Fenomena Artis Instan: Mendadak Terkenal dan Kini Dilupakan

Fenomena Artis Instan: Mendadak Terkenal dan Kini Dilupakan
MarnesKliker.com - Gemerlap dunia hiburan tak jarang membuat seseorang terlena, terlebih lagi bagi mereka yang mendadak terkenal dalam waktu yang relatif singkat. Sebelumnya mungkin tak punya pekerjaan tetap. Tapi dengan popularitas yang didapat dengan sekejap mata kini mereka mendadak jadi artis. Namanya pun langsung popluler dan banyak dielu-elukan masyarakat. Kerap kali wajah artis dadakan tersebut menghiasi di semua layar televisi. 

Celakanya, cara instan yang didapatnya membuat si artis dadakan tersebut suka lupa dan terlena. Mereka tak menyadari untuk bisa menjadi artis top itu tidak semudah membalikan telapak tangan. Justru malah karena minimnya pengetahuan terhadap industri hiburan atau enternainment membuat mereka tak bisa menjaga karir dan perlah-lahan artis dadakan ini pun mulai terlupakan. ( Baca juga: Norman Kamaru, Mantan Brimob Kini Jadi Tukang Bubur )

Ketika tak "laku" lagi, kini mereka didera kebingungan. Hidup luntang-lantung tanpa pekerjaan. Berbagai profesi pun terpaksa dilakoni demi menyambung hidup. Siapa saja mereka?

Berikut ini adalah beberapa artis yang mendadak terkenal dan kini dilupakan :

1. Norman Kamaru “Chaiya-chaiya”
Fenomena Artis Instan: Mendadak Terkenal dan Kini Dilupakan
Norman Kamaru "Chaiya-chaiya" [foto: iberita.com]
Lewat penampilannya di video lipsync lagu chaiya-chaiya, nama Norman Kamaru mendadak ramai diperbincangkan. Dalam waktu singkat ia menjadi artis tenar yang dicari banyak orang.
Terlena dengan sanjungan dan pujian di dunia hiburan, rupanya berbuah pemecatan sebagai polisi. Sejak itu Norman tidak diperbolehkan mengenakan atribut Polri serta menanggalkan embel-embel "Briptu' dalam namanya. Ia justru makin mantap mengembangkan sayapnya di panggung hiburan.

Bergabung dengan salah satu manajeman artis di Jakarta, karier Norman masih bisa dibilang berjalan lancar saat itu. Tak hanya menyanyi, Norman juga mendapatkan tawaran main film. Norman berakting dalam film Xia Aimei yang berperan sebagai polisi. Setelah itu pamornya terus menurun, masa keemasannya kini hanya menjadi kenangan. Kini ia berjualan bubur demi bisa menyambung hidup.

2. Arya Wiguna “Demi Tuhan”
Fenomena Artis Instan: Mendadak Terkenal dan Kini Dilupakan
Arya Wiguna "Demi Tuhan" [foto: devamelodica.com]
Tentunya Anda masih ingat dengan sosok artis dadakan yang satu ini. Kalimat Demi Tuhan! sempat booming di tengah masyarakat Indonesia. Ini pertama kali diucapkan Arya Wiguna yang kemudian ramai diparodikan di YouTube.

Meme-meme atau ilustrasi pun bermunculan dengan menggunakan wajah emosional Arya. Berkat hal itu Arya menjadi sorotan. Wajahnya wara-wiri di stasiun televisi swasta, ia juga didapuk sebagai bintang tamu dalam talk show ataupun infotainment. Arya juga sempat menjadi model video klip milik Kangen Band. Ketenaran yang diraih Arya membuat hidupnya selalu dikelilingi wanita-wanita cantik.

