Blogger Jateng

Mengapa di Negeriku Terjadi Bencana?

Judul postingan tersebut terinspirasi oleh berbagai tragedi bencana yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini. Kehadiran bencana telah merugikan berbagai pihak, baik pemerintah maupun masyarakat. Menurut catatan kerugian finansial akibat bencana ditaksir mencapai puluhan trilyun rupiah ditambah lagi dengan kerugian non materi lainnya.
Mengapa di Negeriku Terjadi Bencana?
Image By bosscomp.blogspot.com
Tanpa kehadiran bencana pun, sebagian masyarakat Indonesia sudah cukup menderita. Mereka menderita karena faktor kemiskinan dan sulitnya mencari lapangan pekerjaan. Sementara itu, mereka para pemimpin, Anggota Dewan dan para pejabat publik di negeri ini, yang seharusnya bisa menyelesaikan berbagai permasalahan, justru malah menambah persoalan baru. Mengapa bisa demikian? Karena mereka banyak terlibat dalam berbagai kasus korupsi dan kolusi serta banyak kebijakan yang dilakukan, tapi kurang mendukung dan tidak pro terhadap rakyat. Sebaliknya, mereka sibuk mengurusi dirinya sendiri, keluarga dan kelompoknya. Bahkan para Anggota Dewan yang katanya terhormat banyak yang suka mbolos dalam sidang rapat penting padahal mereka digaji puluhan juta rupiah per bulan yang jelas-jelas uangnya berasal dari rakyat.
Mengapa di Negeriku Terjadi Bencana?
Image By pialangindonesia.com
Bencana nasional yang terjadi pada awal tahun 2014 memang sangat mengerikan dan sekaligus memprihatinkan. paling tidak, bencana telah membuat sebagian orang menjadi lebih menderita. Karena mereka harus kehilangan harta benda, kehilangan mata pencaharian seperti sawah, ladang dan tambak ikan yang terkena banjir, hilangnya rasa aman dan kenyamanan, hilangnya sebagian waktu untuk bekerja, berkarya dan beribadah. Akibat bencana, tidak sedikit diantara mereka menjadi korban yang berujung pada kematian. 

Perlu kita ketahui, jika bencana nasional ini kita bandingkan dengan kiamat kubro, tentu bencana yang terjadi di negeri ini tidak ada apa-apanya. Sebab, pada saat kiamat terjadi tak ada satu jengkal tanah pun yang bisa memberi perlindungan pada umat manusia. Semua gunung meletus dan isinya beterbangan, bumi mengeluarkan isi perutnya, dan air laut menenggelamkan semua daratan yang ada di dunia ini. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam beberapa ayat Al Qur'an yang berkaitan dengan kiamat. Misalnya, Zilzalah, QS Al Qari'ah, dan masih banyak lagi surat-surat lainnya. 
Mengapa di Negeriku Terjadi Bencana?
Image By motoblast.org
Jika anda bertanya, mengapa di negeriku terjadi bencana? Tentu, jawabannya sangatlah beragam. Untuk sekedar merenung, cobalah anda baca dan simak bait lagu yang dinyanyikan Ebiet G Ade dengan judul "Berita Kepada Kawan". 

Berikut ini kutipan sebagian bait tersebut :

Mengapa di tanahku terjadi bencana
Mungkin Tuhan mulai bosan 
Melihat tingkah kita
Yang selalu salah dan bangga 
Dengan dosa-dosa

Atau alam mulai enggan 
Bersahabat dengan kita
Coba kita bertanya pada
Rumput yang bergoyang

Haruskah kita bertanya terus kepada rumput yang bergoyang...??? Lama-lama sang rumput pun bosan, karena ia terus di tanya sesuatu yang tak bisa ia jawab....

Mari kita merenung, tanyakan kepada diri kita masing-masing. Apa yang telah kita perbuat selama ini? Semoga postingan ini membuat kita tersadar bahwa bencana yang terjadi di negeri ini merupakan akibat dari perbuatan kita sendiri....


Sumber : Buletin Madinatul Ilmi - Ed.44/IV/Februari 2014

31 komentar untuk "Mengapa di Negeriku Terjadi Bencana?"

