Hikmah di Balik Bersin dan Menguap yang Harus Anda Ketahui

Hikmah di Balik Bersin dan Menguap yang Harus Anda Ketahui
MarnesKliker.com - Semua orang pasti pernah bersin, betul apa betul? Hal ini terjadi diluar kemauan dan merupakan proses alami. Tahukah Anda, mengapa bisa terjadi bersin? Secara ilmiah bersin merupakan upaya tubuh untuk mengeluarkan partikel benda asing secara paksa melalui hidung dan mulut agar tidak masuk ke dalam sirkulasi darah yang dapat menimbulkan penyakit. Jangan lupa baca juga: Tahukan Anda, Ternyata Stres Ada Manfaatnya juga Loh

Menurut Wikipedia, bersin merupakan aliran udara yang hebat melalui mulut dan hidung. Dan bersin merupakan proses keluarnya udara semi otonom yang terjadi dengan keras lewat hidung dan mulut. Dan kecepatan udara yang keluar, diperkirakan mencapai kecepatan 70 m/detik (250 km/jam). Selain itu bersin juga bisa menjadi alat penyebaran penyakit, melalui butir-butir air yang terinfeksi yang diameternya antara 0,5 hingga 5 um. Sekitar 40.000 butir air bisa di hasilkan dalam sekali bersin.

Sedangkan menurut Islam bersin merupakan sebuah kenikmatan. Bersin termasuk nikmat kesehatan karena dengan bersin berarti mengeluarkan bibit penyakit. Oleh karena itu, ketika anda bersin, sebagai seorang Muslim diharuskan mengucapkan hamdalah (syukur) kepada Allah SWT. Dan bagi setiap muslim yang mendengarnya wajib menjawabnya.

Dalam sebuah riwayat dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Jika ada diantara kalian yang bersin lalu mengucap hamdallah, maka setiap muslim yang mendengarnya wajib menjawabnya. Sedangkan menguap sesungguhnya berasal dari syetan, maka tahanlah semampunya. Dan bila ia mengatakan “haaahh”, maka syetan akan tertawa. (HR. Bukhari No. 6223).

Tahukah Anda, mengapa Allah menyukai bersin dan membenci menguap?
Al-Khatthabi mengatakan, sifat suka dan benci kembali kepada sebabnya. Bersin disebabkan oleh kondisi tubuh yang enteng, terbukanya pori-pori, dan perut yang tidak kenyang. Sebaliknya, menguap terjadi karena kondisi tubuh yang berat akibat mengkonsumsi makanan yang berlebihan dan beraneka ragam. Kondisi yang pertama menjadikan pelakunya bersemangat dalam ibadah, sedangkan kondisi yang kedua sebaliknya.

Adapun menurut ilmu kedokteran, menguap terjadi disebabkan karena otak dan tubuh memerlukan oksigen dan nutrisi. Hal ini  dipicu menurunnya kinerja sistem pernapasan dalam menyuplai oksigen ke otak dan tubuh. Sama halnya dengan orang yang mengantuk, pingsan dan sekarat.

Menguap adalah tarikan napas yang dalam melalui rongga mulut. Sedangkan mulut sendiri tidak diciptakan  sebagai alat pernapasan alami. Hal ini karena mulut tidak dilengkapi dengan sistem penyaring udara sebagaimana pada hidung. Jika mulut terbuka lebar saat menguap, masuklah berbagai mikroba, debu dan polutan bersama udara yang terhirup. Jadi, pantaslah jika menguap dinisbatkan kepada syetan, karena ia membawa mudharat bagi manusia.

Oleh sebab itulah, Rasulullah memerintahkan agar kita menahannya sebisa mungkin. Atau menutup mulut dengan tangan saat menguap (HR. Tirmidzi dengan derajat hasan sahih). Sedangkan bersin adalah kebalikan dari menguap. Serangannya yang bersifat kuat dan mendadak, menghembuskan udara bertekanan tinggi dari paru-paru melalui hidung dan mulut. 

Hembusan tersebut ikut menyeret mikroba, debu dan polutan yang sempat masuk ke system pernapasan. Manfaat lain dari bersin ialah sebagi refreshing. Kejutan yang dirasakan saat bersin akan menyegarkan urat-urat syaraf dan memulihkan konsentrasi. Sebab itulah, pantas sekali jika bersin ini dinisbatkan kepada Allah, karena ia mengandung manfaat bagi tubuh.

