Ini Dia Daftar Lengkap UMK Banten Tahun 2016

Daftar UMK 2016 Provinsi Banten

Daftar UMK Banten 2016 - Sebagimana daerah-daerah lain yang telah menetapkan kenaikan UMK untuk periode 2016, hal serupa juga telah dilakukan Gubernur Provinsi Banten, Rano Karno, telah menetapkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK). Pengesahan tersebut seiring dengan telah ditandatanganinya Surat Keputusan Gubernur Banten, No. 561/Kep.519-Huk/2015 tentang penetapan upah minimum Kabupaten/kota se-Provinsi Banten. 

Baca juga: Inilah Daftar Lengkap UMK Jateng Tahun 2016

Dikutip dari Radarbanten.co.id, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten, Hudaya memaparkan rumusan kenaikan Upah Minimum 2016 adalah hasil dari Upah Minimum 2015 dikali inflasi nasional ditambah PDB nasional. Artinya, UM 2015 dikali 6,83 persen + 4,67 persen. Baca juga: Inilah Daftar Lengkap UMK Jatim Tahun 2016

Berikut rincian kenaikan UMK Provinsi Banten tahun 2016 :

1.  Kabupaten Lebak  - dari Rp. 1.728.000 menjadi Rp. 1.926.720
2.  Kabupaten Pandeglang - dari Rp. 1.737.000 menjadi Rp. 1.936.755
3.  Kabupaten Serang - dari Rp. 2.700.000 menjadi Rp. 3.010.500
4.  Kota Serang - dari Rp. 2.375.000 menjadi Rp. 2.648.125
5.  Kota Cilegon - dari Rp. 2.760.590 menjadi Rp. 3.078.058
6.  Kota Tangerang - dari Rp. 2.730.000 menjadi Rp. 3.043.950
7.  Kabupaten Tangerang - dari Rp. 2.710.000 menjadi Rp. 3.021.650
8.  Kota Tangsel - dari Rp. 2.710.000 menjadi Rp. 3.021.650

Menurut Hudaya, rumusan tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 78 tahun 2015 tentang Pengupahan. Dalam PP 78 ditegaskan bahwa setiap perusahaan wajib menjalankan ketentuan itu. Perusahaan yang tidak menjalankannya bisa mendapat sanksi dari teguran tertulis sampai dengan pembekuan izin usahanya. 

Baca juga: Inilah Daftar Lengkap UMK Jabar Tahun 2016

Hudaya juga menjelaskan bahwa ketetapan Gubernur tersebut mengacu kepada PP 78/2015, tentang Pengupahan. “Kita harus taat azas, Peraturan Pemerintah itu diterbitkan untuk kepentingan yang lebih luas dalam aspek kesejahteraan para pekerja atau buruh. Harus dipahami secara lebih mendalam, bahwa upah minimum itu diterbitkan sebagai garis pengaman untuk upah yang akan diformulasikan oleh perusahaan dalam menyusun skala upah untuk masing-masing pekerja, dari aspek lain. Seperti halnya tunjangan masa kerja, jaminan kesehatan, jaminan ketenagakerjaan, jaminan pensiun dan lain sebagainya, termasuk insentive lemburnya”, papar Hudaya (22/11/2015).

53 komentar

makin sejahtera semuanya, semoga bangsa ini makin berjaya di bidang ekonomi khususnya

amin kang, kemana aja coba nih papa rock n roll??

mungkin UMK segitu cukup mengingat kebutuhan hidup disana mahal-mahal kang, nah kalo ditempat saya, 5rebu aja udah dapet baso kan :D

Amiin, papa rock n roll sekarang dah punya mainan baru kali senengnya maen petak umpet di gowa :D

iya kang malah dibanding daerah saya mah kayaknya masih murah didaerah istri saya kang, beli baso aja masih dapat 5 rebu

data UMK thun depan sudah ada ya. kalo begitu saya jadi pengen nyari di saya brapa ya

didasboard baru satu menit yang lalu nih artikel teh, tapi komentarnya udah panjang...hadeuh

UMK 2016 di Banten lumayan juga ya...pindah ke Banten ah, sekalian pedekate ke ratu atut yang joken kaya itu ah

beuh itu mah nyindir atuh kang, lha wong artikelnya udah publish dari pagi banget malah tapi masih sepi pengunjung nih :)

mending Nenk Airin atuh mang daripada Nenk Atut mah :D

Airin dulu pacar saya. makanya saya kasih nama anak saya yang mirip begitu

hebat Kang Marnes dan Kang Lembu euy. ngeksis juara blog pisan

saya ikutan disini ya biar kelihatan :)

betul, dari pada daerah calon saya termasuk aman :) hahaha bingung ya

jomblang juga ya UMK di banten antara Lebak/Pandeglang banding dgn Cilegon/Tanggerang: Rp 1,9 jt : Rp 3,02 Jt....kenapa ya...?

hadeuh, saya ngantuk banget ini mah, belum ada kopi ini : o|

iya kang, jawabannya karena memang sudah begitu diri dia mah :)

dengan hasil UKM yang telah diterbitkan, semoga para pekerja atau buruh ikut seneng deh :)

TES TERCEPAT !!

dari daftar pnerima UMK Provinsi Banten tahun 2016 yang paling banyak provinsi manakah ?