Banyak yang menuding kalau Arya sebagai artis aji mumpung yang memanfaatkan perseteruan dengan Eyang Subur sebagai pendongkrak popularitasnya. Seperti kehadirannya yang begitu instan, namun  kini namanya tak lagi terdengar. Kira-kira kemana ya sob? Ada yang tahu gak? :D

3. Sinta & Jojo “Keong Racun”
Fenomena Artis Instan: Mendadak Terkenal dan Kini Dilupakan
Sinta & Jojo "Keong Racun" [foto: tempo.co]
Siapa yang tidak kenal dengan kedua mojang Bandug ini? Namanya mulai populer ketika video lipsync keong racun yang diunggahnya ke YoTube berhasil memikat jutaan pasang mata. Tak heran jika nama Sinta dan Jojo menjadi buah bibir di dunia maya dan panggung hiburan tanah air.

Dalam waktu singkat, hampir semua televisi swasta menghadirkan kedua sosok wanita ini sebagai bintang tamu. Mereka juga sempat tergabung dalam manajemen artis. Tidak hanya menghibur lewat lipsyncnya, Sinta dan Jojo juga mengumpulkan pundi-pundi kekayaannya dengan menjadi bintang iklan.

Namun ketenarannya tidak bertahan lama. Nama mereka pun perlahan-lahan mulai meredup, bahkan kini menghilang. Kini posisi mereka telah tergantikan dengan artis-artis dadakan lainnya.

4. Bona Paputungan “Andai Aku Gayus Tambunan”
Fenomena Artis Instan: Mendadak Terkenal dan Kini Dilupakan
Bona Paputungan "Andai Aku Gayus Tambunan" [foto: kapanlagi.com]
Selain duet keong racun, polisi chaiya-chaiya dan Arya Demi Tuhan adalagi pria yang disebut-sebut sebagai artis dadakan di dunia hiburan. Yups, namanya adalah Bona Paputungan.

Bona mendadak terkenal gara-gara kisah Gayus Tambunan yang menjadi narapidana akibat kasus dijadikan inspirasinya untuk menciptakan lagu. Lagu yang diberi judul 'Andai Ku Jadi Gayus Tambunan' berhasil merebut hati masyarakat setelah diunggah di YouTube.

Dalam lagu berdurasi 4 menit 47 detik ini terlihat Bona seperti iri melihat kehidupan Gayus yang bisa bebas jalan-jalan ke Bali, hingga ke luar negeri ini padahal sedang terlibat kasus.

Kini Bona dikenal sebagai penyanyi yang menyuarakan anti korupsi. Namun pamornya tidak segemilang lagi saat lagu Gayus Tambunan berkumandang.

5. Caisar Putra Aditya “Goyang Caesar”
Fenomena Artis Instan: Mendadak Terkenal dan Kini Dilupakan
Caisar Putra Aditya “Goyang Caesar” [foto: pekanbaru.co]
Nama komedian Caisar Putra Aditya mungkin tidak banyak orang yang tahu. Namun ketika orang menyebut “si goyang Caesar” hampir semua orang mengenalinya. Tak hanya orangtua, bahkan anak-anak mampu mengenalinya dengan baik 

Setelah tamat SMA, Caisar tidak melanjutkan kuliah dan bekerja sebagai tukang ojek. Dari seorang saudara yang menjadi manajer beberapa komedian, akhirnya Caisar bisa bekerja menjadi asisten Yadi Sembako. Karena bekerja menjadi asisten dan sering mondar-mandir di stasiun televisi, ia akhirnya direkrut jadi salah satu presenter pendukung dalam acaranya, Show Imah.

Dari situlah gerakan awal mula Goyang Caesar diperkenalkan, tepatnya pada acara sahur Ramadan 2013. Caisar kemudian didapuk untuk menari dalam acara itu. Kesuksesan Caisar dan tariannya tidak berhenti di situ saja. Setelah Ramadan usai, acara itu dilanjutkan dengan hadirnya acara TV Yuk Keep Smile.

Tarian Yuk Keep Smile ini juga booming di semua kalangan masyarakat Indonesia. Karir Caisar terus menanjak, suami dari Indadari ini langsung kebanjiran tawaran menjadi bintang iklan. Dunia perfilman juga dicicipi Caisar. Namun kini setelah program yang membesarkan namanya diberhentikan, Caisar tak lagi sering wara-wiri di layar kaca.

