Blogger Jateng

Purgatory, Band Metal yang Religius

Purgatory, Band Metal yang ReligiusAdakah diantara sobat blogger yang suka musik metal? Karena pembahasan kali ini saya akan mengangkat tema tentang salah satu grup band metal Indonesia namun band metal yang satu ini berbeda dengan band metal pada umumnya. Nama bandnya adalah Purgatory. Meskipun jika dilihat dari cara berpakaian dan aksi panggunya tidak jauh berbeda dengan band metal lainnya. Dengan performance yang memang eksentrik dan tampak cuek. Sekilas seperti individu yang tak mau tau dengan urusan agama. Namun bagi yang belum tahu tentang mereka, jangan su’udzon dulu, terlebih sampai melempar tuduhan anak metal itu sesat dan suka melecehkan Islam.

Purgatory adalah sebuah grup musik Death Metal asal Jakarta, grup musik ini dibentuk pada tahun 1994 oleh Lutfi sang gitaris bersama dengan adik kandungnya bernama Al yang memainkan drum. Lirik lagu yang dibawakan oleh Purgatory berkisar tentang ajaran Agama Islam, Perang Uhud, Kematian, dan lain-lain. Band ini tetap eksis sampai saat ini dan tetap fokus dengan syiar Islam yang dibawakan melalu lirik-lirik lagunya yang bernuansa Metal.
Purgatory, Band Metal yang Religius
Purgatory Live Performance in Java Rockin Land 2010
Nama Purgatory sendiri diambil dari salah satu film horor yang berjudul A Nightmare On Elm Street dengan ikon horrornya yaitu Freddy Krueger. Purgatory jika dilihat di kamus artinya "tempat penyucian dosa". Yang bagi pengertian Islam berarti, neraka "WAIL", yaitu neraka tempat orang-orang berdosa (sebelum mereka boleh masuk surga) tapi masih ada iman kepada Allah SWT dihatinya. Ini dipelajari dari Surah Al-Ma'uun, ayat Fa wailul lil musholliin... 

Awal terbentuknya mereka sering membawakan lagu Obituary dan Sepultura. Baru sekitar tahun 2002 mereka memutuskan untuk menggunakan topeng dan penambahan personel seorang DJ. Cukup unik memang melihat dandanan mereka yang memakai topeng menyeramkan dan mengaku “Band Metal Syiar”. Seperti yang dikutip dalam interview JAVA ROCKIN LAND 2010 mereka mengatakan bahwa memakai topeng itu hanya tampilan luar yang menyerupai “Syetan” tapi dalamnya Insya Allah tidak seperti itu, daripada seseorang yang tampilan luarnya seperti “Malaikat” tapi dalamnya seperti “Syetan”.

Band ini juga mempromosikan gerakan metal yang mencintai agama yang sering disebut Metal Satu Jari (One Finger Movement) dengan slogan Approach Deen Avoid Sin yaitu suatu ajakan untuk menjauhi dosa dan mendekati agama. Seperti yang diucapkan salah satu personel Purgatory, sang gitaris Bonti yang mengatakan “Jangan ngaku anak metal kalau nggak shalat, jangan sok metal kalau masih suka mabok (ngedrugs), menyedihkan banget jika anak metal malu menunjukan identitasnya sebagai muslim”.


Mereka tidak menolak modernisasi, tapi menjegal westernisasi. Ada komitmen yang mereka bangun, yakni : No Drugs, No Alcohol, No Violence dan No Free sex. Just Metal. Berikut ini video Interview Purgatory di Backstage JAVA ROCKIN LAND 2010.


