Awas! Menahan Bersin Bisa Bahaya Bagi Kesehatan

Awas! Menahan Bersin Bisa Bahaya Bagi Kesehatan
MarnesKliker.com - Terkadang keinginan bersin terjadi saat sedang terlibat perbincangan serius, atau pertemuan penting, kalau kondisinya seperti ini biasanya orang lebih suka untuk menahannya. Beberapa orang mencoba menahan bersin dengan cara menekan hidung mereka sehingga keinginan untuk bersin menjadi hilang. 

Tapi pernahkah anda mengalami keingingan bersin tapi tidak jadi? Saya yakin semuanya pernah ngalamin tuh, seperti yang dibilang sahabat saya pemilik blog Comtel Cell. Menurutnya “bersin memang kenikmatan yang luar biasa, tapi yang saya benci itu kalau gagal bersin, rasanya jadi nyesek sendiri” hehehee...

Apa yang dibilang sahabat saya ini, ada benernya juga sih. Pas mau bersin malah gak jadi, rasanya gimane gituuu? Gak enak banget deh pokoknya...

Nah, untuk membantu seseorang agar mudah bersin ternyata ada caranya sob, yaitu dengan cara melihat cahaya terang. Menurut Dr. Michael Roizen, hal ini dapat merangsang saraf optik yang melintasi jalur pusat bersin. Selain itu iritasi yang terjadi di saraf dekat pusat bersin juga bisa memicu seseorang untuk bersin.

Bagi anda yang suka menahan-nahan bersin, mulai sekarang jangan lagi ditahan-tahan. Karena menahan bersin justru bisa menjadi masalah yang serius jika sering dilakukan.

Kecepatan bersin yang dimiliki manusia adalah 161 km/jam, sehingga jika seseorang menahan untuk bersin maka tubuh harus menahan kecepatan tersebut secara tiba-tiba. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi fungsi tubuh dan menyebabkan bakteri yang seharusnya dikeluarkan malah masuk kembali ke dalam rongga hidung dan kanal telinga, sehingga bisa menimbulkan infeksi.

Seperti yang diungkapkan Dr. Michael Roizen, seorang ahli anestesi, bahwa "Bersin merupakan kegiatan yang positif karena memiliki fungsi membersihkan faring (rongga antara hidung, mulut dan tenggorakan) dan ini adalah hal yang baik, sedangkan menahan bersih justru berbahaya karena bisa menimbulkan beberapa resiko”.

Berikut ini beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan jika seseorang menahan bersin yaitu:
  • Menyebabkan patah tulang di tulang rawan hidung
  • Mimisan
  • Pecah gendang telinga
  • Gangguan pendengaran
  • Vertigo
Bersin sebetulnya berguna menjaga agar hidung tetap bersih (cleansing effect). Udara yang mengembus kuat dengan tekanan tinggi dari paru-paru mendorong keluar melalui hidung dan mulut. Refleks bersin itu bisa terjadi berulang-ulang, sehingga diharapkan pembersihan bisa maksimal.

Jadi jangan pernah menahan bersin untuk menghindari beberapa resiko tersebut. Akan tetapi anda juga harus tetap menjaga adab dan sopan santun, terlebih lagi jika keinginan bersin tersebut ketika anda sedang berada ditempat keramaian. Caranya ketika mau bersin, jangan lupa untuk menutup mulut dan hidung dengan tangan, tisu, sapu tangan atau lekukan lengan saat bersin, agar bakteri dan kuman yang keluar tidak membahayakan orang lain. Dengan begitu anda baik, orang lain pun akan baik. ( Baca: Hikmah di Balik Bersin dan Menguap yang Harus Anda Ketahui )


Referensi : health.detik.com
Sumber gambar : tribunnews.com 

34 komentar

wah ternayata bahaya sekali ya kang, kalau dibayangkan pun memang sepertinya kalau beresin ditahan itu kepala akan mengalami goncangan yg sangat hebat dan seolah menahan ledakan dari dalam, ngeri :(

wah saya paling sering nahan bersin yg mendadak datang disaat yg mlakukan hal yg serius, misalkan saat sholat berjamaah, ternyata dampak negatifnya banyak juga, makasih ya mas udh sharing :D

kalau saya sih, kalau mau bersin ya tinggal bersin gak usah di tahan-tahan, tapi kalau bersin kagak jadi itu hmm kayak gimana gitu, hehe

iya mas keliatan sepele tapi bisa berakibat fatal kalo diabaikan :)

pastinya sesuatu yang ditahan-tahan gak enak ya kang :D

mulai sekarang sebaiknya jangan ditaha-tahan ya mas gak enak lagi, malah justru bisa menjadi masalah lagi buat kesehatan :)

iya mas sebaiknya jangan suka ditaha-tahan yang penting ketika bersin ditutup aja idungnya pake tisu atau sapu tangan biar gak menyebar ke yang laen :D

