6 Penyebab Bau Mulut yang Harus Anda Ketahui

Penyebab Bau Mulut yang Harus Anda Ketahui - Mungkin banyak diantara kita yang memiliki masalah bau mulut atau bau nafas tak sedap. Masalah ini kadang muncul dan itu wajar. Tetapi pada tingkat tertentu, masalah ini bisa menjadi kronis dan besar. Salah satu cara untuk mengetahui mengapa bau mulut bisa muncul adalah dengan mencari penyebabnya. Baca juga: 4 Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut 

penyebab bau mulut dan cara mengatasinya, obat penghilang bau mulut
ilustrasi: penyebab bau mulut yang harus diketahui [foto: tampilcantik.com]

Dalam dunia medis, keluhan bau mulut dikenal dengan istilah halitosis. Terkadang muncul lantaran masalah sepele, seperti kebersihan mulut dan gigi yang buruk. Tetapi di sisi lain, masalah bau mulut juga bisa menjadi indikasi adanya kondisi medis yang jauh lebih serius. Berikut adalah beberapa penyebab bau mulut yang harus anda ketahui.

1. Kebersihan gigi kurang terjaga

Gigi yang tidak bersih menyebabkan 85% kasus bau mulut, menurut sebuah penelitian yang dituangkan dalam International Journal of Oral Science. Sisa makanan yang masih menempel di gigi menjadi makanan empuk bakteri. Karena bakteri menyukai tempat yang basah, lembab, sekaligus hangat, maka gigi dimana sisa makanan berada bisa menjadi tempat berkembang biak yang sangat disukai. Bakteri-bakteri inilah yang menjadi penyebab munculnya bau mulut anda. Bakteri-bakteri ini menghasilkan senyawa-senyawa sulfur yang baunya seperti telur busuk. Untuk itu, rajin-rajinlah sikat gigi dan berkumur lah sekurang-kurangnya dua kali sehari, jangan lupa bersihkan pula bagian lidah, karena bakteri sejenis itu bisa hidup tanpa oksigen di bagian belakang lidah.

2. Tubuh kurang asupan air

Kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi menyebabkan produksi saliva (air liur) menurun. Padahal salah satu fungsi saliva adalah untuk membersihkan bakteri-bakteri di dalam mulut. Saliva juga menjaga sel-sel di dalam mulut tetap hidup. Jika kita kekurangan saliva, maka sel-sel di dalam mulut banyak yang mati. Sel-sel mati ini juga bisa menjadi sumber bau busuk. Minumlah air dalam jumlah cukup, sekurang-kurangnya 8 ons (takaran gelas sejenis) atau 1,8 liter air per hari. 

3. Banyak mengkonsumsi makanan penyebab bau mulut

Hal yang paling lumrah dan kita semua tahu bahwa bawang adalah salah satu bahan makanan penyebab bau mulut. Namun tahukah anda bahwa produk-produk makanan berbahan susu dapat menyebabkan aroma seperti sulfur. Maka tidak heran jika anda pernah mendengar bahwa para penyanyi profesional seringkali menghindari makanan atau minuman berbahan susu, terutama jika mereka hendak tampil. Makanan-makanan berkarbohidrat tinggi juga berpotensi menarik perhatian bakteri karena kandungan gulanya yang tinggi. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang berserat karena dpat membantu untuk mengimbangi dan mengurangi masalah bau mulut. Selain makanan, merokok juga terbukti menjadi salah satu penyebab bau mulut.

4. Infeksi sinus atau amandel

Infeksi dapat terjadi di sinus dan dapat menyebabkan aroma tidak sedap. Salah satu cara untuk mengatasi infeksi tersebut adalah dengan antibiotik yang sesuai dengan anjuran dari dokter. Kasus infeksi amandel yang menyebabkan peradangan pada amandel, ataupun radang tenggorokan dapat menghasilkan butiran-butiran kalsium di bagian belakang tenggorokan, dan selanjutnya juga menyebabkan aroma tidak enak yang keluar dari mulut. Cara paling mudah dan terbukti manjur adalah dengan berkumur menggunakan air berkadar garam tinggi. Fungsinya untuk membunuh bakteri-bakteri penyebabnya. Tambahkan satu sendok makan garam ke dalam kurang lebih seperempat liter air dan gunakan untuk berkumur di pagi hari, dalam 2 atau tiga hari. Setelah itu, makanlah yoghurt yang memiliki kandungan “bakteri baik”.

