Inilah Daftar Lengkap UMK Jabar Tahun 2016

Daftar Lengkap UMK 2016 Jawa Barat

Daftar UMK Jabar 2016 - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan telah menetapkan dan mengesahkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2016 untuk 27 Kabupaten/kota di Jawa Barat, Sabtu (21/11/2015) malam. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 561/Kep. 1322-Bangsos/2015 tertanggal 20 November 2015. 

Baca juga: Inilah Dafar Lengkap UMK Jateng Tahun 2016

Dalam siaran pers Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, bahwa kenaikan UMK untuk 27 kabupaten/kota di Jawa Barat rata-rata 11,5 persen. Menurut dia, kenaikan persentase sebesar 11,5 persen sudah hasil maksimal, meskipun para buruh menuntut kenaikan upah sebesar 25 persen.

UMK tertinggi di Jawa Barat adalah Kabupaten Karawang dengan besaran UMK sebesar Rp. 3.330.505. Nilai UMK tersebut merupakan UMK paling tinggi dibandingkan kabupaten/kota lainnya. Sedangkan UMK terendah yaitu Kabupaten Pangandaran dengan nilai Rp 1.324.620. Adapun selisih UMK tertinggi dan terendah di Jawa Barat yaitu Rp 2.005.885. Rata-rata UMK di Jawa Barat Rp 2.147.395,34. Baca juga: Inilah Daftar Lengkap UMK Jatim 2016

Dikutip dari Kompas.com, berikut ini daftar lengkap UMK Jawa Barat tahun 2016, berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Nomor 561/Kep. 1322-Bangsos/2015 :

UMK rata-rata per wilayah di Jawa Barat adalah sebagai berikut:

1.  Wilayah Priangan Timur - Rp. 1.451.861,52
2.  Wilayah Ciayumajakuning - Rp. 1.528.219
3.  Wilayah Bandung Raya - Rp. 2.346.852
4.  Wilayah Bogor Raya - Rp. 2.482.733,33
5.  Wilayah Bekasi Raya - Rp. 2.999.350.

Berikut tiga kota/kabupaten dengan UMK tertinggi di Provinsi Jawa Barat:

1.  Kabupaten Karawang - Rp. 3.330.505
2.  Kota Bekasi - Rp. 3.327.160
3.  Kabupaten Bekasi - Rp. 3.261.375

Berikut tiga kota/kabupaten dengan UMK terendah di Provinsi Jawa Barat:

1.  Kabupaten Pangandaran - Rp. 1.324.620
2.  Kota Banjar - Rp. 1.327.965
3.  Kabupaten Ciamis - Rp. 1.363.319

Berikut data lengkap besaran UMK 2016 di 27 kabupaten/kota di Jawa Barat:

1.   Kota Banjar - Rp. 1.327.965
2.   Kabupaten Cianjur - Rp. 1.837.520
3.   Kabupaten Cirebon - Rp. 1.592.220
4.   Kota Cirebon - Rp. 1.608.945
5.   Kota Sukabumi - Rp. 1.834.175
6.   Kota Tasikmalaya - Rp.1.641.280
7.   Kabupaten Bekasi - Rp. 3.261.375
8.   Kabupaten Kuningan - Rp 1.364.760
9.   Kabupaten Garut - Rp. 1.421.625
10. Kabupaten Majalengka - Rp. 1.409.360
11. Kota Bandung - Rp. 2.626.940
12. Kabupaten Bogor - Rp. 2.960.325
13. Kabupaten Tasikmalaya - Rp. 1.632.360
14. Kabupaten Ciamis - Rp. 1.363.319
15. Kabupaten Pangandaran - Rp. 1.324.620
16. Kabupaten Indramayu - Rp. 1.665.810
17. Kabupaten Bandung - Rp. 2.275.715
18. Kabupaten Bandung Barat - Rp. 2.280.175
19. Kabupaten Sumedang - Rp. 2.275.715
20. Kota Cimahi - Rp. 2.275.715
21. Kota Depok - Rp. 3.046.180
22. Kota Bogor - Rp. 3.022.765
23. Kabupaten Sukabumi - Rp. 2.195.435
24. Kota Bekasi - Rp. 3.327.160
25. Kabupaten Karawang - Rp. 3.330.505
26. Kabupaten Purwakarta - Rp. 2.927.990
27. Kabupaten Subang - Rp. 2.149.720

Itulah Daftar Lengkap UMK Jawa Barat tahun 2016, semoga bermanfaat.

40 komentar

lama jadi buruh saya kok nggak pernah mikirin UMK ya, ikhlas atau emang nggak paham soal UMK UMK an ya...:)

mang lembu mana mungkin mikirin UMK, secara kan mang lembu yang menggaji bukan yang di gaji

wah upah minimun daerah Bekasi sudah Rp. 3.261.375 ya mas??
saya cuma bisa merhatiin aja, ga bisa nikmatin karna baru dua minggu terakhir habis masa kontrak kerja..

Hasil UMR tahun 2016 belum keluar ya mas??
UMK nya saja sudah besar apalagi UMRnya ya..

wilayah bekasi dan karawang umk-nya tertinggi yah, mau pindah kerja ah ke bekasi mumpung umk-nya tinggi.. nglamar kerja apa ya.!?

Lumayan juga nih kalau taun depan ke karawang ya mas? :)
sipp lah terimakasih infonya mas, salamna ka kang Aher, heu

kelihatannya mas marnes lagi berbunga bunga ini ya, hahahaa

lengkap sudah pembahasnya ya kang, sangat membantu bagi para pekerja ini, sayang nya beda tempat beda nilai UKM nya :)

ya udah pindah ke karawang gih sono biar bisa tetanggaan sama kang Eka :)

berbunga-bunga dari hongkong, saya lagi lemah letih lesu tauuuu... :D

saya gak ada UMK gak ada UMR gimana coba?

Alhamdulillah kalau begitu ada peningkatan berarti, makasih mas infonya.

Boleh join sama bang trik mbak santi...

Hongkong dekat bekasi itu mas....

Dari daftar semua UKM di atas sudah final mas ya...? Walaupun bagi para buruh mungkin sebagian besar merasa belum puas karna tuntunya tidak terpenuhi 100%...oky lah kalau begitu pamit dulu bos...

waduh mas, keren banget tuh Kabupaten Karawang, nyampe segitunya UKP nya ya mas...
lengkap nih informasinya, salut saya ama mas Marnes, udah ganteng, jago plototin, up to date lagi..

wah tinggi banget tuh UMK daerah karawang dibandingkan daerah lain dijabar yg rata2 dikisaran 2jutaan ya mas

semoga saja dengan adanya kenaikan UMK disetiap daerah ini akan memberi angin segar khususnya buat karyawan,walaupun kenaikannya masih kurang besar daripada permintaan ya mas

Yang bikin Kerawang lebih tinggi UMK nya apa ya Kang?
Padahal biaya hidup di Kota Bekasi kan jauh lebih besar

segera bikin kontrak baru kalo gituh :D

karawang dan bekasi mantep tuh mas, mau pindah kesono mas? :D

Amiin, kalo mau segeran lagi coba nyemplungin diri ke kolam mas dijamin seger deh :D

antara karawang dan bekasi mah bedanya gak mencolok kang, lha wong cuma selisih 3000'an doang kok :D

Kab,. Karawang gede juga yah,, padahal saya kira Bekasi yang paling tinggi UMK nya

informasinya lengkap banget mas, makasih atas infonya


EmoticonEmoticon