Blogger Jateng

Anak-anak TK BIM Berkunjung ke Dapur McDonald's Joglo

Marneskliker.com - Setelah kemarin saya bagikan artikel tentang Pentingkah Pemeriksaan Psikologis Terhadap Anak Usia Dini. Kali ini kembali kita jumpa lagi dan saya bersyukur sekali karena hari ini saya masih diberikan kesehatan dan kesempatan sehingga hari ini saya masih bisa menulis dan sharing informasi dengan sobat semuanya. 
wisata kuliner, kunjungan ke dapur mcdonald's joglo, kunjungan wisata kuliner
Hari ini Kamis, 19 Desember 2013 sesuai dengan tema program semester 1 Sekolah Taman Kanak-Kanak PG/TK Bina Insan Mandiri akan mengadakan "Kunjungan ke Dapur McDonald’s" yang beralamat di Jl. Raya Joglo (Taman Alfa Indah) Kembangan - Jakarta Barat. Kepala Sekolah PG/TK Bina Insan Mandiri Murnah, S.Pd.I mengatakan, kunjungan ke luar seperti ini selalu dilakukan sejak sekolah ini berdiri. Biasanya kunjungan ini dilakukan setiap dua kali dalam satu semester. “Tempat kunjungan yang kami kunjungi pun selalu berbeda-beda sesuai dengan tema yang sudah ada dalam program semester, ujarnya”.

PG/TK Bina Insan Mandiri mengajak anak didiknya berkenalan dengan dunia dapur. Alasannya, banyak alat-alat dapur yang masih berbahaya bagi mereka. Misalnya, bagaimana cara penggunaan pisau, wajan atau panci di penggorengan. “Mereka memang bisa belajar di rumah, tapi kalau kunjungan seperti ini suasananya jadi lebih menyenangkan”, terang kepala sekolah.
kunjungan wisata kuliner, berkunjung ke mcdonald's
Sebelum melakukan kunjungan ke dapur McDonalds anak-anak PG/TK Bina Insan Mandiri berkumpul dan berbaris di depan kelas masing-masing, kemudian guru kelas masing-masing kelompok membimbing membaca doa, seperti Doa Keluar Rumah dan Doa Ketika Naik Kendaraan yang diikuti oleh anak-anak secara bersama-sama.

Tepat jam 8.00 WIB anak-anak pun berangkat menuju lokasi yang menjadi tempat kunjungan pada kegiatan kali ini sesuai dengan tema pada program semester 1. Anak-anak terlihat antusias dan semangat sekali untuk segera sampai ditempat tujuan.
anak-anak paud berkunjung ke mcdonald's joglo
Singkat cerita, tibalah anak-anak dilokasi yang menjadi tempat kunjungan yaitu McDonlad’s Joglo. Anak-anak berbaris dengan rapi kemudian masuk dengan tertib ke ruangan dan disambut oleh staf McDonald’s. Dilanjutkan dengan perkenalan dari staf McDonald's sebagai pemandu kemudian memberikan pengarahan dan penjelasan tentang kegiatan hari ini. 
wisata kuliner anak-anak, kunjunga ke dapur mcdonald's
Kegiatan pertama dimulai dengan mewarnai gambar. Anak-anak sibuk mewarnai gambar yang didampingi oleh guru kelasnya masing-masing, ada juga sebagian anak-anak yang didampingi oleh pengasuhnya. Sementara bagi sebagian orang tua yang ikut mengantar menunggu dibagian luar, mengobrol dan memotret kegiatan yang tengah dilakukan oleh anak-anaknya.
wisata kuliner anak, kunjungan ke mcdonald's
Setelah selesai mewarnai, anak-anak pun kemudian berbaris dan memulai tur ke dapur McDonalds. Anak-anak diajak berkeliling ke tempat penyimpanan barang dan area drive thru. Disini staf McDonalds menjelaskan tentang kegunaan peralatan yang ada di dapur McDonalds, diantaranya: mesin pemanggang roti dan daging, peralatan untuk menggoreng daging ayam, tempat pemanas bubur, mesin pembuat minuman soda. 
berkunjung ke mcdonald's joglo, anak-anak rekreasi ke tempat kuliner
Dikenalkan juga ruangan pendingin yang besar untuk menyimpan bahan-bahan makanan, seperti Freezer yaitu tempat untuk menyimpan daging ayam, dan roti sedangkan Chiller, yaitu tempat penyimpanan sayur, terigu, keju dan lain-lain. Selain itu anak-anak juga diperlihatkan bagaimana cara membuat ayam goreng dan makanan lain yang dijual di gerai McDonald's. 
wisata kuliner anak, berkunjung ke mcdonald's
Terakhir para siswa PG dan TK ini diajak untuk melihat cara pembuatan es krim secara langsung yang membuat anak-anak ini semakin antusias dan senang dibuatnya. Hmmm...hari ini sangat menyenangkan, namun tiba waktunya anak-anak PG/TK Bina Insan Mandiri ini harus pamit dan kembali ke sekolah. Tak lupa anak-anak mengucapakan terimakasih kepada kakak-kakak pemandu dari McDonald's yang telah berbaik hati berbagi pengetahuan pada hari ini.