6. Sualuddin “Udin Sedunia”
Fenomena Artis Instan: Mendadak Terkenal dan Kini Dilupakan
Sualuddin "Udin Sedunia" [foto: liputan6.com]
Udin Sedunia juga merasakan hal yang sama. Pria bernama Sualuddin ini sempat populer berkat aksi gokil dan lucu dalam video berjudul “Udin Sedunia”. Lagu Udin Sedunia yang diciptakan sendiri oleh dirinya ternyata mengubah jalan hidup pria yang menetap di Nusa Tenggara Barat ini. Langsung saja, namanya menghiasi koran, tabloid, dan wajahnya kerap muncul di televisi. Dari situ, Udin kebanjiran tawaran manggung. Ia tak hanya tampil menyanyi, tapi juga membintangi sinetron dan menjadi presenter.

Udin termasuk orang yang percaya diri walau sebagai artis baru. Ia menjual celoteh-celoteh lucunya untuk menyegarkan suasana. Namun, ia juga tak bisa menghindari kenyataan. Ketenarannya hanya bersifat sesaat. 

Sama dengan Shinta dan Jojo serta Norman, Udin pun menerima dengan lapang dada dengan kondisinya saat ini. Di mana job mulai berkurang dan tak lagi banyak penggemar yang peduli dengan kehadirannya.

Selain nama-nama tersebut di atas, mungkin masih banyak lagi artis dadakan yang muncul dan mendadak terkenal namun eksistensinya tak bisa bertahan lama dan mulai tergantikan dengan pendatang baru. (source: dream.co.id)

15 komentar

banyak juga ya artis yang terkenal melalui youtube, pasti nya ada berkah tersendiri bagi mereka. Wah jadi pengen juga nih ikutan seperti mereka hehehe :D

norman berubah jadi tukang bubur..

lama ndak main ke sini...hehe gimana kabarnya bang marnes.. dr admin jagad kawula yg tlah bergnti blog :D

Hidup akan selalu berputar kadang dibawah kadang diatas, kadang bisa dibawah mulu gak naik2 lgi :D

Wah kalo kayak mbak Ririn sih dijamin pasti bakalan booming deh, di dunia maya aja dah terkenal hehehe...

Alhamdulillah baik-baik aja mas, cuma kantong doang nie yang lagi sakit malah dah mulai kritis musti dilarikan ke UGD kali :D

Betul mas roda kehidupan selalu berputar persis kayak obat nyamuk :D
kalo gak naik-naik mungkin terlalu keenakan kali dibawah mulu, sesekali harus diangkat biar naik lagi :D

Ini mungkin yang di namakan faktor keberunungan dalam kehiduapn seseorang ya Mas, di mana hanya tinggal waktu saja. he,, he,, he,,,

Salam

kayaknya masalahnya pada mental, tak mampu tuk mempertahankan reputasi.. tapi masih mendingan daripada aku yang tak pernah jadi apa apa hehe

Ternyata norman jadi tukang bubur toh....

iya mas faktor keberuntungan, hanya saja jika si artis dadakan tersebut mampu mengelola uangnya ketika dia masih populer tentu tidak jadi soal, bisa saja uang yang didapatnya tersebut dijadikan modal untuk membuka usaha misalnya :)

Iya mbak setidak mereka sudah memiliki banyak duit, itupun mereka yang bisa memanfaatkannya dengan baik tapi jika mereka lupa dan malah terlena yang duitnya juga akan habis dan kedepannya tidak punya apa-apa lagi :)

ya menurut kabar media sih gitu katanya mas :D

Tenar dari Youtub tenarnya sesaat ya kang, tapi dapet berkah juga dari youtub daripada saya cuma ngandalkan gajian perbual yang tak lebih dari 300 dollar... mantabdeh buat youtub...

wah itu juga manteb banget mang, buat saya mah bisa menghasilkan dollar sebulan ampe $300 mah udah gede banget, mungkin bisa juga buat dijadikan modal usaha sendiri :)

setidaknya mereka sudah berusaha sebaik mungkin,..


EmoticonEmoticon