Purgatory kerap mengangkat pesan-pesan positif dalam setiap lirik lagu mereka. Band yang digawangi oleh Lutfi (Gitar), Al (Drum), Madmor (Vokal), Bonti (Bass), Sandman (Vokal), D'Jackal (DJ/Sampling/Programming), BadArt (Gitar), menjadikan Al-Qur’an dan Sunnah sebagai referensi dalam membuat lagu mereka. Lihat saja cuplikan lirik lagu Hipocrishit berikut ini:



Tuhan jangan biarkan aku jatuh jauh ke lembah nista yang semakin dalam
Jangan biarkan aku terkurung dalam kehinaan dan kemunafikan
Aku hina dan kotor serta tak pantas masuk ke dalam surgaMu
Ku juga lemah dan tak tahan akan panasnya api nerakaMu

Selain lirik lagu di atas sobat juga bisa temukan lagu Purgatory yang sangat religius. Salah satunya bisa dilihat dari lagu berjudul M.O.G.S.A.W. yang merupakan singatan dari Messenger Of God Shalallahu ‘Alaihi Wassalam. Lagu ini menceritakan tentang Nabi Muhammad SAW.

Lirik-lirik yang mereka muntahkan lewat musik cadas ini sebagian besar mengecam sikap barbar Barat dan zionis Israel terhadap umat Islam di Palestina dan dunia Islam. Satu hal, mereka sangat membenci kemunafikan. Beberapa lirik mereka, ada yang terkesan ”utopia”, sebuah kerinduan tentang khilafah.

Bagaimanapun, harokah Islam harus menghargai ”ijthad” anak-anak metal yang ingin menjadikan Islam sebagai pondasi mereka dalam bermusik. Apalagi, ketika sebagian uang dari setiap lembar tiket yang terjual dalam konser musik itu disumbangkan untuk perjuangan rakyat Palestina. Subhanallah... Siapa sangka, dibalik ruang yang pengap, masih ada yang menyerukan kebajikan, kendati dengan cara mereka sendiri. Tak terbayangkan, di sebuah komunitas underground, ada pelita yang menerangi jiwa-jiwa yang gelap. Ketika Islam menjadi nafas hidupnya, militansi mereka tak kalah dahsyat dengan aktivis harokah yang ada. Wallahu a’lam bishawab…


Referensi: 

http://id.wikipedia.org/wiki/Purgatory_%28grup_musik%29
http://suara01.wordpress.com/2010/04/12/inilah-metalislam-group-musik-underground-yang-islami
Sumber gambar: Facebook / Purgatory's Official Group Of Mogerz

102 komentar untuk "Purgatory, Band Metal yang Religius"

  1. niNggalin jejak (y)
    ane dulu seneng lagunya Purgatory pas tahun 2004 gitu, masih SMA..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih udah ninggalin jejak dimari :)

      Hapus
    2. ada yg minta tanda tangan nggak?

      Hapus
    3. Saya minta tangan nya saja Mas Yanto lumayan

      Hapus
    4. saya mah pinjem kasetnya dong mang, dari intronya lagu-lagu purgatory emang bikin semangat lebay ku tiba-tibaberubah jadi metal nih..keren ih

      Hapus
    5. Mintanya sama Mbah Gugel aja kang, saya gak punya kasetnya cuma MP3nya doang :)

      Hapus
    6. Kebetulan di saya ada lagunya Mang Lembu kalau Mamang mau silahkan samper kesini. dengan senang hati saya pinjemi DVD Lagu lagu Pugatory itu :)

      Hapus
    7. Nah tuh Kang Lembu udah ditawarin sama Mas Karryst, sok atuh samper ke studionya Karrysta Group, kalo gak barter aja sama ubi cilembu ya Mas Karryst mayan kan buat ngopi siang nie :)

      Hapus
    8. Wah kok saya baru dengar ya. Hmmm bener bener KUDET aLIas kurang update. Wah kalau gitu biar saya belajar dulu deh di STudio Bas (Bas Studio) atau Studionya Mas Saud. Hiehiehiehiee. Kira kira dikasih kopi nda ya

      Hapus
    9. saya ko' ra percoyo kang Saud mengoleksi Purgatory band ya, ilok banget deh.

      Hapus
    10. toss dan peluk dulu kang wong yu...

      Hapus
    11. Peluk noh pohon kelapa mang hahahaa...

