Blogger Jateng

5 Cara Mudah dan Alami Mengatasi Ketombe yang Membandel

5 Cara Mudah dan Alami Mengatasi Ketombe yang Membandel
MarnesKliker.com - Seperti yang sudah saya sampaikan pada postingan sebelumnya bahwa rambut merupakan salah satu elemen penunjang penampilan. Maka tak heran jika rambut disebut sebagai mahkota bagi kaum perempuan bahkan juga pria. Namun apa jadinya jika pada rambut tersebut terdapat banyak ketombe. Tentu hal ini dapat mempengaruhi penampilan Anda menjadi kurang percaya diri. Salah satu contoh misalnya, ketika Anda ingin memakai baju hitam agar terlihat cool, justru Anda jadi minder karena takut keliatan ketombe rontok, belum lagi rasa gatal yang bisa mengganggu kenyamanan Anda. Selain menyebabkan kepala tidak bersih, ketombe juga mudah membuat lepek dan rambut rontok.

Baca juga artikel sebelumnya: Inilah 5 Makanan Penyebab Munculnya Ketombe

Masih banyak cara yang mudah dan murah untuk mengatasi masalah ketombe ini. Mau tahu bagaimana cara mudah dan alami menghilangkan ketombe selain dengan shampo? Seperti dilansir Vemale.com, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah ketombe yang membandel. Silahkan coba cara perawatan alami berikut ini:

1. Lemon
Sebelum keramas, gunakan perasan air lemon murni tanpa campuran, untuk dipijat di area kulit kepala. Anda butuh sekitar 1/2 cup air lemon. Jangan buang ampasnya karena bisa digunakan untuk menggosok area rambut. Kemudian keramas seperti biasa. Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu.

2. Teh Basi
Gunakan teh yang sudah basi untuk mencuci rambut. Teh basi mungkin baunya tak sesedap teh baru, namun ampuh mengatasi ketombe. Gunakan teh basi sebagai 'cem-ceman' dan pijat di rambut dan kulit kepala sebelum Anda keramas. 3 kali seminggu dan ketombe akan sirna.

3. Baking Soda
Buat pasta baking soda dari sedikit air dan baking soda. Tips ini digunakan para selebritis Hollywood saat ketombe datang dan shampo tak bisa lagi mengatasinya. Usapkan dan pijat di kulit kepala, bilas. Kemudian keramas seperti biasa. Dijamin rambut jauh dari lepek.

4. Minyak Kelapa Murni
Setelah melakukan 1 atau ketiga rutinitas di atas, jangan lupa untuk melembabkan kulit kepala agar tak lagi menghasilkan ketombe. Caranya adalah dengan menggunakan minyak kelapa murni yang berkhasiat untuk menghidrasi kulit kepala dan menjaga rambut tetap bersinar alami. Gunakan setengah jam sebelum keramas.

5. Minyak Kemiri
Minyak kemiri ampuh mengatasi berbagai masalah di rambut dan kulit kepala. Efeknya membuat rambut lebih subur, hitam dan mencegah ketombe. Gunakan juga sebelum keramas.

Cobalah beberapa cara murah di atas ketika Anda tak lagi hanya bisa mengandalkan shampo. Pahami juga mengenai 5 Mitos Seputar Ketombe sebelum membasminya, agar ketombe tidak mudah datang lagi. 

Sumber gambar: sehatslim.com

46 komentar untuk "5 Cara Mudah dan Alami Mengatasi Ketombe yang Membandel"

  1. wah saya sering mendapati TEH BASI dalam gelas di dapur rumah saya. Wah baunya itu. Pyuhhh. Sungguh tidak nyaman ya. Jadi untuk yang menggunakan TEH BASI sebagai salah satu cara untuk mengatasi KETOMBE saya rasa saya nda mau pakai ah. Kebayang bau nya hihhihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang bau banget ya kang? Soalnya saya mah paling jarang banget minum teh apalagi kedua orang tua saya gak ada yang demen, sukanya sama kopi aja :)

      Hapus
    2. Ternyata di ke 5 point diatas teh basi termasuk dalam katagori pemeberantas ketombe yang membandel ya Mas? Siapa sangka ya teh basi biasanya saya buang ternyata masih ada gunanya untuk pengobatan pembersih ketombe yang membandel. soal bau nanti saya tanyakan sama Pak Asep deh. makasih Mas :)

      Hapus
    3. Katanya sih gitu mas, masalah ampuh atau tidaknya saya kurang tau persis karena saya belom pernah nyoba pake teh basi mah, lagian masih ada cara lain juga toh gak musti harus pake teh basi hehehe...

      Hapus
    4. yang sya tau teh basi mah buat ng'gede in atuuh

      Hapus
    5. Pokoknya saya mah, Keukeuh harus pakai Teh,, basi. naaaaah tuh kata Mang Lembu oge kan sama..? bisa buat ngegede in apa coba Mang..??? yang jelas Naha nyarios teh..? buat ngegede in Ubi .. apa Ubi..? hhakkkkggkgk :D

      Hapus
    6. Iya kang Saud, gak jelas bingits...tapi mencurigakan deh :D

      Hapus
  2. wah saya juga terkadang ketombean kalau lam tidak shampoan.. rambut ketombe memang gak enak skali, karena gatalnya itu loh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas rambut ketombean emang menjengkelkan, rasa gatalnya itu yang membuat tidak nyaman apa lagi kalo lagi kerja, wah gak kebayang deh pasti kerjanya gak bisa konsentrasi...

      Hapus
    2. tapi kalau yang ketombean cewe yang di atas itu,,saya mah ikhlas banget dah.