117 komentar untuk "Anak-anak TK BIM Berkunjung ke Dapur McDonald's Joglo "

  1. saya melihat di photo-photo itu anak - anak tersebut sangat antusias sekali ya mas.
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas mereka sepertinya sangat antusias banget :)

      Hapus
    2. mungkin karena anak anak memiliki rasa keingintahuan yang sangat tinggi :)

      Hapus
    3. Kayaknya sie begitu kang :)

      Hapus
    4. yang lebih menyenangkan pastinya dapat menu gratis :D

      Hapus
    5. kan mbak mbak pramusajinya juga menyenangkan

      Hapus
    6. Menyenangkan buat di pandang ya mas :D

      Hapus
    7. di pandang boleh,tapi jangan dibawa pulang lho,,,

      Hapus
    8. Wah kalo dibawa pulang berabe kang, berat gendongnya hehehe....

      Hapus
    9. Seru ya, kapan-kapan yang di ajak ke MCD teman-teman blogger mas Marnes hehehe...

      Hapus
    10. Wah kalo cuma sekedar ngajak mah gampang mas, bisa diatur...yang penting bayar masing-masing ya wkwkwk....kayaknya seru tuh kalo para blogger ngadain kopdar :)

      Hapus
    11. Mas Marnes Oh mas marnes

      Hapus
    12. Kenapa mas? kangen ya sama orang ganteng wkwkwkwk....

      Hapus
  2. Wah, ini strategi pembelajaran yang bagus buat anak-anak, mas Marnes...memanfaatkan lingkungan sebagai sumber dan bahan belajar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali pak uda, tujuan dari kunjungan ini guna untuk mengajarkan anak tentang lingkungan, seperti berinteraksi dengan masyarakat, disini juga menjelaskan anak untuk mengetahui bagaimana terjadinya proses juali-beli karena anak-anak ini yang akan mempraktekan melakukan pembelian di McD dan guru hanya memandu saja :)

      Hapus
  3. Balasan
    1. Pastinya sob, di usia anak-anak ini kan banyak hal yang pengen mereka ketahui lebih banyak lagi

      Hapus
  4. Selamat sore Mas Marnes simak nih artikelnya yang sangat unik dan menarik
    Strategi nya sangat menarik deh Mas bisa menjadi pencerahan pada anak - anak
    Yang secara otomatic bisa menumbuh kembangkan imazinasi dan daya pikir
    Anak pada education refreshing dan kuliner dalam tahap evaluasi daya pikir
    Seorang anak akan lingkungan dan keseharian. makasih atas opini nya Mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups betul banget mas karrys, pola seperti ini lah yang diharapkan lebih mengena buat anak-anak, pada anak-anak usia TK memang pola belajar harus disertai dengan yang namanya bermain dan refreshing.

      Hapus
  5. wah mas marnes itu guru ya..? kok bisa bareng sama anak anak dan mengabadikan kegiatannya sih...??? oya itu mbak mbak yang nggak pake kerudung dah nikah apa belum ya mas...?? ckckckckckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bukan guru Mas Nady, saya cuma sebagai kuli hehehe...
      yang membuat dokumentasinya ya guru-guru TK tersebut... wah mbak sapa ya? saya gak tau mas coz saya gak ikut dalam kunjungannya :)

      Hapus
  6. Kegiatan yang sangat bagus untuk anak" selain untuk refresing juga menambah pengalaman buat para anak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mas, selain refreshing dan menambah pengalaman bagi si anak tentunya kegiatan kunjungan seperti ini memberikan pengetahuan dan wawasan baru bagi anak-anak tersebut.