Peringatan keras nih bagi yang demen ngintip, mulai sekarang kalo lagi ngintip mau bersin jangan ditahan he....

asal saat bersin sopan, jangan sampai upil ikutan terbang kemana-mana pas bersin.
kecepatannya aja sampai 161 km/jam, itu enggak cuma upil yang bisa terbang bulu hidung juga bisa sampai berantakan juga kali ya...

Nah lo, sapa tuh yang suka ngintip? tar bintitan lo matanya :D

wuiiih klao upilnya ampe ke bawa terbang itu bersinnya dah pake gigi 4 kali ya mas :D

saya sering menahan bersin mas, soalnya kalau pas makan sama keluarga kalau bersin dilanjutkan pasti deh nasi di mulut nyembur, memang sih dampaknya suka mendengung ke telinga, tapi kalau dilanjutkan kalau nasi dimulut saya nyembur ke muka mertua giman?.

Wah bahaya juga ternyata nahan bersin..ampe tulang rawan hidung bisa patah


mampir balik ke " manfaat bersama "

Hahaha...kalo kondisinya seperti itu mah ya susah juga sih kang, mau ga mau ya harus ditahan deh daripada ntar nyembur ke mertua bisa berabe, urusanya bisa di PHK status menantunya hehehe... tapi kan situasi seperti itu gak sering toh :)

kalo saya misalna udah kerasa mau bersin ya bersinin aja xixiii, asal ditutup takut ganggu orang, hmmmm, ternyata berbahaya juga yah kalo menahan bersin kang.... makasih informasinya kang :)

iya bahaya mas kalo keseringan nahan bersin, kata si pak Roizen ntu juga :D

walaupun sepele tapi bahaya bgnt yah gan, harus di share kebanyak orang nih

Duh, Saya kok nangkring disitu bos, hehehe...

Biasanya yang suka nahan bersin itu yang lagi flu yia bos, takut ada yang keluar, kalau nggak ditahan lalu kena orang juga berbahaya bos, bisa kena bogem mentah, hehehe...

Saya kalau bersin malah dilepaskan sekuat-kuatnya meskipun tengah malam...hehehe..

sama-sama kang, makasi juga atas kunjungannya disini :)

ya harus dong, dengan senang hati monggo di share atuh hehehe....

Ga apa-apa boss biar si bossnya cepet terkenal hihihi...
Ya kan bisa ditutup idungnya mas boss biar orang yang terdekat ga kena sembur ingus hehehe...

wah kao dilepaskan dengan sekuat-kuatnya pasti lega banget rasanya, tapi jangan kenceng-kencang banget mas takut tar bulu idungnya pada rontok lagi ngikut terbang semua hahahaha....

untung saja saya nggak pernah menahan bersin hehehe :D
ternyata bahaya juga ya dampak nya ;)
jadi kalau mau bersin, sebaiknya dibersinkan saja ya mas biar lega ;)

iya mbak sebaiknya sih memang begitu yang penting jangan bersin sembarangan aja hehehe....

kalau saya bersin sih tak keluarin saja, rasanya sangat melegakan. tapi kalau ramai sih tak tutup biar lebih sopan..

iya mas emang seharusnya begitu biar gak menyebar ke orang di dekatnya :)

kalau saya mah kang bersin langsung keluarin ajah, tetapi terkadang mau bersin tapi gak jadi itu rasanya sesuatu banget, dan harus mencari sinar matahari biar bisa bersin. akhirnya lega banget.....

Biasanya kalo dah keluar lega rasanya ya mas, jadi plong gitu :D

iya mas plong banget tapi kalau ga keluar bisa jadi kepala rasanya berat dan pusing

waduh bahaya juga ya mas kalau bersin ditahan-tahan,, kalau saya, jika bersin gak jadi alias gagal, maka idung saya elus2 dengan bulu ayam,, pasti deh bersin.. :)

Hahaaa...lucu bingit... bener juga ya, kalo susah bersin gelitikin aja idungnya pake bulu ayam, gak sekalian pake bulu kemoceng mbak hehehe...

Wah ternyata bahaya juga ya,sampai bisa mematahkan tulang.


EmoticonEmoticon