Bacaan Surat Al-Fatihah dan Artinya

Surat Al Fatihah dan Artinya
Surat Al-Fatihah adalah surah pertama dalam Al-Qur’an. Surat ini diturunkan di Mekkah dan terdiri dari 7 ayat. Al-Fatihah merupakan surat yang pertama-tama diturunkan dengan lengkap di antara surat-surat yang ada dalam Al-Qur'an. Surat ini disebut Al-Fatihah (Pembukaan), karena dengan surat inilah dibuka dan dimulainya Al-Quran. Dinamakan Ummul Qur'an (induk Al-Quran/أمّ القرءان) atau Ummul Kitab (induk Al-Kitab/أمّ الكتاب) karena dia merupakan induk dari semua isi Al-Quran. Dinamakan pula As-Sab'ul Matsaani (tujuh yang berulang-ulang/السبع المثاني) karena jumlah ayatnya yang tujuh dan dibaca berulang-ulang dalam shalat [wikipedia]

Berikut ini bacaan surat Al Fatihah dan artinya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

الْحَمْدُ للّهِ رَبِّ الْعَالَمِين

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam

الرَّحْمـنِ الرَّحِيمِ

Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

مَالِكِ يَوْمِ الدِّين

Yang menguasai di Hari Pembalasan

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

Hanya Engkaulah yang kami sembah, 
dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan

اهدِنَــــا الصِّرَاطَ المُستَقِيم

Tunjukilah kami jalan yang lurus,

صِرَاطَ الَّذِينَ أَنعَمتَ عَلَيهِمْ غَيرِ المَغضُوبِ عَلَيهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ

(yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; 
bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat

Sedangkan video di bawah ini adalah lantunan surat Al-Fatihah yang dibacakan oleh empunya blog, please jangan diketawain yah hehehe. Jadi ceritanya itu kemaren lagi hujan deras, iseng-iseng saya rekam tuh suasana pas lagi hujan sambil baca surat Al-Fatihah gituh. Ya saya mah iseng aja, abis bingung mau bikin postingan tapi blom punya bahan, ya udah video ini aja saya jadiin postingan, daripada kelamaan gak update. 
Ya barangkali sobat and sobit kangen sama saya gituh (preettt), jadi cukup dengan mendengarkan suara saya, wkwkwkkk. Atau barangkali sobat lagi galau bin konslet, nah saya sarankan untuk mendengarkan lantunan surat Al-Fatihah yang saya bacakan di video tersebut.

Meskipun penampilan saya biasa-biasa aja tapi suaranya bro… beuuuhhh, semerawut pisan hahahaaa. Kalo penyanyi sih suka ada yang mempunyai suara khas dengan serak-serak basahnya, lha suara saya malah serak-serak sember coba, fals lagi. Gegara kebanyakan merokok sama suka makan gorengan kali ya suaranya jadi acakadut begitu… Rapopo lah namanya juga lagi belajar, iya gak bro? sekalian belajar bikin video gitu…. iya aja deh daripada bonyok hehehee… 

101 komentar

banyak sekali manfaat dari surat alfatehah ini yamas,semua ibadah sholat selalu menggunakan surah ini.dalam dzikir surat ini juga dibaca pertama kali.memang surat ini induknya alquran

oh mas marnes lg belajar jadi imam toh,bila nanti balik ke tegal.tp masih suka adzan kan?
iya deh saya maklumin

nah ini juragan pertamax baru nongol, kemana aja coba?

sorry mas minggu2 ini agak sibuk jd jarang onblog dan berkunjung keblog temen2

mulai jumat malem kemarin keluar kota mas,baru balik ini hari,mungkin besok sibuk lg nih

Bukan banyak lagi mas bejibun malah

arti surat ini perlu difahami oleh setiap muslim bukan hanya dihafal yamas,agar kita bisa lebih meresapi isinya

Wah jadi tersntuh mas melihat tulisan yang mengandung makna yang dalam ini.