      Hapus
  7. beruntung sekali ya mas ,anak-anak jaman sekarang.
    dulu saya sekolah ya taunya pagi masuk sekolah abis pelajaran pulang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saya juga mas Reo, bahkan TK aja saya gak pernah ngalami sampe hari ini saya gak pernah lulus TK mas hehehe..........

      Hapus
    2. bukannya bang Reo abis pelajaran ngelayap..

      Hapus
    3. Ngelayap kemana bang Reo mas, ajak-ajak saya donk :d

      Hapus
  8. bisnis yang perduli dengan anak-anak dan dunia pendidikan . mcdonalds sungguh pintar dalam mengembangkan bisnisnya. Jarang lo wiralaba yang seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga ya mas sepertinya tidak banyak waralaba yang seperti ini, selain McDonalds biasanya TK BIM ini melakukan kunjungan ke Gramedia dan tempat pemadam kebakaran disesuai dengan tema pada program semester

      Hapus
    2. TK nya sungguh keren tu, sehingga murid tidak jenuh dalam belajar. Alam luar bisa menjadi tempat belajar dan menimba wawasan atau ilmu.

      Hapus
    3. Iya mas memang kegiatan kunjungan ini sudah ada dalam program semester, tapi kegiatan kunjungannya beda-beda disesuai dengan tema.

      Hapus
  9. waw, memang paling seru yah belajar bareng anak2 TK hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, bisa bikin awet muda loh hehehe....

      Hapus
  10. Jadi ndak sekedar hanya di ajarkan di sekolah..
    Cara,seperti ini.. Sesekali memang perlu utk menambah pengetahuan anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas Pur, dengan adanya belajar di luar kelas tentunya bisa memberikan suasana baru yang menyenangkan bagi anak-anak

      Hapus
  11. suasana belajar sambil bermain membuat anak semangat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya kang, namanya juga dunia anak ya pastinya belajar sambil bermain dan bermain sambil belajar :)

      Hapus
  12. seru ya acaranya.. selain memperkenalkan, juga nambah wawasan.. mantapp... :-bd

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget tuh mas pastinya seru keliatan dari mereka yang mengikuti kunjungan terlihat antusias banget

      Hapus
  13. keren ya mas, anak2 TK jaman sekarang kunjunganya ke mc donalds :)
    kalau anak TK jaman dulu cuma diwarung depan sekolahan aja, hehehe :P
    senang saya mendengarnya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak jaman sekarang sama jaman dulu emang beda banget

      Hapus
  14. bagus juga yah ada kegiatan seperti ini, sehingga para murid menjadi lebih kreatif dan juga menjadi hiburan yang bermanfaat di luar kegiatan sekolah meraka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas belajar di luar kelas jadi lebih menyenangkan buat anak-anak dan lebih fun :)

      Hapus
    2. saya dulu pas sekolah kok nggak pernah yah ada acara keluar sekolah seperti ini hehe...

      Hapus
  15. Wahh seneng tuuhh para murid kalau belajarnya sambil berkunjung... Jadi tidak merasa bosan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya mbak, apalagi kalo dapet es krim gratis pasti tambah seneng tuh :)

      Hapus
  16. Kegiatan yang sangat perlu untuk meningkatkan semangat belajar, kreatif dan bermanfaat gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nie gan, thanks ya atas kunjungannya :)

      Hapus
  17. activity begini bagus untuk expose kepada anak-anak mengenai pemprosesan makanan di mcdonalds.. jika asyik belajar di dalam kuliah pasti akan rasa mengantuk dan bosan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mizz Aiza kalo anak-anak belajar di dalam kelas terus yang ada nanti malah cepat jenuh, makanya sesekali perlu diadakan pembelajaran di luar kelas :)

      Hapus
  18. nurut banget nih anak-anak anteng... antusias ndengerin pemandunya.. senangnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya terang aja anak-anak antusias dan anteng mas, orang diiming-imingi mo dapet es krim gratis dari kakak pemandunya hehehe...

      Hapus
    2. wuah, saya juga mau ikutan kalo dikasi es krim

      Hapus
    3. Es krimnya udah abis mbak, kalo es keprok mau gak :d

      Hapus
  19. bocah2 bahagia... antusia ndengerin pemandunya.. gak bandel :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mas Rachmat dulunya ga bandel kan hehehe..........

