Blogger Jateng

Minuman Energi Kratingdaeng

Minuman Energi Kratingdaeng
MarnesKliker.com - Beberapa hari yang lalu saya telah membahas secara lengkap tentang Kratingdaeng sebagai Minuman Berenergi Aman Tidak Berbahaya bagi kesehatan. Nah untuk mengenal lebih dekat dengan Kratingdaeng. Kali ini saya akan membahasnya lebih dalam lagi agar sobat and sobit bisa mengenal lebih dekat tentang Kratingdaeng, minuman berenergi terbaik yang aman untuk dikonsumsi pria maupun wanita.

Seperti kita ketahui di era informasi ini, berita berkembang dengan cepat sehingga terkadang bisa memberikan informasi yang keliru bahkan menyesatkan. Tak jarang banyak diantara kita yang dibuat bingung dengan pemberitaan tersebut. Untuk itu kita perlu mengetahui fakta-fakta mengenai produk Kratingdaeng ini, sehingga kita bisa mengambil kesimpulan, apakah produk minuman energi Kratingdaeng ini berbahaya atau tidak bagi kesehatan. Maka dari itu sebelum kita menilai ini dan itu terhadap sebuah produk, baik produk makanan atau minuman, sebaiknya sobat and sobit mengetahui terlebih dahulu tentang produk tersebut. Dan berikut ini ulasan tentang minuman energi kratingdaeng.

Sekilas Tentang Minuman Energi Kratingdaeng
Kratingdaeng adalah minuman berenergi yang telah hadir di Indonesia sejak 1991 dan saat ini pemimpin pasar minuman energi di Indonesia dan menjadi satu-satunya merek yang dipercaya konsumen untuk meraih penghargaan Indonesia Customer Satisfaction Award dari Frontier selama 15 tahun berturut-turut. Kratingdaeng dipasarkan oleh PT Asia Sejahtera Perdana Pharmaceutical dan diproduksi oleh PT Asia Health Energi Beverage di Sukabumi dan mempekerjakan 100% orang Indonesia yang punya semangat positif yang tinggi.

Sebagai Merek yang memahami pentingnya keselamatan konsumen, Kratingdaeng diproduksi dengan kualitas tertinggi dan telah memiliki sertifikasi sebagai berikut:
  • ISO 9001:2008 - Sistem Manajemen Mutu
  • ISO 2200:2005 - Manajemen Keamanan Pangan
  • ISO 14001:2004 - Sistem Manajemen Lingkungan
  • OHSAS 18001:2007 - Sistem Manajemen dan Keselamatan Kerja
  • Sertifikat Halal dari MUI
Kratingdaeng Minuman Berenergi Aman Tidak Berbahaya
Sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia
Seperti yang saya bilang di awal, bahwa di era digital ini informasi bisa dengan mudah kita dapatkan. Ada beberapa studi dan berita yang pernah beredar di media. Untuk itu mari kita analisa informasi riset dengan objektif.

Studi 1: Jonas Dorner, Universitas Bonn, Jerman
Jonas Dorner, seorang peneliti dari Universitas Bonn di Jerman. Dorner mengatakan "minuman energi mengandung kafein mencapai 3x lebih tinggi dibanding kopi."

Studi 2: John Higgins, Universitas Texas, Houston, Amerika Serikat
John Higgins, peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Texas, Houston, Amerika Serikat, yang memuat risetnya pada jurnal "Mayo Clinic Proceedings" mengatakan, kadar kafein dalam minuman energi bisa sangat beragam, yakni antara 70 dan 200 miligram setiap 16 ons penyajiannya. 

Sebagai perbandingan, secangkir kopi 8 ons mengandung 40-150mg kafein, tergantung bagaimana kopi itu diseduh. Sehingga bisa disimpulkan bahwa kadar kafein dalam minuman energi lebih tinggi dibandingkan dengan kopi. Lalu apakah studi di atas benar? Perhatikan disini, media mengutip riset dari manca negara, sementara minuman energi di manca negara berbeda dengan minuman energi di tanah air.