coba lihat siapa yg duduk dikomentar paling atas artikel ini?
saya tauk

wuih kangen nulis komen kek gini setelah 3 hari off blog nih mas.
kangen canda temen2.
ini udah puluhan komen diblog saya belum sempat saya bales dan baru BW keblognya mas marnes ini

nah itu dia mas, gara-garanya saya disuruh jadi imam pas lagi pulkam, ampe gemeteran saya, padahal kalo lagi baca sendiri dikamar mah kayaknya mendingan gitu bacaannya, lagamnya juga rada enakan, lha giliran jadi imam ampe engos-engosan nafas saya, gerogi kali ya karna belom terbiasa hehehee...

balik dulu ah mau bikin kopi dulu.
tuan rumahnya nggak nyiapin kopi sih
huh

saya puas pokoknya bisa mengobrak abrik kolom komentar blog ini
*kabuur*

apalagi dengeri suara saya mas, pasti deh geregetan pengen bilang "suara jelek aja pake diupload segala" hahahaaaa....

gak apa-apa mas, kerja real harus lebih diutamakan, saya juga belakangan ini rada sibuk mas, lagi bikin proposal buat acara Hardiknas Sabtu depan

bener banget tuh mas, difahami kemudian diamalkan

.Salah satu surat yang paling kita sering bacakan , baik dalam hati maupun dengan bersuara.
.Artinya itu yang patut untuk diketahui. Nice gan. :)

Surat pembuka dalam Al-Qur'an, surat yang sering dibaca saat mengawali do'a, dan shalat yang ada dalam bacaan shalat. Subhanallah, sungguh besar karya-Nya :)

iya deh pokoknya yang pake kupluk kan? :D

ah alesan, ketahuan baru pulang dari luar kota kan, pasti selain seruput kopi juga seruput yang laennya ckckckkk....

poin banget deh, nice inpoh pokoknya mah gan :D

jadi tahu maknanya, tidaknya hapal bacaannya

Sekarang panggilnya pak ustad donk mas...

Sukses ya buat aktivitas dunia nyatanya mas

wah gak ada pantes-pantesnya mas, anak pesantren juga bukan saya mah :D

kalo lupa pasti gak inget deh :D

Aya kita amalkan bersama mas...

Surat yg selalu sy baca mas.. sebelum tidur agar terhindar dari berbagai gangguan...

Upload aja mas..buat usir jurik

Iya mari sama sama kita mengamalkan Banyak Pahala
Hehiehiheie

Apa ya beda atau persamaannya antara LUPA VS TIDAK INGAT?
sekilas sama ya

jurignya pada demen ngeledekin suara saya coba

bagus juga mas suaranya.....top markotop
logat sunda nya....

emang ketara gitu logat sundanya mas?

Membaca Alqur'an dengan disertai penghayatan dan pengamalan arti yang terkandung di dalamnya, Insya Allah akan meningkatkan rasa keimanan kita..

.iyah gan nice kali lah pokoknya. :D
.Cendol mau? :D

aamiinnn.
kang suaranya bagus serak - serak basah

ikut berdoa juga, al fatihah buat semuanya... semoga sukses aktivitas di dunia nyata dan blog nya...

Belum dengar suaranya, takut kebasahan

surat al fatihah ini memang punya keutamaan dibandingkan dengan surat lain dalam al quran, semoga kita semua tidak pernah kehilangan surah al fatihah dalam sehari...

Alhamdulillah enak dengerin suara Akang menbaca al Fatihah... Mudah-mudahan membaca Setiap huruf dari Alquran akan mendapat pahala begitu juga yang mendengarkannya ..