      Hapus
  20. nampaknya rame sekali tuh , , ,
    ikutann dah , ,dari pada kesepian ,,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas silahkan ikutan gabung tapi harus daftar jadi anak TK dulu ya :)

      Hapus
  21. anak tk emang nyenengin, kadang ngeselin jugasih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Dwi bukan guru mas tapi dosen, dosen blogging hehehe...

      Hapus
  22. Saya juga jarang main kesini sekarang, saya melihatnya juga ikut pangling ini, haha, musim ganti template nih sekarang para blogger, oh iya saya hampir lupa mas marnes sudah saya follow ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga sie mas, sepertinya menjelang pergantian tahun ini banyak para blogger yang mengganti templatenya ya :) Terimakasih mas udah follow blog saya :)

      Hapus
  23. Wah seru banget acaranya sob, ...

    Ayo Makan..makan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sob sepertinya keliatan seru banget acaranya....
      Ayo makan sepuas-puasnya tar bayar masing-masing ya :)

      Hapus
  24. manfaat panci bagi kpk troops itu untuk melempar siapa saja yang ingin dilempar. hehehe
    disitu ada kata panci sih mas..
    kalau buat pengalaman baru bagi si anak pasti anak jadi seneng dan bapak ibunya juga seneng dapat makan gratis. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Agus mao ta' lempar pake panci ga? xixixiii.....
      Anak-anaknya sih biasanya dapat jatah makan es krim gratis gak tau deh kalo untuk orang tuanya, kayaknya bayar kali mas :)

      Hapus
  25. wuah, kalo anak kecil emang dilihatnya imut-imut ya, seger ngeliatnya... unyu-unyu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Ocha juga unyu...unyu...hehehe......

      Hapus
    2. kang Marnes juga onyo onyo kakakak

      Hapus
    3. Walaupun saya udah tinggal di Jakarta dari taon 2000, jujur aja sebenernya saya gak ngerti dengan istilah-istilah anak jaman sekarang... unyu-unyu itu apa ya? Kirain saya sebutan buat fansnya Band Ungu, atau unyu-unyu itu artinya lucu...ah sabodo teuing da teu ngarti uing mah, deui na oge da moal ditanyakeun ku malaikat eta mah hehehehe..........

      Hapus
  26. Kreatif mas. Pembelajaran dengan mengenal langsung lebih baik.
    Mas Marnes seorang Guru ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya cuma seorang pegawai aja mas...
      salam kenal dan makasi ya udah berkenan mampir disini :)

      Hapus
  27. anak didik mas marnes ya?
    hehehehehe,,,,,

    seneng banget sekolah sekarang d ajak berkunjung ke MD

    BalasHapus
  28. wah kegiatan yang sangat menyenangkan tuh buat anak-anak TK,pelajaran yang paling gampang diserap oleh anak usia dini memag harus seperti itu,ketibang belajar didalam ruang kelas,,,,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kang, jangankan buat anak TK buat anak yang udah gede juga tentu menyenangkan kalo dikasih es krim gratis mah hehehe..........

      Hapus
  29. senengnya anak-anak itu bisa melihat langsung dapur hosting, eh.. dapur Mc Donalds..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang membuat senang anak-anak bukan cuma bisa liat langsung dapur McD tapi jatah es krim gratisnya itu kayaknya yang membuat lebih senang hehehe...

      Hapus
  30. wah asyik banget ya bisa berkunjung di dapur mc donald. Bisa ikut sekalian mencicipi hamburger dan kentucky ya mas. Jadi dengan adanya kunjungan lapanagan tersebut bisa memperkenalkan siswa tentang dunia luar, tidak hanya kenal baca tulis saja, tetapi juga kenal berdagang dan lain sebagainya ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sudah tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata mbak tapi harus dengan tindakan dan perbuatan hehehe....tentunya hal seperti ini pasti menyenangkan banget bagi anak-anak karena rasa keingintahuannya begitu tinggi dan ingin mencoba mengetahui hal-hal baru :)

      Hapus
  31. Balasan
    1. Iya Mbak bikin gemas pengen nyubitin aja atu-atu hehehe...

