Inilah 5 Makanan Penyebab Munculnya Ketombe

Inilah 5 Makanan Penyebab Munculnya Ketombe
MarnesKliker.com - Apakah kulit kepala Anda sering gatal-gatal? Hmmm…mungkin penyebabnya karena terdapat banyak ketombe pada kulit kepala anda. Tahukah Anda bahwa makanan juga bisa menyebabkan munculnya ketombe? Tak hanya gaya hidup yang memicu munculnya ketombe, namun juga makanan yang kita konsumsi. Dan jika Anda tidak mencegah atau mengurangi asupan makanan penyebab munculnya ketombe ini dari sekarang, tentunya akan menimbulkan masalah baru yaitu kerontokan rambut.

Baca juga artikel kesehatan lainnya: 

Maka dari itu coba deh cek kembali daftar makanan di bawah ini, siapa tahu diantara makanan tersebut ada salah satu makanan favorit Anda.

1. Makanan Produk Susu
Jika Anda tidak ingin ketombe muncul di kulit kepala Anda. Untuk sementara waktu, coba hindari produk-produk makanan yang terbuat dari susu seperti es krim, keju dan susu murni. Karena makanan seperti ini mengurangi ketahanan kondisi kulit kepala dan akan memicu munculnya ketombe.

2. Gorengan
Makanan yang digoreng disinyalir menjadi penyebab munculnya ketombe. Makanan ini tak hanya menimbulkan kolesterol, namun bila berlebihan juga bisa merangsang minyak berlebihan di kulit kepala dan menyebabkan kulit kepala tak stabil dari lembab ke kering dan sebaliknya.

3. Makanan Mengandung Gula Tinggi
Makanan dengan kandungan gula yang tinggi mampu memperparah kondisi kulit kepala Anda yang berketombe. Hindari konsumsi gula berlebihan dalam seminggu. Ganti cemilan manis Anda dengan buah-buahan segar yang manis pohon.

4. Makanan Pedas
Makanan pedas memiliki potensi yang sama dengan makanan yang digoreng. Makanan seperti ini mampu memicu munculnya ketombe karena merangsang produksi minyak berlebih ke kulit kepala. Akibatnya rambut sering lepek dan gatal, bahkan hingga rambut patah.

5. Makanan Terlalu Panas
Ada baiknya Anda sedikit bersabar sebelum mengonsumsi makanan. Bila terlalu panas ternyata juga bisa merangsang kondisi tubuh kita dari bagian kepala hingga pencernaan. Suhu tubuh meningkat dan tubuh melakukan penyesuaian yang mempengaruhi kondisi kulit dan rambut.

Itulah 5 Makanan Penyebab Munculnya Ketombe di kulit kepala. Selain menjaga kebersihan rambut dan produk perawatan yang kita pilih, penting juga untuk menjaga agar makanan kita tak mempengaruhi kondisi rambut. Anda boleh mengonsumsi makanan di atas dengan kontrol yang seimbang. Namun bila ingin rambut cantik dan sehat, perbanyak konsumsi makanan alami seperti sayur, buah, kacang-kacangan dan ikan. Semoga bermanfaat!

Sumber gambar: tribunnews.com

38 komentar

nah ini mas bermanfaat banget buat aku, terutama aku kan pake jilbab jadi rentan keringat dikulit kepala yang mengakibatkan ketombe.. nice..

yang penting rajin perawatan aja mbak sama makanan juga harus diperhatikan, setidaknya makanan yang seperti di atas harus seimbang jangan berlebihan :)

wah selamat mbak dapet pertamax lagi nie :)

kalau begitu kita harus makan apa ? :D
di tunggu kunjungan baliknya gan di khaeruncorporation.blogspot.com

Wah ketinggalan pertamax..dapet premium teu sawios...


Btw artikenalna mantap kang..
http://colorinyourlife.blogspot.com/

PEDAS, banyak Gula dan PANAS nyaris setiap hari saya konsumsi. Wah rupanya tidak baik buat kesehatan rambut rupanya. Hmmmmmmm

Bukan berarti kita tidak boleh mengkonsumsi ke 5 makanan di atas brur, yang terpenting jangan berlebihan, segala sesuatunya jika terlalu berlebihan kan gak bagus juga toh :)

kalo saya yang paling sering itu makanan yang mengandung gulan tinggi sama yang panas, dan berasa banget dampaknya rambut saya jadi cepet berminyak

Ke 5 poin di atas pernah saya makan. Dan saya baru tau ternyata itu penyebab munculnya ketombe.

yang 1,2,4 saya sering makan tuuh...

Pantesan kalo makan pedas suka garuk garuk kepala... ternyata makanan pedas salah satu penyebab timbulnya ketombe :)

wah.. ternyata selain meningkatkan kolesterol, gorengan juga menyebabkan munculnya ketombe, padahal kan makanan kesukaan saya tuh, duh...

Pantesan saya mudah sekali ketombean Mas Marnes, karena saya suka pedas ternyata makanan yang di sebutkan diartikel mas itu yang merangsang timbulnya ketombe. baru tau nih makasih Mas

Mulai sekarang saya akan jaga pola makan saya agar tidak mudah ketombean. makasih sekali nih Mas atas info sehatnya :)

Ketombenya yang dapat Pertamax yah..? kalau Teh Santikanya mah gak dapet saya yang dapet Pertamax di artikel Ketombe ini iya kan..? hhh :D

antrittt no 2 3 dan 4 makanan Favorit saaya semua gan apalagi gorengan + pedes itru makanan sehari hari saya :3

dari pada blognya berat saya mah mendingan ketombean ajah dah ah

wah ternyata makanan juga bisa jadi penyebab ketombe yamas

kan malah enak mas,sewaktu2 mau goreng2 nggak usah beli minyak.kwkwk

waduh, ternyata daftar makanan saya semuanya masuk kategori makanan penyebab munculnya ketombe...waspadalah waspadalah :D

KALAU Harus ninggalin SUSU gk bisa kawan,,hee

Waduh, Poin 4 itu yang rasanya sangat sulit Mas untuk saya hindari, karena jika tidak makan pedas badan terasa lemas saya Mas.

waduh, ada 2 point yg sangat menjadi favorit saya kang, gorengan dan makanan yg pedas, ternyata dapat menyebabkan ketombe ya kang ... terima kasih kang

yang penting jangan keseringan dan berlebihan aja kali mas :)

kalo ngeliat dari penjelasan di atas sepertinya sih begitu kang :)

waspada untuk tidak mengkonsumsi makanan di atas secara berlebihan, harus seimbang pastinya :)

bisa juga mas kalo mengkonsumsinya berlebihan dan secara terus menerus :)

bukan cuma pernah mas kemungkinan ke 5 makanan di atas sering banget kita makan hampir setiap hari malahan

ya kalo bisa sih jangan keseringan mas

kalau lah ke 5 makanan ini menyebabkan ketombe.. lebih baik ada kurangin aja makannya ya mas..

huh pantesan temen SMAnya pernah cerita kalau kang Asep raja ketombe di SMA nya

pastinya mas, yang terpenting jangan keseringan dan berlebihan aja :)

hehehe... gak nyangka ya kalo ternyata kang Asep pernah menyandang gelar si Raja Ketombe sewaktu masa SMA ckckckk....

yo'i mas biar rambutnya makin sehat dan makin menawan, dijamin ntar banyak cewek yang naksir deh :D

Baru tahu aku kalau makanan pedas dapat menimbulkan adanya ketombe x_x


EmoticonEmoticon