Blogger Jateng

Daftar Lengkap Nominasi Festival Film Indonesia 2014

MarnesKliker.com - Setelah kemarin saya posting tentang American Music Awards 2014 yang telah sukses diselenggarakan di Nokia Theatre, Los Angeles, California. Acara tersebut merupakan ajang penghargaan bagi para musisi Amerika. Dari ajang penghargaan AMAs 2014 ini, terpilihlah beberapa musisi yang mendapatkan piala sebagai pemenang American Music Awards 2014 yang dipilih sesuai dengan kategori yang telah ditentukan. 

Jika di Amerika telah menggelar ajang penghargaan American Music Awards 2014, maka di Indonesia tidak lama lagi akan diselenggarakan penganugerahan tertinggi insan film Tanah Air, yakni Festival Film Indonesia (FFI) 2014 yang akan digelar 6 Desember 2014, di Palembang, Sumatera Selatan.

Daftar Lengkap Nominasi Festival Film Indonesia 2014

Sebelum pesta insan film itu digelar, pihak panitia telah membacakan nominasinya terlebih dulu yang dilaksanakan di Gedung Sapta Pesona, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pada Senin malam (24/11/2014).

Sebanyak 386 judul film untuk berbagai kategori telah mendaftar sebagai peserta FFI 2014. Terdiri dari 50 film judul bioskop, 81 judul film televisi, 138 judul film pendek, 32 judul film animasi, dan 85 judul film dokumenter.

Dari sekian banyak pendaftar, para juri hanya memilih lima terbaik untuk masing-masing kategori. Berikut ini Daftar Lengkap Nominasi Festival Film Indonesia 2014, dilansir dari laman Metronews :

Nominasi Peraih Piala Citra 

# Film bioskop kategori Penata Busana Terbaik
  1. 3 Nafas Likas (Kemalia Gea Geretiana)
  2. 99 Cahaya di Langit Eropa (Retno Ratih Damayanti)
  3. Soekarno (Retno Ratih Damayanti)
  4. Street Society (Ivan Gunawan)
  5. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk (Simon Watimena)
# Film Bioskop Kategori Pengarah Artistik Terbaik
  1. 3 Nafas Likas
  2. Cahaya dari Timur
  3. Soekarno
  4. Sokola Rimba
  5. Tabula Rasa
# Film Bioskop Kategori Penata Visual Efek Terbaik
  1. 3 Nafas Likas
  2. Comic 8
  3. Guardian
  4. Killers
  5. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk
# Film Bioskop Kategori Penata Suara Terbaik
  1. Cahaya dari Timur
  2. Killers
  3. Sepatu Dahlan
  4. Soekarno
  5. Sokola Rimba
# Film Bioskop Kategori Penata Musik Terbaik
  1. Killers
  2. Selamat pagi, malam
  3. Soekarno
  4. Sokola Rimba
  5. Tabula Rasa
# Film Bioskop Kategori Penyunting Gambar Terbaik
  1. 99 cahaya di Langit Eropa
  2. Cahaya dari Timur
  3. Sebelum Pagi Terulang Kembali
  4. Soekarno
  5. Sokola Rimba
# Film Bioskop Kategori Pengarah Sinematografi Terbaik
  1. 3 nafas likas
  2. Cahaya dari Timur
  3. Sebelum Pagi Terulang Kembali
  4. Sepatu Dahlan
  5. Soekarno
# Film Bioskop Kategori Penulis Skenario Adaptasi Terbaik
  1. 3 Nafas Likas
  2. Cahaya dari Timur
  3. Soekarno
  4. Sokola Rimba
  5. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk
# Film Bioskop Kategori Penulis Skenario Asli Terbaik
  1. Mari lari
  2. Negeri Tanpa Telinga
  3. Sebelum Pagi Terulang Kembali
  4. Selamat Pagi, Malam
  5. Tabula rasa
# Film Bioskop Kategori Peran Pendukung Wanita Terbaik
  1. Jajang C. Noer (3 Nafas Likas)
  2. Laura Basuki (Haji Backpacker)
  3. Nirina Zubir (Silent Hero)
  4. Maudy Koesnaedi (Soekarno)
  5. Tika Bravani (Soekarno)
# Film Bioskop Kategori Peran Pendukung Pria Terbaik
  1. Yayu Unru (Tabula Rasa)
  2. Reza Rahadian (Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk)
  3. Lukman Sardi (Soekarno)
  4. Nino Fernandez (99 Cahaya di Langit Eropa)
  5. Ringgo Agus Rahman (Sebelum Pagi Terulang Kembali)
# Film Bioskop Kategori Pemeran Wanita Terbaik
  1. Atiqah Hasiholan (3 Nafas Likas)
  2. Revalina S. Temat (Hijrah Cinta)
  3. Jajang C. Noer (Cahaya dari Timur)
  4. Prisca Nasution (Sokola Rimba)
  5. Dewi Irawan (Tabula Rasa)
# Film Bioskop Kategori Pemeran Pria Terbaik
  1. Vino G. Bastian (3 Nafas Likas)
  2. Chicco Jhericho (Cahaya dari Timur)
  3. Abimana Aryasatya (Haji Backpacker)
  4. Ario Bayu (Soekarno)
  5. Herjunot Ali (Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk)
# Film Bioskop Kategori Penyutradaraan Terbaik
  1. 3 Nafas Likas (Rako Prijanto)
  2. Selamat Pagi, Malam (Lucky Kuswandi)
  3. Soekarno (Hanung Bramantyo)
  4. Sokola Rimba (Riri Riza)
  5. Tabula Rasa (Adriyanto Dewo)
# Film Bioskop Kategori Film Terbaik
  1. 3 Nafas Likas
  2. Cahaya dari Timur
  3. Sebelum Pagi Terulang Kembali
  4. Soekarno
  5. Sokola Rimba