      Hapus
    3. sssSSSStttt itu Foto kekasih saya Mang Lembu,, jangan ngayal disini yah..?

      Hapus
  3. kalau dari kelima cara di atas untuk mengatasi ketombe yang bandel, ada satu cara yng mungkin dapat di jadikan alternatif dari saya.
    kalau bandel mah boleh sekali-kali di pukul sama sapu lidi ajah deh...awas jangan terlalu keras mukulnya yah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener tuh kata bang cilembu...wkwkwk

      Hapus
    2. wah cara yang unik dan nyeleneh banget pastinya, silahkan dicobain atuh Mas Aan hehehe... kalo pake sapu lidi mah bukan dipukul atuh mang, tapi dikeprak eta mah :D

      Hapus
    3. sakalian ditakol ku palu MANG Lembu hahaha

      Hapus
    4. kalo ditakol sama palu mah dijamin deh itu ketombe langsung lenyap beserta orangnya :D

      Hapus
    5. Saya mah mau tidur saja akh, hariwang da aya Mang Lembu teh hkhkh :D

      Hapus
    6. Jangan tidur dulu kang, Mang Lembu kan lagi mengkampanyekan koplak bareng-bareng tuh di fesbuk ckckckk....

      Hapus
  4. bahan2 sederhana, luarbiasa manfaatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas mayan sederhana, namanya juga cara alami :)

      Hapus
    2. Ada yang terbuat dari batu gunung gak bahanya Mas Mar..?

      Hapus
  5. Dulu saya sering menggunakan minyak kemiri untuk minyak rambut, mas. Ternyata memang minyak kemiri ampuh mengurangi ketombe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pake minyak kemiri kayaknya saya belom pernah mas, tapi dulu sewaktu kecil seringnya pake minyak kelapa murni, kalo kata orang tua di daerah saya mah disebutnya minya keletik :D

      Hapus
    2. Kalau pakai minya Jelantah gimana tuh Mas Mar..?

      Hapus
    3. wah dijamin banget tuh mas, Insya Allah dijamin bakal dikerubutin semut maksudnya :D

      Hapus
  6. pas banget nih infonya hehehe
    terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mbak Ipah, makasi ya atas kunjungannya :)

      Hapus
  7. aku pake nomer... 3 aja ach, supaya kayak artis hollywood..

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan teh, dicoba aja :D

      Hapus
    2. Saya mah kumaha Ci Ibu saja lah, ngambil no 3 yah ngikut aja biar pass gitu :D

      Hapus
  8. hayooo yang lagi ketombean pake caranya ini bagus ne.. mas jadi gmana ya cara menghilangkan kutu, keponakan saya banyak kutunya mas.. request ne mas.. heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo untuk menghilangkan kutu mah bisa dicoba pake minyak kelapa murni mas, bisa juga pake minyak kayu putih yang dicampurkan dengan jeruk nipis, terus satu lagi nie cara yang paling mudah bisanya emak-emak dikampung pake sisir serit untuk menghilangkan kutu dan telurnya :D

      Hapus
  9. Ke 5 point bahan untuk mengatasi ketombe yang membandel akan saya coba, nanti jika ketombe saya gak bisa di urus sementara. ketombe di rambut saya No display Mas. tips ini saya simpan dulu mana perlu bisa saya gunakan. makasih ya Mas Marnes atas tips sehat nya salam santun :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo mas disimpan yang rapi ya tapi jangan kelamaan lho, soalnya ini gak pake bahan pengawet kalo kelamaan takut keburu basi lagi...kalo pun di angetin pasti rasanya beda :D

      Hapus
    2. Pokonya saya gak mau tau.. sing penting jika saya perlu harus ada Titik..!!! hhh

      Hapus
  10. Wah ada bahan alami juga ngatasin ketombe, bisa dicoba dirumah, terimakasih sharenya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicoba mas...
      Terimakasih juga udah berkenan mampir disini :)

      Hapus
  11. wahh ternyata teh basi juga bisa buat mengatasi ketombe yah gan hahaha kerenn kereenn langsung saya praktekanb aahhh kebetulan di rumah saya selalu ada teh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sok lah coba dipraktekan tar kalo berhasil laporan sama saya yah :D

      Hapus
  12. yang paling manjur no 4 Minyak kelapa murni,itu resep karuhun tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya sih gitu kang, waktu jaman SD saya pernah juga nyobain

      Hapus
    2. kalau yang bilangnya orang tuwa mah, saya yakin yen eta teh warisan karuhun.

      Hapus
    3. Naaaah tuh diatas saya Karuhun anu paralun nya sudah hadiirrr weessssst :D

      Hapus
  13. Wileujeng wengi Mas Marnes sumping deui simAbdi kakersana postingan Mas nu kacida saena. Ngawaca sareng ningal nu sanes nu parantos sumping rurumpaheun, pikeun nyumpingan artikel na Mas ieu. sanes kirang sono kumargi waktis tos wengi abdi badi mulih, waos tos teu kiat bade kulem, Mangga di kantun nya Mas. Wileujeung wengi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wilujeng wengi oge Mas Karrys... haturnuhun tos sumping deui di dieu....
      Wios bade kulem mah bilih kalamian teu kulem engekin teu dipasihan bakakak ku pamajikan hahahaaa....

      Hapus
  14. Aku belum pernah nyobain cara yg seperti disebutkan di atas mas, kalau ada ketombe sih aku cuma keramas terus pake kondisiner sedikit demi sedikit juga ilang :)

    BalasHapus