Nah, berangkat dari sinilah kita diperintahkan untuk bersyukur dengan mengucap hamdalah setelah bersin. Dan bagi yang mendengar ucapan tersebut hendaknya menjawabnya dengan kata yarhamukallah (semoga Allah merahmatimu). Kemudian orang yang bersin membalasnya dengan ucapan yahdiikumullah wa yushlihu baalakum (semoga Allah memberimu hidayah dan memperbaiki keadaanmu). Demikian menurut hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam sahihnya.

Sekarang Anda sudah tahu kan, mengapa Allah menyukai bersin dan membenci menguap? Ternyata ada hikmah di balik bersin dan menguap yang mungkin banyak diantara kita yang belum mengetahuinya. Semoga postingan ini bermanfaat buat anda semua, dan semoga kita bisa mengambil hikmahnya.

Referensi :
- Buletin Da’wah No. 35 Tahun XLI/Jum’at ke-5/29 Agustus 2014
Sumber gambar : baitulmakmur.web.id

27 komentar

Aku kalo setiap bersin sering mengucapkan Alhamdulillah kang, tapi kadang yg mendengar kurang begitu memperhatikan dan tidak mengucapkan yarhamukallah .... mungkin karena tidak tau yah.. terima kasih kang atas masukannya :) sangat bermanfaat

Kalo bersin akibat flu atau pilek apa juga dapat memberi efek yang besar ya gan?

Salam dari Pulau Dollar

Iya kang kayaknya banyak yang gak tau kali :D

Bersin itu petanda , semua penyakit pada keluar " kata guru saya " hehehhe

PAdahal kalau habis bersin dan menguap itu rasanya lega ya :)

Thanks sharingnya ya :)

Satu lagi yang biasanya keluar mas, ingus ikutan keluar juga ya :D

Gitu ya mbak, yang terpenting sesuai dengan adab aja disaat menguap usahakan untuk menutupnya dengan tangan :)

bersin memang kenikmatan yang luar biasa, tapi yang saya benci itu kalau gagal bersin, rasanya jadi nyesek sendiri, hehehe....

Selain mengeluarkan bibit penyakit... bersin juga mengeluarkan ingus dan jigong .. wkwkwk, oya salam knl kang, kunjungan perdana nih, ditunggu kunbalnya

hahahhaa..konyol konyol nih!!!...ada ada saja manfaatnya....

Hahaha...bener tuh mas padahal dah siap-siap ampe mangap-mangap mau bersin eeh malah gak jadi, sumpah rasanya gak enak banget :D

Hehehe... iya lah yang keluar ingus masa yang keluar kue kelepon, gak mungkin kan :D salam kenal juga ya, makasi atas kunjungan perdananya, ditunggu kembali kunjungan berikutnya :D

hikmah yang tersembunyi dibalik bersin ya kang, makanya rosulullah memerintahkan kita untk berdoa dan saling mendoakan dikala bersin

iya kang, terkadang banyak diantara kita suka melalaikan hal-hal yang menurut kita sepele, padahal hal ini sudah diperintahkan oleh Rasulullah.

alhamdulillah.....saya juga baru bersin nih mas

Lega rasanya ya mas, jadi plong gituh... :D

kalo udah bersin terasa lega, tapi suka ga enak kalo mau bersin tapi ga jadi

intinya gak enak duaaah kalo mau bersin gak jadi :D

Bersin itu melegakan rasanya. Tapi kalo mendengar orang bersin sepertinya kurang enak di telinga ya mas? Kecuali bagi yang mengucapkan hamdalah...Itu mesti dijawab, yarhamukallah...

bersin itu kalau menurut saya susah di ungkapkan dengan kata kata cieee.....lega banget

Selain melegakan juga menyehatkan, karena dengan bersin bakteri pun ikut keluar ketika kita bersin :)

susah diungkapkan ketika ingus belum keluar mas, tapi setelah ingus keluar pasti deh bisa diungkapkan dengan kata-kata, Alhamdulillah... :)

yarhamkumullah, semoga bukan flu ya mas yanto

Seneng nih dapat ilmu baru, smeoga bersin dan banyak bersyukur, mari kita senantiasa mengamalkan sunnah ini

wah baru tau saya mas, sukron ya atas ilmunya, saya sudah follow mas

wah itu salah satu yag bikin kita sebellll
gak jadi bersin karna bersin itu nikmat banget


EmoticonEmoticon