Nominasi Peraih Piala Vidia

# Film Televisi
  1. 3 Butir Kurma
  2. Kau dan Aku Dalam Rindu
  3. Akankah Bunda Datang Dalam Pernikahanku
  4. Garis Finis
  5. Sampai Maut Memisahkan
# Film Pendek
  1. Sowan
  2. Polah
  3. Maryam
  4. Onomastika
  5. Sepatu Baru
# Film Dokumenter
  1. Penggeres Pengidep
  2. Ngulon
  3. Qur'an Sang Paus
  4. Masked Monkey
  5. Dolanan Kehidupan
# Film Animasi
  1. Asia Raya
  2. Adit dan Sapo Jarwo
  3. Anak Bangsa
  4. Love Paper
  5. Pret 

82 komentar untuk "Daftar Lengkap Nominasi Festival Film Indonesia 2014"

  1. Balasan
    1. ketigax,keempatnya saya borong dah

      Hapus
    2. Saya kelimaks, lemes duaaah... :D

      Hapus
    3. Mulai apa coba? Jam segini masih kelayapan aja, kasian banget ntu bini dianggurin hahahay...

      Hapus
    4. Nih Bintang Film aslinya baru datang Mas Sambut dong hheheheh :D

      Hapus
    5. rame bener disini mas... lagi makan-makan yaa sambil lihat film yaa.

      Hapus
  2. Salah satu film andalan saya sudah nangkring di dalam daftar nominasi festival film Indonesia tahun 2014 ini, semoga sukses acaranya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mantep dong, film yang mana tuh?

      Hapus
    2. Koq Film suster ngesot gak ada di nominasi festival film itu ya Mas Marnes?

      Hapus
    3. Berarti gak kepilih mas, jelek kali filmnya :D

      Hapus
  3. wow...film soekarno hampir memenuhi semua Nominasi Peraih Piala Citra nih yamas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti kita ambil peran yang sama mas agar dapat masuk dalam nominasi film yang akan tayang selanjutnya ya.... ?

      Hapus
    2. gimana kalau bikin film sipitung mas?

      Hapus
    3. Bikin film Angling Darma aja deh :)
      Terus Mas Yanto yang jadi Singamaruta nya hahaaa...

      Hapus
    4. bisa terbang nggak?
      kalau enggak ya ogah

      Hapus
    5. Bisa dong, tinggal naek pohon kelapa aja terus terjun bebas deh :D

      Hapus
    6. Tuh baru idenya mas marnes mantep ngenanya hkhhkhkhk

      Hapus
  4. mana nih tuan rumahnya.
    mas marnes....woe...mas...
    kopinya masih ada nggak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hadiirrrr....
      Masih dong, kopi saya gak abis-abis mas, mana selangnya biar saya alirin kopinya kesitu :)

      Hapus
    2. habis ngapain hayooo...baru nongol. :D

      Hapus
    3. Tadi abis fesbukan dulu, biasalah abis menyapa para penggemar hihihiii...