Sekarang yuk mari kita analisa lebih detil
Pertama-tama yang harus kita ketahui adalah kita harus melihat dulu kandungan kafein dalam kopi. Mengutip artikel berjudul "Caffein and Your Body" dari Food & Drugs Association (FDA - BPOM Amerika), bahwa kandungan kafein dalam secangkir kopi berukuran 150ml/5oz adalah sebesar 60-150mg. Sementara jika kita perhatikan, kandungan kafein dalam minuman energi kemasan kaleng di manca negara bisa mencapai 80-300mg/saji tergantung ukurannya.

Sekilas tidak salah Dorner mengatakan bahwa minuman energi memiliki kandungan kafein hingga 3x lebih tinggi dari kopi. Beliau membandingkan kadar kafein tanpa menyamakan dulu ukuran penyajiannya.

Bagaimana dengan studi Higgins? Sekilas studi ini juga kelihatan benar. Namun kalo kita lebih jeli, Higgins membandingkan kandungan kafein dalam minuman energi berukuran 16 ons dengan kopi berukuran 8 ons. Jelas perbandingan ini tidak apple-to-apple. Lebih adil jika membandingkan minuman energi 16 ons dengan secangkir kopi 16 ons, maka jelas kandungan kafein dalam kopi bisa mencapai 80-300mg lebih tinggi dari kandungan kafein dalam minuman energi di luar negeri (70-200mg).

Bagaimana dengan minuman energi di Indonesia?
Berbeda dengan luar negeri, minuman energi di Indonesia kadar kafeinnya sudah diatur oleh BPOM RI yakni sebesar maksimal 50mg/saji yang bisa dilihat di balik kemasan. Beberapa produk tidak mencantumkan secara jelas informasi tersebut bahkan ada yang menggunakan bahasa yang tidak dimengerti konsumen sehingga terkesan ingin mengelabui konsumen bahwa produk tersebut tidak mengandung kafein. Nama lain dari kafein adalah 1,3,7 Trimethylxantine. Konsumen diharapkan memperhatikan label yang ada di belakang kemasan produk tersebut.
Kratingdaeng Minuman Energi yang Aman Tidak Berbahaya
Kratingdaeng mengandung kafein kurang dari 1 cangkir kopi 
Kratingdaeng sebagai pelopor minuman energi selalu mencantumkan kadar kafein dengan jelas di label kemasan, yakni Caffeine 50mg/botol (1 botol setara 150ml/5oz). Kratingdaeng minuman berenergi yang mengandung kafein kurang dari 1 cangkir kopi. Jadi kandungan kafein dalam Kratingdaeng ternyata lebih rendah dibanding kopi atau hanya sekitar 50% dari kandungan kafein dalam secangkir kopi (rata-rata sekitar 100mg).

Bisakah dibayangkan jika publik salah menangkap informasi dari publikasi berita tersebut? Tentu saja konsumen akan mengira kadar kafein dalam konsumsi kopi lebih rendah padahal sebenarnya 2-3x lebih tinggi dari minuman energi Indonesia.

Kesimpulannya adalah:
Untuk ukuran penyajian yang sama, tidak benar bahwa kadar kafein dalam minuman energi di luar negeri bisa mencapai hingga 3x daripada kopi. Di Indonesia, kadar kafein pada minuman energi berukuran 150ml/8oz hanya 1/2 atau 50% dari secangkir kopi berukuran 150ml/8oz.

Lalu bagaimana dengan aturan penggunaannya?
Kratingdaeng minuman energi penambah stamina yang telah memenuhi standar BPOM RI. Sebagai suplemen, Kratingdaeng dianjurkan untuk dikonsumsi tidak lebih dari 3 botol per hari. Mengapa? Mengutip lagi artikel dari FDA, studi mengatakan bahwa konsumsi kafein yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap harinya agar mendapatkan hasil maksimum adalah sebesar 150-200mg/hari. Para ahli setuju bahwa kadar kafein lebih dari 600mg (setara dengan 4-6 cangkir kopi) bisa dikategori berlebihan dan tidak dianjurkan.
Kratingdaeng Minuman Terbaik Indonesia
Kratingdaeng Minuman Terbaik Indonesia
Nah balik lagi dengan aturan pakai minuman energi di Indonesia. Jika konsumsi 1 botol per hari, kadar kafein hanya 50mg, dan kalaupun dikonsumsi hingga 3 botol (baru 150mg/hari) masih di kategori aman. Jika Kratingdaeng dikonsumsi sesuai dengan aturan pakai maka manfaatnya sudah dibuktikan oleh masyarakat Indonesia selama lebih dari 20 tahun.