1. Kabupaten Lebak - dari Rp. 1.728.000 menjadi Rp. 1.926.720
2. Kabupaten Pandeglang - dari Rp. 1.737.000 menjadi Rp. 1.936.755
3. Kabupaten Serang - dari Rp. 2.700.000 menjadi Rp. 3.010.500
4. Kota Serang - dari Rp. 2.375.000 menjadi Rp. 2.648.125
5. Kota Cilegon - dari Rp. 2.760.590 menjadi Rp. 3.078.058
6. Kota Tangerang - dari Rp. 2.730.000 menjadi Rp. 3.043.950
7. Kabupaten Tangerang - dari Rp. 2.710.000 menjadi Rp. 3.021.650
8. Kota Tangsel - dari Rp. 2.710.000 menjadi Rp. 3.021.650

monggo dicoba :)

yang cepat itu yang dapat :)

koq kabupaten lebak dan pandeglang,UMK nya jauh banget dari daerah yg lain yamas yg rata2 lebih 2.5 juta

tahun ini gubernur banten rano karno,akankah pada periode mendatang gubernurnya menjadi marnes kliker?
kita tunggu kabar selanjutnya setelah pesan pesan berikut ini

pasti artikel tentang UMK ini bakal dicari banyak orang deh mas

saya bingung,lawong provinsi banten cuman satu jeh

nanti saya hubungi bang rano karno agar memberi penjelasan
kalau inget tapi

kan memang orang senior (baca:tuwa) taukk

ditempaat saya dong bakso gratis
bayarnya besok :D

woe...koq malah ngerumpi loya.
awas entar saya bilangin mbak chio loya

UKM bukannya Usaha Kecil Menengah yah :D

hehehe...bikin pertanyaannya juga salah huuuuh... :D

Mas Agusman: Penerapan pemberikan UMK pada perusahaan di setiap daerah pasti berbeda-beda mas, hal tersebut mengacu pada ukuran serta jenis perusahaan dan mengacu pada kemampuan keuangan perusahaan dalam hal pengupahan kepada para pekerjanya. Meskipun begitu, harus tetap mengacu pada undang-undang dan peraturan yang telah disepakati sebelumnya.

yah memang seperti itulah adanya mas, yang pasti setiap daerah/kabupaten UMKnya pasti berbeda-beda. Salah satu contoh di Jawa Tengah dimana kota Semarang UMKnya sebesar Rp. 1.909.000 sedangkan di daerah saya dan istri UMKnya cuma sebesar Rp. 1.373.000. Begitu juga di Jawa Barat dan Jawa Timur yang memiliki nilai UMK berbeda-beda tiap kabupaten/kota.

ii sengaja saya buat, mau tengoin siapa yang paling teliti :) hahaha

infonya lengkap nih, bermanfaat terutama bagi rakyat Banten untuk mengetahui UMK di daerahnya ya mas, dan menambah pengetahuan bagi kita semua..

saya kapan disetrapnya ? janji mulu deh

mas yanto emang gitu, giliran bayar nggak mau

:D ijin duduk disini ya kang ... :D nyimak nyimak gtu ...

atas saya emang udah bayar? :D #save tukangbakso :D

Paara buruh meman g mestinya diperhatikan ya mas, jangan cuma dijadikan robot bernyawa.
Semoga saja dengan adanya ketetapan ini para buruh bisa leboih sejahtera.

Kota Cilegon UMKnya paling tinggi yah, mantap tuh :)

UMK naek sementara indonesia sedang inflasi

1. Kabupaten Lebak - dari Rp. 1.728.000 menjadi Rp. 1.926.720
2. Kabupaten Pandeglang - dari Rp. 1.737.000 menjadi Rp. 1.936.755
3. Kabupaten Serang - dari Rp. 2.700.000 menjadi Rp. 3.010.500
4. Kota Serang - dari Rp. 2.375.000 menjadi Rp. 2.648.125
5. Kota Cilegon - dari Rp. 2.760.590 menjadi Rp. 3.078.058
6. Kota Tangerang - dari Rp. 2.730.000 menjadi Rp. 3.043.950
7. Kabupaten Tangerang - dari Rp. 2.710.000 menjadi Rp. 3.021.650
8. Kota Tangsel - dari Rp. 2.710.000 menjadi Rp. 3.021.650


EmoticonEmoticon