  1. Semoga bencana cepat berlalu

    BalasHapus
  2. saya cukup mendengar dan berdoa saja mas gek perlu bertanya-tanya. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya setidaknya kita bisa mengambil hikmah dari setiap musibah yang terjadi pada negeri ini dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Musibah yang terjadi bisa berupa ujian dan bisa juga merupakan sebuah teguran/peringatan buat kita umat manusia :)

      Hapus
  3. Masya Allah, semoga yang ditimpa bencana diberikan ketabahan. Bencana pasti berlalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin... semoga mereka yang tertimpa musibah di berikan ketabahan dan kesabaran ya mas, terimakasih atas kunjungannya :)

      Hapus
  4. semoga semua ini ada hikmahnya ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah-mudahan mas, selalu ada hikmah dibalik semua peristiwa yang terjadi :)

      Hapus
  5. Wakil rakyat juga manusia. hehe. Tapi kelewatan juga ya.. bukannya jadi panutan malah keterlaluan.. Rakyat jadi gak ada yg percaya sama pejabat jaman sekarang, Mikirin diri sendiri.. semoga dengan banyaknya bencana yang sedang terjadi, para pejabat terbuka hatinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya begitulah kenyataannya mas, mereka yang dititipkan amanat oleh rakyat tapi lupa dengan amanatnya. semoga saja dengan banyaknya bencana membuat mereka terbuka pintu hatinya.

      Hapus
  6. akibat letusan g, kelud tujuh maskapai penerbangan di jawa mengalami penundaan,,,
    subnallah semoga serangkaian bencana yang melanda indonesia bisa menydarkan kita untuk lebih dekat denganNya (Taqorrub ilallah)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin...semoga saja mas, dengan banyaknya musibah yang terjadi menjadikan kita sadar karna musibah tidak akan datang manakala umat manusia selalu bertakwa dengan sebenar-benarnya taqwa yakni menjalankan semua perintahnya dan menjauhi segala yang dilarangnya :)

      Hapus
  7. Yang Gunung itu ngeri mas.. Wihh wih

    BalasHapus
  8. semakin banyak terjadi bencana ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, semoga aja kita bisa mengambil hikmahnya dan semoga bencana cepat berlalu dari negeri ini :)

      Hapus
  9. sebenar y semua itu kesalahan kita mas di kasih titipan dunia yang begitu indah kita tidak bisa menjaga nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mas kemarin saya juga dengar ceramahan pada saat hutbah Jum'at bahwa bumi ini diperuntukkan untuk manusia agar manusia bisa bertahan hidup dengan menjaga dan merawatnya namun banyak diantara kita yang lalai dan justru malah merusaknya.

      Hapus
  10. mengapa negerin ini banyak bencana, mari kita sama-sama bertanya pada rumput yang bergoyang .. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rumputnya dah bosen mas dengan pertanyaan yang kita ajukan hehehe...abis katanya pada bandel sih :)

      Hapus
  11. indonesia banyak dosa sama allah kayak nya kan banyak bencana disana disini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas terlalu banyak dosa yag telah dilakukan manusia di negeri ini, semoga saja kita bisa introspeksi diri dan berusaha untuk selalu lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

      Hapus
  12. Mungkin semua bencana ini dikarenakan oleh manusianya juga
    yang bangga akan dosa yang mereka perbuat
    semoga manusia sadar dan bencana akan berlalu
    semoga....

    BalasHapus
  13. udah gk perlu banyak komentar, BAKAR GEDUNG DPR MPR :D

    BalasHapus
  14. selain karena ulah kita kita yang ngga sayang sama alam dan lungkungan, bumi kita ini juga emang udah tuwa...
    makanya mendingan Golput deh yah yu....loch?!

    BalasHapus
  15. Di tempatku Blitar, siaran radio terus menerus memutar lagu Ebiet ini Kang, sambil memberikan informasi kondisi terkini gunung kelud

    BalasHapus
  16. mungkin karna sudah trlalu banyak dosa, atau karna kita sendiri sudah lupa untuk menjaga lingkungan.

    BalasHapus
  17. mungkin alam yang sudah enggan dengan tingkah laku manusia. Bisa juga alam butuh sebuah keseimbangan. Dan lain sebagai nya. Hanya Dia-lah yang tahu ya mas :)

    BalasHapus
  18. selamat siang maz marnes. . .
    memang bencana terakhir gunung meletus ini dekat dengan pemukiman saya maz , , ,
    namun bersabar adalah hal paling baik,, ketika bencanna

    BalasHapus
  19. Mungkin juga ini tandanya bumi sudah tua, seperti yang di katakan orang tua zaman dulu, yang jelas kita harus sadar dan berusaha lebih mendekatkan pada Allah SWT.

    BalasHapus
  20. Kita doain saja semoga indonesia tidak ada musibah lagi ya mas..

    BalasHapus