      Hapus
  2. Wah sekarang saya sudah gak ngikutin dunia per band nan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pindah haluan ke dunia per blog'an pastinya :)

      Hapus
    2. Kaya nya Mas Yanto gak ngutak ngatik blog sedang fokus dengan Foter Office nya Mas Marnes.. Mas Ridha mendingan jadi Artis Band saya aja deh kaya Mas Yan?

      Hapus
    3. saya sedang nyruput kopi koqmas

      Hapus
    4. saya juga lagi seruput kopi nie, masih panas banget malah baru nyeduh :)

      Hapus
    5. Saya malah mlongo aja kaya Dumang.. :D gak ada yang nawarin ngopI..

      Hapus
    6. ya hayu atuh ngopi mas, apalagi ditempatnya Mas Karrys lagi ujan deras, beuh cocok pisan kalo sambil seruput kopi mah tinggal tambahin aja kue pisang bareng 7 piring mah :D

      Hapus
    7. Saya pindah haluan ke dunia mencari unag saja, hehehe

      Hapus
    8. wah kalo urusannya duit, saya juga mau tuh... ikutan dong :)

      Hapus
  3. saya koq kurang familiar dengan band purgatory ini yamas.
    belum pernah dengar lagu2nya,padahal saya suka banget musik metal indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa sih mas? Padahal udah lama juga lho, tapi wajar ding...musik underground seperti Purgatory, Tengkorak, Betrayer dan musik underground lainnya memang kurang mendapat perhatian dari pasar industri musik, biasanya musik underground cuma tersebar dikomunitas tertentu saja :)

      Hapus
    2. kalau betrayer saya pernah dengerin mas. lagu bendera kuning yg saya suka
      tp nggak ngefans sih

      Hapus
    3. Bukanya Janur Kuning Mas..?

      Hapus
    4. Bendera Kuning sih emang lagu yang paling familiar dari Betrayer, adanya di album Metalik Klinik I begitu juga dengan lagu Purgatory yang judulnya Sakratul Maut, dulu soalnya saya punya kesetnya... Kalo janur kuning sih Mas Yanto mo kawinan lagi kali Mas Saud :D

      Hapus
    5. Kaya nya Mas Yanto kesampai an deh Foligami teh.. hhh Saya ngefans bingit dengan lagu Sekaratul maut.. dan lagu itu buat sampli audio studia recording live saya mas MARNES.. Salam hangat buat semua Sahabat :)

      Hapus
    6. waduh boro2 mo kawinan lagi
      lawong satu aja nggak abis2 koq mas

      Hapus
    7. satu istri sudah lebih dari cukup ya mas :)

      Hapus
  4. Salam malam Mas Marnes, saya simak dulu foto live band metal nya ya Mas.. keren nih walau pun basic nya music bergenere Rok metal namun nuansa live nya dengan khasanah Religius

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam malam juga Mas Karryst, sekalipun mengusung genre metal tapi tidak semua band metal atau musik underground identik dengan kekerasan, alkohol atau ngedrugs ya mas. Buktinya masih ada band yang beraliran musik cadas tapi lirik lagunya bersumber dari Al Qur'an dan Sunnah sebagai referensinya, seperti Purgatory, Tengkorak, The Roots Of Madinah, dan mungkin masih banyak lagi band metal yang serupa seperti mereka ini :)

      Hapus
    2. gak juga dong, saya kan dah bapak-bapak sekarang mah hehee...

      Hapus
    3. nah kalo urusan itu pastinya dong, jarang kan bapak-bapak berjiwa Rocker seperti saya hehehee...