Apakah konsumsi minuman energi berlebihan bagus?
Segala penggunaan makanan atau minuman harus sesuai dengan prinsip Balanced-Diet, dimana sangat jelas sesuatu yang berlebihan atau berkekurangan adalah tidak disarankan. 

Ilustrasinya sangat sederhana. Apakah olahraga itu sehat? Tentu saja sehat, tapi apakah olahraga berlebihan itu baik? Tentu saja tidak, semua harus disesuaikan dengan kemampuan seseorang. Demikian juga dengan produk/obat apapun, jika dikonsumsi berlebihan atau berkekurangan tentu saja tidak baik. Salah satu contoh, banyak produk minuman kopi yang mengandung gula tidak diatur penggunaannya. Karena tidak diatur maka konsumen tidak membatasi konsumsinya padahal jika diminum berlebihan bisa menyebabkan diabetes. Intinya semuanya harus disesuaikan dengan aturan pakai dan takarannya.
Kratingdaeng Minuman Berenergi untuk Olahraga
Kratingdaeng Minuman Berenergi untuk Olahraga
Demikianlah postingan tentang Minuman Energi Kratingdaeng yang saya share kali ini, semoga dapat bermanfaat buat Anda semua. Setidaknya dengan informasi ini kita selaku konsumen/calon konsumen bisa lebih bijak menyikapi semua studi yang ada dan lebih dewasa dalam menanggapi informasi yang beredar. Kratingdaeng yang resmi dijual di Indonesia adalah Kratingdaeng kemasan botol 150ml yang diproduksi di Indonesia yang telah mendapatkan izin dari BPOM RI. Dengan demikian, Kratingdaeng adalah minuman berenergi aman tidak berbahaya selama dikonsumsinya sesuai aturan pakai dan takarannya.

Sumber : http://www.kompasiana.com/kratingdaengblogtoschool/produk

115 komentar untuk "Minuman Energi Kratingdaeng"

  1. baca artikelnya nanti, ambil pertamax dulu..
    nanti keburu ama mang yanto....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaa...silahkan diembat pertamaxnya mang, ntar keburu digondol kucing lho :D

      Hapus
    2. mana mas yanto?, tumben belum datang :)

      Hapus
    3. ih datengnya udah tengah malem gitu sih ketahuan banget kalo paket ineternetnya tinggal ada paket begadanganya doang, ngaku deh...wkwkwkwk

      Hapus
    4. jangan bilang sapa-sapa ya mas.
      ini rahasia

      Hapus
    5. sekarang udah bukan rahasia lagi donk

      Hapus
    6. ikutan ya.. ga yahu lagi gosip apa yang penting ikutan we..

      Hapus
    7. saya ikutan boleh nggak kang xixixi...

      Hapus
    8. bawa karcis masuknya gak? :D

      Hapus
    9. saya mau ngapain tadi ya?...lupa euy
      maaf yah

      Hapus
  2. salut banget saya sama kratingdaeng ini..
    penghargaannya banyak, minumannya enak, pekerja nya pun 100% orang indonesia.. halal lagi dari MUI...
    keren sekali mas...

    kalo masalah pemberitahuan takaran kadar kafeinnya pada suatu produk, saya sering melihat dikemasannya kadang2 bahasanya antah barantah mas,, pernah juga nggak ada dibikin..
    beda dengan Kratingdaeng ini ya mas, kadar kafeinnya sudah diatur oleh BPOM RI sebesar maksimal 50mg/saji. (MAKASIH MAS INFONYA)
    kayaknya kalo ngekonsumsinya sampe 3 botol sehari lumayan rumit tuh mas,, apalagi saya ini anak kos-kosan.. wkwkwkwk

    terakhir,, moga sukses mas..
    amiiiiiiiinnn....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas, semoga bermanfaat ya :)

