Informasi Penyaluran Aneka Tunjangan Guru Tahun 2016

Kemendikbud terus berupaya melakukan perbaikan pada dunia pendidikan di Indonesia. Tahun ini banyak perubahan yang terjadi pada dunia pendidikan baik itu untuk sekolah, pendidik, ataupun bagi para peserta didik. Namun beberapa hal penting yang selalu menjadi harapan dari para guru adalah adanya tunjangan guru yang bisa mereka dapatkan dengan baik. Berbicara mengenai tunjangan, tentu bagi seorang pendidik atau guru mengharapkan tunjangan tersebut sesuai dengan yang telah dilakukannya selama ini. Maka dari itu, pada artikel ini saya akan memberikan informasi mengenai penyaluran aneka tunjangan guru Kemdikbud tahun 2016.

informasi penyaluran aneka tunjangan guru tahun 2016
Penyaluran Aneka Tunjangan Guru Tahun 2016

Informasi mengenai penyaluran tunjangan ini sudah tertulis dalam surat edaran Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) nomor 1234/B/PR/2016 tertanggal 11 Januari 2016 yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kab/Kota, dengan isi sebagai berikut:

Dalam rangka penyaluran Aneka Tunjangan Guru TA 2016, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan menghimbau kepada Dinas Pendidikan Propinsi dan Kabupaten/Kota untuk menindaklanjuti hal-hal sebagai berikut:
  1. Memberikan arahan kepada Guru untuk menggunakan dan mengisi data-data guru pada Aplikasi Data Pokok Pendidik (DAPODIK) versi terbaru yaitu DAPODIK PAUD versi 2.0, DAPODIK DIKDAS versi 4.1 dan DAPODIK DIKMEN versi 8.3.0.
  2. Terkait dengan Aneka Tunjangan dimaksud, dikarenakan jumlah kuota yang terbatas maka prioritas akan diberikan kepada Guru yang telah menyelesaikan Dapodik dan data-datanya dinyatakan valid sesuai dengan kriteria.
  3. Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota sesuai dengan sekolah yang dikelola, diberikan kewenangan dalam menentukan calce penerima Aneka Tunjangan melalui sistem aplikasi SIM Tunjangan paling lambat tanggal 29 Februari 2016. Apabila usulan tidak masuk atau melewati tanggal yang telah ditentukan, maka kuota akan dialihkan ke Kabupaten/Kota lain sesuai dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Untuk itu setiap Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota yang mengelola beberapa sekolah diharapkan untuk segara melakukan update dan mendata guru-guru yang berhak mendapatkan aneka tunjangan tersebut sebagaimana yang telah terdapat pada isi surat edaran diatas. Jika sampai batas tanggal 29 Februari 2016 tidak ada usulan yang masuk atau melewati batas tanggal tersebut, maka kuota akan dialihkan ke Kabupaten/Kota lain.

Demikian artikel tentang informasi penyaluran tunjangan guru kemendikbud tahun 2016, semoga dapat memberikan pencerahan yang bermanfaat bagi teman-teman kita yang berprofesi sebagai guru.

48 komentar

wah, mantap ini mah dapat tunjangan baru lagi :) asik asik

wajah baru ini blog nya ya mas :) mantap deh

iya nih mas, tapi masih dalam tahap oprek mengoprek hehee...

ya semoga dengan adanya tunjangan bagi para guru, mereka lebih giat dan meningkatkan kinerja mengajarnya

Inikan untuk Guru..lalu untuk PNS ada ga mas Marnes..?

emang PNS masih butuh gitu? kan PNS duitnya udah banyak yah :D

Walaupun saya bukan seorang guru,,,tapi ikut senang baca artikel ini!

iya ya...asik banget pak guru kita kang admin teh

lebih responsip nih template nya kang.. mantapp

Guru bukannya termasuk PNS juga ya kang?