      Hapus
  5. salam mas, takut lihat muka nya..hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam juga Mas Dede, kalo takut ya merem aja gak usah diliatin mukanya hehehee

      Hapus
  6. Absen lagi Mas Marnes sambil keliling Ronda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Absen artinya gak hadir lho :D

      Hapus
    2. Kalau saya Absen tanda MASUK BIAR GAK KENA Setrap Mas.. Kalau Absen gak Masuk terus gak ada pemberi tahuanya berarti Alva dong tt3tt3tt3

      Hapus
    3. Saya kan orangnya baik mas, jadi gak bakal saya setrap paling suruh lari aja keliling lapangan 7 putaran ajah... :D

      Hapus
  7. luarbiasa....purgatory ..smoga bisa menjadi motivasi para musisi dan penikmat musik metal untuk menyucikan dosa...dan kembali ke jalan yang diridhoi Allah SWT...
    keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
  8. arti Purgatory itu ternyata sangat mendalam dan wajib di maknai agar kita selalu berhati-hati dalam menjalani hidup agar menjadi umat-Nya yang soleh dan solehah dan kelak kita dapat berkumpul di surga-Nya....aaamiiiin

    BalasHapus
  9. wahh Purgatory. Saya punya beberapa kaset kumpulan lagu yang ada lagunya mereka. Tapi kali ini saya belum masuk Kang. beda genre dikit. susah buat ngikutin musiknya, secara mereka kan berbau death metal campur modern rock.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga cuma suka beberapa lagu aja mas, cuma yang bikin saya suka, bandnya ini berbeda banget dengan band metal lainnya, terlebih pas udah baca sejarah dan makna dari beberapa lagu ciptaannya yang kebanyakan bersumber dari Al Qur'an dan Sunnah sebagai referensi dalam pembuatan lirik lagunya :)

      Hapus
    2. unik sekali memang, susah dipercaya, tapi nyata adanya.

      Hapus
    3. Betul tuh, seperti itulah kenyataannya...

      Hapus
  10. hanya kalo liriknya, saya baru ngeh kalo ternyata berisi ajaran agama. salut untuk mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas saya juga baru tau, salut sama band metal yang satu ini, terlebih lagi pada album Beauty Lies Beneath, hampir semua lagunya bersumber dari Al Qur'an

      Hapus
    2. sok atuh monggo cari aja bareng si Mbah Gugel

      Hapus
  11. penampilannya kayak slipknot ya. Berarti jangan dilihat dari tampilannya yang garang, tapi pesan dari musisi ini. Yang kerennya iut pas bilang “Jangan ngaku anak metal kalau nggak shalat, jangan sok metal kalau masih suka mabok (ngedrugs), menyedihkan banget jika anak metal malu menunjukan identitasnya sebagai muslim”.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kira-kira begitulah, intinya mungkin gak munafik... banyak orang yang keliatannya kalem dan sopan dari tampilan luarnya ternyata akhlaknya binal, mungkin mereka pengen tampil apa adanya sebagai musisi, coba perhatikan band yang laen, mereka mengeluarkan album religi ketika pas bulan Ramadhan doang kan? Sementara Purgatory emang lagu-lagunya bernuansa Islami meskipun dikemas dalam musik metal ala Purgatory :)

      Hapus
  12. Balasan
    1. Yo'i Mas Yadi... ngerock dan gahar banget lagunya :D

      Hapus
  13. Ini slipknot-nya Islam ya gan hohohoo kereenn
    Satu lagi band Islam yg keren gan. Aduh udah mau ngetik lupa lagi namanya hahahaa
    Yang sering nunjukkan salam satu jari itu gan ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sebenernya bukan cuma Purgatory aja yang mengenakan topeng seperti Slipknot, ada juga beberapa band metal Indonesia yang mengenakan topeng... Betul mas mereka menyebutnya One Finger Movement yang juga suka didengung-dengungkan oleh Ombat sang vokalis Tengkorak.

      Hapus
    2. Nah itu dia. Tengkorak, hohohooo

      Hapus
    3. Bukan Panji Tengkorak kan? :D

      Hapus
  14. Selamat siang MAS Marnes maaf nih Mas baru hadir di tempat saya dari pagi hujan disertai halilintar jadi takut buka internet. Daftar Absen sambil kunjungan lewat search google sengaja hendak nonton live : Purgatory, Band Metal yang Religius. Salam sukses yah Mas Marnes :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang juga Mas Karryst...
      Oh...lagi ujan tho mas, Jakarta mah cuma mendung dikit doangan, pagi tadi sih sempet gerimis tapi cuma bentaran doang, oke lah kalo begitu monggo dilanjut mas, salam sukses juga buat Mas Karryst :)

      Hapus
    2. Iyah nih Mas, di kampung saya dari pagi sampai jam 11 lebih sekrang sudah terang.. Mari Mas ngopi Abdi nuju ngopi palay teu Mas Mar ngopi..?

