Blogger Jateng

Inilah 5 Mitos Seputar Ketombe

Inilah 5 Mitos Seputar Ketombe
MarnesKliker.com  - Rambut merupakan salah satu elemen penting penunjang penampilan, sehingga keberadaan rambut yang sehat dan bebas dari ketobe merupakan dambaan bagi semua orang. Namun untuk memiliki rambut yang sehat tentu tidaklah mudah dan masalah yang biasanya dikeluhkan kebanyakan orang adalah ketombe. Tentu Anda pernah mengalami rasa gatal-gatal di kulit kepala dan ketika digaruk, ketombe pun berhamburan. Ini adalah kondisi yang menjengkelkan, terlebih ketika Anda tahu bahwa shampo yang Anda gunakan tidak bisa mengusirnya secara permanen. Selain menjaga kebersihan rambut dan produk perawatan yang kita pilih, penting juga untuk menjaga agar makanan kita tak mempengaruhi kondisi rambut. Untuk itu Anda harus memperhatikan dan mengetahui terlebih dulu makanan apa saja yang menjadi peyebab munculnya ketombe di kulit kepala Anda. Baca: Inilah 5 Makanan Penyebab Munculnya Ketombe.

Masalah rambut yang disebabkan ketombe ini kerap menghantui banyak masyarakat karena cara merawat rambut yang tidak tepat. Ada yang bilang ketombe hanya ada di rambut, ketombe bisa hilang dengan shampo khusus. Namun apakah semuanya itu benar? Yuk kita simak lima mitos seputar ketombe, seperti dilansir Merdeka.com berikut ini :

Mitos # 1: Ketombe disebabkan oleh kulit kepala kering
Kulit kepala yang terkelupas sebenarnya adalah karena terlalu berminyak. Ketombe adalah pertumbuhan jamur yang berlebih. Jamur memakan kelebihan minyak dan sel kulit mati. Sel kulit mati kemudian menggumpal dan menjadi serpihan ketombe. 

Mitos # 2: Secara otomatis kulit kepala kering adalah ketombe
Tidak begitu. Jika Anda menggunakan sampo obat dan tidak melihat hasil setelah dua minggu, Anda Bisa memiliki psoriasis atau peradangan kulit. Peradangan bisa disebabkan oleh alergi atau sensitivitas terhadap bahan kimia dalam salah satu produk rambut Anda.

Mitos # 3: Anda harus sering keramas untuk mengusir ketombe
Seringkali orang beranggapan ketombe adalah akibat kulit kepala kering. Akhirnya mereka malas mencuci rambut. Ini salah. Karena jamur makan kotoran dan minyak di rambut Anda, penting untuk mencuci dengan shampo obat itu mengandung selenium sulfide, ketoconazole atau zync.

Mitos # 4: Ketombe hanya pada kulit kepala
Ketombe tidak hanya muncul di rambut. Mereka juga ada di alis atau di mana saja dengan produksi minyak berlebih. Gunakan shampo anti ketombe untuk membersihkan daerah ini.

Mitos # 5: Shampoo khusus dapat menyembuhkan ketombe
Sayangnya, hal ini tidak benar. Seperti jerawat, ketombe adalah masalah itu dapat dikendalikan, tetapi tidak sembuh. Ketombe bisa muncul lagi jika Anda tidak merawatnya dengan baik.

Itulah 5 mitos seputar ketombe semoga bermanfaat buat Anda semua. Pahami terlebih dulu mitos seputar ketombe sebelum membasminya, agar ketombe lenyap dan tidak mudah kembali lagi.