      Hapus
  32. wah pulangnya pasti diberi bekal sama Mc Donald ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tau aja nie bang Joe, kebetulan saya juga kebagian jatah 1 paket nasi McD :)

      Hapus
  33. asyik sekali mas, bisa berkunjung di dapur mc donald bisa ikut makan makan dong ya, he............m jangan lupa bungkus mas, buat saya ckakakakaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya donk, kebetulan saya gak ikut mas cuma kalo paket nasinya sih Alhamdulillah kebagian jatah juga saya hehehe... berapa bungkus mas? Bisa langsung request ke kelurahan setempat loh...loh...hahay.....

      Hapus
  34. kirain ada yang ulang tahun mas. ternyata kunjungan ke MCD ya.
    jadi lebih tau cara penyajiannya ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas acara kunjungan ke dapur McDoanlds...
      Thanks ya atas kunjungannya :)

      Hapus
  35. Saya ketinggalan berita terus nih Mas...
    Maaf baru bsa BW..
    Infonya sangat menarik. dari kecil anak sudah dikenalkan dengan dunia kreatif. Semoga bisa menjadi bekal kalo sudah dewasa untuk menjadi wirausahawan dan membuka lapangan kerja baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gak apa-apa kang, santai aja kayak di pantai... :)

      Hapus
  36. selamat Sore Mas. wah sangat seru melihat kegiatan di atas Mas, ingin rasanya saya juga mengajak anak Murid saya yang di SD ketempat tempat seperti di atas, tapi lokasinya sangat jauh dari Kota Mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas seru banget liat anak-anak begitu antusiasnya ketika diajak berkunjung ke McDonald's, makasi ya atas kunjungannya :)

      Hapus
  37. Wah asik sekali yah ke mc donalds. Tapi kalau kang marnes kesana pasti ayam-ayam pada ilang loh wkwkwk :D
    Template baru yah kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk....emang gw tukang nyolong ayam? paling yang ilang pramusajinya yang ane gondol bawa pulang wkwkwk........

      Hapus
  38. kalau kunjungan ke kuliner indonesia kayaknya lebih mantap tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kalo kunjungan kuliner lebih cocok buat gurunya atau wali muridnya kali mas, selain kunjungan ke dapur mcdonalds pernah juga melakukan kunjungan ke supermarket atau ke tempat pemadam kebakaran :)

      Hapus
  39. Dapat belakangan nih...maklum baru lihat2 dapur..hehe
    pasti asyik ya mas mengunjungi tempat2 seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya asiklah mbak apalagi dapat makan gratis pasti lebih asyik tuh hehehe...

      Hapus
  40. semoga kunjungan ke dapur McDonald ini bisa memberi manfaat buat bagi anak2 TK Bina Insan Mandiri :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin... Makasi kang atas kunjungannya :)

      Hapus
  41. wahhh kayaknya asikkk tuh gan main ke dapurnya Om MCdonald haha saya jadi kepengen main juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya asyik donk, yuk maen ke mcd jangan lupa bawa uang yang banyak buat traktir saya ya hehehe...

      Hapus
  42. awas de jangan ribut yah, antre kalo dikasih eskrim tuh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak, ade gak ribut ko hehehe..........

      Hapus
  43. sehigga para siswa taman kanak-kanak selain bisa belajar, juga bisa bermain ya mas kalau di ajak ke luar sekolah. Bisa juga sekalian nyicipi produk dari mc donald :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak selain bisa belajar juga bisa nyicipi produk mcdonalds tentunya :)

      Hapus
    2. kalau bisa nyicipi gratis, saya juga mau mas hehehe :D
      lumayan bisa buat makan malam hehee :D

      Hapus
    3. kalau dah ngomongin gratis mah pasti semua orang juga mau ya hehehe...
      gratis gitu loh.... :d

      Hapus
  44. Kunjungan yang menarik ^^

    Habis kunjungan terus laper bisa langsung makan deh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya mbak kalo laper ya tinggal makan aja :)

      Hapus
  45. Wah menarik sekali ya, anak2 jadi ada kesempatan untuk melihat langsug bagaimana
    makanan kesukaan mereka di olah. Apa kabar mas Marnes, sukses selalu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Mas Jefan kabar saya baik-baik aja nie, sukses juga buat mas Jefan ya :)

      Hapus
  46. Gak dapat makanan gratis dari macdonald yah pas pulangnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah lupa mas, kayaknya dapet bingkisan apa gitu...

      Hapus