Mang Aduls : itu mah bukan serak-serak basah atuh mang, puguh loba teuing nudud sareng ngopi jigana mah, apalagi kalo ngajinya ampe 1 juz misalnya wah suara saya langsung abis deh :D

bagus lah kalo begitu, baca juga doa sebelum tidur terus baca deh surat-surat pendek mas

banyak manfaat nya jika sering diamalkan setiap hari .. :)

Maaf Kang, baru sempat datang lagi, jalanan macet bin lemot, nunggu quota gratisan tengah malam biar bisa BW xixixii...
Alhamdulillah, sangat bermanfaat sekali kang Bacaan Surat Al Fatihah beserta Artinya... dan sekaligus untuk mengingatkan kita semua agar jangan lupa untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari .. :)

Maksih artikelnya gan sangat bermanfaat dan berguna bagi saya..

Salam Kenal dan salam blogwalking

alhamdulillah...akhirnya c akang yang gantengku ini kembali ke jalan yang lurus

bahkan tak terhingga kang jika mengamalkannya dengan ikhlas

Ya Allah...semoga blog saya ada yang follow, jangan saya mulu yang mollow

hiyah nih...ngga malu sama umur ya

saya udah follow kan mang, tapi blog yang selingkuhan mamang mah saya blom tau mang, yang mana coba? kasih tau saya biar saya follow, saya mah gak bakal minta folbek ko hehehee... tapi di blognya harus ada widget GFCnya mang, kalo gak ada gak bakal bisa follow saya mah :)

Amiin... enak gak enak yang penting di enakin aja ya mas, amatiran namanya juga :D

iya mas banyak banget keutamaan surah Al Fatihah ini, semoga kita bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, gak sekedar membaca tetapi memahami makna dalam surah Al Fatihah tersebut

gak apa-apa kang, saya juga jadi rada jarang blogwalking nih, yang XL quotanya udah abis sementara yang smartfren tinggal quota gratisan doang, itu juga mulai jam 1 malem, makanya jadi jarang kepake soalnya suka ketiduran sayanya :D

iya mas jadi bisa menghayati dan memahami makna dari surah Al Fatihah secara khusu'

hahahaha mang marnes mah bisa ajah. mantaplah kang sip

Aaaaammmiiiinnn, berasa lagi sholat taraweh kang :D

Setidaknya kita membaca 17 kali ya surat Alfatiha ini dalam shaolat wajib

Biasanya waktu mau tidur inilah Surah yang wajib saya baca Kang..

makasih juga atas kunjungannya
salam kenal juga dari saya ya :)

sebentar lagi kan puasa kang, semoga aja masih diberi kesempatan untuk berjumpa dengan bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, rahmah dan ampunan

jalan yang saya lalui kadang lurus kadang kala bengkok mang :D

belok kalih...bukan bengkok...emang ada jalanan yang bengkok?

keren trik saya minta di polbek ya....saya tea gituh.
cuman pas pasang followers gadget bawaan blog, kenapa error ya?...makanya terpaksa pasangnya pake editan dan tak umpetin di menu...bikin berat loading sih..hehehe

Mesjid samping rumah saya butuh iman nih mas boleh direkomendasikan nih

Alhamdulillah kita diberi kitab suci yang terjaga kemurniannya sepanjang masa petunjuk bagi orang yang beriman

amiiin kang, kaya nya ini ancang-ancang bulan ramadhan ya kang..

Al fatihah ini menjadi ayat ruqyah yang pertama mas, bagus buat kejiwaan dan kesehatan medis kita.

Alhamdulillah manfaatnya udah terbukti pada diri saya.

Nah gimana dengan mas?

Ditunggu juga buat kunjungannya mas.

bkin tenag hati dengerin suara dari videonya, bner-bner bagus suaranya

Masya Allah mas keren dan bagus banget ngajinya,saya malah belom lancar bacanya

wah saya mah belom pantes mas jadi imam mah, bacaannya aja masih pada ngawur :)

ah suaranya aja fals gitu ko, belom lagi cara bacanya yang masih banyak kekurangan

suara kayak kaleng rombeng gitu dibilang keren, bisa aja nih :D

Thanks for sharing, Bang.. :D

In Shaa Allah kita semua ngga ada bosennya melantunkan surat Al-Fatihah setiap hari ya :D

alhamdulliah saya sudah hafal alfatihah....


EmoticonEmoticon