5. Kadar asam lambung tinggi

Orang yang berada pada kondisi dimana tingkat asam lambung tinggi (maag), seringkali bersendawa dengan diikuti keluarnya aroma yang tidak enak. Aroma tersebut mirip aroma asam cuka. Banyak orang menduga bahwa asam lambung hanya berkaitan dengan bagian pencernaan. Namun pada kondisi yang lebih buruk, asam lambung juga bisa mencapai sinus dan bagian dalam telinga. Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang memacu peningkatan asam lambung hingga jumlah yang tidak diharapkan, misalnya minuman beralkohol, coklat, kayu manis, dan lain-lain.

6. Mengidap penyakit serius atau parah

Meski jarang ditemui, beberapa kasus bau mulut juga ditemui pada penderita kanker di bagian hidung, tenggorokan, telinga, dan leher. Aroma tidak sedap ini disebabkan oleh kanker itu sendiri. Namun demikian, hal paling utama sebagai penyebab mulut adalah kebersihan mulut, khususnya kebersihan gigi. Jadi jika anda mendapati bau mulut anda tiba-tiba semakin tidak sedap, jangan langsung panik. Kebersihan mulut seringkali diabaikan dan kalah oleh kebersihan bagian tubuh luar, penampilan. Sekarang saatnya untuk menyadari bahwa bagian mulut juga butuh perhatian yang sama. 

30 komentar

Biar mengurangi dan sebagai pencegahan bau mulut basanya kita bisa menggosok gigi dan berkumur sesah makan dan sebelum serta sesuah bangun tidur. Agar mulut tetap terjaga tidak bau dengan hawa yang menyengat mas. he,, he, he,

saya biasanya hanya menjaga kebersihan muluh saja mas dengan sikat gigi dan minum air yang cukup. bukan hanya untuk mengurangi bau mulut saja, tapi untuk kesehatan tubuh lainnya.

Kadar asam lambung yang tinggi mungkin karena sifat asam nya yang melebihi kadar basa dalam tubuh Jadi cairan dalam tubuh menjadi lebih mudah korosif atau memerlukan cairan tambahan agar lambung aman. Mungkin lumrah kali ya namanya juga orang berpuasa hiheihiehieee

skrg bau mulut org yg berpuasa, gimana mas? gapapa kan :D

jadi intinya: menjaga kebersihan mulut mah harus total ya kang, dari menyikat gigi, pakai obat kumur, minum air putih yg banyak, menghindari makanan penyebab bau mulut dan se-bagainya.. jadi gak cukup hanya dgn gosok gigi aja.

udah saya bahas pada postingan sebelumnya neng, tentang 4 cara mudah mengatasi bau mulut saat berpuasa

pake masker tiga lapis mang, hahaha..

Saya juga seperti itu mas dan betul banget bukan hanya sekedar mengurangi bau mulut saja tapi juga untuk kesehata tubuh secara keseluruhan

mendingan kue lapis mang enak dimakan, beneran deh :D

luah...setelah tau penyebab bau mulut lalu saya harus bilang WOW...gituh?

kalau yang bau mulutnya kaya gambar diatas itu mah...saya ikhlas deh mencium bau mulutnya...suwertekewerkewer deh

Benar banget tuh mas kurang asupan air sangat memicu bau mulut, Ya seperti sekarang ini bulan puasa kita harus pintar pintar menyempatkan minum air putih yang cukup pada saat sahur dan berbuka. Btw menyikat puasa pada saat berpuasa membatalkan gak mas ?

Wahh itu mh mang Lembu ngarep kali ya :D haha

kebanyakan sih karena makan nggak aturan tuh mas,semua asal masuk yg penting enak

kalau perlu waktu makan giginya dicopot dulu biar nggak kotor

itu salah satu faktor utama nya mas, apalagi kalo belum perut merasa sakit masih aja lalap :D

banyak nya faktor penyebab bau mulut memang sih perlu di perhtikan ya mah, menjaga mulut selama bulan ramadhan dengan enzim :D

nih promosi kan bilang aja coba :D

bau mulut memang jadi penyebab ke pedean dalam pergaulan, maka dengan demikian sangatlah penting menjaga mulut dengan cara menggosok gigi, iya mah begitu ?

sekalian di rendam pakai rinso ya "


EmoticonEmoticon