      Hapus
    4. waduh...bentar dulu mas
      saya ambil selangnya kerumah mas saud

      Hapus
    5. Mas Saud lagi gak bisa diganggu, lagi konser ama bininya :)

      Hapus
    6. pantesan kucel, letih ajojing mulu beliau

      Hapus
    7. Koq dari tadi saya ngemeng ngemeng disini gak keluar keluar Kopinya..?

      Hapus
    8. Kopinya kan semalem dah saya alirin ke rumah Mas Yanto, Mas Karrys tinggal nyambungin lagi aja selangnya dari rumah Mas Yanto yah...

      Hapus
  5. sip mas,,ternyata ada banyak yang belum saya tonton,,hehe

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. yeah payah banget deh Mas Zeer, masa gak tau sih? Saya juga teu nyaho :D

      Hapus
    2. saya dong tau, yang ngajar tarzan

      Hapus
  7. lengkap banget daftar nominasinya...tinggal tunggu hasilnya

    BalasHapus
  8. Sudah lama saya tidak menonton filem filem dari Indonesia...
    boleh di lihat lihat dulu tajuknya ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh, yang tajuk teramat panjang pun boleh jer

      Hapus
  9. Ko film yang judulnya MIKA ngga tidak termasuk iya hmm :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak indi yang itu mas zach... :D

      Hapus
    2. Saya pengen Mbak Ai jadi Aktor diajang Nominasi Festival film itu. siap saya dukung sepenuh hati deh..

      Hapus
    3. Laporan dulu ke pak RT terus lanjut ke pak Lurah ya, buat minta ijin gituh :)

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. haha.. awas istrinya merajuk nanti tidak dapat bagian loh malamnya.. haha..

      #makan....

      Hapus
    6. hahaa...kasian amat, puasa batin dong mas :D

      Hapus
  10. saya penasaran film Sokola Rimba. kayaknya kalo pas baca resensinya asyik banget. tapi udah main di bioskop sih ya Kang Marnes?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang jago nonton mah tau aja gillelele pembahasanya ngalahin saye nih Mas Zach hheh

      Hapus
  11. wahh Film faforit saya ternyata masuk nominasi keren :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah film favoritenya Mas Ainnul yang mana tuh?

      Hapus
  12. semoga aja film ini "99 Cahaya di Langit Eropa" bisa menang deh... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju... saya juga dukung pilem tersebut...

      Hapus
    2. lahh kenapa ngikut mas... kalau saya masuk kolam ngikut juga mas... :D

      Hapus
    3. Nah kalo yang ntu saya ndak ikutan deh, silahkan nyemplung sendiri aja :D

      Hapus
  13. Ahaaaaaaa ada Sepatu Dahlan
    Iyesssssss

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya blom nonton tuh kang filmnya

      Hapus
    2. sama lah mas... saya juga... gimana tuh ya pilem nya... cari dulu lah...

      Hapus
  14. Salam siang Mas Marnes..? Bener bener super lengkap Daftar nominasi Festial film nya Mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru bisa hadir lagi nie, tadi siang lagi super sibuk mas...
      mayan lengkap lah mas bannya juga ternyata film yang didaftarin

      Hapus
  15. aduh mksh info daftarna kang... selamat siang saja

    BalasHapus
  16. banyak juga ya nominasinya :)
    nunggu ah siapa yg menangnya^^

    BalasHapus
  17. weh baru beberapa biji yang saya tonton, mau carilah, kren pasti filmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga baru beberapa film aja yang sudah nonton, masih banyak film yang belum saya tonton :)

      Hapus
  18. siapapun pemenangnya kita ucapkan selamat deh... kunjungan siang om ... lama saya tak bersua hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, kemana aja nie baru keliatan? Kabarnya sehat-sehat aja kan? :)

      Hapus
  19. Kox nama saya gak tercantum yah???? Salah berita neh hehe....;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Abu gak ngisi daftar hadir kali makanya namanya ga terdaftar :D

      Hapus
  20. saya malah dukung film 99 cahaya di Langit Eropa...walaupun filmnya bersambung terus di bioskop tapi ceritanya sangat inspiratif.. dan saya jadi tau tentang keberadaban semua agama dieropa...

    BalasHapus
  21. jayaa teruss buat perfilman indonesiaaa hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga perfilman Indonesia makin berjaya ya mas...

      Hapus
  22. waw, nominasi film nya lumayan banyak juga ya Mas Marnes

    BalasHapus
  23. keren-keren yang masuk nominasi, saya juga mau masuk nominasi, hihi :)

    BalasHapus