Cara Jitu Mengatasi Kutu Rambut

Cara Jitu Mengatasi Kutu Rambut
MarnesKliker.com - Tahukah Anda dari mana sih adanya kutu rambut? Mungkin banyak diantara Anda yang mempunyai pemahaman keliru yang selalu beranggapan bahwa orang yang jorok dan tidak memperhatikan kebersihan rambut akan kena kutu. Pemahaman tersebut sebenarnya kurang tepat, karena semua orang berpotensi terkena masalah kutu rambut. Sekalipun Anda selalu merawat kebersihan rambut, tidak menutup kemungkinan bisa kena juga. Lho koq bisa, gimana ceritanya tuh? Ya bisa dong, itu disebabkan melalui penularan dari orang lain, misalnya saja meminjam sisir teman, tidur berdekatan, dan yang paling mudah adalah penularan dari alat-alat salon. Hiii… atuuuutttt…!!

   
Untuk itu sebaiknya Anda selalu memperhatikan setiap benda yang berhubungan dengan kepala seperti topi, handuk, sisir, bantal, dan lain sebagainya. Usahakan benda-benda tersebut jangan digunakan secara bersama-sama, Kenapa? karena beberapa benda tersebutlah yang menjadi media penghantar kutu ke rambut Anda.

Bagaimana cara mengatasinya? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kutu rambut, baik yang terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Berikut ulasannya:

1. Potong Rambut
Kutu rambut yang sudah terlanjur parah akan semakin sulit di atasi jika rambut Anda panjang. Karena itu, lebih baik Anda memotong pendek rambut, atau setidaknya sebahu.

2. Minta Bantuan Orang Lain
Cara ini memang paling kuno, tetapi ampuh untuk mengangkat kutu rambut. Minta seseorang untuk memilah rambut dan mengambil kutu rambut atau telur kutu yang terlihat. Biasanya kutu sering berada di rambut dekat tengkuk atau belakang telinga.

3. Sisir Bergigi Rapat (Serit)
Ada sisir khusus yang bisa mengangkat kutu dari rambut. Sisir ini bergigi sangat rapat atau biasa disebut serit. Dapat Anda beli di berbagai toko peralatan rambut di pasar-pasar tradisional. Cara memakainya sama dengan sisir pada umumnya. Pilah rambut, lalu sisir dari akar rambut dekat kulit kepala, lalu sisir tanpa putus hingga ujung rambut. Kutu akan ikut tersisir dan jatuh (karena itu lebih baik jika rambut Anda pendek). Lakukan ini berkali-kali. Sayangnya cara ini tidak bisa mengangkat telur kutu yang lengket.

4. Shampo Khusus
Beberapa produk shampo khusus kutu rambut (untuk manusia) bisa Anda pakai untuk membasmi kutu yang ada di kulit kepala. Anda bisa membelinya di toko obat atau apotik. Shampo jenis ini biasanya hanya membasmi kutu rambut dewasa, sedangkan telur kutu masih bertahan hidup. Karena itu, lakukan pengulangan keramas memakai shampo khusus hingga masalah kutu teratasi.

Semoga postingan ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

Sumber gambar: palingaktual.com

21 komentar

koq mudah sekali ya kang cara jitu mengatasi kutu rambut, apalagi yg pertama tuh xixiixii, potong rambut ? ... berarti di gundul dong ya :D

mudah dan simpel kan? masih banyak lagi cara yang laennya kang ditunggu aja postingan selanjutnya :D

ternata hewan satu ini belum punah ya kirain sudah punah...

dikasih racun tikus kalia ya mas....manjurr

iso mendem sak wonge mas zeer.. :)

cukur gundul paling manjur kayaknya

kalo cewek susah juga, apalagi mesti potong rambut

sepertinya belom tuh mas dari jaman penjajahan hingga sekarang masih ada aja tuh :D

kalo ampe dicukur gundul ampe plontos Insya Allah manjur banget mas

ya kalo nda mau dipotong pake cara lain aja mbak terus yang terpenting rajin perawatan aja gitu kali :)

Harus rajin potong rambut dan keramas juga yaa mas kalau tidak mau ada kutunya hehe

PAkai Peditox mas epet ilang. Apa dipethani :)

iya katanya peditox juga mantep tuh, tapi saya mah belom pernah nyoba sih biasanya paling pake cara alami aja :)

alhamdullilah dari dulu rambut saya tidak pernah berkutu gan :D tapi Boleh juga nih tips mengatas Kutu rambutnya, saya izin Simpan ya buat jaga jaga :D

caranya mudah ya hehe, satu lagi cara mengatasi kutu rambut denga kapur bagus mas hehe

wkwkwkaaa... mending Kutunya dibuatkan kandang saya di ternak :D

yang gak juga kali mbak yang lebih penting mungkin masalah perawatannya aja

Berarti Mas Ainnul selalu menerapkan pola hidup sehat dengan rajin menjaga dan merawat rambut ya :)

hehehehe... bisa juga tuh dicoba ckckckk...

Cara di atas belum pernah saya lakukan mas, mungkin lain kali bisa saya terapkan kalau rambut saya ada kutunya. Terima kasih mas buat tipsnya

Sebelum terkena kutu rambut alangkah baiknya jika dilakukan pencegahan mas agar terhindar dari kutu rambut :)


EmoticonEmoticon