Awal Berdirinya Grup Band Humor Sastromoeni

Awal Berdirinya Sastromoeni - Entah dari mana awalnya saya bisa mengenal band yang satu ini (kenal lagu-lagunya maksudnya). Kesukaan saya dulu mengoleksi dan menyukai berbagai genre musik yang pada akhirnya menemukan beberapa lagu yang cukup unik dan lucu ketika berselancar di dunia maya. Jika dilihat dari judul lagunya sih sudah familiar banget karena lagu-lagu tersebut memang sering dibawakan oleh grup band papan atas seperti lagunya Sweet Child O’Mine (Gun N Roses), Rahasia Perempuan (Ari Lasso), Sephia (Sheila On 7), Mungkin Nanti (Peterpan), Menuju Puncak (Theme Song AFI), dan banyak lagi lagu-lagu familiar lainnya yang pernah dibawakan oleh band yang satu ini. 

Awal berdirinya grup band humor sastromoeni

Namun yang membuat saya terkejut ketika telah mendownload beberapa lagu Sastromoeni dan mendengarkannya, lirik lagu-lagunya itu berbeda banget dengan lirik lagu dari penyanyi aslinya. Karena lirik lagu dan aransemennya mereka ubah dan dijadikan satu lagu dari beberapa kumpulan lagu yang mereka comot dari berbagai grup band. Setelah searching kesana-kemari, ternyata grup band ini pertama kali muncul di era 80’an sebagai wadah penyaluran hasrat bermusik bagi anak-anak pencinta alam di lingkungan Fakultas Sastra UGM.

Siapakah mereka? SASTROMOENI adalah nama bandnya. Band ini terbentuk sejak tahun 1987 di Fakultas Sastra UGM Jogjakarta (sekarang Fakultas Ilmu Budaya). Sastromoeni berawal dari komunitas mahasiswa yang ingin menyalurkan hobi di bidang musik. Pada perkembangan selanjutnya, kelompok musik ini selalu mengalami pergantian personel disetiap angkatannya yang diambil dari mahasiswa Fakultas Sastra UGM.

Regenerasi merupakan rahasia dari SASTROMOENI hingga bisa tetap eksis sampai pada saat ini. Pada awalnya mereka ini sering membawakan lagu-lagu Country, namun semenjak tahun 1994 mereka beralih ke musik parodi dengan meramu lagu-lagu yang familiar dengan bumbu humor khas Sastromoeni. Sehingga menciptakan suatu pertunjukan musik humor yang tetap berpegang pada harmonisasi musik itu sendiri.

Berikut ini para prajurit yang bernaung di bawah panji "SASTROMOENI" Generasi ke-12
  1. KHOLIK : Moderator 1 (Vokalis)
  2. ANTO : Moderator 2 (Vokalis)
  3. GALIH : Penyiksa dan penganiaya drum (Drummer)
  4. BABAS : Pembetot dan pencabik bass (Bassist)
  5. SANI : Semua effect dan genjrengan (Gitaris Melodi)
  6. NAOHIRO : Gitaris
Berikut ini para prajurit yang bernaung di bawah panji "SASTROMOENI" Generasi ke-13
  1. EKO : Moderator (Vokalis)
  2. BEN : Penyiksa dan penganiaya drum yang tak berdosa 
  3. BANGUN : Sang pembetot dan pencabik bass
  4. DIMAS : Semua effect dan genjrengan 
  5. BARI : Pemetik dawai-dawai cinta  
  6. WIGAR : Tukang pencet-pencet keyboard 
Berikut ini para prajurit yang bernaung di bawah panji "SASTROMOENI" Generasi ke-14
  1. CENDOL : Vokalis 1
  2. MADUN : Vokalis 2
  3. BRE : Sang pembetot dan pencabik bass (Bassist)
  4. IMAM : Pemetik dawai-dawai cinta (Gitaris)
  5. DODO : Pemetik dawai-dawai cinta (Gitaris)
  6. GEMBOEL : Penyiksa dan penganiaya drum yang tak berdosa (Drummer)
Berikut ini para prajurit yang bernaung di bawah panji "SASTROMOENI" Generasi ke-15

1. SAPRIN (Vokalis 1) :
Tak ada yang mengetahui dari mana asalnya, ada yang bilang dia lelaki jadi-jadian, ada juga yang bilang dia hobi ngepet, tapi yang jelas Saprin cinta dengan produk Indonesia.

2. KUKUH (Vokalis 2) :
Terlahir apa adanya, memiliki hobi menyukai wanita di bawah umur, mampu menembus dimensi waktu, dan suka mengaku sering sholat Jum'at di Ka'bah

3. ELMO (Bassist) :
Terampil dalam membuat tahu, bercita-cita menjadi seorang nelayan yang dicintai banyak pria disukai wanita. Kekuatan jambulnya bisa menghilangkan flashdisk di pameran komputer.

4. AMIN PATOL (Gitaris 1) : 
Telah berkelana ke berbagai negara menggunakan awan kinton, sering mengaku sebagai otak dibalik penyerangan negara api, hobinya berburu rusa dibelakang gedung Margono.

5. AL (Gitaris 2) : 
Bukan anaknya Ahmad Dhani, trauma masa kecil membuatnya termotivasi untuk menjadi fruitaman. Sosok coolnya membuat banyak hati pria terpikat dan ingin menimpukinya. 

6. KHOIR (Drummer) :
Anak didik Doraemon yang sekarang telah dewasa dan bisa memegang stik drum sendiri, dilarang pulang malam oleh satpam asramanya, kasian yaa. 

Proses kreatif selalu dilakukan agar lagu-lagu ramuan khas SASTROMOENI tetap baru dalam setiap penampilannya dan layak dinikmati, ditambah dengan aksi panggung yang unik, SASTROMOENI selalu siap mengocok perut Anda.

2 komentar

ga ada contoh lagunya mas disini. penasaran juga jadinya

wah keren, sudah sampai generasi ke 15...Saya pernah dengar lagu ini tapi yg masih ber genri country..

Nanti tak coba cari lagunya,..penasaran saya :)


EmoticonEmoticon