      Hapus
    2. Ani : Sungguh?
      Rhoma : Aku tidak berbohong Ani! Kalo boleh tau dimana jamban? *Sule

      Hapus
    3. goyang gergaji juga ada kan :D

      Hapus
    4. Aku mah apa atuh sekarang lagu yg ngHits mah kang :D

      Hapus
    5. tandanya koneksi lagi lemot, kalau saya kesinih ora nyerocosin kolom komentarnya mang

      Hapus
  3. Aku jarang mas minum krating daeng.lebih suka air putih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dua-duanya lebih enak kali ya...

      Hapus
    2. saya masih setia dengan satu
      satu istri

      Hapus
    3. satu istri lebih dari cukup ya mas, kalo satu anak belum cukup deh kayaknya :D

      Hapus
    4. nah iya tuh
      mau nambah atu lagi nih mas

      Hapus
  4. /Kurang suka sama minuman ini sih, botolnya kecil. Hehe

    BalasHapus
  5. krating daeng rendah kafein ya kang, malah kafeinnya tinggian kopi..

    BalasHapus
  6. wah ternyata minuman kratingdaeng ini sudah berdiri sejak lama ya kang, hampir 24 tahun, pastinya produk minuman ini mempunya pengalaman serta kepercayaan, apalagi sudah banyak penghargaan yg didapatnya.

    BalasHapus
  7. Iya mas, uda banyak banget orang yg minum kratindeng. Bahkan sampai botol sisa minuman dijadikan lampu minyak, kalau mati listrik

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaa...iya bener juga tuh, kalo dulu waktu blom ada listrik saya pake bekas kaleng susu buat dijadiin lampu minyak (damar) :D

      Hapus
    2. hah?
      tempat SUSU dibuat lampu minyak?
      koq nggak kasian loya

      Hapus
    3. ko bisa yah dijadikan lampu minyak?

      Hapus
    4. namanya juga orang sakti kang :D

      Hapus
    5. keren yah, saya mah beli patromak aja sama damar :D

      Hapus
  8. selain produk yang bermanfaat dan dengan kandungan kafein yang rendah, tentunya tidak akan mengganggu kesehatan ya Mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya selama dikonsumsi sesuai aturan pakai dan sewajarnya aja sih Insya Allah aman dan tidak berbahaya mas :)

      Hapus
    2. beda lg bila minum 10 botol/hari

      Hapus
    3. Insya Allah bisa tepar duaaah :D

      Hapus
  9. Ohh kadar kafein kratingdaeng rendah ya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas kandungan kafeinnya kurang dari 1 cangkir kopi, cuma 50mg/botol

      Hapus
    2. itu karena Mas Yanto udah merasakan manfaatnya, sehingga menjadi suatu kebiasaan buat Mas Yanto untuk kembali minum Kratingdaeng hehehe...

      Hapus
    3. saya juga punya kebiasaan lain nih
      ngantuk

      Hapus
    4. ini rahasia ya mas...kalau kratingdaeng bisa jadi kebiasaan. lalu yang gak bisanya dengan kratingdaeng apa ya?

      Hapus
    5. mari diselidiki bersama mbah :)

      Hapus
  10. Memang kratingdaeng ini sangat cepat reaksinya, saya anjurkan jangan malam hari diminumnya sebab akan menyebabkan susah tidur. Ini cocok buat kerja lembur, atau menjaga stamina biar enggak cepat lelah.

    Tapi sayangnya memang tinggi zat kimiawinya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin karena ada zat kafeinnya ya mas, tapi saya mah gak terlalu ngaruh kalo dah ngantuk mah ya ngantuk aja mas hehehe...