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, sudah seharusnya pemerintah lebih memperhatikan tunjangan kepada seorang guru.

ya beda mas, kan ada guru PNS dan Non PNS

Saya masih honorer sudah mengabdi sejak 2002, kira-kira mau dapat tunjangan apa ya gan, kalau kemarin tunjangan fungsional terima terus. untuk tahun ini kira-kira dapat tunjanagn apa ya pak

sama gan seperti tunjangan fungsional cuma namanya sekarang ganti jadi insentif guru non pns, karena subsidi tunjangan fungsional sudah berakhir 10 tahun sejak diundangkan

kalo sekarang sih jadi guru sepertinya udah lumayan enak mas tidak seperti jaman orba, banyak tunjangan yang diperuntukan bagi guru

begitu juga dengan saya mas, ikut seneng pastinya :)

yang bener kangmas? soalnya saya udah pusing nie utak-atik melulu

iya asik banget tuh pak guru Eka yah mang :)

mintak dunks template nya mau saya pasang ke blogger satu lagi mas :)

coba kita cek sekarang yang jadi heran kenapa coba, guru dituntut untuk memperbaiki budi perkerti sianak, sedangkan artis malah adakalanya juga bisa merusak budipekerti sianak, kenapa gaji guru malah sedikit coba sedangkan artis puluhan dan ratusan juta , siapa yang bertanggung jawab ini, asal jangan saya loya yang tanggung jawab :) week

ya kalo bukan guru terus siapa dong? cakupan pengertian guru itu luas lho mas, bukan semata guru yang mengajar di sekolahan doang loh. Makanya seorang guru mendapat predikat sebagai orang mulia dan wakil Alloh di bumi, karena seorang guru begitu berjasa memberikan ilmu baik yang menyangkut ilmu pengetahuan maupun budi pekerti

minta? bayar tauuu... :D
ini templatenya maskolis yang didesain ulang sama CB Blogger, kunjungi aja blognya mas

lengkap sekali nih informasinya untuk penyaluran tunjangan guru mas, sekarang harus saling terkait dengan data dapodik semua, hem harus update terus nih

apanya yang begitu mas mukhlis

waaah pantesan mamanya kemaren sempet senyum2 katanya akan dapat sesuatu ternyata Tunjangan Guru ini toh...

punya istri guru ada enaknya juga lho mas...dikit2 dapat duwit pesangon...dikit2 dapat duwit tunjangan...seweeer mas

iya mas sekarang mah mengacu pada data dapodik

enak dong, mantep dong, terus gimana dengan nasib saya coba yang cuma tukang indput data thok :D

sakarepmu wis, mau salto boleh mau jumpalitan juga boleh :D

Kemendikbud sepertinya selalu berupaya melakukan perbaikan pada dunia pendidikan di Indonesia khususnya golongan PNS atau guru ya mas....dan mudah mudahan PNS atau guru kedepanya semoga status nya akan lebih baik

kalo PNS sih jangan ditanya mas, banyak orang yang rela mengeluarkan uang puluhan juta supaya bisa jadi PNS

Nasib..nasib..kenapa saya dulu ga jadi PNS ya..hahaaaaaaaaaaaaaa

Besarnya tunjangan ini berapa rupiah ya gan perbulan

Kalau PNS sudah sangat-sangat dan sangat sejahtera, Gajinya doble semenjak ada Tunjangan sertifikasi, yg honorer mah cukup gigit jari saja. semoga diperhatikan oleh pemerintah sekarang,

kabar gembira ya, moga ke depannya lebih baik lagi. ayo pak menteri lanjutkan

tunjangan oh tunjangan selalu bikin kepikiran hahahii

kok saya gak kepikiran yah? lha wong gak punya tunjangan :D

kurang tau saya, coba tanya sama yang dapet tunjangan

nah tunjangan guru akan lebih berguna untuk guru honorer dan lebih bagus untuk membantu kehidupan mereka. kalau honorer pns lain ada gak ya nes...??? masih nunggu juga pengangkatan bro. heee

nah,kenapa tunjangan tidak pas sasaran,saya bilang demikian karena sekolah kami tidak ada satupun yang dapat tunjangan apakah itu tidak diusul oleh dinas setempat sedangkan data dapodiknya valid

menurut saya lebih baik semua tunjangan dihapus agar adil dan tidak ada kecemburuan sosil di antara guru-guru yang tidak dapat


EmoticonEmoticon