Sumber gambar: molto.co.id

28 komentar untuk "Inilah 5 Mitos Seputar Ketombe"

  1. alhamdulillah selama ini saya belum pernah ketombean, pasti sangat malu ya mas kalau ketombe dan dilihat teman kita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya mbak, selain menimbulkan rasa tidak nyaman tentunya bisa mengurangi tingkat kepercayaan diri seseorang :)

      Hapus
    2. Ke 5 Mitos Ketombe yang Mas Marnes terangin di artikel ini, sering dialami oleh semua orang jika dalam perawatan, Rambut tidak di rawat dengan baik. karena ketombe itu bukan penyakit tapi, kurangnya perawatan rambut dan kulit kepala ya Mas. trima kasih sudah berbgai tentang perawatan agar rambut tak berketombe

      Hapus
    3. Betul mas, yang rajin keramas shampoan aja kadang ketombe mah tetep aja ada, gmana yang gak rajin merawat rambut coba :D

      Hapus
  2. dulu waktu sekolah sering banget ketombean Kang, tapi sekarang jarang xixixii, maklum sekarang potongan rambutnya cepak terus xixiii... ya kalo terlambat potong sering ada lagi ketombenya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya hampir semua orang mungkin pernah ngalamin rambutnya ketombean, terlebih waktu masih kecil yang belum begitu memperhatikan masalah perawatan rambut :)

      Hapus
    2. Tapi kalau Mas Admin nya pasti lebih pandai menguaras rambut eeeh Mengurus Rambut agar tidak datang lagi Ketombenya.. makasudnya Heeee :D

      Hapus
    3. ya sama aja mas kayak orang-orang gituh...hehehe...

      Hapus
  3. Akh.. mosok semua ini hanya mitos??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya tinggal pilih aja mas sesuai keyakinan, mitos atau fakta? :D

      Hapus
  4. katanya yang kulit kepalanya berketombe itu sangat gatal sekali jika terkena terik sinar matahari apalagi di saat menggunakan sepeda motor terjebak kemacetan sedangkan kepala menggunakan helm dan saat memakan sambel yang pedas juga sangat terasa gatal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas rasa gatal tersebut disebabkan karena ketombe :)

      Hapus
    2. mungkin helmnya ada kecoaknya mas :D

      Hapus
    3. kecoanya mau bikin sarang kali kang :D

      Hapus
  5. Kayanya ini bukan mitos deh, karna sebagian dari 5 poin diatas ada yg benar menurut saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sesuai dengan kepercayaan dan pengalaman masing-masing aja kali mas, makanya saya masukan ke dalam label Mitos atau Fakta, jadi jawaban dari semua komentator tentunya bisa beragam :)

      Hapus
    2. Hmmm, iya juga sih. Saya liat juga begitu setiap komentar beragam

      Hapus
    3. yo'i mas... kan pengalamannya pasti beda-beda :)

      Hapus
  6. Alhamdulillah ketombe di kulit kepala aku sedikit demi sedikit sudah mau pada kabur dengan keramas 2 hari sekali hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya malah keramasnya tiap hari mbak, maklum saya orangnya cepet berkeringat, sehari gak shampoan rambut dah berminyak dan berasa gatal-gatal di kulit kepala

      Hapus
  7. apa beneran nih mitos mas marnes... tapi kalau mang kita tidak menjaganya akan menyebab ketombe juga mas... apalagi jarang Shampooan mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas dibutuhkan perawatan rutin dan gunakan shampo yang cocok yang sesuai dengan kondisi rambut, meskipun sering shampoan aja belum tentu bisa mengusir ketombe secara permanen.

      Hapus
  8. saya dong mas, nggak pernah ketombean :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah hebat dong, tapi bukan kerena palanya gundul kan mas? :D

      Hapus
  9. Biasanya kalau saya seminggu gak keramas maka ketombe pasti datang tanpa di undang Mas Marnes, ada Mitosnya ya ternyata ? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo buat saya mah waktu seminggu itu terlalu kelamaan mas, lawong sehari gak keramas aja dah berasa lepek rambut saya mah, makanya hampir tiap sore saya mah keramas ya minimalnya 2x sehari lah, soalnya saya mah mudah banget keringetan :)

      Hapus
  10. banyak skali wanita khususnya yang terperangkap sama lima mitos di atas, jadinya pada hebooh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia mas, mungkin karena ketidaktahuan terhadap mitos tersebut jadinya pada heboh sendiri deh :)

      Hapus