      Hapus
    2. gak juga mas. kalau lagi cape saya biasa mengkonsumsi kratingdaeng untuk menghilangkan rasa lelah dan kantuk mas. terutama perjalanan jauh naik motor

      Hapus
    3. Berarti gak terlalu ngaruh ya mbah, mungkin tergantung orangnya juga kali. Misalnya seperti saya yang dah terbiasa minum kopi di malem hari, yang katanya bikin susah tidur tapi tetep aja bagi saya mah gak ngaruh...lah wong kalo mo tidur saya dah biasa seruput kopi dulu ko :D

      Hapus
  11. kratingdaeng ini enak sekali , saya suka tambahkan es batu saat minum kratingdaeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo cara ini saya belum mencobanya mas, nanti pengen cobain juga ah

      Hapus
    2. kelamaan mas
      mendingan langsung tenggak sekalian ama botolnya

      Hapus
    3. tutupnya jangan ditenggak juga mas ya? ntar malah bisa bikin ayan. heee

      Hapus
    4. itu kesukaan adminnya mbah
      saya ngalah

      Hapus
    5. emang saya tukang debus, yang ada keselek iya duaaah.... :D

      Hapus
  12. kratingdaeng memang TOP deh mas.
    saya selalu mengkonsumsi ini sebelum bepergian ataupun kerja lembur,agar nggak ngantuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, saya juga biasanya kalo lagi bepergian jauh seperti pulkam gituh :)

      Hapus
    2. lalu kapan pergi ke tegal lagi nih?

      Hapus
    3. gak bikin ngantuk juga dan cocok untuk dikonsumsi bagi pengendara kalau ingin bepergiaan jauh.

      Hapus
    4. betul betul betul
      apalagi kalau gratis

      Hapus
    5. pasti nambah ya mas?

      Hapus
  13. minuman kratingdaeng kayaknya aman di konsumsi. buktinya mendapat penghargaan 15 tahun berturut-turut. kalau membahayakan gak mungkinkan dapat penghargaan itu...sudah enak bisa bikin badan fit juga. ok makasih infonya.

    BalasHapus
  14. Krating daeng ini minuman yng menggoda, iklannyapun menggoda dan gagah !

    BalasHapus
  15. aku jarang banget, bahkan hampir ga pernah minum kratingdeng, gimana atuh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya nitip satu ya mas...sekalian nasi bungkus karetnya tiga...

      Hapus
    2. biasanya kalo karetnya lebih dari satu berarti yang spesial tuh mbah, kalo gado-gado biasanya yang paling pedes itu :D

      Hapus
    3. Kalo Kratingdaeng ada kemasan Sachet mungkin teh santika mau minum...

      Hapus
  16. ternyata Kang Marnes juga suka stok Kratingdaeng ya, saya juga suka Kang, cuma kadang2 suka susah nyarinya kalo pas lagi banyak kerjaan, eh stok di warung tetangga habis... Sukses ya Kang .. :)

    BalasHapus
  17. Krantingdaeng saya juga pernah minum Kang, dan rasanya oke juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya suka minum kalau lagi dalam perjalanan jauh... bisa menghilangkan rasa kantuk

      Hapus
    2. begitu juga dengan saya mas, biasanya kalo lagi perjalanan pulkam hehehe

      Hapus
  18. Kalau dibandingin sama minum kopi, lebih baik minum kratingdaeng, Kafeinnya lebih rendah dan masih aman untuk tubuh... MUI aja udah bilang halal.. Berarti emang sangat disarankan untuk di minum, supaya energi bisa nambah lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas kandungan kafein pada minuman energi kratingdaeng lebih rendah jika dibanding kopi sehingga kratingdaeng salahsatu minuman berenergi aman dan tidak berbahaya

      Hapus
  19. tambah berenergi dan semangat,kalo ngeblog minum krtingdeng :)

    cuma saya tetep lebih demen minum kopi... hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya apalagi mas wong, ini aja dari pagi ampe sekarang udah abis 5 gelas lebih saya ngopi mah hehehehe...

      Hapus
    2. nonton dong, kalah 1-0 mas

      Hapus
  20. Buseeeet.. Uda 3 milyar botol aja ih dikonsumsi. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu ditahun 2012 lho, mungkin sekarang udah lebih dari itu kali Beb :)

      Hapus
  21. Kratindeng bahaya bagi pendrita asam lambung,selain mngandung kapein,zat asam keratindeng juga tinggi

    BalasHapus