalasHapus
  31. Asekkk... ngikut jejak Mas Rawin ini ya? wkwkwkwk eh jangan lupa oleh2 ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada apa gerangan dengan Mas Rawin mas? Apa pulang kampung juga kaya saya :D

      Hapus
  32. wah mantap nih yang lagi pulang kampung, pasti sudah kanget sama ortu ya mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nie mbak kemaren abis pulkam, tapi sekarang mah di Jakarta lagi :)

      Hapus
  33. Mampir ke PAI juga gak mas, soalnya saya jg pernah ketegal kerumah saudara... jadi pengen pulkam, udh 3 thn gak mudik lg...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak mas, saya cuma tau namanya doang tapi belum pernah berkunjung ke PAI

      Hapus
  34. wahh bahagianya bisa kambek ke tegal

    BalasHapus