      Hapus
    3. palay pisan atuh mas, tapi saya oge lagi ngopi ding cuma tinggal dikit lagi dah mo abis kopinya :)

      Hapus
    4. coba Kang Saud mainkan sekarang

      Hapus
  15. Saya juga seneng lagunya Purgatory band metal yang ntu kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya Mang Yono sukanya sama Neng Lesti...

      Hapus
    2. Neng Lesty kan vokalisnya Iron Maiden

      Hapus
    3. wah saya baru tau nama vokalisnya iron maiden, ternyata...

      Hapus
    4. saya juga baru tau mas, ternyata vokalisnya Iron Maiden dah diganti toh sama Neng Lesti :D

      Hapus
  16. tadi saya liat videonya suaranya bentrok mas ama lagu yang dipasang di blogg :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya mas, saya pasang lagu MP3nya juga soalnya, ya musti dimatiin dulu dong kalo gitu mah :)

      Hapus
    2. saya sambil nyanyi sendiri dong, jadi nggak bentrokan.

      Hapus
  17. Whew.. berarti anggapan musik aliran metal/rock itu penganut aliran sesat gak benar dong brow?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Metal cuma sekedar genre musik doang, sementara sesat atau tidaknya belum tentu tergantung dari para personel bandnya itu sendiri mas, tampilan yang eksentrik beserta akseoris metalnya cuma sekedar untuk menarik perhatian aja. Seperti yang dibilang salah satu personelnya "jangan melihat kami dari segi tampilannya tapi lihatlah dari lirik lagu yang kami sampaikan"

      Hapus
  18. metal kang ayeunamah ga sepi dan hampa lagi..? ya metal membuat hati dan pikiran sehat kembali.. met happy..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya berusaha untuk menghibur diri aja teh, masa harus terus larut dalam kesepian dan kegalauan hehehe...

      Hapus
  19. Kreatif juga ide band nya ya mas.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas kreatif dan beda banget dengan band metal lainnya :)

      Hapus
  20. Ngga bisa ngeliat orang dari penampilan aja ya :)

    BalasHapus
  21. ini baru band...saya suka, tampilan luar nggak menggambarkan isinya..salut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tampilan luar hanya sekedar entertain biar terlihat menarik sehingga orang tertarik untuk mendengarkan syair lagu yang mereka bawakan...

      Hapus
  22. Purgatory ini bisa merubah stigma di mata masyarakat yang biasanya musik" death metal identik dengan keonaran, kekeresan, mirasantika. salam "one finger movement"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harapan mereka juga mungkin seperti itu mas, setidaknya jangan dilihat dari musik metalnya tapi dari apa yang mereka sampaikan lewat lirik lagu, kendati dengan cara mereka sendiri sebagai musisi metal. Bahkan mereka juga kurang srek disebut aliran metal, karena bagi mereka gak penting genre musiknya seperti apa? yang terpenting syair lagu yang mereka bawakan ada pesan positif bagi para pendengarnya :)

      Hapus
  23. Asing, asing banget di telinga saya. Baru denger nama band-nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begono ya? Tapi kalo sama Cerrybelle pasti dong hehehee...

      Hapus
  24. Aliran metal, tapi religius. Wahh.. perlu hati hati mas.. Sekarang ini banyak sekali ajaran yang menyesatkan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya dong, setidaknya kita punya filter dalam jiwa kita...

      Hapus
  25. mantap kang marnes.. klau sudah masuk metal metal gitu.. mksh dah berbagi

    BalasHapus
  26. salut juga nih sama band metal ini, meskipun penampilan nya serem, tapi dia agamis juga :)

    BalasHapus