4 Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Cara Mudah Atasi Bau Mulut Saat Berpuasa - Saat kita berpuasa, mulut akan mengalami kekeringan karena tidak makan dan minum, sehingga produksi air liur menjadi berkurang. Hal inilah yang menjadi penyebab utama bau mulut.

Bau mulut saat Puasa dapat menjadi masalah utama ketika harus bertemu dan berbicara dengan banyak orang. Anda yang memiliki aktivitas tinggi saat bulan Puasa tentu tak mau memiliki napas yang tak segar sehingga dapat menjadikan anda kurang percaya diri.

tips atasi bau mulut saat puasa, cara usir bau mulut
ilustrasi [foto: liputan6.com]

Untuk mengatasi hal tersebut di atas, berikut empat cara mudah dan efektif mengatasi bau mulut selama Puasa seperti dikutip dari Boldsky.com.

1. Perbanyak minum air putih saat sahur

Setelah makan sahur atau sambil menunggu waktunya imsak, manfaatkan waktu tersebut untuk minum air putih. Minumlah sedikitnya, 2-3 gelas air putih.

Minum air putih menjaga agar mulut tidak terlalu kering sehingga mencegah bau mulut. Saat waktunya berbuka puasa, jangan lupa juga untuk minum air putih agar tubuh terhidrasi dengan baik. 

2. Sikat gigi setelah makan

Baik saat bulan Puasa maupun tidak, sikat gigi setelah makan harus dilakukan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Saat bulan Ramadan, jangan lupa menyikat gigi setelah makan sahur untuk mencegah datangnya bakteri penyebab bau mulut.

3. Gunakan obat kumur antibakteri

Hanya dengan sikat gigi terkadang tak mampu menjangkau semua sela-sela gigi. Gunakannlah obat kumur antibakteri agar maksimal membersihkan seluruh sela-sela gigi atau rongga mulut. Dengan begitu, tak ada sisa makanan dan mencegah datangnya bakteri.

4. Bersihkan lidah

Tak hanya gigi, lidah juga menjadi bagian yang harus dibersihkan. Lidah bisa menjadi tempat menempelnya sisa makanan. Tak tertutup kemungkinan bakteri penyebab bau mulut terdapat di lidah. Gunakan pembersih lidah setidaknya dua kali dalam sehari untuk menghilangkan plak dan mencegah bau mulut terjadi.

Itulah empat cara mudah mengatasi bau mulut selama berpuasa, semoga bermanfaat untuk kita semua.

33 komentar

eh langsung saya ambil lg nih pertamaxnya
week

menggunakan pembersih lidah tuh yg belum pernah saya lakuin mas.
tp kayaknya nggak perlu deh soalnya bau mulut saya kan wangi :D

bau mulut itu memang salah satu masalah bagi banyak orang apalagi disaat berpuasa ya mas

ayo semangat lg ngeblognya mas,kita ramein lg group KPK nya sebagai penyemangat ngeblog

sampai klimax saya ambil biar puas

koq sekarang iklan pop up nya ilang ya mas,kemarin kan masih ada tuh,apa memang sampean ganti

buset ... ini komentarnya dibaja semua sama mas yanto ... :D

Mas yanto memang fans beratnya marneskliker.com ... jempol dah buat mas yanto....

Kata pak ustad..... Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak misk....." :)

Habis sahur jangan lupa sikat gigi. Kalau terlalu banyak minum air putih nanti inginnya pipis terus. Repot juga jadinya.

Cukup gosok gigi plus obat kumur rutin sehabis makan saya mah, cukup ampuh buat menyegarkan mulut :)

kang yang nomor empat itu ada alat pembersih lidah, kayak apa ya? saya gak tahu... siwak bukan?

langsung cekidot deh kalau gini mas, memang kalau puasa pasti bau mulut sering kali menjadi hambatan, setidaknya dengan cara mengatasi bau mulut pada waktu puasa bisa menguranginya, thanks for sharingnya mas

Jaga pola makan saat sahur tidak dengan makanan yang menyebabkan bau mulut ya mas seperti pete atau jengkol :)

saya malah nggak setuju bau mulut puasa di bersih-bersihin, bukankah bau mulut orang berpuasa kelak mewangi sepanjang masa di akheratnya kelak

saya malah nggak setuju bau mulut puasa di bersih-bersihin, bukankah bau mulut orang berpuasa kelak mewangi sepanjang masa di akheratnya kelak

tau tuh grupnya aja udah sepi kayak kuburan, para seniornya kayaknya udah mulai lesu :D

gak saya ganti kok mas, kadang muncul kadang kagak kayaknya

Betul banget itu kang, lain halnya bau mulut yang disebabkan karena faktor yang laen, misalnya karena gigi berlubang gituh...

itu sih udah menjadi keharusan mas DJ, gak betah banget deh ih masa abis makan gak gosok gigi...

di supermarket banyak tersedia lho mas, siahkan cari sendiri yah :D

sama-sama, semoga bermanfaat yah

Saya biasanya cuma gosok gigi, kalau masih bau ya biarin aja. Saya percaya diri aja, lha wong kenyataannya lagi puasa mau apa.

saya sahur malah minum coffee white mas..hehe :D
ya gimana coba, ibu dan bapakke minumnya itu. ya saya dsruh ngabisin stengahnya.

La wong bau mulutk kayak bau minyak kesturi lho :)
kabuuur

walaupun di dunia bau tapi di akherat baunya bagaikan bunga kasturi ya mas :D


EmoticonEmoticon